Yuk Berkenalan Dengan Pasar Ikan Muara Baru

Pasar Ikan Modern
Credit : Liputan6

Banyak orang yang memandang pasar dengan sebelah mata. Eits, tapi itu dulu! Sekarang, banyak sekali pasar yang berbenah agar orang mengunjungi tempat jual beli tradisional ini. Salah satunya, pasar yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo bulan Maret lalu, yaitu Pasar Ikan Modern Muara Baru.

Bisa dibilang, Pasar Ikan Modern Muara Baru mirip dengan Pasar Ikan Tsukiji di Tokyo, Jepang. Mulai dari konsep pasar yang membebaskan pembeli untuk memilih ikan, dimasak langsung di tempat, hingga bentuk bangunannya. Ide renovasi pasar ini pun berawal dari Presiden Joko Widodo yang akhirnya diwujudkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan diresmikan pada bulan Maret 2019.

Kehadiran wajah baru dari Pasar Modern Muara Baru diharapkan bisa memberi warna baru bagi citra produk perikanan dan kelautan Indonesia. Hal ini dikarenakan Muara Baru adalah pelabuhan perikanan terbesar di Indonesia. Ditambah, Pelabuhan Muara Baru merupakan tujuan utama para pembeli produk perikanan baik dari dalam maupun luar negeri. Keren ya!

Sebelum kamu pergi ke Pasar Ikan Modern Muara Baru, yuk cari tau dulu fakta menariknya!

Konsep Baru

Pasar Ikan Modern Muara Baru mengusung konsep berbeda dengan pasar ikan pada umumnya. Tempat yang berlokasi di utara Jakarta ini, dibangun dengan konsep tempat belanja yang higienis, bersih, serta tidak becek dan bau. Dengan pengembangan ini, Muara Baru diharapkan bisa menarik wisatawan untuk berkunjung.

Pasar Ikan Modern

Kamu juga bisa memilih sendiri ikan mana yang mau dibeli. Di sana, ada sekitar 1.000 pedagang yang membuka lapak di pasar ini. Sehingga ada banyak pilihan yang tersedia mulai dari ikan tuna, gurita, cumi, udang, dan lainnya.

Selain pasar ikan, tempat ini juga memiliki food court yang jadi tempat wisata kuliner. Food court ini berada di lantai 2 dan outdoor. Di sini, kamu bisa membawa ikan hasil belanjaanmu dan dimasak di sini. Seru!

Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM)

Seluruh pedagang di Pasar Ikan Modern Muara Baru adalah UKM perikanan kelautan. Pasar ini menjadi sarana bagi pedagang kecil dan menengah untuk mengenalkan berbagai produk ikan. Selain itu, pasar ini juga akan memperkuat pelabuhan perikanan Nizam Zachman Muara Baru sebagai salah satu destinasi wisata bahari dan kuliner di Indonesia, khususnya di utara Jakarta.

Pasar Ikan Modern

Bisa Tawar Menawar

Karena jadi pusat pelelangan ikan, kamu hanya boleh membeli dalam jumlah minimal satu kilogram. Semakin banyak ikan yang kamu beli maka harga yang diberikan bisa lebih murah. Harga ikan di pasar ini termasuk murah, kok, karena masih ada di tangan pertama. Kamu juga diperbolehkan untuk menawar, lho!

Pasar Ikan Modern

Jangan Salah Kostum!

Jangan demi konten Instagram kamu salah kostum datang ke pasar ini ya, guys! Karena terus diberi air dan es, lantai di pasar ini becek dan licin. Jadi, ada baiknya untuk datang memakai sepatu boots karet atau sandal yang tidak licin.

Kamu tinggal di luar Jakarta? Tenang saja. Kamu bisa mengunjungi Pasar Ikan Modern Muara Baru saat liburan ke ibukota nanti. Jangan lupa atur liburanmu dengan Airy. Download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Kamu bisa menemukan berbagai rekomendasi kamar hotel dan tiket pesawat yang lengkap ke seluruh Indonesia. Supaya liburanmu makin hemat, follow juga media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Temukan promo menarik dari Airy untuk kamu!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *