Tempat Wisata di Tegal Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Terkenal dengan warteg dan bahasa “ngapak”-nya yang khas, Tegal juga menyimpan potensi wisata yang cukup beragam. Bukan hanya wisata alamnya saja yang mempesona,  beberapa destinasi wisata dengan konsep edukasi dan hiburan di Tegal juga tak kalah menarik untuk dijelajahi.

Wisata pantai, air terjun, dan pemandian air panas di Tegal bisa menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Demikian juga dengan destinasi wisata lainnya yang cukup hits dengan konsep kekinian ala anak muda. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa tempat wisata hits di Tegal yang wajib masuk dalam agenda liburanmu.

Pantai Alam Indah

Garis pantai yang membentang luas dengan suasana sejuk khas pantai akan membuat momen liburanmu semakin nyaman. Selain berjalan-jalan menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa menjelajahi dermaga dan hunting spot foto yang paling kece.

Di kawasan pantai juga terdapat waterboom dengan wahana pemainan air yang seru. Lengkapi acara liburanmu dengan berburu kuliner sembari menanti momen sunset yang syahdu.

Lokasi: Mintaragen, Kecamatn Tegal Timur, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Pantai Purwahamba Indah

Pantai dengan panorama eksotis siap memanjakanmu dengan ragam fasilitas menarik di dalamnya. Bukan hanya sekedar berjalan-jalan menyusuri pantai, kamu juga bisa mencoba berbagai macam wahana dan fasilitas yang tersedia. Seperti kolam renang, sepeda air, waterboom, mini zoo, playground, dll yang akan membuat liburanmu semakin seru dan menyenangkan.

Lokasi: Purwahamba, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Curug Cantel

Masih bingung akhir pekan ini mau ke mana? Coba saja liburan seru ke Curug Cantel yang menyuguhkan pesona alam nan eksotis. Selain menyajikan panorama alam yang begitu indah, curug ini juga terkenal dengan mitos asmaranya.

Konon jika ada pasangan yang membasuh muka di curug ini maka hubungan keduanya akan langgeng. Dan bagi yang belum memiliki pasangan alias jomblo akan dimudahkan jodohnya, wah menarik ya! Terlepas dari mitos yang ada, pesona air terjun ini memang memanjakan mata, bikin adem dan sangat menenangkan.

Lokasi: Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Telaga Kaliwangun
Telaga ini menyuguhkan pesona alam yang begitu teduh membuat pikiran semakin rileks. Airnya sangat jernih dan segar, sangat cocok buat berenang atau sekedar bermain air. Buat yang suka berburu spot foto under water, mengexplore keindahan Telaga Kaliwangun bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lokasi: Muncanglarang, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Sindang Kemadu

Tempat wisata ini menawarkan sensasi liburan asik dengan suasana alam yang asri dan sejuk. Tersedia berbagai macam wahana permainan seru yang akan membuat liburanmu semakin menyenangkan. Mulai dari kolam renang, perahu bebek, sepeda gantung, flying fox, hingga terapi ikan. Lengkapi momen liburanmu di Sindang Kemadu dengan berfoto ria mengabadikan setiap keseruan.

Lokasi: Tirtajaya, Muncanglarang, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Waduk Cacaban

Waduk yang dibangun pada masa pemerintahan Ir. Soekarno ini menyajikan pemandangan yang mengagumkan dengan view alam sekitar yang sejuk dipandang. Di kawasan wisata ini kamu bisa menikmati momen santaimu sembari memancing, kulineran, atau berkeliling danau menggunakan perahu. Dijamin asik!

Lokasi: Penujah, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Pemandian Air Panas Guci

Salah satu tempat wisata favorit di Tegal yang cocok buat refreshing di akhir pekan. Tempat wisata air panas yang bersumber dari Gunung Slamet ini cukup unik karena memiliki suhu yang berbeda tergantung tingkatannya. Berendam air hangat di pemandian ini akan memberikan efek relaksasi yang menyehatkan.

Masih di kawasan yang sama kamu juga bisa mencoba sensasi bermain air di Guciku Hot Waterboom dengan wahana permainan air yang seru dan pastinya hangat, beda dengan waterboom lainnya. Jika masih belum puas bermain air, sekalian saja mengexplore keindahan Curug Kembar Guci yang tak kalah menawan dengan aliran air hangatnya yang bikin rileks.

Lokasi: Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Bukit Goa Lawa

Liburan ke Bukit Goa Lawang sangat cocok buat kamu yang suka petualangan dan memiliki nyali besar karena jalurnya cukup ekstrem. Meskipun perjalanan menuju ke puncak bukit sangat menantang, namun semua lelahmu akan segera terbayarkan dengan keindahan alam di depan mata. Landscape pegunungan dan hamparan hutan menjadi suguhan alam yang begitu menyejukkan.

Kamu bisa naik ke puncak bebatuan besar dan mengabadikannya dalam bidikan kamera, dijamin keren! Tapi ingat ya, utamakan keselamatan.

Lokasi: Desa Harjawinangun, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Wadas Kelir

Bukit batu dengan ukiran alami yang begitu unik. Bukit ini cukup populer di kalangan anak muda karena banyak diposting di Instagram. Spot foto ini memang bikin penasaran sehingga keberadaan Bukit Wadas Kelir semakin dicari buat spot foto kekinian. Pilih pose terbaikmu dan abadikan momen asikmu di depan bukit batu nan eksotis ini.

Lokasi: Dukuh Jati Kidul, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Bukit Bulak Cempaka

Tempatnya sangat indah dengan view alam perbukitan yang menyejukkan pandangan, cocok buat refreshing dan melelpas penat. Hawa sejuknya langsung bikin adem hati dan pikiran, memberikan efek yang begitu menenangkan. Ada beberapa spot foto yang bisa diexplore buat background foto selfie. Lengkapi agenda liburanmu dengan menunggu momen sunset untuk menikmati keindahan alam yang begitu syahdu.

Lokasi: Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Taman Oemah Pinus

Hamparan hutan pinus dengan keindahan alamnya yang begitu asri, sejuk dan memanjakan mata. Menikmati momen santai sembari menghirup segarnya udara pegunungan sudah cukup untuk menghilangkan kepenatan. Di kawasan wisata ini terdapat rumah pohon, taman bermain, gazebo, spot foto, dan camping ground yang akan membuat liburanmu semakin seru.

Lokasi: Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Bukit Cepu

Spot wisata dengan pemandangan alam perbukitan selalu menarik untuk dijelajahi, salah satunya adalah wisata Bukit Cepu. Untuk mencapai puncak bukit, kamu harus menaiki sekitar 950 anak tangga dengan keindahan alam sekitar yang menyejukkan mata.

Di atas ketinggian kamu akan disuguhi dengan panorama alam yang begitu eksotis, sangat cocok buat objek fotografi.

Lokasi: Krajan, Batumirah, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Sulaku Bumijawa Park

Berenang dan bermain air dengan suasana pegunungan yang sejuk bisa kamu dapatkan di Sulaku Bumijawa Park. Konsep wisata alam yang lengkap akan membuat momen liburanmu semakin nyaman. Bukan hanya berenang saja, kamu juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya seperti outbound, memancing, ATV, flying fox, hingga mandi uap dengan jamu rebus yang menyehatkan.

Lokasi: Desa Bandarsari, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Umah Andon Foto

Tempat wisata ini berada di kawasan wisata Loco Antik PG Pangkah dan menyediakan 25 spot foto kekinian dengan berbagai tema unik di dalamnya. Kamu bisa memuaskan hobby selfiemu di tempat ini dengan bermacam gaya untuk menambah koleksi foto di galerimu.

Lokasi: Pangkah, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Jembatan Gantung Danawarih Tegal

Selain menyajikan keindahan alam yang masih sangat asri, keberadaan jembatan gantung di tempat ini banyak menarik minat para penghobby selfie. Jembatan gantung sepanjang 270 meter ini memang terlihat unik dengan kombinasi warna yang kece. Buat yang mau foto prewedding atau sekedar narsis, Jembatan Gantung Danawarih bisa menjadi pilihan tepat.

Lokasi: Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Rita Park

Tempat wisata ala Dufan ini akan mengajakmu untuk menikmati keseruan bareng keluarga atau sahabat. Ada sekitar 22 wahana permainan seru yang bisa dicoba, seperti mini ATV, super swing, rodeo, sepeda terbang, sky drop, rumah hantu, kiddie ride, boom-boom car, flying tiger, frog jump, dll. Cocok buat acara liburan seru di akhir pekan.

Lokasi: Jalan Kolonel Soegiono No. 155, Pesurungan Kidul, Kecamatan Tegal Baru, Kota Tegal, Jawa Tengah.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *