Tempat Wisata di Tuban Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Ada banyak julukan yang disematkan untuk Tuban dengan berbagai macam historinya. Mulai dari Kota Seribu Goa, Kota Tuak, Kota Koes Plus, Bumi Ronggolawe, hingga The Mid-East of Java. Tuban juga populer dengan sebutan Bumi Wali karena di wilayah Tuban terdapat banyak makam para wali yang menyebarkan agama Islam.

Sama seperti wilayah lainnya, Tuban juga menyimpan potensi wisata yang menarik untuk diexplore. Destinasi wisata di Tuban cukup lengkap, ada pantai-pantai eksotis, wisata alam kekinian dengan spot selfienya, wisata religi, hingga wisata goa dan air terjun yang tak kalah menawan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Tuban yang wajib kamu sambangi saat liburan.

Pantai Remen
Resmi dibuka pada tahun 2015, Pantai Remen menyimpan sejuta pesona yang menyejukkan mata. Pantai berpasir putih ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan pemandangan pantai yang sangat menawan.

Nuansa alami yang begitu kental membuat suasana pantai terasa sangat menyejukkan. Di pantai ini kamu bisa bersantai, hunting spot foto, dan juga kulineran. Fasilitas di pantai ini juga cukup memadai, cocok sekali buat acara rekreasi bareng keluarga atau teman-teman di akhir pekan.

Lokasi: Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Pantai Sowan
Di sepanjang garis pantai kamu akan dimanjakan dengan hamparan pasir dan batuan karang yang unik. Tidak jauh dari lokasi pantai terdapat hutan hijau seluas 32 hektare yang ditumbuhi dengan berbagai tanaman topis, membuat suasana pantai semakin sejuk.

Pantai yang dikenal dengan Wana Wisata Sowan ini dikelola oleh KPH Perhutani, Tuban. Di pantai ini kamu bisa menatap birunya laut sembari bersantai untuk sekedar melepas penat. Yang pasti tempatnya oke banget buat hunting foto-foto keren.

Lokasi: Bogoran, Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Pantai Cemara
Landscape pantai dengan warna biru lautnya yang menyegarkan semakin terlihat menawan ketika berpadu dengan deretan pohon cemara yang menyejukkan mata. Nuansa alaminya bikin adem. Hamparan pasir putih, laut biru dan hijaunya hutan cemara membuat siapapun akan terpana menikmati keindahannya.

Lokasi: Sendang Harjo, Sugihwaras, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Pantai Kelapa
Di pantai ini kamu akan disuguhi dengan panorama pantai yang khas dengan deretan pohon kelapa yang sejuk dipandang. Pantai yang bersih dengan ombak yang tidak terlalu besar membuat suasana semakin menenangkan, sangat cocok buat kamu yang ingin refreshing.

Selain bermain pasir, bersantai menikmat keindahan pantai, dan menunggu momen sunset kamu juga bisa berburu spot foto keren untuk melengkapi galerimu.

Lokasi: Kepoh, Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Pantai Boom
Lokasinya yang tidak jauh dari Alun-alun Tuban membuat pantai ini tidak pernah sepi pengunjung dan menjadi salah satu tempat wisata populer di Tuban. Selain menyajikan panorama pantai yang begitu indah, fasilitas yang cukup lengkap menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Di tempat ini kamu bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti bermain pasir, berkeliling pantai dengan perahu, hunting spot foto dan pastinya kulineran dengan menu seafood yang menggugah selera.

Lokasi: Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Pantai Surindah
Pantai Surindah yang eksotis ini terlihat semakin menawan saat momen sunset menyapa. Pantai ini sempat booming ketika ada kapal yang kandas di bibir pantai, namun begitu pesonanya tetap tak berkurang. Pantai yang bersih dengan view yang cantik membuat siapapun akan betah berada di tempat ini.

Lokasi: Desa Temaji, Kecamatan Janu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Air Terjun Nglirip
Keindahan air terjun ini akan membawamu dalam suasana alam yang bikin adem. Kolam air dengan nuansa hijau tosca berpadu dengan asrinya pepohonan, serta suara gemericik air terjun mampu memberikan ketenangan tersendiri. Tempat ini sangat cocok untuk rekreasi, menenangkan diri dan pastinya berburu spot foto cantik.

Lokasi: Jojogan, Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Air Terjun Banyu Langse
Aliran air yang jernih diantara bebatuan alami dan hijaunya pepohonan menjadi suguhan yang begitu menyejukkan. Lingkungannya yang masih alami sangat cocok buat ngadem dan refreshing di akhir pekan.

Sambil mengexplore keindahan alamnya, kamu juga bisa mencicipi segarnya minuman “legen” dari pohon siwalan dengan rasa manisnya yang khas. Dijamin liburanmu akan semakin asik!

Lokasi: Desa Boto, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Air Terjun Sanggrahan
Letaknya yang tersembunyi menawarkan sensasi liburan yang seru dengan nuansa petualangan yang cukup kental. Di sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi dengan keindahan alam pedesaan. Selanjutnya kamu akan dimanjakan dengan air terjun berundak yang begitu eksotis, membuat momen liburanmu semakin tak terlupakan.

Lokasi: Dusun Nganget, Desa Kedungjmbe, Kecamatan Sanggrahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Goa Putri Asih
Keindahan goa ini akan membuat siapapun takjub. Ornamen goa berupa stalaktit dan stalakmit menyajikan nuansa alam yang begitu mengagumkan. Secara keseluruhan ada 6 ruangan besar di goa, dan saat sinar matahari masuk melalui celah goa kamu akan melihat bagaimana keindahannya. Pastinya keren buat objek fotografi.

Lokasi: Kawasan Hutan Jati RPH Nguluhan, Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Bukit Kapur Rengel
Eksotisme Bukit Kapur Rengel memang bikin takjub. Pola bukit kapur yang membentuk ornamen unik menjadi daya tarik tersendiri, sangat instagramable buat background foto. Untuk mengunjungi lokasi ini kamu harus ekstra hati-hati karena akses jalannya masih berupa batu kapur yang licin terutama di musim hujan.

Lokasi: Banjarjo, Banjaragung, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Pemandian Bektiharjo
Di kawasan wisata ini terdapat dua kolam, yaitu Sendang Lanang dan Sendang Wadon. Pemandian bersumber dari mata air alami sehingga airnya sangat jernih dan menyegarkan. Selain berenang dan bermain air, di tempat wisata ini juga bisa mencoba wahana permainan yang tersedia.

Lokasi: Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Watu Ondo
Di Watu Ondo kamu akan disuguhi dengan panorama alam yang begitu elok dari atas ketinggian. Sejauh mata memandang kamu akan menyaksikan hamparan sawah dan hutan yang begitu luas. Di ketinggian Watu Ondo kamu bisa ngadem sembari menenangkan pikiran.

Lokasi: Desa Leren wetan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Goa Kancing
Berbeda dengan goa lainnya, Goa Kancing hanya memiliki kedalaman sekitar 5 meter saja, namun yang menjadi daya tarik justru tebing di kawasan goa yang terlihat epic. Yang tak kalah menarik, bukit di tempat ini terlihat hijau bak permadani membuat suasana semakin sejuk dan elok dipandang. Kamu bisa foto-foto di tempat ini dengan berbagai backgroud yang cantik.

Lokasi: Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Goa Suci
Dinding goa yang terbentuk akibat aktivitas tambang batu kapur pada zaman dahulu ini terlihat sangat artistik. Keindahan goa terlihat semakin keren ketika cahaya matahari masuk menembus celah goa. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk objek fotografi yang super kece.

Lokasi: Desa Leran Wetan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Wana Wisata Prataan
Wisata alam dengan pemandian air panas ini akan memanjakanmu dengan keindahan alamnya. Kolam air panasnya berasal dari sumber mata air alami yang mengandung belerang sehingga dipercaya mampu memberikan efek yang menyehatkan. Tersedia juga kolam air dingin dan terapi ikan yang akan membuat liburanmu semakin seru.

Lokasi: Wukirharjo, Kecamatan Perengan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Bukit Cinta Bektiharjo
Berada di ketinggian sekitar 853 mdpl, kamu bisa menikmati keindahan alam dari atas ketinggian Bukit Cinta Bektiharjo. Di bukit ini kamu bisa menyaksikan momen sunrise dan sunset dengan pesonanya yang begitu eksotis. Membuat kamu betah dan mungkin enggan pulang.

Lokasi: Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Rumah Pohon TPK Jatirogo Tuban
Konsep wisata alam dengan ragam fasilitas yang cukup memadai membuat spot wisata ini semakin menarik untuk dikunjungi. Ada banyak wahana yang akan membuat liburanmu semakin seru. Seperti flying fox, high rope, gymnastic outdoor, selfie area, hammock, wall climbing, area panahan, hingga outbound training.

Lokasi: Sadang, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Sendang Asmoro
Nuansa alami yang begitu kental akan memanjakanmu dengan segala keindahannya. Taman dengan kolam air yang bersumber dari mata air alami ini cocok buat rekreasi keluarga di akhir pekan. Di kawasan sendang ini kamu bisa menjelajahi keindahan setiap sudut taman dan mengabadikannya dalam foto-foto kece.

Lokasi: Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Danau Njowo-Samben
Danau yang terbentuk dari bekas galian tambang batu kapur ini menyimpan pesona alam yang luar biasa indahnya. Di kawasan “Green Lake”-nya Tuban ini kamu akan dimanjakan oleh suasana alam yang menyejukkan mata. View danau dengan warna hijau alami terlihat semakin cantik dengan background tebing batu kapur yang tinggi menjulang. Pastinya bisa jadi spot kece buat foto-foto.

Lokasi: Desa Samben, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Pegunungan Kuwasen
Tempat wisata ini sangat populer di kalangan anak muda Tuban. Pemandangan alam pegunungan yang begitu eksotis menciptakan keindahan yang luar biasa. Liburanmu akan semakin seru ketika kamu menunggu momen sunrise dan sunset di pegunugan ini.

Lokasi: Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Tebing Pelangi
Area bekas galian tambang ini disulap menjadi spot wisata keren dengan berbagai macam wahana yang menarik. Seperti kolam renang khusus anak, sky bike, flying fox, dll. Tidak ketinggalan juga beberapa spot foto yang menarik untuk diexplore.

Lokasi: Desa Tuwiri Kulon, Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Kampung Warna
Sesuai dengan namanya, kampung warna ini dihiasi dengan warna-warni menari pada dinding rumah warga dan beberapa gang sempit di dalamnya. Suasana kampung terasa sangat meriah dan instagramable abis buat foto-foto.

Lokasi: Jalan Panglima Sudirman, Karangsari, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *