web log free Kampung Hawu Tasikmalaya - Travelling News

Kampung Hawu Tasikmalaya

Nyero.ID – Sebagai salah satu kota administratif di Provinsi Jawa Barat, Tasikmalaya memiliki potensi wisata alam yang begitu menawan.  Tidak heran jika banyak wisatawan yang memilih Tasikmalaya sebagai tujuan wisata saat liburan tiba.

Ada banyak spot wisata menarik di Tasikmalaya yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata edukasi, dan juga hiburan.  Salah satu tempat wisata yang menarik untuk disambangi akhir pekan ini adalah Kampung Hawu yang berada di Taman Wisata Karang Resik.

Taman wisata ini memang cukup hits di kalangan wisata akhir-akhir ini karena menawarkan sensasi liburan asik dengan berbagai macam wahana dan spot foto nan instagenic di dalamnya.

Taman Wisata Karang Resik merupakan salah satu destinasi wisata unggulan dan terbesar di Tasikmalaya yang sejak tahun 2017 lalu terus berbenah dengan berbagai fasilitas dan wahana seru.  Sehingga pengunjung semakin nyaman dan menikmati momen liburannya dengan keseruan yang tak terlupakan.

Meskipun sempat terbengkalai dan resmi ditutup pada tahun 2005, namun di tahun 2017 tempat wisata ini kembali dibuka dengan konsep yang lebih segar dan semakin lengkap.  Taman kota ini dikelola oleh pemerintah yang juga bekerjasama dengan pihak perorangan.

Taman Wisata Karang Resik juga dilengkapi dengan fasilitas amphitheater yang bisa digunakan untuk acara pertunjukan besar karena mampu menampung penonton dengan kapasitas sampai 1000 orang.

Bagi pengunjung yang ingin membeli cendera mata sebagai oleh-oleh, di tempat ini juga terdapat toko souvenir yang menjual aneka macam produk khas Tasikamalaya.

Dengan luas lahan sekitar 32 hektare, Taman Wisata Karang Resik menyajikan konsep wisata alam, agrowisata, budaya, edukasi, adventure, dan juga hiburan.  Dengan fasilitas dan wahana yang cukup lengkap, para pengunjung bisa menjelajahi beberapa spot yang tersedia sehingga momen liburan di taman wisata ini semakin menyenangkan.

Beberapa jenis wahana yang tersedia antara lain adalah flying fox, sepeda gantung dan arung jeram.  Sementara untuk spot selfie ada taman bunga warna-warni, jembatan cirahong, rumah viking, kincir angin khas Belanda, museum 3D, rumah pohon, dll yang akan membuat foto selfie-mu semakin keren dan penuh gaya.

Puas berkeliling dan berburu spot foto selfie nan instagrammable, kamu bisa menyempurnakan liburanmu dengan wisata kuliner di Kampung Hawu.

Dengan mengusung konsep alam pedesaan, Rumah Makan Kampung Hawu dilengkapi dengan saung-saung yang terletak di atas area persawahan dengan dekorasi lampu temaram yang begitu syahdu.  Untuk memanjakan selera para pengunjung, rumah makan ini menyajikan anekan menu makanan khas Sunda yang sudah pasti enak dan menggugah selera.

Jika di Garut ada Darajat Pass dan di Bandung ada Lembang, maka di Tasikmalaya ada Karangresik yang di dalamnya ada Kampung Hawu dengan pesona yang tidak kalah menggoda.

Sebelum mengunjungi Kampung Hawu, berikut ini adalah beberapa informasi seputar harga tiket masuk, jam operasional, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Taman Wisata Karang Resik sebesar Rp 15.000 dengan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Untuk menikmati beberapa wahana permainan seperti flying fox, arung jeram, farm house maupun waterboom akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 20.000.  Pihak pengelola juga menyediakan tiket terusan sebesar Rp 85.000 termasuk tiket masuk untuk beberapa wahana yang ada di dalamnya.

Sementara untuk menikmati suasana alam di Kampung Hawu pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis.

Jam Operasional

Rumah Makan Kampung Hawu buka mulai pukul 09.00 WIB – 22.00 WIB.  Dengan jam operasional yang cukup panjang kamu bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan mengexplore pemandangan alam khas pedesaan di tempat ini dan berburu spot foto kece untuk berselfie ria.

Puas berkeliling dan berfoto selfie, kamu bisa mengakhiri perjalananmu dengan berwisata kuliner di rumah makan Kampung Hawu dengan menu spesial khas Sunda.

Fasilitas

Untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung, Kampung Hawu sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang cukup memadai.  Diantaranya terdapat fasilitas playground, perahu angsa, dan juga meeting room dengan nuansa tradisional yang begitu kental.

Selain itu, di Kampung Hawu juga terdapat spot selfie, pendopo, dan terowongan bambu yang cocok banget buat dijadikan background foto selfie.

Daya Tarik

Kampung Hawu berada di kawasan Taman Wisata Karang Resik dan merupakan salah satu tempat unggulan di taman ini yang bisa diakses secara gratis.  Rumah makan dengan konsep alam pedesaan ini menyajikan menu makanan khas Sunda dengan harga yang cukup terjangkau.

Dengan luas lahan mencapai kurang lebih 1,9 hektare, Kampung Hawu menyajikan pemandangan alam nan menawan dengan view pegunungan dan Sungai Citanduy di bawahnya.

Lahan yang cukup luas menjadi daya tarik tersendiri yang akan membuat pengunjung semakin nyaman berada di tempat ini.  Salah satunya adalah lahan untuk area parkir yang bisa menampung kendaraan dalam jumlah yang cukup banyak dan juga saung-saung dengan corak bambu yang bisa menampung hingga kapasitas 1000 orang.

Dengan fasilitas dan luas lahan yang cukup memadai, Kampung Hawu sangat cocok buat acara liburan keluarga, acara gathering, maupun reuni bersama teman-teman.

Rumah Makan Kampung Hawu bukan hanya dilengkapi dengan fasilitas spot selfie nan instagrammable saja tetapi juga menyajikan menu makanan tradisional dengan pilihan yang cukup beragam dan harga cukup terjangkau.

Beberapa paket menu yang bisa dipilih antara lain paket nasi ayam, paket nasi dan nila, paket nasi liwet ayam, paket nasi liwet nila, paket nasi ayam dan telur, serta paket nasi liwet ayam dan telur dengan kisaran harga antara Rp 30.000 – Rp 45.000.

Rumah makan khas Sunda ini juga menyediakan paket nasi liwet untuk 4 orang dengan menu gurame dan ayam yang cocok dinikmati bersama keluarga ataupun sahabat.

Berbagai menu makanan di rumah makan ini dimasak dengan cara yang masih tradisional menggunakan hawu atau tungku sehingga hasil masakannya pun memiliki cita rasa yang begitu khas dan istimewa.

Untuk pengunjung dari luar daerah tersedia juga penginapan untuk beristirahat, sehingga pengunjung bisa semakin nyaman dan leluasa untuk menikmati suasana alam di Tasikmalaya.

Lokasi dan Rute Perjalanan

Kampung Hawu Tasikmalaya berada di kawasan Taman Wisata Karang Resik, letaknya di perbatasan antara Kota Tasikmalaya dengan Kabupaten Ciamis.

Tepatnya di Jalan Mohammad Hatta No. 331, Sukamanah, Cipedes, Tasikmalaya, Jawa Barat dengan jarak sekitar 5,9 km dari pusat Kota Tasikmalaya sehingga sangat mudah untuk diakses, baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Dengan akses jalan yang sangat memadai, perjalanan dari pusat Kota Tasikmalaya menuju ke Taman Wisata Karang Resik hanya butuh waktu sekitar 16 menit saja.

Jika menggunakan angkutan umum silakan menuju ke Terminal Utama Tasikmalaya dan naik angkutan dengan jurusan Tasik-Ciamis-Banjar-Pangandaran.  Sementara jika dari Ciamis, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Taman Wisata Karang Resik sekitar 30 menit.

Untuk info rute yang bisa ditempuh kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps agar perjalananmu semakin lancar dan menyenangkan.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *