Wisata ke Wakatobi: Surga Dunia di Indonesia!

wisata ke wakatobi

Indonesia memang penuh dengan berbagai destinasi indah yang gak kalah keren dengan negara-negara lain. Banyak yang bilang Indonesia adalah surga bagi para traveler karena alamnya yang indah dan penduduknya yang ramah.

Seperti di Provinsi Sulawesi Tenggara, di mana terdapat salah satu taman nasional laut dengan reputasi mendunia: Wakatobi! Setelah diresmikan oleh pemerintah pada tahun 1996 sebagai Taman Nasional Laut, nama Wakatobi meroket menjadi salah satu destinasi terbaik di Indonesia bagi pelancong domestik maupun luar negeri. Ada apa aja sih di Wakatobi, sampai World Wildlife Fund (WWF) ikut turun tangan untuk melestarikan terumbu karang dan pantai di sana? Yuk simak ulasannya berikut!

Pantai dan terumbu karang menakjubkan

wisata ke wakatobi
Credits: tripzilla.id
wisata ke wakatobi
Credits: blog.pigijo.com

Nama Wakatobi diambil dari akronim 4 pulau yang ada di sekitar garis pantai Sulawesi Tenggara, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Daerah Wakatobi menjadi rumah bagi 90% spesies terumbu karang yang ada di dunia, dengan lebih dari 900 spesies ikan hidup di sekitar terumbu karang tersebut. Karena itu, atraksi bawah laut di Wakatobi ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Kamu pun bisa snorkeling dan scuba diving untuk melihat eloknya terumbu karang dan berbagai ikan cantik yang hidup di sana!

Asiknya island hopping ke berbagai pulau

wisata ke wakatobi
Credits: beritagar.com
wisata ke wakatobi
Credits: pedomanwisata.com
wisata ke wakatobi
Credits: arsitekmenulis.com

Selain terumbu karang, Wakatobi juga memiliki beragam pantai dan bukit keren yang tersebar di berbagai pulau. Ada Pulau Hoga yang punya pantai dengan air laut bersih berwarna biru, Pantai Anano yang terletak di pulau terpencil tak berpenghuni seperti di film-film, sampai Bukit Kayangan di Pulau Tomia yang menyuguhkan indahnya hamparan rumput hijau luas.

Kebudayaan yang beragam dan kaya

wisata ke wakatobi
Credits: satyawinnie.com
wisata ke wakatobi
Credits: pesona.travel

Kebudayaan dari masyarakat di Wakatobi juga tidak kalah keren. Kamu bisa mengunjungi Suku Bajo di Pulau Kaledupa untuk menengok kehidupan masyarakat tradisional di Wakatobi yang tinggal di pesisir pantai. Suku Bajo terkenal sebagai sea gypsies, yaitu suku pengembara laut tertua yang ada di Wakatobi. Di desa tempat mereka tinggal, kamu bisa membeli berbagai cenderamata seperti tenun Wakatobi yang terkenal khas dengan warna-warni mencolok.

Kuliner nikmat dan unik

wisata ke wakatobi
Credits: antarafoto.com
wisata ke wakatobi
Credits: travelingyuk.com
wisata ke wakatobi
Credits: syifaadistiani94.blogspot.com

Wisata ke Wakatobi tidak lepas dari kuliner yang enak. Kamu bisa makan di Wasabinua Resto untuk menikmati kuliner khas Wakatobi sambil melihat pemandangan pantai yang memukau. Selain kulineran di restoran, kamu juga bisa menikmati makanan khas tradisional yang ada di berbagai warung makan di sekitar pantai. Ada beberapa makanan yang harus kamu coba, seperti kusami, parende, dan laluta. Pasti rasanya bikin nagih dan pengin makan lagi!

Wah, pasti seru banget ya kalo kamu wisata ke Wakatobi dan mengunjungi berbagai tempat tadi! Jangan khawatir, wisata ke Wakatobi itu bukan hal yang sulit kok. Kamu kan bisa memesan tiket pesawat dan kamar hotel dengan harga terbaik melalui Airy! Caranya mudah banget, tinggal download dan Install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Supaya liburanmu kali ini makin irit, jangan lupa follow juga media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Ada banyak promo untuk kamu!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Header and featured image credit: villyagillarym.wordpress.com

 


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *