web log free Puncak Ratu Pamekasan - Travelling News

Puncak Ratu Pamekasan

Nyero.ID – Terkenal dengan wisata alam Api Abadi-nya, Pamekasan rupanya memiliki sederet destinasi wisata nan instagrammable yang sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan.  Baik bersama sahabat ataupun keluarga tercinta.

Memiliki julukan sebagai Kota Gerbang Salam, Pamekasan menawarkan sensasi liburan asik di beberapa lokasi wisata perbukitan yang menyejukkan mata.  Sangat cocok untuk refreshing dan sejenak menyingkir dari segala kesibukan.

Jika sebelumnya wisatawan dimanjakan dengan spot-spot wisata perbukitan nan cantik seperti Bukit Cinta di Pademawu, Pamekasan, Bukit Brukoh di Pakong, Pamekasan, dan Bukit Kampung Toron Samalem di Larangan, Pamekasan.

Kali ini wisatawan juga akan diajak untuk menikmati liburan seru di Puncak Ratu yang berada di Kecamatan Pegantenan, Pamekasan.  Seperti halnya wisata perbukitan lainnya, Puncak Ratu juga menyajikan keindahan alam khas perbukitan yang begitu menawan.  Dengan pemandangan hijau nan asri yang sejuk dipandang.

Meskipun Puncak Ratu di Desa Tebul Barat ini masih terbilang baru namun antusiasme masyarakat untuk menyambangi tempat ini cukup tinggi.  Setidaknya ada ratusan pengunjung yang telah datang setiap harinya ke lokasi wisata Puncak Ratu sejak tempat ini resmi dibuka pada bulan Desember 2018 silam.

Destinasi wisata kekinian nan instagenic di Pamekasan ini berada di ketinggian sekitar 200 meter dengan pemandangan alam di sekitarnya yang begitu menawan dan menyejukkan.  Bahkan landscape Pamekasan pun terlihat jelas dari atas ketinggian Puncak Ratu ini.

Selain menyajikan keindahan alam dari atas ketinggian, kawasan di Puncak Ratu juga dikelilingi dengan deretan pohon albasia atau sengon yang sekilas memberikan pemandangan nan eskostis ala wisata hutan pinus yang sedang booming saat ini.

Setidaknya ada sekitar 100-an pohon sengon yang ditanam di kawasan ini dan mampu memberikan kesejukan tersendiri bagi para pengunjung yang datang.  Destinasi wisata yang terbilang baru ini masih terus dikembangkan sehingga kedepannya masih akan ditambah dengan fasilitas, wahana permainan, dan spot foto yang pastinya lebih bervariasi.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Bukit Puncak Ratu di Pamekasan ini, berikut adalah beberapa informasi terkait harga tiket masuk, jam operasional, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Puncak Ratu di Pamekasan, Madura ini merupakan salah satu destinasi wisata murah meriah yang sangat menarik untuk dikunjungi.  Kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 untuk masuk ke lokasi wisata ini. Sangat murah bukan?

Sementara untuk parkir kendaraan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

Perlu diketahui bahwa lokasi objek wisata Puncak Ratu masih berada di kawasan desa yang sama dengan Kampung Durian, yaitu di Desa Tebul Barat.  Jika ingin sekalian singgah di Kampung Durian ini kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 saja dan parkir kendaraan Rp 3000.

Jam Operasional

Objek wisata Puncak Ratu Pamekasan buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB.  Lewat dari jam operasional pengunjung tidak diperbolehkan masuk, jadi pastikan untuk datang sesuai dengan jam operasional tempat wisata agar perjalananmu ke tempat ini tidak sia-sia.

Fasilitas

Meskipun masih terbilang baru dan masih dalam tahap pengembangan, namun fasilitas yang tersedia di tempat ini cukup memadai.  Diantaranya adalah fasilitas berupa spot foto nan instagenic. Mulai dari gardu pandang, rumah pohon, hingga spot unik berbentuk seperti kurungan dengan kain kelambu di sekelilingnya.

Di tempat ini juga terdapat warung kopi dan makanan ringan yang bisa kamu sambangi untuk ngopi-ngopi cantik sembari menikmati suasana alam dan menunggu momen sunset di Puncak Ratu.

Daya Tarik

Puncak Ratu Pamekasan menawarkan sensasi liburan seru dengan konsep wisata alam kekinian nan instagrammable dengan beberapa spot foto kece di dalamnya.  Begitu memasuki kawasan wisata ini kamu langsung disuguhi dengan pesona alam perbukitan yang asri dan menyejukkan mata.

Hawa sejuk yang berpadu dengan lingkungan asri di tempat ini sangat cocok untuk sekedar me-refresh pikiran dari segala kepenatan.  Di lokasi wisata ini kamu bisa dengan leluasa menikmati keindahan alam di khas perbukitan dengan view pepohonan yang bikin adem.

Selain menikmati kesejukan alamnya, kamu juga bisa mengeksplor beberapa spot foto yang tersedia di tempat ini.  Diantaranya adalah spot berupa gardu pandang yang akan membuat foto selfiemu semakin keren dengan pemandangan nan eksotis di sekitarnya.

Ada juga gerbang berbentuk hati dengan view pepohonan sebagai background-nya sehingga kamu bisa memilih pose terbaikmu saat berfoto selfie di tempat ini.

Yang lebih menarik, di tempat ini juga terdapat dekorasi menyerupai kurungan dengan hiasan kelambu yang bisa kamu gunakan untuk bersantai atau sekedar nongkrong dan ngobrol bersama keluarga.  Kamu juga bisa memanfaatkan dekorasi ini untuk berfoto selfie dengan konsep yang lebih unik.

Bukan hanya pemandangan dan kesejukannya saja yang akan memanjakanmu dalam suasana alami, momen sunset di tempat ini juga sangat menarik untuk dinantikan.  Jadi pastikan kamu tidak melewati momen tersebut dan mengabadikannya dalam bidikan kamera.

Sembari menunggu momen sunset nan eskotis kamu bisa menikmati secangkir kopi susu di kedai kopi yang berada di kawasan wisata ini untuk sekedar mengusir hawa dingin dan menghangatkan badan.

Selain menikmati keindahan alam di Puncak Ratu kamu juga bisa sekaligus mampir ke Kampung Durian di Desa Tebul Barat ini dan mencicipi legitnya buah durian asli Pamekasan yang sudah sangat terkenal dengan cita rasa manisnya.

Sesuai dengan namanya, rata-rata msayarakat di kampung ini memiliki pohon durian dan untuk kawasan wisata Kampung Durian sendiri terdapat banyak pohon durian yang sudah berbuah dan puluhan lainnya mulai produktif.

Destinasi wisata dengan konsep agrowisata di Kampung Durian ini sangat cocok untuk tujuan wisata bersama keluarga.  Sambil menikmati suasana alam di pedesaan, kamu bisa mencicipi manisnya buah durian bersama keluarga ataupun sahabat.

Untuk masuk ke lokasi kampung durian kamu cukup membayar tiket masuk yang sangat terjangkau dan bisa memilih varian durian yang tersedia dengan harga yang cukup bervariasi tergantung jenis dan ukuran durian.

Di sepanjang jalan kamu akan melihat deretan pohon durian dengan daun yang begitu lebat.  Sementara di sekitarnya terdapat lapak warga yang berjajar menjajakan buah durian dengan aromanya yang begitu khas.

Untuk melengkapi momen liburanmu di Puncak Ratu, kamu juga bisa mampir sejenak di objek wisata Air Terjun Bulangan Haji yang masih berada di Kecamatan Pegantenan, Pamekasan.

Lokasi

Objek wisata alam Puncak Ratu berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Pamekasan dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit saja.  Tepatnya di Dusun Mongging, Desa Tebul Barat, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Rute yang bisa ditempuh untuk mencapai lokasi wisata Puncak Ratu cukup banyak, diantaranya bisa langsung dari arah Waru – Pakong dan Pegantenan.  Atau jika dari Kota Pamekasan bisa melewati daerah Blumbungan lalu menuju ke arah Pegantenan.  Akses jalan yang cukup memadai akan memudahkan perjalananmu menuju ke lokasi wisata Puncak Ratu.

Untuk info rute yang lebih lengkap, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps sehingga perjalananmu semakin lancar dan menyenangkan.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *