Wisata Hits Tersembunyi Curug Kuncung Mas Kulon Progo, Yogyakarta!

Nyero.ID – Berbicara tentang destinasi wisata di Provinsi DIY seolah tidak akan pernah ada habisnya.  Munculnya beberapa destinasi wisata baru di Yogyakarta semakin melengkapi jumlah tujuan wisata yang bisa dikunjungi saat liburan.

Salah satu wilayah di Yogyakarta yang menyimpan potensi wisata unggulan adalah Kabupaten Kulon Progo yang populer dengan spot wisata alamnya.

Beberapa spot wisata di Kulon Progo memang cukup mencuri perhatian karena keindahannya.

Jika sebelumnya kamu sudah begitu familiar dengan spot wisata seperti Kalibiru, Bukit Cendana, Pule Payung, Grojogan Sewu, Kedung Pedhut dll.

Kali ini kamu akan diajak untuk menikmati sensasi liburan seru di Curug Kuncung Mas yang pesonanya tak kalah epic dari spot wisata alam lainnya yang lebih dulu hits.

Curug Kuncung Mas adalah sebuah air terjun alami dengan kolam air yang berwarna biru tosca.

Curug ini terletak di Jalan Sermo-Girimulyo, Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Spot Foto Curug Kuncung Mas Kulon Progo
Photo by @curug_kuncungmas

Nama Kuncung Mas sendiri berasal dari keberadaan ikan Kuncung Mas yang konon pernah hidup di tempat ini. Curug ini memiliki 6 tingkatan air terjun.

Pada tingkatan pertama ketinggiannya mencapai kurang lebih 5 meter dengan aliran air terjun yang membentuk garis lurus.

Pada tingkatan kedua air terjun mengalir dari tebing yang tidak terlalu tinggi dengan bebatuan berundak.

Sementara pada tingkatan ketiga aliran air mengalir dari tebing yang melebar sehingga aliran airnya terbagi dua.

Pada tingkatan keempat aliran air mengalir di bebatuan yang berjajar dengan aliran air yang menyebar.

Sedangkan pada tingkatan kelima, aliran air menyerupai tingkatan keempat dengan kondisi tebing yang lebih tinggi dan lebar.

Sementara untuk tingkatan keenam, aliran airnya lebih deras. Tingkatan keenam inilah yang paling banyak dikunjungi saat berwisata di Curug Kuncung Mas karena merupakan tingkatan pertama yang relatif mudah untuk diakses dari jalan raya.

Curug Kuncung Mas memiliki pesona yang luar biasa indahnya. Perpaduan antara lingkungan alam yang masih sangat asri dan warna biru tosca pada kolam airnya terlihat begitu menawan.

Di tempat wisata alam ini kamu bisa bersantai menikmati keindahan alamnya atau berenang. Untuk aktivitas berenang, kamu harus tetap hati-hati karena kedalaman air di tengah kolam mencapai 3 meter.

Meskipun akses jalan menuju ke lokasi air terjun Kuncung Mas cukup menantang karena di beberapa titik cukup terjal dan licin, namun semua perjuanganmu akan terbayar dengan panorama curug yang begitu eksotis.  Bahkan di sepanjang perjalanan pun kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam di sekitarnya yang menyejukkan pandangan.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan dan eksotisme Curug Kuncung Mas kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sukarela atau seikhlasnya, demikian juga dengan ongkos parkir.

Dengan biaya yang begitu murah kamu akan dimanjakan dengan pesona air terjun yang masih sangat alami.

Rute Perjalanan

Curug Kuncung Mas terletak di Jalan Sermo-Girimulyo, Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupeten Kulon Progo, DIY atau sekitar 34,5 km dari pusat Kota Jogja.

Untuk mencapai lokasi wisata air terjun disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena tidak tersedianya angkutan umum menuju ke Curug Kuncung Mas.

Akses jalan menuju ke lokasi Curug Kuncung Mas relatif mudah karena curug ini letaknya tidak terlalu jauh dari jalan raya dan pemukiman warga.

Namun begitu, kamu harus tetap hati-hati karena di beberapa titik merupakan medan yang cukup terjal dan licin.

Dari pusat Kota Jogja kamu bisa langsung mengarahkan kendaraan menuju ke arah Jalan Godean – Jalan Raya Pasar Kenteng – Jalan Watu Murah – Jalan Nanggulan-Girimulyo/Jalan Kaligesing – belok kiri, ikuti petunjuk arah sampai ke lokasi Curug Kuncung Mas.

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi air terjun sekitar 1 jam 7 menit tergantung kecepatan kendaraan.

Untuk memudahkan perjalananmu, kamu bisa memanfaatkan Google Maps atau bertanya kepada penduduk sekitar.

Fasilitas

Tempat wisata alam Curug Kuncung Mas merupakan salah satu spot wisata baru di Kulon Progo, fasilitas yang tersedia di tempat ini cukup terbatas.

Beberapa fasilitas yang tersedia di tempat ini antara lain area parkir, toilet dan penyewaan jaket pelampung.

Meskipun fasilitas yang tersedia belum cukup memadai namun hal itu tidak akan mengurangi pesona Curug Kuncung Mas yang instagenic.

Daya Tarik

Curug Kuncung Mas bisa menjadi pilihan terbaik untuk acara liburanmu di akhir pekan.

Destinasi wisata alam ini menyajikan panorama air terjun yang masih sangat alami dengan aliran airnya yang begitu jernih.

Yang lebih menarik lagi, warna air di kolam Curug Kuncung Mas bernuansa biru tosca sehingga membuat pesona curug ini semakin sempurna.

Keindahan alam yang memanjakan pandangan bahkan sudah bisa kamu rasakan ketika dalam perjalanan menuju ke tempat ini.

Di sepanjang perjalanan, kamu akan menyaksikan panorama alam pedesaan yang begitu asri dan sejuk.  Membuat perjalananmu semakin seru dan menyenangkan.

Suasana yang masih sangat alami dengan lingkungan sekitar yang begitu asri memberikan kesejukan tersendiri yang bikin rileks.

Pepohonan yang rindang memberikan keteduhan yang membuat hati semakin adem. Tempat ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran karena suasana alamnya sangat mendukung.

Suara gemericik air yang mengalir berpadu dengan hijaunya dedaunan dan jernihnya air mampu memberikan efek yang cukup menenangkan.

Wisata Hits Baru Curug Kuncung Mas Kulon Progo
Photo by @ariusdianari

Di Curug Kuncung Mas kamu juga bisa mengexplore keindahannya dengan berburu spot-spot cantik untuk berfoto selfie.

Pesona air terjun yang begitu eksotis akan membuat hasil fotomu semakin instagramable. Di tempat ini ada juga spot jembatan kecil di atas aliran sungai yang bisa kamu manfaatkan untuk foto-foto.

Untuk momen liburan yang lebih menantang, kamu bisa mengexplore keindahan air terjun ini dengan cara yang berbeda.

Kamu bisa melakukan kegiatan susur sungai dengan mengikuti jalur tracking menuju ke beberapa tingkatan air terjun lainnya dengan view yang tentunya tak kalah menawan.

Curug Kuncung Mas letaknya berdekatan dengan Curug Sigembor, yaitu sekitar 50 meter di sebelah selatan Curug Sigembor.

Berwisata ke Curug Kuncung Mas, kamu juga bisa melengkapi momen liburanmu dengan mengunjungi spot wisata air terjun lainnya di kawasan ini.

Selain Curug Sigembor, spot wisata ini juga berdekatan dengan lokasi wisata air terjun lainnya yang lebih dulu populer.

Diantaranya adalah Taman Sungai Mudal yang berjarak sekitar 0,6 km dan Curug Kembang Soka yang berjarak sekitar 1 km.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pagi sampai pukul 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk menikmati eksotisme Curug Kuncung Mas adalah di pagi hari sekitar pukul 06.00-10.00 WIB.

Datang di pagi hari akan memberikan waktu lebih banyak untuk mengexplore keindahan air terjun dan spot-spot cantik lainnya di sekitar air terjun.

Puas menjelajahi keindahan Curug Kuncung Mas kamu masih memiliki cukup waktu untuk mengexplore keindahan destinasi wisata air terjun lainnya.

Kamu bisa berburu spot-spot kece untuk berfoto selfie agar koleksi foto liburanmu di Kulon Progo semakin lengkap.

Baca: Mengintip Keindahan Pintoe Langit Dahromo Bantul, Spot Foto Cantik yang Mulai Hits Dikunjungi di Jogja.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *