Tempat Wisata di Sragen Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Sragen merupakan wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki julukan Bumi Sukowati dan Kota Fosil. Seperti daerah lainnya, Sragen juga memiliki potensi wisata yang cukup beragam dengan daya tariknya masing-masing.

Destinasi wisata di Sragen yang paling terkenal adalah Museum Purbakala Sangiran yang menarik untuk tujuan wisata edukasi dan sejarah. Selain menyimpan koleksi fosil dan benda purbakala yang cukup lengkap, museum ini juga dilengkapi dengan menara pandang yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan alam dari atas ketinggian.

Selain Museum Purbakala Sangiran, Kabupaten Sragen juga memiliki ragam destinasi wisata yang menarik untuk mengisi waktu liburan. Sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa tempat wisata hits di Sragen yang bisa kamu jelajahi.

Air Terjun Dung Jengglong

Eksotisme air terjun ini begitu menggoda dengan pesonanya yang menyejukkan mata. Kamu akan diajak untuk menikmati kesegaran air yang masih sangat alami dengan lingkungan sekitar yang tak kalah menawan.

Kolam di bawah air terjun terlihat sangat indah dengan nuansa birunya yang lembut, membuat siapapun tergoda untuk menceburkan diri. Nikmati momen asikmu di tempat ini dan abadikan setiap keseruannya dalam bidikan kamera, biar yang lain penasaran.

Lokasi: Kali Jengglong Dukuh Mojolegi, Desa Bagor, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Kedung Grujug

Secuil surga tersembunyi di Sragen yang bakal membuat liburanmu semakin tak terlupakan. Meskipun ketinggiannya hanya sekitar 3 meter, namun pesonanya tetap tak kalah eksotis dengan air terjun lainnya. Tebing bebatuan di lokasi air terjun terlihat sangat unik dengan relief bebatuan yang tersusun alami, sangat cocok buat objek fotografi.

Lokasi: Dusun Pungkruk, Desa Doyong, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Pemandian Air Panas Bayanan

Berendam air hangat di Pemandian Air Panas Bayanan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan penat di akhir pekan. Karena berendam air hangat dipercaya mampu memberikan efek relaksasi yang menyehatkan.

Di kawasan ini terdapat beberapa fasilitas pendukung seperti taman bermain, kolam pemancingan, hutan wisata, warung makan, dll yang akan membuat acara refreshingmu semakin nyaman.

Lokasi: Gamping, Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Pemandian Air Panas Ngunut

Suasana alam di lokasi pemandian masih sangat asri sehingga momen berendam air hangat semakin menyenangkan. Kandungan berlerang pada air panas yang bersumber dari Gunung Lawu ini diyakini mampu menyembuhkan berbagai keluhan penyakit kulit.

Lokasi: Ngunut, Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Waduk Gebyar

Waduk ini menyuguhkan keindahan alam yang mempesona dengan view Gunung Lawu sebagai latarnya. Kamu bisa berburu sunrise dan sunset di kawasan wisata ini dengan keindahan yang begitu syahdu.

Tidak jauh dari lokasi waduk, kamu bisa mengexplore keindahan Bukit Cinta dan berburu spot foto dengan pemandangan khas perbukitan yang tak kalah menawan.

Lokasi: Mbayut, Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Taman Dayu Alam Asri

Berada di daerah pedesaan, tempat ini menyajikan konsep wisata alam dan taman rekreasi air yang menarik. Kolam renang di tengah alam pedesaan menjadi daya tarik tersendiri yang akan membuat acara liburanmu semakin nyaman. Tersedia beberapa fasilitas yang cukup memadai, wahana permainan air, mini zoo, area outbound, dan kebun sayur hidroponik yang akan membuat liburanmu semakin asik dan seru.

Lokasi: Gembong, Saradan, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Desa Wisata Sambilenguk

Menikmati liburan dengan konsep wisata alam dan petualangan bisa kamu dapatkan di Desa Wisata Sambilenguk. Letaknya yang berada di kaki Gunung Lawu menghadirkan nuansa alam pedesaan yang begitu kental.

Di kawasan wisata ini kamu bakal dimanjakan dengan panorama alam yang mengagumkan, mulai dari areal persawahan terasering, air terjun dan sungai yang jernih, sumber mata air panas alami, hingga hutan suaka margasatwa Gunung Tunggangan.

Lokasi: Sambilenguk, Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Desa Wisata Boyolayar

Tempat wisata ini masih sangat asri dengan pemandangan indah yang menyejukkan mata, sangat cocok buat acara rekreasi keluarga. Di tempat ini kamu bisa ngadem sekaligus berbelanja hasil pertanian dan ikan air tawar dengan harga yang ramah di kantong. Mau kulineran ikan bakar juga bisa, jadi liburanmu bukan hanya menyenangkan tapi juga mengenyangkan.

Lokasi: Kebayanan II, Ngargosari, Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Wisata Petik Buah Desa Sigit

Wisata petik buah di Desa Sigit menawarkan sensasi liburan asik karena kamu bisa menikmati manisnya buah kelengkeng yang kamu petik langsung dari pohonnya. Di kebun ini terdapat 385 pohon kelengkeng dan beberapa jambu kristal. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000/orang (per April 2019), kamu sudah bisa menikmati buah kelengkeng sepuasnya.

Lokasi: Desa Sigit, Kecamatan Tangen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Gemolong Edupark

Salah satu destinasi wisata murah meriah di Sragen yang enak buat jalan-jalan, refreshing, dan kulineran. Sangat cocok buat acara santai bareng keluarga di sore hari atau di akhir pekan. Kamu bisa menikmati suasana taman yang asri dan bercanda ria bersama keluarga untuk sekedar melepas penat.

Lokasi: Dusun II, Gemolong, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Taman Bunga Ganesha Sukowati

Taman ini menyajikan suasana yang asri dengan pephonan rindang di sekitarnya, sangat cocok buat ngadem dan santai dengan keluarga atau teman-teman. Tersedia fasilitas yang cukup memadai seperti gazebo, taman bermain anak, kolam ikan, burung merpati dan kelinci, serta fasilitas lainnya yang bikin nyaman.

Lokasi: Sine, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Taman Kridoanggo

Berada di depan rumah dinas Bupati Sragen, Taman Kridoanggo menjadi salah satu taman kebanggaan warga Sragen. Tempatnya nyaman buat refreshing atau sekedar kumpul-kumpul bareng teman.

Suasana taman sangat asri dengan beberapa fasilitas yang cukup memadai seperti taman bermain anak, arena sepatu roda dan skateboard, toilet, WiFi, dll. Buat yang mau kulineran bisa mencoba jajanan di sekitar taman yang cukup bervariasi.

Lokasi: Jalan Raya Sukowati No. 488, Sragen Wetan, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Kolam Renang Doeng Cuo

Tempat wisata ini menawarkan sensasi liburan seru dengan fasilitas yang cukup memadai. Harga tiket masuk ke kolam renang sangat terjangkau dengan beberapa wahana permainan seru di dalamnya. Tempatnya bersih, ada hiburan live music pada hari tertentu dan lifeguard yang selalu standby, membuat liburanmu semakin nyaman.

Lokasi: Bolorejo, Puro, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Elok Water Park

Taman rekreasi air ini bisa menjadi tujuan wisata yang menarik, cocok buat liburan di akhir pekan. Ada dua kolam renang dewasa dan anak-anak yang siap memanjakanmu dengan kesegaran airnya. Wahana permainan airnya juga seru, membuat liburanmu semakin asik dan berkesan.

Lokasi: Kebayanan Jetis, Pilang Sari, Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Kolam Renang Kartika

Salah satu rekomendasi kolam renang murah meriah di Sragen yang cocok buat berenang bareng teman-teman atau keluarga. Ada kolam renang untuk dewasa dan anak-anak dengan beberapa wahana permainan air yang seru. Beberapa fasilitas seperti kolam pemancingan, taman bermain anak, dan cafetaria di kawasan wisata ini akan membuat liburanmu semakin nyaman.

Lokasi: Kroyo, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Indowaterboom

Tempatnya cukup luas, tersedia kolam renang untuk dewasa dan anak-anak dengan beberapa wahana permainan air yang menarik. Sangat cocok buat acara rekreasi bareng keluarga. Di tempat ini kamu bisa berenang, bermain air dan menikmati momen santai untuk sekedar melepas penat setelah lelah beraktivitas.

Lokasi: Dusun III, Kwangen, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *