Tempat Wisata di Sumenep Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Terletak di Pulau Madura, Kabupaten Sumenep memiliki potensi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan. Ada banyak tempat wisata di Sumenep yang bisa diexplore, mulai dari wisata sejarah dan budaya seperti Keraton Sumenep, destinasi wisata alam yang eksotis hingga beberapa spot wisata kekinian yang lagi hits.

Di Kabupaten Sumenep kamu akan dimanjakan dengan ragam destinasi wisata yang bakal membuat momen liburanmu semakin seru. Buat kamu yang sedang merencanakan liburan di Sumenep, berikut ini adalah rekomedasi tempat wisata asik yang bisa kamu sambangi.

Pantai Lombang
Berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Sumenep, Pantai Lombang menjadi salah satu destinasi populer di Sumenep yang wajib disambangi saat liburan. Sejauh mata memandang kamu akan dimanjakan dengan view pantai yang menawan. Pasir putih yang lembut, birunya air, dan desiran angin pantai yang berhembus akan membawamu dalam suasana rileks dan nyaman.

Lokasi: Lombang, Kecamatan Batang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Pantai Slopeng
Letaknya yang dekat dengan jalan raya membuat Pantai Slopeng cukup mudah untuk diakses. Karakteristik pantainya landai dengan ombak yang tidak terlalu besar, membentang sejauh kurang lebih 6 km. Dengan garis pantai yang cukup panjang, kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai dan mengexplore keindahannya yang memanjakan mata. Sambil menghirup segarnya udara pantai, kamu juga bisa kulineran di tempat wisata ini.

Lokasi: Jalan Raya Slopeng, Sema’an, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Pulau Gili Iyang
Terkenal sebagai pulau dengan kadar oksigen tertinggi di dunia, pesona Pulau Gili Iyang sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan. Ombak yang tenang dan air yang begitu jernih akan membuat suasana hatimu semakin rileks. Selain menikmati keindahan pulau yang begitu eksotis, di kawasan ini kamu juga berkesempatan mengexplore beberapa spot wisata lainnya yang tak kalah keren. Seperti Goa Mahakarya, Goa Air, Goa Syarifah, dll.

Lokasi: Desa Dungkek, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Pantai Ropet
Masih di kawasan Pulau Gili Iyang, Pantai Ropet tidak memiliki tepian berpasir seperti umumnya bibir pantai. Meski begitu keindahan Pantai Ropet tidak kalah dengan pantai lainnya. Deretan pohon siwalan yang berjajar menjadi sebuah pemandangan yang unik, membuat keindahan pantai semakin menawan. Dari atas tebing di sepanjang pantai, kamu akan disuguhi pemandangan pantai yang jernih dengan keindahan alam bawah lautnya yang begitu eksotis. Puaskan hobby snorkeling-mu di pantai ini gaes!

Lokasi: Banraas, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Betoh Cangge
Liburan serumu di Pulau Gili Iyang belum lengkap tanpa singgah ke tempat wisata selanjutnya, yaitu Betoh Cangge. Untuk sampai ke Betoh Cangge kamu harus menuruni tangga satu per satu dengan medan yang cukup menantang.
Sebuah pemandangan nan eksotis dengan bongkahan batu karang besar akan menyambut kedatanganmu. Tebing yang terjal di pinggir laut menghadirkan keindahan alam yang begitu mempesona. Sejauh mata memandang kamu hanya akan melihat keindahan dan keindahan.

Lokasi: Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Pantai Batu Sulung
Hamparan batu karang di sepanjang bibir Pantai Batu Sulung menjadi daya tarik tersendiri yang membuat pemandangan pantai semakin eksotis. Dari atas tebing batu karang kamu bisa memandang laut biru yang menyejukkan mata. Selain berburu sunset, di pantai ini kamu juga bisa berburu spot kece buat foto-foto.

Lokasi: Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Pantai Badur
Hanya berjarak sekitar 5 km dari Pantai Lombang, Pantai Badur menyajikan pesona alam yang begitu unik dan memikat. Bukan hanya keindahannya saja yang menyejukkan mata, adanya pertemuan sungai air tawar dan air laut di pantai ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, keberadaan goa di bibir pantai yang memiliki nilai sejarah menambah nilai plus Pantai Badur sebagai destinasi wisata yang menarik.

Lokasi: Sergang, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Pantai Kahuripan
Pantai pasir putih di Pulau Gili Genting ini menyajikan pemandangan yang eksotis dengan airnya yang begitu jernih. Deretan pohon yang berjajar di sepanjang jalan membuat keindahan pantai semakin memikat. Kamu bisa berkeliling pantai menggunakan perahu atau sekedar bersantai menikmati suasana. Untuk liburan yang lebih seru, kamu bisa camping di kawasan Pantai Kahuripan dan mengabadikan momen sunrise di pantai ini.

Lokasi: Desa Gedugan, Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Pantai Sembilan
Pantai Sembilan merupakan salah satu spot wisata paling populer di Pulau Gili Genting. Pesona air laut yang jernih ditambah dengan keindahan terumbu karang di pantai ini merupakan suguhan alam yang begitu epic.

Ditemani dengan deburan ombak dan hembusan angin kamu akan diajak menikmati kesejukannya. Jangan lewatkan untuk mengexplore beberapa spot foto instagenic di Pantai Sembilan yang akan membuat foto-fotomu semakin keren.

Lokasi: Jalan Raya Bringsang, Bringsang, Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Pulau Kangean
Pulau Kangean merupakan salah satu pulau eksotis di Kabupaten Sumenep yang menawarkan sensasi liburan seru. Surga tersembunyi di Sumenep ini memiliki panorama alam yang masih sangat asri dengan pesona alam bawah lautnya yang begitu indah.

Kawasan Pulau Kangean juga terkenal dengan beberapa spot wisata lainnya, seperti Jembatan Ajaib, Pemandian Celgung, Pemandian Olbek, dan Pulau Mamburit yang tak kalah eksotis.

Lokasi: Arjasa, Kangean, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Pulau Gili Labak
Di pulau ini kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam yang begitu menggoda. Hamparan pasir putih nan lembut, birunya laut, dan suara deburan ombak cukup untuk membuat suasana hatimu kembali fresh. Kamu bisa berkeliling pantai sembari menikmati secuil surga di Pulau Gili Labak atau melakukan snorkeling untuk menambah keseruan.

Lokasi: Banraas, Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Telaga Kermata
Tempat wisata hits dan kekinian di Sumenep ini sangat cocok buat acara foto-foto karena sudah dilengkapi dengan banyak spot foto kece. Salah satu yang paling ikonik adalah Keramba Cinta Permata yang berada di tengah telaga.

Dengan harga tiket yang murah meriah, Telaga Kermata menawarkan sensasi liburan yang seru dan menyenangkan. Di tempat ini kamu bukan hanya dimanjakan dengan keindahan alam dan spot fotonya saja tetapi juga bisa seru-seruan bermain air.

Lokasi: Jalan Raya Sumenep, Desa Tanah Merah, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Bukit Tinggi Daramista
Tempat wisata baru di Sumenep ini menyajikan panorama alam di atas ketinggian. Udara yang sejuk dengan pemandangan indah di depan mata membuat suasana semakin nyaman. Buat yang hobby fotografi, jangan lewatkan untuk mengabadikan momen sunset yang syahdu di bukit ini.

Di malam hari view-nya pun tak kalah menawan, kerlap-kerlip lampu di atas pepohonan akan membawamu dalam suasana yang romantis.

Lokasi: Desa Daramista, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Bukit Kapur Kombang
Area bekas penambangan batu putih ini menyajikan pemandangan yang begitu unik dan artistik bak bangunan kastil ala Eropa. Dengan tiket masuk yang sangat murah, kamu bisa mengexplore keindahan tempat ini dan berburu spot foto keren untuk diabadikan.

Lokasi: Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Bukit Kalompek
Di Bukit Kalompak kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Eksotisme Pulau Gili Iyang dengan view laut lepas bisa terlihat dari atas ketinggian Bukit Kalompek, membuat suasana hatimu semakin adem. Tempat ini juga dilengkapi dengan rumah pohon dan perahu di pinggir tebing yang cocok buat foto-foto.

Lokasi: Desa Dungkek, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Kampung Pasir Sumenep
Di kampung ini kamu akan disambut dengan hangatnya pasir putih yang lembut. Ya, kampung ini memang terbiasa menghabiskan waktu istirahatnya di atas hamparan pasir yang dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Tidur di atas pasir sudah menjadi tradisi turun temurun di kampung ini.

Pasirnya sendiri diambil dari Pantai Lombang dan disaring sehingga yang tersisa hanyalah pasir yang sangat lembut. Konon pasir ini bisa menyesuaikan dengan suhu sekitar sehingga tetap nyaman untuk alas tidur. Sensasi tidur di atas ranjang pasir tentu sangat unik. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Lokasi: Desa Legung Timur, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *