Yuk Jelajahi Kuliner Legendaris di Jogja!

Liburan di Jogja tapi bingung bagaimana mau mulai dari mana? Cobain aja kulinernya dulu! Karena kamu pasti bakal butuh makan pas liburan, mengunjungi tempat-tempat kuliner legendaris bakal jadi pilihan yang pas untuk memulai penjelajahan. Apa aja sih kuliner legendaris Jogja yang paling enak? Yuk cek daftarnya di bawah!

Mie Ayam Bu Tumini

kuliner legendaris jogja
Credits: travelingyuk.com

Terkenal sebagai salah satu mie ayam legendaris di Jogja, Mie Ayam Bu Tumini bisa kamu temukan di Jl. Imogiri Timur No.187. Mie ayam di sini unik karena kuah mie yang kental dan manis. Tinggal kamu tambahkan ceker ayam, pasti jadi makin puas!

Soto Bathok Mbah Katro

kuliner legendaris jogja
Credits: piknikdong.com

Soto Bathok Mbah Katro punya cara unik untuk menyajikan hidangannya: pakai batok kelapa! Setiap batok akan dibelah dua sehingga membentuk sebuah setengah lingkaran. Batok tersebut lalu diisi dengan nasi, tauge, daging, kol, dan kuah soto yang nikmat. Saking enaknya, kamu gak  bakalan kenyang kalau hanya makan seporsi. Jadi jangan sungkan untuk porsi 2-3 porsi tambahan!. Kalau penasaran, kamu bisa langsung mengunjungi Soto Bathok Mbah Katro di Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman.

Sate Klathak Pak Pong

kuliner legendaris jogja
credits: limakaki.com

Restoran ini terkenal banget dengan rasa daging kambingnya yang enak dan empuk. Cara penyajiannya juga unik, karena tusuk sate yang biasanya terbuat dari kayu diganti dengan besi jeruji roda sepeda. Kedai ini berlokasi di Jl. Sultan Agung No.18. Kalau kamu punya rencana kulineran ke sini, kamu perlu mempersiapkan diri karena kamu harus mengantri minimal 1 jam sampai makanan disajikan di meja saking ramainya. Tapi jangan khawatir, waktu nunggu kamu bakal terbayarkan dengan rasa satenya. Nikmat tiada dua!

Gudeg Yu Djum

kuliner legendaris jogja
Credits: travel.kompas.com

Kota Jogja juga sering disebut dengan Kota Gudeg, karena cita rasa Gudeg yang tidak ditemukan di kota lain. Nah, biar kamu langsung merasakan cita rasa gudeg paling legendaris, gak ada salahnya kalau nyobain Gudeg Yu Djum yang sudah berdiri sejak tahun 1950. Campuran gudeg, telur, krecek, dan tempe oreknya nikmat banget. Gurih dan manis di saat yang bersamaan. Cocok buat disantap pas sarapan! Kamu bisa langsung mengunjungi Gudeg Yu Djum Pusat di Jl. Wijilan No.167.

Tengkleng Gajah

kuliner legendaris jogja
Credits: travel.kompas.com

Tempat kuliner yang terletak di Jl. Kaliurang KM. 9.3 ini terkenal banget dengan hidangan yang dinamakan tengkleng. Tengkleng adalah potongan tulang kambing yang disajikan dengan kuah gulai yang gurih dan kental, mirip seperti lamb chop tradisional. Hidangan ini dinamakan Tengkleng Gajah karena porsi potongan tulang yang besar dibandingkan tengkleng pada umumnya. Rasanya nikmat banget, cocok buat kamu yang lagi mencari hidangan besar buat mengenyangkan perut.

Ayam Geprek Bu Rum

kuliner legendaris jogja
Credits: tribunnews.com

Ngaku pecinta pedas? Cobain dulu Ayam Geprek Bu Rum di Jl. Wulung, Papringan, Caturtunggal! Restoran legendaris yang sudah memiliki banyak cabang di Jogja ini bisa memuaskan lidah kamu. Ayam geprek adalah ayam goreng yang diulek bersamaan dengan campuran cabai, garam, bawang putih, dan gula untuk menghasilkan cita rasa pedas gurih nikmat. Menariknya, kamu bisa memilih berapa cabai yang akan digeprek di atas ayam goreng. Gak tanggung-tanggung, kalau kamu berani, kamu bahkan bisa memesan sampai 20 cabai di satu hidangan lho. Pasti seru banget nih untuk kulineran ekstrim!

Oseng Mercon Bu Narti

kuliner legendaris jogja
Credits: guideku.com

Satu lagi kuliner legendaris Jogja buat kamu yang suka dengan makanan pedas, yaitu Oseng Mercon Bu Narti! Campuran dari kikil, daging, tulang muda, dan kuah kental yang pedas manis bisa membuat lidah kamu nikmat kepedesan. Tinggal dilengkapi dengan nasi hangat, pas deh buat memuaskan rasa lapar kamu! Kamu bisa langsung mencoba hidangan ini di Jalan KH. Ahmad Dahlan.

Kelihatannya enak-enak banget ya kuliner legendaris Jogja di atas! Pasti bisa jadi destinasi wisata, sekaligus mengisi perut untuk lanjut menjelajahi destinasi wisata lain!

Sudah mulai ngiler ya liat makanan di atas? Yuk langsung aja rencanakan penjelajahan kuliner legendaris Jogja kamu bersama Airy! Dengan Airy, mencari kamar penginapan dan tiket pesawat jadi lebih mudah! Tinggal download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store, kamu bisa langsung berangkat liburan. Jangan lupa follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, supaya kamu gak ketinggalan informasi promo menarik!

Untuk Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *