web log free Tempat Wisata di Tarakan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini! – Travelling News

Tempat Wisata di Tarakan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Tarakan merupakan kota terbesar di Provinsi Kalimantan Utara. Selain dikenal sebagai pusat perdagangan, Tarakan juga menjadi salah satu kota transit dengan sarana transportasi yang cukup memadai. Salah satunya adalah keberadaan Bandara Internasional Juwata Tarakan.

Dikenal dengan sebutan Bumi Paguntaka, Tarakan memiliki keanekaragaman budaya dan destinasi wisata yang cukup beragam. Salah satunya adalah Penangkaran Buaya Juwata yang merupakan destinasi wisata unggulan di Tarakan.

Selain penangkaran buaya, berikut ini adalah daftar rekomendasi destinasi wisata terbaru di Tarakan yang wajib masuk dalam agenda liburanmu.

Pantai Amal

Destinasi wisata ini sangat populer dan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Kota Tarakan. Selain menyajikan panorama alam yang indah, pantai ini juga menyimpan cerita sejarah di masa silam, karena menjadi jalur masuknya tentara Jepang ke Bumi Paguntaka.

Pantai Amal juga digunakan untuk budidaya rumput laut dan bisa menjadi tujuan wisata yang menarik di akhir pekan. Selain menikmati pemandangan laut, kamu juga bisa mencicipi manu kuliner khas di pantai ini.

Lokasi: Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Pantai Tanjung Batu

Pantai dengan panorama nan eskotis ini memiliki hamparan batu dan pasir di sepanjang bibir pantai. Suasana yang sejuk dengan rindangnya pepohonan di pinggir pantai seolah memanjakanmu dengan segala keindahannya. Kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan bermain air karena ombak di pantai ini cukup tenang.

Lokasi: Tanjung Pasir, Mamburungan Timur, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Pantai Binalatung

Pantai ini sangat cocok untuk acara rekreasi keluarga di akhir pekan. Panorama pantai yang khas dengan ragam fasilitas yang cukup memadai akan membuat liburanmu semakin nyaman. Kamu bisa bersantai di tepi pantai sembari kulineran atau sekedar menghirup segarnya aroma laut yang begitu menenangkan.

Lokasi: Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan

Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan (KKMB) ini dibangun sejak tahun 2001 dengan luas lahan sekiar 22 hektare. Rimbunnya hutan mangrove di kawasan ini mampu memberikan kesejukan tersendiri sehingga bikin betah. Kamu bisa menyusuri jembatan kayu ulin dan menjelajahi kawasan hutan mangrove ini dengan panorama alam yang begitu memikat.

Lokasi: Karang Rejo, Tarakan Barat, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Agrowisata Karoengan

Destinasi wisata ini menyajikan keindahan hutan nan asri, suara gemericik air terjun, dan kicauan burung yang cukup menenangkan. Nuansa alam pedesaan yang khas begitu terasa membuat hatimu semakin adem dan nyaman.

Selain bisa menikmati keindahan air terjun, di kawasan wisata ini kamu juga bisa melakukan aktivitas lain yang tak kalah seru. Seperti hunting spot foto, memancing, flying fox, petik buah dan sayur serta berenang.

Lokasi: Mamburungan Timur, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Tebing Karang Tanjung Pasir

Menyusuri jalan diantara tebing batu karang akan menciptakan sensasi liburan yang mengesankan. Tebing karang dengan ukiran alami ini akan membawamu ke dalam nuansa alam yang begitu unik. Sangat cocok buat objek fotografi dengan tebing batu karang sebagai latarnya.

Lokasi: Mamburungan, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Taman Oval Ladang

Destinasi wisata murah meriah di Tarakan yang menarik untuk dikunjungi saat akhir pekan atau di waktu luang. Penataan taman yang rapi dan asri dengan ragam fasilitas umum yang cukup memadai membuat taman ini ramai dikunjungi. Tempatnya asik buat nongkrong dan nyantai bareng keluarga atau teman-teman.

Selain bangku taman buat bersantai, taman ini juga dilengkapi dengan taman bermain dan akses WiFi gratis. Sementara dari sore hingga malam hari kamu bisa kulineran dengan menu jajanan yang cukup bervariasi. Dijamin asik dan kenyang!

Lokasi: Pamusian, Tarakan Tengah, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Wana Wisata Persemaian

Tempat wisata alam ini sangat cocok buat rekreasi dan refreshing di akhir pekan bareng keluarga. Tempatnya yang asri dan teduh mampu memberikan kesejukan tersendiri. Di kawasan wisata ini kamu bisa berkeliling menikmati keindahan alam sekitar yang memanjakan mata. Beberapa kegiatan seperti camping dan outbound sering dilakukan di kawasan wisata ini.

Lokasi: Karang Harapan, Tarakan Barat, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Taman Berlabuh

Salah satu tempat wisata favorit di Tarakan yang menarik untuk dikunjungi bareng keluarga atau sahabat. Letaknya yang berada di pinggir jalan dengan pemandangan langsung menghadap ke laut menghadirkan nuansa alam yang begitu memikat.

Di kawasan ini kamu bisa menyaksikan momen sunrise dan sunset dengan view yang menawan. Kamu juga bisa mengexplore beberapa spot kece buat foto-foto. Ragam fasilitas yang tersedia juga cukup memadai sehingga acara santaimu di taman ini semakin nyaman.

Lokasi: Karang Anyar, Tarakan Barat, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Wisata Pohon Satu Tanjung Pasir

Spot selfie yang satu ini sedang hits di kalangan anak muda Tarakan. Sebuah pohon besar yang dikelilingi rerumputan hijau terlihat begitu epic. Melewati jalur yang cukup menanjak, kamu akan dimanjakan dengan panorama alam sekitar yang tak kalah indah. Suasana di tempat ini sangat asri dengan udara yang sejuk membuat momen ngadem-mu semakin maksimal.

Lokasi: Mamburungan, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Taman Berkampung

Rekreasi asik bareng keluarga sembari jogging santai bisa kamu lakukan di Taman Berkampung, lokasinya berdekatan dengan Islamic Center Baitul Izzah. Tempat ini dilengkapi dengan bangku taman di setiap sudutnya sehingga kamu bisa ngobrol asik sambil menikmati momen santaimu bersama orang terdekat.

Selain air mancur, hiasan lampu warna-warni di malam hari juga tak kalah menarik, membuat suasana taman semakin hidup dan penuh warna.

Lokasi: Kampung Empat, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

The Bais Hills

Destinasi wisata yang asik buat seru-seruan, main air dan berenang di akhir pekan. Tersedia kolam renang untuk dewasa dan anak-anak dengan wahana permainan yang tak kalah menarik. Dengan fasilitas yang cukup memadai kamu bisa menikmati liburan akhir pekanmu dengan lebih nyaman.

Lokasi: Pantai Amal, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Museum Flora dan Fauna Roemah Boendar

Liburan asik dengan konsep wisata edukasi bisa kamu lakukan di Museum Flora dan Fauna Roemah Boendar Tarakan. Roemah Boendar yang sebelumnya merupakan cagar budaya Kota Tarakan saat ini telah beralih fungsi menjadi Museum Flora dan Fauna dengan berbagai macam koleksi flora dan fauna di dalamnya.

Di museum ini kamu akan diajak untuk mengenal lebih jauh tentang keanekaragaman satwa dan tumbuhan yang ada di Tarakan dan sekitarnya sehingga wawasanmu semakin bertambah.

Lokasi: Pamusian, Tarakan Tengah, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Rumah Adat Baloy Tidung

Berwisata ke Tarakan tidak akan legkap tanpa singgah sejenak di Rumah Baloy, yang merupakan rumah adat masyarakat Suku Tidung di Kalimantan Utara. Letaknya pun tidak begitu jauh dari Bandar Udara Internasional Juwata.

Rumah adat dengan bentuk yang unik ini dibuat dari bahan kayu ulin dan dibagi dalam beberapa ruangan sesuai dengan fungsinya. Selain menjelajahi Rumah Baloy Tidung, kamu juga bisa mencoba pakaian adat yang tersedia untuk momen liburanmu yang spesial.

Lokasi: Karang Anyar Pantai, Tarakan Barat, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *