Tempat Wisata di Pontianak Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Terkenal dengan sebutan Kota Khatulistiwa, Pontianak memang memiliki keunikan tersendiri karena dilewati oleh garis khatulistiwa, yaitu sebuah garis imajiner yang membagi bumi menjadi dua bagian. Dengan luas wisayah mencapai 107,82 km2, Kota Pontianak juga dilalui oleh dua sungai yaitu Sungai Kapuas dan Sungai Landak.

Ibukota Provinsi Kalimantan Barat ini rupanya bukan hanya terkenal dengan garis khatulistiwa dan Sungai Kapuasnya saja, potensi wisata di Pontianak juga tak kalah menarik untuk dijelajahi. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah dan budaya hingga wisata hiburan semuanya ada.

Nah, jika kamu sedang merencanakan liburan asik di Kota Pontianak berikut ini adalah beberapa tempat wisat hits yang bisa kamu kunjungi bareng keluarga ataupun sahabat. Let’s go!

Tugu Khatulistiwa

Liburanmu ke Pontianak tidak akan lengkap tanpa singgah di Tugu Khatulistiwa yang merupakan ikon utama Kota Pontianak. Kamu bisa merasakan berada di titik 0 khatulistiwa dan mengabadikannya dalam bidikan kamera. Selanjutnya manfaatkan waktu liburanmu untuk menikmati momen santai di Taman Khatulistiwa yang menjadi tempat favorit warga untuk sekedar melepas penat.

Lokasi: Jalan Khatulistiwa, Batu Layang, Siantan, Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Tugu Digulis atau Tugu Bambu Runcing

Salah satu ikon wisata di Pontianak yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Taman ini dilengkapi dengan air mancur menari sehingga terlihat semakin keren dan meriah. Suasana yang sejuk membuat taman ini selalu ramai pengunjung, baik di pagi maupun sore hari, terutama di akhir pekan.

Fasilitas berupa jogging track, taman bermain dan mini perpustakaan yang ada di taman ini akan membuat momen santaimu semakin menyenangkan.

Lokasi: Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Taman Alun-alun Kapuas

Taman ini juga dikenal dengan sebutan Taman Korem dan menjadi salah satu tempat favorit buat ngadem dan bersantai melepas penat. Ada banyak hal menarik yang bisa kamu jumpai di taman ini, mulai dari replika tugu khatulistiwa, wahana bermain, hingga perahu yang akan membawamu menyusuri Sungai Kapuas dengan suasana kota yang begitu menawan.

Lokasi: Jalan Rahadi Usman, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Museum Kalbar

Kamu bisa mempelajari budaya Suku Dayak, Melayu dan Tionghoa melalui berbagai koleksi benda-benda bersejarah yang ada di museum ini. Tempatnya sangat luas dengan penataan yang rapi membuat perjalanan wisatamu di tempat ini semakin nyaman. Sangat cocok buat wisata edukasi, sejarah dan budaya yang bermanfaat untuk mengisi waktu liburanmu.

Lokasi: Jalan Jenderal Ahmad Yani, Parit Tokaya, Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Keraton Kesultanan Kadariah

Istana ini letaknya tidak jauh dari pusat kota sehingga mudah untuk diakses, baik melalui jalur darat maupun sungai. Istana megah ini dibangun pada tahun 1771 dan dikenal sebagai cikal bakal lahirnya Kota Pontianak. Kamu bisa mengunjungi istana ini untuk melengkapi liburanmu di Kota Pontianak.

Lokasi: Jalan Tj. Raya No. 1, Dalam Bugis, Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Taman Arboretum Sylva Untan

Jika kamu sedang mencari secuil ketenangan di tengah kota Pontianak, datang saja ke Taman Arboretum Sylva Untan yang memiliki konsep ekowisata ala hutan kota. Di taman ini kamu akan disuguhi dengan pemandangan hutan yang asri dan menyejukkan membuat kamu betah dan nyaman. Sangat recommended buat menyingkir dari kesibukan dan rutinitas yang melelahkan.

Lokasi: Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Taman Akcaya

Suasana taman yang asri sangat cocok buat aktivitas jogging di pagi hari dengan udaranya yang masih segar. Malam harinya taman ini akan semakin ramai dengan aktivitas pedagang kaki lima yang membuat suasana semakin meriah bak pasar malam.

Lokasi: Jalan Sultan Syahrir, Akcaya, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Kolam Renang JC Oevang Oeray

Kolam renang ini menjadi salah satu tempat favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Lokasinya mudah diakses karena berada di pusat kota dengan ragam fasilitas yang cukup memadai. Selain kolam renang, terdapat wahana permainan air yang seru yang akan membuat liburanmu semakin menyenangkan.

Lokasi: Kompleks GOR Kalimantan Barat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Kolam Renang Muara Kapuas

Terletak di tepi Sungai Kapuas, kolam renang ini bisa menjadi salah satu tujan wisatamu di akhir pekan. Dengan harga tiket masuk yang cukup murah kamu bisa berenang dan seru-seruan bermain air untuk mengisi waktu liburanmu. Tempatnya bersih dengan pemandangan yang indah membuat momen liburanmu di tempat ini semakin berkesan.

Lokasi: Sungai Beliung, Pontianak Barat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Rumah Betang Radakng

Rumah adat Betang Radakng sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan sebagai destinasi wisata edukasi yang bermanfaat. Salah satu ikon wisata di Pontianak ini merupakan replika rumah adat Suku Dayak Kanayatn di Kalimantan Barat yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Bentuk bangunan yang unik dengan gaya arsitektur yang khas membuat bangunan ini terlihat semakin eksotis di tengah kehidupan kota yang begitu dinamis. Di tempat ini kamu bisa menyaksikan kekayaan budaya yang begitu menginspirasi dengan berbagai simbol filosofi di dalamnya.

Lokasi: Jalan Prof. M. Yamin, Sungai Bangkong, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Bukit Rel

Bukit ini menyajikan keindahan alam di atas ketinggian dengan panorama yang begitu menawan. Suasananya masih sangat asri dengan udara sejuk pegunungan yang bikin adem, membuat kamu betah dan merasa nyaman. Kamu bisa menjelajahi setiap sudut keindahan di bukit ini untuk background foto selfie yang lebih greget.

Lokasi: Batulayang, Pontianak Utara, Kota Pontinaka, Kalimantan Barat.

Kampung Wisata Kuantan

Liburan seru dengan konsep wisata kekinian bisa kamu dapatkan di Kampung Wisata Kuantan. Kampung wisata ini menyuguhkan pemandangan yang meriah penuh warna membuat liburanmu semakin seru dan tak terlupakan.

Bukan hanya jalan dan pagar saja, dinding rumah warga pun tak kalah menarik dengan sentuhan mural aneka warna nan instagenic. Sangat cocok buat latar foto selfiemu. Suasana tepian sungai yang menawan terlihat semakin berwarna dengan lukisan warna-warni yang ceria.

Lokasi: Jalan Imam Bonjol, Benua Melayu Laut, Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Aloe Vera Center

Karakter tanah gambut di Pontianak membuat budidaya aloe vera atau lidah buaya tumbuh subur dengan kualitas yang unggul. Resmi berdiri sejak tahun 2002, Aloe Vera Center menjadi pusat pengembangan dan budidaya lidah buaya yang bisa kamu jadikan tujuan wisata edukasi di akhir pekan.

Letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota sehingga mudah untuk diakses, sangat cocok buat mengisi waktu liburanmu yang singkat. Selain menyaksikan aneka jenis tanaman lidah buaya, di tempat ini kamu juga mencicipi berbagai menu makanan dan minuman yang terbuat dari bahan aloe vera. Dijamin liburanmu semakin seru dan menyenangkan.

Lokasi: Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *