Tempat Wisata di Singkawang Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Singkawang atau San Keuw Jong merupakan salah satu kota di Kalimantan Barat yang mayoritas penduduknya adalah keturunan Tionghoa. Tidak heran jika kota dengan julukan Hong Kong van Borneo dan Kota 1000 Klenteng ini disebut-sebut memiliki perayaan Imlek yang paling meriah.

Dikenal dengan kekayaan budayanya, Singkawang memang memiliki tiga etnis besar yaitu Tionghoa, Dayak dan Melayu sehingga menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia pariwisata. Selain itu, letaknya yang dikelilingi oleh Pegunungan Pasi, Poteng dan Sakok menghadirkan nuansa alam yang begitu kental dengan sejuta pesonanya.

Nah, buat kamu yang sedang merencanakan liburan di Kota Singkawang, berikut ini adalah daftar tempat wisata hits yang bisa kamu explore.

Tanjung Bajau Beach

Liburan dengan konsep yang cukup lengkap bisa kamu dapatkan di Tanjung Bajau Beach. Harga tiket masuknya sangat sepadan dengan fasilitas yang tersedia. Karena di tempat ini kamu bisa sekalian mengexplore spot wisata lainnya yang berada dalam satu kawasan.

Selain menikmati keindahan pantai yang menyejukkan, kamu juga bisa menjelajahi Sinka Zoo yang berada di pinggir pantai. Di kebun binatang ini juga terdapat jembatan menuju ke Pulau Simping dengan view sekitarnya yang menawan.

Ada juga Taman Dunia Air berupa akuarium besar dengan berbagai macam jenis ikan di dalamnya. Tepat di belakang Taman Dunia Air terdapat taman untuk bersantai dan juga akses menuju ke Bukit Rindu Alam yang tak kalah menawan. Dari atas ketinggian bukit kamu akan diajak menikmati keindahan pantai dan view pegunungan yang begitu eksotis.

Lokasi: Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Pantai Pasir Panjang

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang sehingga kamu bisa lebih leluasa untuk berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai. Airnya yang jernih berpadu dengan pasir putih dan hijaunya perbukitan menghadirkan nuansa alam yang penuh kesejukan.

Menikmati aroma pantai yang khas dan hembusan angin diantara deburan ombak akan membuat pikiranmu semakin fresh, rileks dan pastinya nyaman. Selain bersantai, kamu juga bisa berkeliling pantai menggunakan banana boat sehingga liburanmu semakin seru dan menyenangkan.

Lokasi: Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Pantai Batu Burung

Destinasi wisata murah meriah di Singkawang yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Pantainya menyuguhkan pemandangan yang masih sangat alami dengan view perbukitan yang memanjakan mata. Buat yang hobby mancing, Pantai batu Burung bisa menjadi pilihan terbaik.

Pantai dengan hamparan bebatuan ini sangat cocok buat acara rekreasi keluarga, mancing mania, dan pastinya foto-foto dengan latar keindahan pantai yang menawan.

Lokasi: Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Pantai Palm Beach

Objek wisata ini letaknya bersebelahan dengan Taman Pasir Panjang Indah dengan pemandangan laut yang sangat indah. Kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan berjalan-jalan, bermain air atau bahkan berenang di tepi pantai. Jika cuaca sedang bagus, kamu akan menyaksikan aktivitas kapal nelayan yang melintas.

Fasilitas di pantai ini cukup lengkap sehingga liburanmu akan semakin nyaman. Mulai dari hotel, kolam renang, camping ground, arena offroad, hingga area volley pantai.

Lokasi: Pasir Panjang, Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Hutan Mangrove Setapuk

Destinasi wisata alam dan edukasi yang cocok buat acara liburan keluarga. Di kawasan wisata ini kamu bisa melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan seperti outbound, hunting foto, memancing dan menyusuri hutan mangrove dengan speedboat. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan hutan manrove dari atas ketinggian tower dengan view yang luar biasa indah.

Lokasi: Setapuk Besar, Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Danau Biru Singkawang

Danau bekas galian tambang ini memang menarik untuk dikunjungi karena menyajikan keindahan alam yang unik. Air danau terlihat sangat menawan dengan nuansa biru kehijauan yang alami, sangat sejuk dipandang. Beberapa spot foto keren juga bisa kamu explore untuk melengkapi galeri foto liburanmu di Singkawang.

Lokasi: Roban, Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Waduk Pajintan

Di tempat wisata ini kamu akan disuguhi pemandangan embung yang begitu luas dengan view alam perbukitan sebagai background-nya. Kamu bisa berkeliling waduk dengan berjalan kaki di tepiannya sambil menikmati suasana alam sekitar yang menyejukkan. Meskipun cuaca di siang hari cukup panas, namun hal itu tidak akan mengurangi keindahan Waduk Pajintan.

Lokasi: Pajintan, Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Danau Tadow Indah

Objek wisata ini menyediakan tempat pemancingan yang menarik untuk refreshing di akhir pekan. Hasil pancinganmu juga bisa langsung masak di tempat dengan harga yang bersahabat. Selain memancing kamu juga bisa berkeliling danau untuk menikmati keindahannya dengan menggunakan sampan.

Lokasi: Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Air Terjun Sibohe

Suasana di lokasi air terjun ini masih sangat alami, sangat cocok buat kamu yang ingin liburan sembari mencari ketenangan. Meskipun akses jalan menuju ke tempat ini cukup menantang namun di sepanjang jalan tersaji pemandangan alam yang menyejukkan, bikin lelahmu hilang. Aliran air yang jernih dan segar sangat cocok buat basah-basahan atau sekedar main air di tepi kolam.

Lokasi: Sibohe, Desa Pajintan, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Air Terjun Eria

Hanya berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Singkawang, lokasi Air Terjun Eria cukup mudah untuk diakses. Kamu bisa menikmati kesegaran airnya yang masih sangat alami untuk menghilangkan segala penat dan kelelahan. Lokasinya yang berada di antara lebatnya pepohonan menyajikan spot foto yang begitu epic.

Lokasi: Desa Nyarumkop, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Taman Rekreasi Gunung Poteng Waterboom

Seru-seruan main air dengan view perbukitan Gunung Poteng nan eksotis bisa kamu nikmati di Taman Rekreasi Gunung Poteng Waterboom. Ada banyak wahana permainan air yang akan memanjakanmu dengan keseruannya. Beberapa spot foto juga bisa kamu explore buat selfie-selfie cantik di Instagram.

Lokasi: Pajintan, Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Taman Bunga Bukit Bougenvile Singkawang

Hanya berjarak sekitar 6 km dari pusat Kota Singkawang, kamu bisa mencapai lokasi taman dengan menempuh perjalanan sekitar 15 menit saja. Di taman ini kamu akan dimanjakan dengan beberapa spot kece seperti danau, taman bunga, taman bermain, patung-patung dll.

Lokasi: Desa Sijangkung, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Taman Gunung Sari

Hanya berjarak sekitar 2 km dari pusat Kota Singkawang, taman ini menjadi jujugan bagi warga sekitar yang ingin bersantai melepas penat. Selain refreshing, kamu juga bisa olahraga sore di taman ini dengan suasana yang asri dan sejuk. Ada fasilitas gazebo, ayunan, dan rumah pohon yang akan membuat momen santaimu semakin maksimal.

Lokasi: Jalan Karya, Kelurahan Pasiran, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Taman Batu Belimbing

Taman wisata ini menyajikan suasana yang tenang, sangat cocok buat kamu yang ingin refreshing di akhir pekan. Batu dengan bentuk unik menyerupai buah belimbing yang ada di taman ini bisa kamu jadikan bacgorund foto selfiemu. Keberadaan batu ini memang sangat unik, karena seolah terapung di atas air.

Lokasi: Nyarumkop, Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Taman Burung

Letaknya yang strategis membuat taman ini banyak dikunjungi oleh warga sekitar buat bersantai dan kumpul rame-rame bareng teman atau keluarga. Tempatnya asri dan teduh membuat pengunjung semakin nyaman, apalagi ada banyak jajanan yang cukup menggiurkan buat dicicipi.

Lokasi: Jalan Merdeka Tengah, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *