Tempat Wisata di Ternate Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Terletak di kaki Gunung Gamalama, Kota Ternate menyimpan sejuta pesona keindahan yang menawan. Potensi wisata di kota kepulauan ini memang cukup lengkap, dengan destinasi wisata alam dan bahari, sejarah dan edukasi, serta wisata hiburan yang menyenangkan.

Salah satu tempat wisata unggulan yang ada di Ternate adalah Gunung Gamalama. Dengan ketinggian sekitar 1.715 mdpl, kamu akan dimanjakan dengan panorama alam yang begitu menakjubkan. Hamparan hutan hijau, laut biru dan pulau-pulau nan eksotis akan membuat kamu tidak berhenti untuk mengaguminya.

Selain Gunung Gamalama yang melegenda, berikut ini adalah beberapa destinasi wisata hits yang bisa kamu jelajahi saat liburan di Ternate.

Pantai Falajawa

Salah satu objek wisata favorit di Ternate yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Letaknya yang berada di tengah kota menjadikan pantai ini sangat mudah untuk diakses. Pantai ini menyajikan pemandangan yang cukup unik, perpaduan antara pantai dan keramaian kota.

Dari lokasi pantai kamu bisa menyaksikan keindahan Pulau Tidore, Maitara dan Halmahera. Air pantai yang bersih sangat cocok buat aktivitas berenang atau sekedar bermain air. Di pesisir pantai juga dilengkapi dengan taman yang tak kalah menarik. Hiasan lampu dan lampion di taman ini membuat suasana semakin meriah di malam hari.

Lokasi: Jalan Pahlawan Revolusi,Muhajirin, Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara.

Pantai Sulamadaha

Pantai nan eksotis ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Kamu bisa melipir ke teluk Sulamdaha yang terkenal dengan airnya yang begitu jernih. Saking jernihnya, perahu di atas air terlihat seperti melayang dan biota laut pun terlihat jelas. Kamu bisa menikmati keindahannya sembari berburu spot foto atau melakukan aktivitas snorkeling yang akan membuat liburanmu semakin tak terlupakan.

Lokasi: Desa Sulamadaha, Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara.

Pantai Jikomalamo

Pantai dengan nuansa alam yang begitu menyejukkan. Airnya sangat jernih dengan keindahan alam bawah laut yang menakjubkan. Kamu bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam di pantai ini dengan view Pulau Hiri sebagai latarnya, sangat recommended buat foto-foto.

Kamu juga bisa melakukan aktivitas snorkeling maupun diving untuk menikmati eksotisme alam bawah lautnya biar liburanmu semakin berkesan.

Lokasi: Sulamadaha, Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara.

Pantai Tobololo

Pantai dengan panorama yang indah, sangat cocok buat acara rekreasi bareng keluarga ataupun sahabat. Pantai dengan view menawan ini akan memanjakanmu dengan sejuta pesonanya. Tidak jauh dari bibir pantai terdapat sumber air panas alami yang bisa kamu explore keindahannya.

Lokasi: Tobololo, Ternate Barat, Kota Ternate, Maluku Utara.

Landmark Ternate

Terletak di tengah kota, Landmark Ternate sangat cocok buat acara hangout bareng keluarga atau teman-teman. Suasananya asik karena berada di pinggir pantai dengan view yang sangat epic, membuat siapapun betah berlama-lama di tempat ini.

Waktu terbaik mengunjungi taman ini adalah di sore dan malam hari, sangat recommended buat objek fotografi. Keberadaan air mancur menari di taman ini juga tak kalah menarik, membuat suasana malam semakin meriah.

Lokasi: Jalan Pahlawan Revolusi, Muhajirin, Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara.

Pantai Bobane Ici

Pantai dengan hamparan batu yang menyajikan pemandangan unik nan eksotis. Tersedia kolam renang buat kamu yang ingin berenang dengan suasana pantai yang khas. Kamu bisa menikmati keindahan pantai sembari menunggu momen sunset yang tak kalah epic. Momen santaimu semakin lengkap dengan mencicipi menu ikan bakar yang menggugah selera.

Lokasi: Aftador, Kecamatan Pantai, Kota Ternate, Maluku Utara.

Kebun Cengkeh Gembesi

Panorama alam dengan nuansa romantis di kebun cengkeh ini sangat menarik untuk objek fotografi. View perkebunan ala musim gugur di Eropa menjadi keunikan tersendiri yang menarik untuk diabadikan. Tidak heran jika lokasi wisata ini sering digunakan untuk keperluan foto prewedding atau sekedar foto selfie buat feed di Instagram.

Lokasi: Gembesi, Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara.

Danau Laguna Ngade
Destinasi wisata ini menawarkan sensasi liburan asik dengan panorama danau yang begitu eksotis. View pantai dan pegunungan di sekitar danau pun terlihat epic. Udara yang sejuk dengan nuansa alam yang kental sangat cocok buat merefresh pikiran.

Kamu bisa naik ke rumah pohon, jembatan, hingga ayunan di atas bukit untuk menikmati pemandangan alam yang luar biasa menawan.

Lokasi: Ngade, Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara.

Danau Tolire

Danau bernuansa hijau ini terletak di kaki Gunung Gamalama. Selain menyajikan panorama alam yang memikat, Danau Tolire juga menyimpan kisah dan mitos yang melegenda. Seperti keberadaan buaya siluman yang diyakini menjadi penunggu danau serta atraksi melempar batu ke tengah danau yang unik.

Lokasi: Danau Tolire Kecil, Takome, Kota Ternate, Maluku Utara.

Benteng Kastela

Benteng yang letaknya tidak jauh dar Pantai Kastela ini merupakan tempat bersejarah yang menarik untuk wisata edukasi. Benteng yang dibangun pada tahun 1522 ini merupakan benteng kolonial pertama yang dibangun di Kepulauan Maluku. Dari lokasi reruntuhan benteng, kamu bisa melanjutkan perjalanan wisatamu menuju ke Pantai Kastela dengan view sunsetnya yang menawan.

Lokasi: Kastela, Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara.

Benteng Talukko

Benteng peninggalan Portugis ini dibangun pada tahun 1540 dan menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Bentuk benteng yang tidak simetris justru terlihat unik, sementara panorama di sekitar benteng pun tak kalah menawan.

Keindahan Gunung Gamalama yang terlihat dari lokasi benteng membuat suasana semakin sejuk dan memanjakan mata.

Lokasi: Sangaji Utara, Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara.

Benteng Kalamata

Benteng peninggalan Portugis ini dibangun pada tahun 1540 dan menyimpan cerita sejarah yang cukup panjang. Letaknya yang berada di tepi pantai menyajikan pemandangan yang luar biasa indah, dengan view pantai, gunung, dan pulau yang menawan. Kamu bisa napak tilas sejarah masa silam sembari berburu spot foto kece di tempat ini.

Lokasi: Kayu Merah, Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara.

Benteng Oranje

Salah satu tempat wisata sejarah di Ternate yang merupakan bangunan peninggalan Belanda. Situs bersejarah ini bisa menjadi alternatif tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kawasan benteng ini telah direvitalisasi menjadi ruang publik dengan taman yang tertata rapi. Kawasan ini juga sering digunakan sebagai tempat berkumpulnya komunitas-komunitas di Ternate.

Lokasi: Jalan Hasan Boesoeri, Gamalama, Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara.

Taman Nukila

Salah satu spot wisata favorit di Ternate yang cocok buat ngadem dan bersantai bareng keluarga ataupun sahabat. Letaknya di tengah kota dengan view yang begitu memikat karena langsung menghadap ke laut. Beberpa fasilitas seperti taman bermain, akses WiFi gratis, dan tempat makan di taman ini akan membuat acara dolanmu semakin menyenangkan.

Lokasi: Jalan Sultan Muhammad Iskandar Djabir Shah, Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara.

Ternate Wonder Island

Taman rekreasi air di Ternate ini bisa menjadi tujuan wisata seru di akhir pekan. Ada banyak wahana permaian seru yang akan membuat liburanmu semakin menyenangkan. Seperti kolam arus, kolam anak dengan ember tumpah, hingga water slide.

Selain itu, fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini juga cukup lengkap sehingga momen liburanmu di Ternate Wonder Island semakin menyenangakan.

Lokasi: Jalan Kayu Merah, Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara.

Batu Angus
Batu angus merupakan sebutan untuk lahar kering yang warnanya kehitaman seperti hangus. Batu Angus menjadi salah satu ikon wisata di Ternate dan menjadi bukti nyata dahsyatnya letusan Gunung Gamalama pada tahun 1673. Dari lokasi Batu Angus kamu akan disuguhi dengan panorama gunung dan laut yang begitu epic, sangat cocok buat memuaskan hobby fotografimu.

Lokasi: Jalan Batu Angus, Kelurahan Kulba, Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *