Wahana, Koleksi Hewan & Harga Tiket Masuk Ragunan Terbaru 2019

Harga Tiket Masuk Ragunan – Bicara mengenai wisata Jakarta, memang tidak ada putusnya. Pasalnya, Jakarta menawarkan berbagai jenis wisata yang sangat cocok untuk hiburan, refreshing bahkan untuk sarana edukasi. Salah satu wisata yang bisa kamu kunjungi ketika di Jakarta dan mengusung paket komplit ketiga aspek diatas adalah Ragunan.

Kebun binatang yang sangat terkenal dan merupakan kebun binatang yang didirikan pertama kali di Indonesia ini masih menjadi primadona wisatawan hingga sekarang. Dibangun pada tahun 1864, Ragunan kini memiliki ribuan flora dan fauna yang memiliki nilai kontroversi tinggi. Pasalnya, terhitung Ragunan memiliki lebih dari 2.000 ekor fauna yang menghuni kebun binatang ini.

Selain itu, disana kita tak hanya bisa melihat satwa saja. Pengunjung juga bisa menikmati indahnya pemandangan hutan tropis mini yang di dalamnya terdapat lebih dari 50.000 pepohonan. Kawasan wisata yang terletak di daerah Jakarta Selatan ini juga bisa dikunjungi dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau.

Nah, selain hal yang sudah disebutkan, kira-kira apalagi ya daya tarik dan info tentang Ragunan? Yuk, langsung saja simak ulasan berikut ini!

Pintu Gerbang Kebun Binatang Ragunan via Wikipediacom

Pintu Gerbang Kebun Binatang Ragunan via Wikipedia.com

Sejarah Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang Ragunan ini memiliki kisah sejarah yang begitu menarik untuk diketahui. Kebun binatang yang dibangun di atas lahan seluas 140 hektar di kawasan Ragunan, Pasar Minggu, tepatnya di daerah Jakarta Selatan ini mulai dikerjakan pada tahun 1864.

Kebun binatang Ragunan juga sempat ditutup selama 3 minggu sejak 19 September 2005 karena satwa yang ada didalamnya terkena wabah flu burung, namun akhirnya dibuka kembali pada 11 Oktober 2005.

Kebun binatang ini dulunya bernama Planten En Dierentuin yang memiliki arti Tanaman dan Kebun Binatang. Berdiri diatas lahan pemberian dari Raden Saleh, ketika itu Planten En Dierentuin dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia yang tergabung dalam kelompok Planten En Dierentuin at Batavia.

Kemudian pada tahun 1949, Planten En Dierentuin diubah menjadi Kebun Binatang Cikini dan pada tahun 1964 dipindahkan ke kawasan Ragunan.

Selanjutnya, Pemerintah Dki Jakarta menghibahkan lahan seluas 30 hektar untuk ditempati satwa dari Kebun Binatang Cikini. Pergantian namanya diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta menjadi Kebun Binatang Ragunan atau dikenal juga sebagai Taman Margasatwa Ragunan di tanggal 22 Juni 1966.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Informasi Dasar Kebun Binatang Ragunan

Jam Buka: 07.30 s.d 16.00 WIB
Harga Tiket:  Rp 4.000
Kontak:  (021) 78847114
Penginapan: 
Follo ig @ragunanzoo
Alamat: Jl. Harsono No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Rute Menuju Kebun Binatang Ragunan

Bagi kamu yang yang ingin mengunjungi kawasan wisata ini, ada banyak rute dan transportasi yang bisa kamu gunakan. Untuk lebih mudah dan praktisnya kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti Busway atau Kereta, namun kamu juga bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Jika kamu menggunakan busway, kamu bisa menaiki TransJakarta koridor 6. Dengan begitu, kamu bisa langsung turun tepat di depan Pintu Utama Kebun Binatang Ragunan. Namun, mengingat kepadatan lalu lintas yang ada di Jakarta dan hanya sepi di malam hari atau ketika lebaran saja, mungkin kamu bisa mengganti alternatif transportasi dari bus ke KRL Computer Line Jabodetabek.

Jika kamu memilih alternatif transportasi KRL Jakarta untuk menuju ke kebun Binatang Ragunan di wilayah Jakarta Selatan, ada beberapa arah yang bisa kamu gunakan.

Jika arah datangmu berasal dari stasiun Bekasi, kamu bisa nih membeli tiket menuju Stasiun Tanjung Barat via kereta KRL. Pilih kereta dengan tujuan Stasiun Jakarta Kota yang tentunya melewati stasiun Manggarai, kawasan Cikini, kawasan Juanda, hingga tiba di Jakarta Kota. Setelah tiba, tinggal turun saja di stasiun Manggarai.

Jika kamu naik kereta via tujuan Jakarta Kota, maka kamu bisa lewat stasiun Pasar Senen. Jangan lupa, turun di Stasiun Jatinegara agar kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kereta KRL tujuan Jakarta Kota.

Kemudian, jika kamu sudah tiba di Stasiun Manggarai, kamu bisa langsung pindah kereta KRL yang mempunyai tujuan Bogor atau Depok. Biasanya akan tersedia di jalur 6, 7 ataupun 5 (kereta balik). Perhatikan selalu pengumuman dan informasi petugas peron.

Setelah kamu naik kereta tersebut, kamu bisa turun di stasiun Tanjung Barat. Jarak stasiun Tanjung Barat ke Ragunan adalah sekitar 3-4 Km melewati Jalan T. B. Simanjuntak dan Jalan RM. Harsono. Dari sana, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan taksi atau ojek dengan memakan waktu kurang lebih 10 menit jika lalu lintas sedang lancar.

Nah, itu tadi adalah rute perjalanan yang bisa kamu tempuh agar sampai di kebun binatang Ragunan menggunakan KRL. Jika kamu berangkat dari stasiun Jakarta Kota, dan Bekasi atau Depok kamu bisa mengikuti intruksi diatas.

Untuk masuk ke dalam Kebun Binatang Ragunan, pengunjung bisa melalui 4 pintu masuk. Bagi pengunjung yang dari arah pusat Jakarta dan melalui Jalan Simatupang, silahkan terus ke Jalan RM. Harsono sehingga bisa masuk melalui pintu utara. Jika pengunjung datang dari arah Cilandak, kamu bisa menggunakan Pintu Barat di Jalan Solo.

Untuk pintu Timur di Jalan Kebagusan Raya bisa dilalui oleh pengunjung yang datang dari arah Jati Padang. Dan untuk pengunjung yang berasal dari arah Lenteng Agung, kamu bisa menggunakan Pintu Selatan. Sudah sangat jelas, bukan?

Simak juga yuk: Waterpark Kolam Renang di Jakarta Terbaik

Harga Tiket Masuk Ragunan Terbaru

Nah, bagi kamu yang berencana berlibur ke Ragunan, kamu tidak perlu khawatir kantong kamu akan terkuras. Hal ini karena Ragunan menetapkan tarif yang dibilang cukup murah. Namun, untuk harga tiket masuk Ragunan, parkir dan masuk wisata dipisah secara sendiri-sendiri ya.

Untuk tarif masuknya, kamu akan dikenakan harga sebesar 4 ribu rupiah saja untuk kategori dewasa dan 3 ribu rupiah untuk anak-anak. Cukup murah sekali, bukan? Bahkan yang lebih hebat, harga tiket masuk tersebut berlaku untuk hari biasa maupun akhir pekan. Jadi, tidak ada perbedaan.

Kemudian, untuk biaya parkir kendaraan, dibagi menjadi beberapa tipe, seperti sepeda, motor, kendaraan roda tiga, minibus, truk kecil dan truk besar.

Untuk sepeda, kamu akan dikenakan tarif 3 ribu rupiah saja sedangkan untuk motor dan kendaraan roda tiga, kamu akan dikenakan tariff yang sama dengan sepeda. Lain lagi untuk kategori minibus dan sejenisnya, termasuk pickup kecil dan mobil sedan.

Kamu akan dikenakan biaya parkir sebesar 6 ribu rupiah bagi kategori tersebut. Sedangkan untuk truk kecil, bus kecil dan mobil box kecil, kamu akan dibebankan biaya parkir Rp 12.000. nah, terakhir untuk truk besar, bus besar dan mobil box besar, biaya parkir yang dikenakan adalah sebesar 15 ribu rupiah.

Daftar Tiket Lengkap Masuk Ragunan

Berikut ini lebih jelasnya dalam bentuk tabel:

Pengunjung Harga (Rp.)
Dewasa/orang 4.000
Anak-anak/orang 3.000

Biaya Parkir Kendaraan Ragunan Jakarta

Jenis Kendaraan Harga (Rp.)
Bus besar, truk besar, dan mobil box besar 15.000
Bus kecil, Truk kecil, mobil box kecil, dan pick up besar 12.000
Mobil sedan, minibus/sejenis, termasuk dalam bentuk pickup kecil 6.000
Sepeda motor, dan kendaraan roda tiga 3.000
Sepeda 1.000

Biaya Menggunakan Wahana Ragunan Jakarta

Jenis Wahana Harga (Rp.)/Satu Kali Putaran
Kuda tunggang 5.000
Onta tunggang 7.500
Taman satwa anak 2.500
Perahu Angsa 15.000
Kereta keliling 7.500
Sepeda tunggal 10.000
Sepeda ganda 15.000
Kuda bendi 10.000

Tarif Masuk Pusat Primata Schmutzer Ragunan

Kategori Harga (Rp.)/Orang
Hari Selasa s/d Jumat (usia 3 tahun ke atas) 6.000
Hari Sabtu s/d Minggu / libur nasional (usia 3 tahun ke atas) 7.500

Jika hanya ingin menikmati nuansa alam di ragunan tanpa menggunakan fasilitas yang lebih, harga Rp. 4.000 sepertinya sudah sangat murah sekali bukan, apalagi pengunjung diperbolehkan untuk membawa bekal sendiri dari rumah.

Tarif Masuk Pusat Primata Schmutzer Ragunan

Kategori Harga (Rp.)/Orang
Hari Selasa s/d Jumat (usia 3 tahun ke atas) 6.000
Hari Sabtu s/d Minggu / libur nasional (usia 3 tahun ke atas) 7.500

Catatan: Harga tiket bisa beribah sewaktu-waktu

Children Playground via Traveliocom

Children Playground via Travelio.com

Jangan lewatkan juga: Nongkrong Asyik di Taman Cattleya Tomang Jakarta Barat

Wahana Wisata Kebun Binatang Ragunan

Jika kamu ingin naik sesuatu atau mencoba wahana tertentu, kamu akan dikenakan tarif lagi sesuai ketentuan. Oleh sebab itu, mari kita bahas dulu satu per satu wahana yang ada di kebun binatang Ragunan beserta biaya naiknya.

1. Onta Tunggang

Onta Tunggang via Detik

Onta Tunggang via Detik.com

Karena kebun binatang ini memiliki satwa sendiri, maka pengelola memberikan akses kepada pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan satwa. Salah satunya adalah menyediakan wahana Onta tunggang atau menaiki onta.

Disini pengunjung akan merasakan sensasi menaiki onta layaknya di padang pasir. Untuk bisa menikmati wahana ini pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 7.500 rupiah saja. Wah, murah bukan?

2. Kuda Tunggang

Kuda Tunggang via nyonyaerlangga.wordpress.com

Kuda Tunggang via nyonyaerlangga.wordpress.com

Selain Onta, kuda juga dijadikan salah satu obyek wisata disana. Hewan ini juga bisa dinaiki oleh pengunjung. Untuk bisa menaiki kuda ini kamu harus mengeluarkan biaya 5 ribu rupiah saja.

Tentunya selepas membayar, mereka akan bisa merasakan sensasi menaiki kuda bak seorang coboy dan berkeliling area wisata. Namun, kalian harus tetap hati-hati ya. Jangan sampai terluka.

3. Taman Satwa Anak

Taman Satwa Anak via Medcomid

Taman Satwa Anak via Medcom.id

Taman satwa anak bisa menjadi alternatif jika anak takut dengan satwa yang besar dan terlihat ganas. Disini, kamu akan melihat beberapa satwa yang disukai anak-anak seperti burung kakak tua, ikan arapaima, ular condrophyton, dan satwa lainnya.

Kamu tidak perlu takut anak terancam bahaya karena satwa di taman satwa ini jinak dan masih cukup aman untuk diajak bermain. Tidak hanya itu, di taman ini juga disediakan permainan anak seperti ayunan, jaring laba-laba, perosotan dan permainan anak lainnya. Untuk bisa masuk wahana ini, kamu cukup membayar Rp 2.500 saja. Sangat murah, ya.

4. Kereta Keliling

Kereta Keliling via Wegocom

Kereta Keliling via Wego.com

Wahana yang satu ini bisa jadi solusi untuk kamu yang capek untuk berkeliling atau untuk para lansia. wahana kereta keliling ini akan mengantarmu mengelilingi kawasan kebun binatang tanpa harus berjalan kaki. Mudah, bukan? Untuk bisa berkeliling menggunakan kereta ini kamu harus membayar sebesar Rp. 7.500 saja.

5. Perahu Angsa

Perahu Angsa via Thetripcornercom

Perahu Angsa via Thetripcorner.com

Bagi kalian yang ingin menikmati suasana sejuk dengan menaiki perahu di atas danau buatan, bisa mencoba wahana perahu angsa ini. Kamu akan merasakan sensasi mengayuh perahu mengelilingi danau dengan ditemani pemandangan yang cantik. Untuk bisa menaiki wahana, kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar 18 ribu rupiah.

Sedikit mahal jika dibandingkan dengan wahana lain disana, namun tentunya pengalaman yang diberikan lebih berwarna.

Jangan lewatkan juga: 23 Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

6. Kuda Bendi

Kuda Bendi via Tribunnews

Kuda Bendi via Tribunnews.com

Wahana kuda bendi hampir mirip dengan kereta kuda atau andong. Wahana ini akan membawa pengunjung mengelilingi kawasan kebun binatang. Untuk bisa menikmati wahana ini, kamu akan dikenakan tarif sebesar 15 ribu rupiah.

7. Sepeda Tunggal

Bagi pengunjung yang ingin berkeliling kebun binatang sambil berolahraga, kamu bisa menyewa sepeda tunggal di sana. Kamu bisa berkeliling menggunakan sepeda tunggal untuk menyusuri kawasan kebun binatang maupun hutan tropis.

Jadi saat memakai wahana ini, kamu akan mendapatkan dua manfaat sekaligus, yakni untuk sarana hiburan sekaligus sarana kesehatan. Untuk menyewa sepeda tunggal  ini, kamu akan dikenakan biaya 10 ribu saja sampai puas berkeliling.

8. Sepeda Ganda

Sama halnya dengan sepeda tunggal, sepeda ganda juga disewakan kepada pengunjung untuk berkeliling area wisata. Bedanya, sepeda tunggal hanya bisa dinaiki oleh satu orang saja, tetapi sepeda ganda ini bisa dinaiki oleh dua orang sekaligus.

Wahana ini sangat cocok untuk pengunjung khususnya yang membawa pasangan ataupun teman. Dengan menggunakan sepeda ganda, kekuatan yang perlu kamu keluarkan hanya sedikit. Untuk menyewa sepeda ini, kamu akan dikenakan tarif 15 ribu rupiah sepuasnya.

9. Taman Anggrek Ragunan

Taman Anggrek Ragunan via Santiorchid.wordpresscom

Taman Anggrek Ragunan via Santiorchid.wordpress.com

Nah, sesuai namanya, taman ini menawarkan keelokan dari berbagai macam bunga anggrek. Kamu bisa menikmati kumpulan bunga anggrek yang indah dan cantik serta menyegarkan mata.

10. Ragunan Primata Scmutzer

Ragunan Primata Schmutzer via Indonesiakayacom

Ragunan Primata Schmutzer via Indonesiakaya.com

Wahana ini bisa dibuat seperti penangkaran ex situ dari hewan langka. Tujuannya tentu saja untuk melindungi hewan-hewan ini dari kepunahan. Pengunjung akan bisa melihat spesies primata secara lengkap dan beserta detail kehidupannya di konservasi ini.

Jika kalian belum tahu, yang termasuk hewan primata adalah kera, gorila, orang utang dan lain sebagainya. Namun, bagi pengunjung harus mematuhi aturan yang ada, misalnya saja tidak boleh memberikan makan sembarangan.

Sebagai pengunjung yang budiman, tentu kita harus turut serta melindungi kepunahan hewan langka dengan cara mematuhinya. Untuk bisa menyaksikan primata langka ini, pengunjung dikenakan tarif 6 ribu rupiah untuk anak-anak dan 7,5 ribu rupiah.

Jangan lewatkan juga: 41 Tempat Wisata Kuliner di Jakarta yang Wajib Anda Coba

*****

Bagaimana? Paket lengkap, bukan? Bagi kamu yang bingung mengisi acara liburan, wisata ini bisa menjadi solusinya. Pasalnya selain untuk hiburan, kawasan ini bisa dijadikan sarana untuk menambah ilmu tentang flora dan fauna. Kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan yang ada di Ragunan.

Sebelum mengunjungi kebun binatang Ragunan, kamu perlu tahu jam operasionalnya agar kamu tidak salah jadwal. Wisata Ragunan sendiri buka mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB setiap hari selasa sampai dengan minggu. Perlu diingat, untuk hari senin wisata kebun binatang ini tutup.

Jerapah via reportasehargacom

Jerapah via reportaseharga.com

Bagi pengunjung yang ingin melihat kegiatan makan satwa, kamu bisa mencatat jadwal makannya dari info pengelola. Sebagai contoh, jadwal makan siang gajah dilakukan pada pukul 14.30 – 14.45 WIB dan pukul 15.00 – 15.15WIB untuk makan sore. Sedangkan jadwal makan sore komodo dilakukan pada pukul 15.00 – 15.15 WIB.

Gajah di Kebun Binatang Ragunan via tripadvisor

Gajah di Kebun Binatang Ragunan via tripadvisor.com

Berbeda lagi dengan jadwal makan gorila, kegiatan ini akan dilakukan pada pukul 12.00 – 12.30 WIB. Nah, jika kamu sudah mengetahui jadwalnya, maka kamu bisa datang ke kandang masing-masing satwa tanpa takut terkecoh waktu. Mudah, bukan?

Gorilla Afrika via Indonesiakayacom

Gorilla Afrika via Indonesiakaya.com

Tips dan Saran Mengunjungi Ragunan

Jika kamu mengunjungi kebun binatang ini, gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman agar bisa leluasa menikmati rekreasi anda. Jangan lupa untuk membawa minum dan cemilan agar perut kamu tidak keroncongan saat berkeliling. Bawa p3k dan lotion anti nyamuk untuk jaga-jaga kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Harap diingat, perhatikan himbauan keras bagi pengunjung kebun binatang, yakni untuk tidak memberi makanan apapun kepada satwa yang ada di dalam kandang. Hal tersebut akan membahayakan satwa. Sebagai pengunjung yang baik, harus turut serta dalam menjaga kesehatan dan keselamatan satwa agar tidak punah, bukan?

Selain itu, pengunjung juga harus membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga kebersihan kawasan kebun binatang.

****

Demikian ulasan mengenai info wisata dan harga tiket masuk Ragunan yang bisa kamu baca sebelum mengunjungi Kebun Binatang Ragunan. Wisata taman Margasatwa Ragunan bisa kamu kunjungi bersama keluarga saat liburan. Pasalnya, kawasan wisata ini tidak hanya untuk rekreasi saja, melainkan untuk menambah wawasan tentang dunia flora dan fauna.

Disana anda dan keluarga bisa menikmati dan berinteraksi dengan satwa-satwa yang ada sembari belajar dan menikmati keindahan flora. Yang jelas, kamu jangan sampai lengah dan harus tetap hati-hati ya. Semoga informasi diatas bisa membantumu dalam merencanakan liburan dan juga membantu untuk memandu wisata anda. Selamat berlibur dan bersenang-senang!

Artikel terkait: 24 Tempat Nongkrong di Jakarta yang Paling Terkenal

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *