web log free Lokasi & Tiket Masuk Kedung Banteng, Destinasi Baru yang Sedang Hits di Kulon Progo - Travelling News

Lokasi & Tiket Masuk Kedung Banteng, Destinasi Baru yang Sedang Hits di Kulon Progo

Nyero.ID – Berbicara tentang destinasi wisata di Yogyakarta, seolah tidak akan pernah ada habisnya. Selalu saja ada kejutan-kejutan manis dengan spot-spot wisata baru yang tak kalah hits dengan destinasi wisata yang telah populer sebelumnya.

Salah satu yang bisa dijadikan tujuan wisata untuk liburan akhir pekan adalah Kedung Banteng yang menjadi Wisata Alam Pringtali Menoreh, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Kedung Banteng adalah sebuah pemandian alam yang terletak di Dusun Pringtali, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Jika dilihat dari sejarahnya, wilayah di Kedung Banteng menjadi salah satu rute Pangeran Diponegoro saat berjuang melawan penjajah Belanda.

Selain memiliki nilai sejarah di masa lampau, destinasi wisata Kedung Banteng juga menawarkan sensasi liburan yang seru dengan pemandian alaminya yang jernih dan menyegarkan.

Air pemandian Kedung Banteng bersumber dari mata air alami sehingga menghasilkan aliran air yang sangat jernih dan segar.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk liburan dan refreshing di akhir pekan karena suasana di sekitar kedung juga tak kalah menawan.

View pebukitan dan pepohonan yang rindang terlihat begitu asri dan menyejukkan mata, membuat siapapun akan merasa betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Meskipun spot wisata Kedung Banteng masih terbilang baru dan masih terus dikembangkan oleh masyarakat setempat, namun fasilitas yang tersedia di tempat ini cukup memadai.

Kelengkapan fasilitas menjadi point penting yang harus diperhatikan karena akan berpengaruh pada kenyamanan pengunjung.

Begitulah yang dilakukan oleh pengelola objek wisata ini. Kombinasi antara keindahan alam yang menyejukkan dan fasilitas yang ada membuat siapapun tertarik untuk datang ke tempat ini.

Dengan ragam fasilitas yang tersedia diharapkan minat wisatawan untuk liburan di Kedung Banteng semakin meningkat.

Terlebih lagi, banyaknya postingan di media sosial yang menunjukkan keindahan Kedung Banteng menjadi sarana promosi yang cukup efektif sehingga tempat ini semakin dikenal luas.

Tidak mengherankan jika tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya, apalagi saat musim liburan tiba.

Di tempat ini kamu bisa bersantai menikmati keindahan alamnya yang sejuk dan sejenak menyingkir dari segala rutinitas.

Lalu, kamu bisa merasakan kesegaran air yang masih sangat alami juga bisa kamu lakukan dengan berenang atau sekedar bermain air.

Wisata Alam Terbaru Di Jogja Kedung Banteng Kulonprogo
Photo by @shakti_ahmadi

Puas bermain air, jangan lupa untuk mengexplore keindahan Kedung Banteng dengan berburu spot foto selfie yang paling kece.

Di atas kedung ada sebuah jembatan kayu yang membuat suasana alam semakin memikat. Siapkan pose terbaikmu untuk hasil foto yang paling keren di Kedung Banteng.

Selain bermain air, di lokasi wisata Kedung Banteng kamu juga bisa mencoba permaianan outdoor yang seru dengan melakukan kegiatan outbound dan river tubing.

Berwisata di Kedung Banteng bisa menjadi liburan terbaik di akhir pekan yang akan memberikan pengalaman seru tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan dan sensasi kesegaran air di Kedung Banteng belum diberlakukan biaya retribusi khusus, kamu bisa membayar secara sukarela.

Kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Untuk biaya sewa pelampung Rp 5.000 dan sewa ban Rp 10.000 per orang. Dengan biaya piknik yang begitu murah kamu bisa sepusanya mengexplore pesona Kedung Banteng yang begitu memikat.

Rute Perjalanan

Kedung Banteng terletak di Dusun Pringtali, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.  Atau sekitar 40,2 km dari pusat Kota Jogja dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam perjalanan tergantung kecepatan kendaraan.

Dari Kota Jogja kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju ke Jalan Wates km 12,2 – belok ke arah kanan menuju ke Jalan Sentolo-Nanggulan – setelah sekitar 7 km belok sedikit ke kiri menuju ke arah Jalan Goa Kiskendo – belok ke kiri – belok ke kanan di Jalan Wadas-Pengasih – ikuti petunjuk arah menuju ke Dusun Pringtali, Desa Jatimulyo, lokasi wisata sebelum Pasar Pringtali.

Untuk memudahkan perjalananmu menuju Kedung Banteng, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps dan juga bertanya kepada warga sekitar.

Faslitas

Meskipun terbilang baru, namun wisata alam Kedung Banteng menyediakan beberapa fasilitas standar yang sudah cukup memadai.

Seperti toilet, area parkir, jembatan gantung, mushola, taman, aula/ruang pertemuan dan juga warung makan.

Untuk fasilitas kolam pemandian alami tersedia 3 kolam, yaitu 2 kolam untuk anak-anak dan 1 kolam untuk dewasa.

Dengan fasilitas yang cukup memadai tersebut, momen liburanmu akan semakin nyaman dan menyenangkan.

Daya Tarik

Wisata Hits Terbaru Kedung Banteng Jogja
Photo by @panoramakulonprogo

Kedung Banteng adalah destinasi wisata alam dengan pesona baru di Kulon Progo.

Di objek Wisata Alam Pringtali Menoreh ini, kamu akan dimanjakan dengan suasana alam yang masih sangat asri dengan udara sejuknya yang menyegarkan.

Sangat cocok untuk acara piknik di akhir pekan dan merefresh pikiran dari segala kepenatan.

Di Kedung Banteng juga, kamu akan merasakan nuansa alam pedesaan yang menenangkan. Lalu terdapat aliran air yang berasal dari sumber mata air alami yang seolah memanjakanmu dalam kesegarannya.

Jernih air yang mengalir dan lingkungan alam yang asri memberikan kesejukan tersendiri yang akan membuat hati terasa lebih tenang dan rileks.

Wisata alam Kedung Banteng juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk rencana liburan murah meriah di akhir pekan.

Karena selain bisa mengexplore keindahan alam di Kedung Banteng, kamu juga bisa mencoba kegiatan outbound dan river tubing yang cukup menantang.

Tentu liburanmu akan terasa seru bila dapat menikmati sensasi petualangan di area terbuka.

Selain kegiatan di atas, ada beberapa aktivitas menyenangkan lainnya yang bisa kamu lakukan di tempat wisata ini seperti berenang, jalan-jalan atau bersantai di taman dan pastinya berburu spot kece untuk keperluan foto-foto.

Kamu bisa memanfaatkan jembatan gantung sebagai spot untuk berfoto untuk hasil foto terbaik yang instagramable.

Jembatan gantung di Kedung Banteng memang terlihat sangat menarik.

Dengan view perbukitan yang menghijau sebagai background-nya, pesona Kedung Banteng semakin epic.

Bahkan bila kamu mendapatkan angle yang tepat, dijamin foto kamu akan terlihat keren dan instagenic.

Untuk melengkapi liburanmu di Kulon Progo, kamu juga bisa menjelajahi beberapa destinasi wisata hits lainnya yang letaknya tidak begitu jauh dari Kedung Banteng.

Masih di kawasan Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, kamu bisa mengexplore keindahan Curug Setawing, Kedung Pedut, Ekowisata Sungai Mudal, dan Curug Kembang Soka.

Tips Berwisata ke Kedung Banteng

  • Rencanakan liburanmu dengan baik, pilih waktu libur di akhir pekan atau saat libur panjang agar bisa menikmati momen liburan yang menyenangkan.
  • Pastikan kendaraan yang akan digunakan untuk mencapai lokasi wisata Kedung Banteng dalam kondisi prima, karena di beberapa titik merupakan medan yang menanjak.
  • Jika ada rencana untuk berenang atau bermain river tubing, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti.
  • Persiapkan kamera dan perlengkapannya dengan baik agar momen foto-foto di tempat wisata tetap menyenangkan.
  • Jika ingin mengexplore destinasi wisata lainnya di dekat Kedung Banteng pastikan untuk datang di pagi hari agar waktu yang tersedia cukup dan liburanmu semakin lengkap.
  • Di manapun liburanmu, pastikan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Buanglah sampah di tempat yang telah disediakan demi kenyamanan bersama.

Baca: Gamplong Studio Alam, Destinasi Hits yang Dijadikan Lokasi Syuting Film di Sleman, Jogja!


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *