Wisata Plus Belajar di Taman Herbal Insani yang Seru & Menyenangkan

Taman Herbal Insani – Pengobatan herbal memang menempati bagian tersendiri di hati masyarakat. Pasalnya selain murah, pengobatan herbal sudah dikenal sejak nenek moyang dan dengan ramuan turun-temurun nan alami yang ampuh mengobati hampir segala penyakit.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali tanaman obat yang dikenal dengan Apotek Hidup. Tanaman ini banyak dibudidayakan di pekarangan rumah hingga akhirnya kini ada sebuah tempat yang menjadi lahan budidaya umum yakni Taman Herbal Insani.

Selain sebagai lokasi penanaman tanaman obat, disana kita juga dapat belajar tentang pengobatan herbal. Ingin tahu lebih banyak tentang Taman unik ini? Simak penjelasan-penjelasan berikut ini!

Gerbang Taman Herbal Insani via Kompasianacom

Gerbang Taman Herbal Insani via Kompasiana.com

Lokasi dan Cara Menuju Taman Herbal Insani

Taman Herbal Insani dibuat oleh Bapak Ir. Mahendra yang konsep dasarnya adalah menggabungkan taman herbal dengan area wisata keluarga. Taman yang berada di Jl Kp.Kondang, daerah Sawangan, tepatnya di Kota Depok ini merupakan tujuan wisata yang juga sering menerima education trip para siswa-siswa sekolah.

Jika kamu dari arah Wates, kamu bisa melewati Jl Abdul Wahab hingga sampai di Jalan Raya Muchtar. Dari sana kamu akan menemukan kantor kecamatan daerah Sawangan. Setelahnya belok kiri ketika menemukan tanda Alfamart daerah Pengasinan. Ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di Gang Wadas namun jangan kelewat hingga Perum Bumi Sawangan Indah.

Setelah melewati area Pengasinan, kamu bisa menuju Jalan Duren Seribu dan lurus hingga terdapat Lapangan Pusaka. Hingga disana nanti, kamu akan langsung menemukan banner bertuliskan Taman Herbal yang berlokasi sekitar 150 m dari sana. Lumayan ribet ya?

Nah… jika tidak ingin dibuat pusing, ada baiknya kamu mengikuti rute dari Google Maps saja agar sampai di tujuan dengan terjamin arahnya.

Harga Tiket Masuk Taman Herbal Insani

Untuk hari biasa, baik itu weekdays maupun weekend, entah untuk anak-anak maupun dewasa, harga tiketnya standar Rp 15.000 saja. Namun disana terdapat paket untuk rombongan, mulai dari paket anak sekolah, acara keluarga, hingga untuk sekedar family gathering yang tentunya tiket akan dipermurah.

Kamu juga bisa melakukan reservasi tiket melalui online di website Taman Herbal. Taman ini buka mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore saja. Jadi jangan sampai kamu berniat untuk berkunjung kala malam karena tentu saja pengurus Taman tidak memperbolehkannya.

Kunjungi juga yuk: 29 Tempat Hangout di Depok Paling Seru

Wahana Permainan di Taman Herbal Insani

Meskipun bertajuk edukasi, namun Taman Herbal Insani juga menyediakan wahana permainan bagi anak-anak yang berkunjung. Playground disana mempunyai rumput lapang di sekelilingnya sehingga memudahkan orang tua memantau anak sembari beristirahat.

Bagi yang memilih paket tour, biasanya petugas akan memberikan permainan lebih, seperti perlombaan bakiak, tarik tambang antar grup dan permainnan menarik lainnya. Bahkan, jika ingin belajar memanah, disana juga sudah disediakan tempat dan peralatannya lho. Bagi yang ingin berlatih rutin, kamu bisa membayar Rp 150.000 per bulan untuk sewa Pelatih yang ada di Insani Archery Club.

Kegiatan Memanah di Taman Herbal Insani via Wismanusantaraherbalcom

Kegiatan Memanah di Taman Herbal Insani via Wismanusantaraherbal.com

Selain itu, anak-anak dan orang dewasa juga bisa bermain air di Taman Herbal. Bagi anak-anak, disana sudah disediakan kolam renang khusus anak. Di bagian pilarnya dipasangi shower-shower yang bisa digunakan untuk bermain pancuran. Pasti anak-anak sangat senang.

Taman Wisata Herbal Insani via Moodsterid

Taman Wisata Herbal Insani via Moodster.id

Kolam khusus dewasa juga tidak ketinggalan disiapkan. Namun ini berarti kolam disana terbagi dua dan tidak boleh salah memasukinya karena bisa ditegur petugas lantaran terkait dengan keselamatan pengunjung. Jadi harap cermat ya!

Wisata air disana tidak hanya kolam saja. Selain untuk berenang, disana juga terdapat kolam ikan dan rakit saung. Kolam ikan merupakan kolam yang diisi oleh berbagai jenis ikan menarik dan bisa diberi makan oleh pengunjung, sedangkan rakit saung merupakan kolam dimana terdapat saung bambu di atasnya.

Jangan pernah sekali-kali mencoba turun untuk mengambil ikan di kolam ikan karena tentu saja itu dilarang. Namun jika kamu memilih paket tour, akses memancing gratis bisa kamu dapatkan disana. Kolam ikan ini letaknya di sebelah kolam renang dewasa.

Bagi yang ingin menikmati menaiki perahu, di Taman Herbal Insani juga sudah ada peralatannya. Kamu bisa berkeliling danau disana dengan perahu bambu sembari menikmati suasana yang asri dan nyaman. Atau jika ingin lebih menantang, cobalah menaiki rakit bambu yang hanya muat mengangkut 6 orang.

Rakit ini menguji kekompakan dan kerjasama lantaran hanya bisa berjalan jika semua penumpangnya mengayuh bersamaan. Biasanya rakit ini akan dimasukkan ke dalam paket tour yang tentunya bisa kamu nikmati jika memilih paket tersebut.

Wisata Kebun Herbal Insani Depok via Wisataherbalcom

Wisata Kebun Herbal Insani Depok via Wisataherbal.com

Jika ingin sekedar berjalan-jalan menikmati spot menarik, disana juga terdapat hiasan di sekeliling jalan yang diisi oleh segala pernak-pernik paying dan juga hiasan caping. Tak lupa, kamu juga bisa berfoto di rakit bambu hingga berfoto bersama properti tenda.

Penyuka hewan bisa juga berlibur ke Taman Herbal. Hal ini karena disana terdapat taman berisi kelinci-kelinci lucu dan juga aneka wahana Outbound yang penuh tantangan. Selain itu, di Taman juga dibangun sangkar besar untuk penangkaran Love Bird yang tentunya menjadi tontonan kesukaan para pecinta burung.

Disana juga ada Taman Kura-Kura. Meski didesain lumayan lengkap, namun sayangnya bagian wahana ini kurang begitu diminati oleh wisatawan. Padahal Kura-Kura disana sangatlah lucu, aktif, dan juga bisa dijadikan bahan edukasi bagi anak-anak.

Budidaya tanaman obat di Taman ini dijamin terpercaya karena dikelola oleh Perusahaan Herbal Insani itu sendiri. Jadi jika kamu menghendaki membeli tanaman obat, tenang… disana telah disediakan tanaman yang khusus dijual untuk wisatawan.

Selain membeli tanaman obat, kita juga dapat belajar cara mengolah tanaman tersebut nanti untuk dipraktekkan di rumah. kita juga bisa mengetahui tanaman beserta fungsi-fungsinya di dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin saja kita belum ketahui sebelumnya.

Tidak heran jika Taman ini menempati hati warga tersendiri. Pasalnya disana pengetahuan kita tentang Tanaman Herbal seketika akan bertambah. Disana terdapat Arboretum yang ternyata merupakan penamaan suatu pohon dan tanaman yang mana menjadi ketertarikan di kalangan wisatawan.

Karena disana menerima paket rombongan, jadi jangan heran jika disana terdapat banyak sekali orang-orang yang berkumpul di Pendopo dalam Taman. Tentunya mereka sedang menunggu giliran untuk mendapat materi tour. Biasanya paket tour tersebut berisi materi yang terdiri dari :

  • Wisata berkeliling kebun, dimulai dari pengenalan tanaman obat hingga khasiat dan cara pengolahannya
  • Praktek budidaya
  • Praktek pembuatan rebusan obat
  • Praktek pembuatan Jahe Merah secara instan

Jangan lewatkan juga ya: 36 Tempat Wisata Kuliner di Depok yang Wajib Dicoba

Fasilitas yang ada di Taman Herbal Insani

Disana terdapat banyak sekali fasilitas penunjang. Komitmen pengurus wisata dalam mengedepankan kenyamanan dan kepuasan pengunjung ternyata sangat dipegang teguh. Selain Mushola untuk beribadah, toilet, pusat informasi untuk tour guide, dan juga lahan parkir, di Taman Herbal Insani terdapat tempat untuk wisata kuliner.

Bagi yang sudah tidak kuat menahan lapar dan memang telah bersiap dari rumah, kamu bisa menikmati bekalmu ala piknik di saung-saung bambu disana. Rasakan bagaimana indahnya berbagi makanan dengan keluarga dan teman, serta abadikan momen yang tak terlupakan ini.

Gazebo atau saung disana ada 4 buah. Satu buah berada di dekat area masuk sementara 3 buah lainnya ada di dekat Taman Bermain. Carilah saung yang kosong karena hampir tidak pernah sepi yang menggunakannya.

****

Demikianlah ulasan mengenai Taman Herbal Insani. Taman yang ramah pengunjung ini tentunya sangat pas untuk liburan edukasi keluarga dan anak-anak sekolah.

Selain untuk wisata, Taman ini nyatanya juga bermanfaat memperkenalkan pemanfaatan Apotek Hidup atau tanaman obat kepada masyarakat dengan konsep yang menarik dan tidak membosankan. Semoga bermanfaat!

Jangan lewatkan juga: Wisata Keluarga di Taman Wiladatika Depok

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *