Tempat Wisata di Situbondo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Memiliki julukan Surga Burung dan Afrikaanse Van Java, Kabupaten Situbondo menyimpan potensi wisata alam yang begitu mengagumkan. Salah satu yang paling terkenal tentu saja Gunung Argopuro yang memiliki ketinggian sekitar 3.088 mdpl.

Gunung yang memiliki jalur pendakian terpanjang ini berada di empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Kabupaten Situbondo.

Dengan motto East Side of Paradise, Situbondo memiliki ragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Letaknya yang berada di pesisir utara Pulau Jawa menghadirkan nuansa alam yang begitu memikat. Sebagai referensi, berikut ini adalah daftar tempat wisata hits di Situbondo yang wajib masuk dalam agenda liburanmu.

Taman Nasional Baluran
Objek wisata terpopuler di Situbondo ini menawarkan sensasi liburan yang seru di alam terbuka. Kamu bisa menyaksikan kehidupan berbagai jenis satwa liar seperti rusa, burung merak, banteng, dll di taman nasional ini.

Selain itu, kamu juga bisa mengexplore keindahan wisata Gunung Baluran, padanag savana, hingga pantai yang akan membuat liburanmu semakin lengkap.

Lokasi: Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyu Putih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Savana Bekol
Destinasi wisata ini berada di kawasan Taman Nasional Baluran. Di tempat ini kamu akan disuguhi dengan panorama alam yang luar biasa menakjubkan. Sebuah padang savana yang sangat luas dengan backgorund gunung dan pepohonan rindang, menghadirkan nuansa alami yang begitu kental. Luas padang savana ini sekitar 300 hektare dan menjadi padang savana terluas di Jawa.

Padang savana akan terlihat menghijau di musim hujan membuat keindahan Savana Bekol semakin menyejukkan. Di musim kemarau pun kawasan savana ini tetap memikat dengan pemandangannya yang eksotik bak di Afrika.

Lokasi: Taman Nasional Baluran, Kecamatan Banyu Putih, Situbondo, Jawa Timur.

Pantai Bama
Tempat terbaik untuk menikmati momen sunrise di Tamana Nasional Baluran. Pantai yang view hutan mangrove ini menghadirkan pesona yang luar biasa. Selain menyajikan keindahan alam pantai yang begitu eksotis, keindahan alam bawah laut di Pantai Bama juga tak kalah menawan. Kamu bisa mengexplore keindahan pantai ini dan berburu spot foto cantik sebagai latarnya.

Lokasi: Desa Wonorejo, Kecamatan Banyu Putih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Pantai Balanan
Masih di kawasan Taman Nasional Baluran, Pantai Balanan bisa diakses dengan berjalan kaki dari Pantai Bama. Jika dari Savana Bekol kamu harus menempuh perjalanan sejauh 3 km, sementara kalau dari Pantai Bama jaraknya sekitar 5 km.

Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi dengan keindahan alam yang memanjakan mata. Panorama Pantai Banalan pun tidak kalah menawan, dengan hamparan pasir putih dan air yang jernih. Membuat acara “mantai”mu semakin menyenangkan.

Lokasi: Sumberwaru, Kecamatan Banyu Putih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Pantai Bilik
Lokasinya yang tersembunyi membuat suasana pantai semakin menenangkan. Air yang jernih, ombak yang tenang dan aroma pantai yang khas akan membuat hatimu adem. Ditambah dengan view pegunungan yang begitu indah, momen liburanmu di pantai ini semakin tak terlupakan. Manfaatkan sebaik-baiknya untuk mengabadikan momen spesialmu di pantai ini.

Lokasi: Labuan Merak, Kecamatan Banyu Putih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Pantai Pasir Putih
Pantai berpasir putih ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di Situbondo yang tidak pernah sepi pengunjung. Tidak jauh dari bibir pantai terdapat hutan hijau yang rindang, membuat suasana pantai semakin asri dan sejuk.

Ombaknya yang tidak terlalu besar memungkinkan wisatawan untuk berenang dan melakukan aktivitas lainnya yang menyenangkan. Seperti naik perahu wisata, menyewa perahu layar, snorkeling dan pastinya foto-foto.

Selain menjelajahi pantai dengan segala keindahannya, kamu juga bisa berwisata kuliner dengan aneka menu yang menggugah selera.

Lokasi: Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Pantai Tangsi
Di panta ini kamu bisa menyaksikan aktivitas para nelayan diantara keindahan pantai yang menawan. Pantai dengan nuansa alam yang begitu kental ini akan memanjakanmu dengan pesonanya.

Kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai sambil menikmati suasana, berburu foto kece, atau naik ke bukit untuk mendapatkan view terbaik dari atas ketinggian.

Lokasi: Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Pantai Tampora
Pantai pasir putih yang cocok buat acara ngadem atau rekreasi bareng keluarga dan sahabat. Pepohonan yang rindang di sekitar bibir pantai membuat suasana semakin sejuk. Di pantai ini kamu bersantai sambil menikmati keindahannya. Kamu juga bisa berburu momen sunset atau naik ke atas bukit dan berburu spot foto yang tidak kalah keren.

Lokasi: Tampora, Kalianget, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Plaza Rengganis Argopuro
Berada di lereng Gunung Argopuro destinasi wisata baru di Situbondo ini menyajikan pesona alam yang begitu luar biasa. Akses jalan yang cukup menantang membuat liburanmu semakin tak terlupakan. Pastikan kendaraanmu dalam keadaan fit sebelum memulai perjalanan.

Udara sejuk khas pegunungan akan menyambut kedatanganmu, membuat suasana hati semakin adem. Dari spot wisata ini kamu bisa menyaksikan keindahan alam pegunungan yang menyejukkan bak negeri di awan. Suasana semakin syahdu ketika kabut menyapa, membuat hatimu semakin damai dan enggan pulang.

Lokasi: Desa Baderan, Kecamatan Sum Dermalang, Kabuaten Situbondo, Jawa Timur.

Air Terjun Setancak
Air terjun dengan ketinggian sekitar 9 meter ini menyajikan pemandangan alam yang begitu memikat. Dari pusat Kota Situbondo butuh waktu perjalanan sekitar 4 jam untuk sampai ke lokasi air terjun. Selain menikmati panorama air terjun yang eksotis, di lokasi ini kamu juga bisa menyaksikan populasi burung walet di samping air terjun.

Lokasi: Desa Mojosari, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Air Terjun Talempong
Wanawisata dengan spot air terjun ini menyajikan suasana alam yang sejuk dan menawan. Di sepanjang perjalanan kamu bisa menikmati indahnya alam pedesaan yang memberikan ketenangan tersendiri.

Air terjun terlihat mengalir diantara bebatuan berlumut, konon lumut di tempat ini memiliki khasiat menyembuhkan beberapa penyakit. Terlepas dari mitos yang ada, di tempat ini kamu akan tergoda untuk menceburkan diri dan merasakan kesegaran airnya secara langsung.

Lokasi: Talempong, Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Ekowisata Kampung Blekok
Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini merupakan tempat bersarangnya ribuan burung blekok mencari makan sehingga sangat menarik untuk wisata alam dan edukasi. Selain konservasi burung blekok, di kampung wisata ini juga terdapat hutan mangrove di sepanjang bibir pantai yang indah dipandang. Beberapa spot foto kekinian di tempat ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Lokasi: Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Kampung Kerapu
Di tempat wisata ini kamu bisa menikmati pemandangan pantai yang begitu indah dengan keramba apung kerapu di tengah laut. Di pantai ini kamu bisa sejenak bersantai dan melepas penat.

Dermaga dengan bentuk melingkar terlihat sangat menarik, kamu bisa menjelajahinya sambil menikmati suasana. Menikmati senja dengan nuansa yang lebih syahdu diantara lampion-lampion kecil dan deburan ombak.

Kampung wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti jalur pedestrian sepanjang 30 meter buat pengunjung yang ingin berkeliling lokasi wisata, paket memancing ikan di keramba, gazebo, free WiFi dll.

Lokasi: Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Bukit Bintang Arak-arak
Destinasi wisata dengan view alam pegunungan yang memanjakan mata, sangat cocok buat merefresh pikiran. Akses jalan yang mudah diakses membuat spot wisata ini semakin populer dan banyak dikunjungi wisatawan.

Atau sekedar berhenti untuk melepas penat saat melakukan perjalanan. Ada view air terjun juga yang akan membuat waktu santaimu di bukit ini semakin maksimal.

Lokasi: Jalan Probolinggo-Bondowoso, Gunung Malang, Suboh, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *