Tempat Wisata di Purworejo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Berbatasan dengan Kabupaten Kulonprogo di Provinsi DIY, Purworejo memiliki bentang alam yang mengagumkan. Salah satunya adalah deretan Pegunungan Menoreh yang begitu eksotis. Wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah ini juga menyimpan potensi wisata yang tak kalah menarik dari daerah lain sehingga sangat recommended buat tujuan wisata di hari libur.

Selain pantai dan air terjun, destinasi wisata di Purworejo juga cukup beragam dengan daya tariknya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tempat wisata hits di Purworejo yang wajib dikunjungi untuk mengisi waktu liburanmu.

Pantai Jatimalang

Memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan hamparan pasir hitam, keindahan pantai ini tidak kalah menawan dari pantai lainnya. Karakter ombaknya cukup besar khas laut selatan sehingga tidak disarankan untuk berenang.

Di kawasan pantai terdapat deretan pohon cemara yang rindang membuat suasana pantai semakin sejuk. Terdapat patung Dewaruci yang menjadi ikon baru Pantai Jatimalang. Nikmati acara “mantai”mu dengan berjalan-jalan di pantai dan berburu spot foto yang paling keren.

Lokasi: Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Pantai Ketawang

Tempatnya cukup sepi, sangat cocok buat kamu yang ingin menenangkan diri dan menyingkir dari kebisingan kota. Kombinasi pasir hitam dan birunya laut menyajikan pesona alam yang cukup kontras namun sejuk dipandang.

Keberadaan mercusuar di kawasan pantai juga menjadi daya tarik tersendiri yang unik. Selain berjalan-jalan menyusuri keindahan pantai, kamu juga bisa menjelajahi pantai dengan menyewa ATV, pasti seru!

Lokasi: Desa Ketawang, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Pantai Jetis

Panorama pantai berpasir hitam dengan ombak yang cukup besar akan memanjakanmu dalam suasana yang cukup menenangkan. Kawasan pantai lumayan sejuk dengan beberapa gazebo di sekitarnya. Ada beberapa gardu pandang, spot selfie dan taman payung yang instagrammable buat foto-foto.

Lokasi: Patutrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purweorejo, Jawa Tengah.

Curug Lumbung

Akses jalan menuju ke lokasi curug masih belum memadai, jalur yang harus dilewati berupa jalan setapak dan hanya bisa dilalui motor atau jalan kaki. Pesona curug ini masih sangat alami dengan susunan tebing batu yang unik. Suasana alamnya begitu asri dan tenang, sangat cocok buat ngadem dan menenangkan pikiran.

Lokasi: Desa Karangsari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Curug Gunung Putri

Sedikit tersembunyi, Curug Gunung Putri menyajikan pesona alam nan asri dengan aliran air terjun yang menyegarkan. Suasana di sekitar curug juga tak kalah menawan karena dikelilingi oleh hutan pinus yang sejuk dipandang. Selain ngadem, kamu juga bisa menikmati aliran airnya yang bikin fresh.

Lokasi: Desa Cipedak, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Kedung Gulo

Kedung ini memiliki aliran air yang masih sangat alami, cocok buat berenang atau sekedar bermain air meskipun kapasitasnya cukup terbatas. Suasana alam pedesaan yang asri di lokasi air terjun akan membuat acara santaimu semakin nyaman.

Lokasi: Desa Kalitapas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Curug Muncar

Curug Muncar menawarkan sensasi liburan dengan sedikit sentuhan petualangan karena akses jalannya belum begitu memadai. Berada di kawasan pegunungan, curug ini menyajikan panorama alam yang indah dengan aliran air terjun yang cukup deras dan bikin adem. Sangat cocok buat refreshing di akhir pekan.

Lokasi: Kalibang, Kaliwungu, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Curug Kaliurip

Lokasi air terjun masih sangat asri dengan beberapa fasilitas pendukung yang sedang dalam tahap pembangunan. Nuansa alam yang begitu kental dengan tebing bebatuan nan eksotis di sekelilingnya bikin suasana semakin adem.

Buat kamu yang belum mahir berenang sebaiknya tidak berenang di curug ini karena kedalaman kolamnya mencapai 8 meter. Jadi, utamakan keselamatan ya!

Lokasi: Krajan 1, Kaliurip, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Air Terjun Kyai Kate

Letaknya yang cukup tersembunyi justru memberikan tantangan tersendiri yang membuat liburanmu semakin tak terlupakan. Air terjun dengan debit air yang cukup deras membuat suasana di sekitarnya terasa sejuk dan segar. Lingkungan di kawasan air terjun juga terlihat begitu asri sehingga memanjakan mata dan bikin betah.

Lokasi: Gunung Condong, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Gunung Kunir

Masih bagian dari Pegunungan Menoreh, Bukit Kunir atau sering disebut dengan Gunung Kunir menyuguhkan pesona alam pegunungan yang begitu memikat. Dari puncak ketinggian, kamu bisa menyaksikan eksotisme Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang begitu memukau. Momen golden sunrsie di gunung ini juga menjadi daya tarik tersendiri yang tidak boleh dilewatkan.

Lokasi: Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Geger Menjangan

Hanya berjarak sekitar 5 km dari pusat Kota Purworejo, Puncak Geger Menjangan menawarkan sensasi liburan seru dengan suguhan alam khas pegunungan. Dari atas ketinggian kamu bakal menyaksikan gugusan Pegunungan Menoreh, landscape Kota Purworejo, Sungai Bogowonto, dan hamparan sawah yang sejuk dipandang. Bikin betah dan mungkin enggan untuk pulang.

Lokasi: Desa Trirejo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Bukit Patihan Bruno

Salah satu bukit wisata di Purworejo yang akan memanjakanmu dengan keindahannya. Panorama alam nan eksotis berpadu dengan hawa sejuk pegunungan yang bikin fresh pikiran. Sangat cocok buat menyingkir dari kesibukan. Terdapat beberapa gardu pandang dan spot selfie yang akan membuat acara refreshingmu semakin berkesan.

Lokasi: Desa Giyombong, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Goa Seplawan

Destinasi wisata alam yang menawarkan sensasi petualangan seru menyusuri goa alam yang begitu eksotis. Lokasinya berada di wilayah perbukitan sehingga membuat suasana semakin sejuk. Ornamen-ornamen di dinding goa terlihat begitu menawan membuat penjelajahanmu semakin berkesan.

Lokasi: Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Taman Sidandang

Taman wisata dengan nuansa hutan alami di Purworejo yang menarik buat rekreasi di akhir pekan. Di kawasan taman terdapat beberapa curug nan eksotis yang bisa dijelajahi untuk melengkapi agenda liburan. Ada juga fasilitas camping ground buat kamu yang ingin menyatu dengan alam, gardu pandang dan fasilitas lain yang cukup memadai.

Lokasi: Kedungrante, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Bukit Sikepel

Destinasi wisata hutan pinus di Perbukitan Menoreh dengan pemandangan alam yang begitu indah. Udaranya sejuk dan segar sangat cocok buat kamu yang ingin menyingkir dari segala kesibukan dan mencari secuil ketenangan. Recommended juga buat acara camping dan hunting foto.

Lokasi: Kembangan Kidul, Jati, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Hutan Pinus Kalilo

Wisata hutan pinus selalu menarik untuk dikunjungi karena menyuguhkan panorama alam yang asri dan sejuk sehingg bikin fresh pikiran. Kamu bisa menyusuri jalan setapak di antara rindangnya hutan pinus sembari menikmati kesejukan alamnya.

Di kawasan hutan sudah tersedia beberapa spot foto keren yang bakal membuat momen selfiemu semakin maksimal. Ada Rumah Hobbit, Rumah Ngapus, dan beberapa selfie deck di atas pohon pinus. Dan yang tidak kalah menarik adalah keberadaa Watu Tumpang yang begitu unik, demikian juga dengan momen sunrisenya yang eksotis.

Lokasi: Kalilo, Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Taman Batu Goa Sekantong (TBGS)

Di lokasi wisata ini kamu bisa menikmati momen sunrise dan sunset yang syahdu diantara sejuknya udara pegunungan. Selain menyajikan keindahan alam pegunungan, kamu juga bisa menjelajahi keindahan goa dan hutan pinus di kawasan ini. Acara santaimu akan semakin lengkap dengan secangkir kopi hitam Sikantong Robusta yang nikmat.

Lokasi: Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Puncak Khayangan Sigendol

Udara di Puncak Khayangan Sigendol sangat sejuk dengan keindahan alam yang begitu menakjubkan bak negeri di atas awan. Jalur menuju ke lokasi wisata memang cukup ekstrem dan menguji adrenalin, sangat cocok buat kamu yang suka petualangan. Selain menikmati keindahan alam dari atas ketinggian dan berburu spot foto selfie, kamu juga bisa berkemah di puncak bukit.

Lokasi: Singolopo, Desa Giyombong, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *