Tempat Wisata di Tulungagung Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Dikenal sebagai Kota Marmer, Tulungagung juga memiliki keunikan tersendiri dengan banyaknya warung kopi di daerah ini. Hampir di setiap sudut Tulungagung terdapat warung kopi dengan harga yang cukup bervariasi. Salah satu jenis kopi yang cukup unik adalah kopi hijau yang merupakan kombinasi antara biji kopi hitam dan kacang hijau.

Selain terkenal dengan marmer dan kopinya, Tulungagung juga terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang eskotis. Mulai dari wisata alam pegunungan, pantai, air terjun, hingga spot wisata lainnya yang tak kalah menarik.

Jika kamu berencana untuk liburan asik ke Tulungagung akhir pekan ini, berikut adalah beberapa tempat wisata hits yang bisa kamu jelajahi.

Pantai Pacar

Selain menyajikan panorama pantai nan eksotis, keberadaan air terjun mini di dekat bibir pantai membuat pemandangan semakin unik dan menawan.  Meskipun pantai ini tidak terlalu luas, namun hal itu tidak mengurangi pesonanya.  Karena sejauh mata memandang kamu hanya akan menemukan keindahan.

Lokasi:  Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Pantai Molang

Seperti kawasan laut selatan lainnya, Pantai Molang juga memiliki karaktersitik ombak yang besar. Aroma pantai yang khas dengan pemandangan nan elok menjadi suguhan alam yang begitu menyejukkan. Sangat cocok buat melepas segala kepenatan.

Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan keindahan momen sunset di pantai ini dengan view terbaik. Kamu juga bisa menikmati keindahan pantai dari atas bukit dengan panorama laut yang begitu eksotis. Kamu bisa mengabadikan momen liburanmu dengan lautan luas sebagai latarnya, pasti kece!

Lokasi: Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Pantai Kedung Tumpang

Pantai dengan tebing batu karang ini terlihat sangat unik dan menawan. Dinding batu karang yang terkikis oleh ombak membentuk cerukan alami seperti laguna dengan warna birunya yang jernih. Untuk mencapai lokasi laguna, kamu harus melewati jalan setapak yang cukup curam. Jika ingin berenang di laguna pastikan ombak sedang bersahabat biar acara nyebur-mu semakin asik.

Lokasi: Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Pantai Coro

Pantai Coro menawarkan sensasi liburan yang tak terlupakan dengan keindahan pantainya yang begitu eksotis. Secuil surga di Kabupaten Tulungagung ini berada di lingkungan yang sangat asri dengan hamparan pasir putih dan gelombang yang cukup besar, khas Laut Selatan.

Di pantai ini kamu bisa bersantai sembari menghirup segarnya aroma laut untuk sekedar melepas penat. View pantai yang menawan dengan beberapa spot kece sangat cocok buat objek fotografimu.

Lokasi: Recosewu, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Pantai Lumbung

Pantai ini memiliki keindahan yang mempesona dengan keberadaan watu lumbung yang begitu ikonik di pinggir pantai. Pantai ini masih satu kawasan dengan beberapa pantai lainnya, yaitu Pantai Molang, Pantai Pacar, Pantai Tumpang, dan Pucang Sawit.

Ombaknya yang besar tidak memungkinkan untuk aktivitas berenang, tapi kamu masih bisa bemain air di bibir pantai jika air laut sedang surut.

Lokasi: Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Pantai Sanggar

Keindahan pantai yang tersembunyi di Tulungagung, dengan hamparan pasir putih dan laut birunya yang menyejukkan hati. Perjalanan menuju ke lokasi pantai memang melelahkan dengan akses jalan yang cukup menantang.

Namun begitu, letaknya yang tersembunyi justru memberikan ketenangan tersendiri, bak liburan di pantai pribadi. Ada fasilitas camping ground buat kamu yang enggan pulang, dan hammock buat bermalas-malasan. Yang pasti view-nya bagus buat foto-foto, amazing!

Lokasi: Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Pantai Brumbun

Rugi banget jika kamu melewatkan Pantai Brumbun dalam agenda liburanmu di Tulungagung. Pantai dengan view menawan ini menyediakan fasilitas yang cukup memadai sehingga momen liburanmu semakin maksimal.

Kamu bisa mengexplore setiap sudut pantai dengan menggunakan perahu. Buat yang hobby selfie, jangan khawatir karena ada beberapa spot kece seperti gardu pandang dan sangkar burung yang akan membuat pose selfiemu semakin greget.

Lokasi: Desa Wonokoyo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Bukit Jodho

Di bukit ini kamu akan dimanjakan dengan suasana alam khas pegunungan yang menyejukkan. Wana wisata ini ternyata merupakan metamorfose dari Bukit Jomblo yang cukup populer sebelumnya.

Bukit ini juga dilengkapi dengan beberapa spot foto kece. Mulai dari lorong asmara, bulan sabit, jembatan cinta, sarang burung, hingga kupu-kupu raksasa yang akan membuat aksi selfiemu semakin maksimal.

Lokasi: Desa Pakisrejo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Tebing Banyu Mulok

Tebing dengan hamparan rumput hijau ini berada diantara Pantai Coro dan Pantai Dadap sehingga pemandangannya luar biasa indah. Selama perjalanan menuju ke tebing pun kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam yang tak kalah menawan.

Warna rumput yang begitu hijau dengan hamparan laut biru membentang di depan mata, menyajikan nuansa alam yang begitu memikat. Yang tak kalah menarik, gelombang laut yang menghempas pada dinding tebing menimbulkan efek pelangi yang begitu cantik, membuat siapaun enggan untuk berpaling.

Lokasi: Popoh, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Air Terjun Lawean

Berada di lereng Gunung Wilis, pemandangan alam di tempat wisata ini sangat menyejukkan dengan udara yang begitu segar. Perjalanan menuju ke lokasi air terjun memang cukup menantang, tapi kamu akan takjub dengan keindahan air terjun di depan mata.

Dengan ketinggian sekitar 100 meter, air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Tulungagung. Konon mandi di bawah Air Terjun Lawean bisa memberikan efek kesehatan, kamu mau coba?

Lokasi: Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Air Terjun Alas Kandung

Destinasi wisata alam yang cocok buat acara ngadem dan merefresh pikiran. Lingkungan di sekitar air terjun masih sangat alami sehingga terasa sejuk dan asri. Air terjun ini memiliki tiga tingkatan dengan ketinggian yang cukup bervariasi. Air yang jernih dan segar membuat siapapun tergoda untuk merasakan kesegaran alaminya.

Namun perlu diingat bahwa kedalaman kolam di lokasi air terjun sekitar 4-8 meter sehingga bagi yang tidak bisa berenang sebaiknya bermain air di pinggir kolam saja. Sambil menikmati keindahan air terjun kamu juga bisa hunting spot foto keren buat menambah koleksi foto liburanmu.

Lokasi: Tanen, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Ranu Gumbolo

Tempat wisata alam ini sangat cocok buat kamu yang ingin ngadem di akhir pekan, baik bersama keluarga ataupun teman-teman. Tempatnya sangat asri dengan view danau bernuansa hijau tosca membuat hatimu semakin adem. Selain bersantai, kamu juga bisa melakukan kegiatan outbound dan camping di tempat ini.

Lokasi: Bantengan, Mulyosari, Kecamatan Pagerjiwo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Kedung Tritis

Kedung ini memiliki kedalaman sekitar 10 meter sehingga bagi yang tidak bisa berenang sangat tidak dianjurkan ikut nyebur di kedung ini. Nuansa biru kehijauan pada kolam kedung memang sangat menarik, membuat siapapun tergoda untuk merasakan kesegaran airnya yang begitu alami.

Tanpa nyebur-pun kamu masih bisa bermain air di sekitar kedung dan menikmati keindahan alamnya yang bikin adem.

Lokasi: Desa Sukorejo Wetan, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Sungai Niyama

Keindahan sungai ini menyuguhkan nuansa alam yang begitu eksotis. Gemericik air yang mengalir dengan suasana alam yang masih sangat asri memberikan sebuah ketenangan. Bebatuan di sekitar sungai menjadi daya tarik tersendiri dengan pahatan alaminya yang begitu unik. Instagrammable abis buat latar foto selfiemu. Waktu terbaik buat dolan ke tempat ini adalah dimusim kemarau saat volume air tidak terlalu besar.

Lokasi: Sidem, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Dokar Dreamland

Sejak dibuka pada bulan Desember 2017, tempat wisata ini semakin populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tempat wisata ini dikelola oleh Perusahaan Kopi Dokar (PT. Cahaya Pasific Raya). Tidak heran jika di Dokar Dreamland ini juga terdapat wisata edukasi yang akan mengajak pengunjung untuk melihat secara langsung proses pengolahan biji kopi, hingga disajikan menjadi minuman.

Selain menyajikan panorama alam yang menawan, tempat wisata kekinian di Tulungagung ini juga menyediakan ragam spot selfie kece. Salah satu yang paling ikonik tentu saja Rumah Hobbit. Ada juga spot jembatan kayu degan air terjun mini yang tak kalah kece dan background foto 3D yang akan membuat foto selfiemu semakin oke.

Lokasi: Srabah, Desa Karanganom, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Wisata Hutan Pinus Nyawangan Park

Spot wisata kekinian ini menyajikan pemandangan alam yang keren, salah satunya melalui gardu pandang. Sangat cocok buat kamu yang suka hunting foto dengan view alam terbuka. Salah satu spot yang banyak difavoritkan adalah Bukit Cinta Nyawangan yang dihiasi dengan bunga-bunga cantik di sekelilingnya.

Lokasi: Klegen, Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Jambooland Water Park

Tempat wisata ini menawarkan sensasi liburan yang seru dan menyenangkan. Letaknya yang berada di kawasan perbukitan menjadi daya tarik tersendiri dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata.

Di taman wisata air ini kamu bisa bersantai sambil seru-seruan bareng keluarga atau teman-teman dengan berbagai macam wahana yang tersedia. Salah satu yang paling menantang adalah wahana roller coaster yang akan membuat adrenalinmu semakin terpacu.

Lokasi: Jalan Raya Srabah No. 1, Srabah, Karanganom, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *