Tempat Wisata di Palangka Raya Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Palangka Raya merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Tengah dan merupakan kota dengan luas wilayah terbesar di Indonesia, yaitu 2.400 km2. Dengan wilayah yang begitu luas beberapa kali sempat ada wacana untuk memindahkan ibukota negara ke Kota Palangka Raya.

Terlepas dari wacana tersebut, Kota Palangka Raya menyimpan potensi wisata yang luar biasa dengan kekayaan hutan lindung dan konservasi alamnya. Selain wisata alam yang mempesona, Kota Palangka Raya juga menawarkan ragam destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik. Mulai dari wisata budaya, wisata edukasi hingga wisata hiburan.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa tempat wisata di Palangka Raya yang wajib kamu sambangi saat liburan.

Taman Nasional Sebangau

Di Taman Nasional Sebangau kamu akan diajak untuk mengenal kekayaan flora dan fauna dengan suasana yang masih sangat alami. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 542.141 hektare dengan 808 jenis flora, 182 jenis burung, 54 spesies ular, dan 35 jenis mamalia.

Di taman nasional ini kamu bisa melihat orang utan yang berada di habitat aslinya. Selain itu ada juga bekantan, owa, beruang madu, monyet ekor panjang, macan daun, burung rangkong dll. Liburanmu di Taman Nasional Sebangau bukan hanya menyenangkan tetapi juga tak terlupakan.

Lokasi: Desa Bangkirai, Kecamatan Sebangau, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Taman Wisata Bukit Tangkiling

Buat kamu yang ingin menikmati keindahan Kota Palangka Raya secara maksimal, Bukit Tangkiling bisa menjadi pilihannya. Dengan ketinggian sekitar 197 mdpl, kamu bisa menyaksikan panorama kota dari sudut yang berbeda dengan view yang begitu memanjakan mata.

Buat kamu yang suka berburu sunrise dan sunset, Bukit Tangkiling adalah salah satu spot terbaik yang wajib kamu sambangi. Buat foto-foto juga kece!

Lokasi: Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Eduwisata Kalimantan Hutan Itah (KAHUI)

Destinasi wisata dengan konsep ecotourism ini menawarkan sensasi liburan asik di kawasan hutan yang rindang dengan aliran air sungai yang masih sangat alami. Selain diajak untuk lebih mencintai alam, kamu juga bisa memuaskan hobby selfiemu dengan beberapa spot kece yang tersedia.

Kamu juga bisa mencoba aktivitas rafting yang cukup menantang untuk melengkapi momen liburanmu agar semakin seru. Bukan hanya itu saja, tersedia juga wisata petik buah naga yang akan membuat kamu semakin betah dan pastinya kenyang.

Lokasi: Kanarakan, Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Taman Wisata Fantasy Beach

Salah satu spot wisata favorit di Palangka Raya yang cocok buat liburan dan seru-seruan di akhir pekan. Meskipun namanya Fantasy Beach, namun tempat wisata ini bukanlah pantai melainkan danau buatan yang merupakan bekas galian tambang pasir.  Objek wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan air sehingga semakin menarik untuk dikunjungi.

Selain menjajal aneka wahana permainan air yang seru, kamu juga bisa mencoba sepeda air atau berkeliling menggunakan perahu wisata. Buat kamu yang hobby mancing, kamu bisa menjajal kemampuan memancingmu di tempat ini.

Lokasi: Jalan Tjilik Riwut km 21, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Taman Pasuk Kameloh
Destinasi wisata murah meriah di Kota Palangka Raya yang cocok buat liburan atau acara santai di sore hari. Letaknya yang berada di tepi Sungai Kahayan menyajikan suasana kota yang begitu menawan dengan jembatan Kahayan sebagai latarnya. Bukan hanya itu saja, kerlap-kerlip lampu kota di malam hari membuat suasana di taman semakin syahdu dan romantis.

Lokasi: Jalan S. Parman, Langkai, Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Wisata Pesona Alam Lestari

Pemandangan alam yang indah dan merdunya kicauan burung membuat siapapun betah di tempat ini. Sangat cocok buat acara rekreasi keluarga, atau sekedar bersantai menikmati suasana alam yang sejuk.

Tempat wisata ini juga menyediakan ragam fasilitas yang cukup lengkap sehingga liburanmu semakin nyaman. Mulai dari pondok di atas air, taman bermain anak, kolam renang, arena outbound, ATV dll.

Lokasi: Kereng Bangkirai, Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Arboretum Nyaru Menteng

Wisata edukasi di tempat ini mengajak kamu untuk lebih mencintai alam, termasuk menyayangi orang utan yang populasinya semakin berkurang. Penangkaran Nyaru Menteng ini menjadi rumah bagi lebih dari 450 orang utan yang terlantar di hutan Kalimantan.

Kamu bisa melihat secara langsung bagaimana proses penangkaran, perawatan, dan pelepasan orang utan. Di tempat ini bayi orang utan akan dirawat dan diajari untuk bertahan hidup di alam liar. Selanjutnya setelah siap, orang utan akan dilepaskan kembali ke alam liar tanpa pengasuh mereka.

Lokasi: Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Taman Kumkum

Taman wisata ini menyajikan keindahan alam yang asri dan teduh dengan ragam fasilitas yang cukup lengkap. Selain dilengkapi dengan fasilitas taman bermain, WiFi, dan pondok yang bisa disewa, ada juga mini zoo yang cocok buat mengedukasi anak-anak.

Selain bersantai menikmati senja di tepi Sungai Kahayan, kamu juga bisa kulineran dengan aneka jajanan yang menggugah selera.

Lokasi: Jalan Wisata No. 1, Pahandut Seberang, Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Rumah Adat Betang

Destinasi wisata budaya yang menarik untuk melengkapi agenda liburanmu di Palangka Raya. Rumah adat khas Suku Dayak ini memiliki bentuk dan gaya arsitektur yang unik dengan bahan kayu ulin yang kuat. Di balik bentuk rumah adat yang unik dengan berbagai macam ornamen yang khas ternyata bangunan rumah ini memiliki makna filosofi yang dalam.

Rumah Betang menjadi tempat untuk menanamkan nilai-nilai kekeluargaan hingga wadah untuk saling bertukar pikiran. Di tempat ini kamu bisa belajar tentang adat istiadat dan budaya warisan leluhur yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Lokasi: Jalan Panjaitan No. 3, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Danau Tahai
Berjarak sekitar 29 km dari pusat Kota Palangka Raya, kamu bisa mencapai lokasi danau dalam waktu sekitar 3 menit dengan akses jalan yang cukup mudah. Danau dengan nuansa alam yang begitu kental ini menyajikan pemandangan hutan yang rindang dengan view yang menawan. Sangat cocok buat melepas penat dan merefresh pikiran.

Lokasi: Tahai, Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kotamadya Palangka Raya, Kalimantan Selatan.

Wisata Susur Sungai Kahayan

Sungai dengan panjang 600 km dan berkedalaman hingga 7 meter ini merupakan salah satu sungai terpanjang di Kalimantan. Untuk menikmati keindahan alam di sungai ini kamu bisa menggunakan jasa perahu wisata yang siap mengantarkanmu untuk menyusuri setiap sudut sungai.

Kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam yang memikat dan rumah apung yang unik. Jika beruntung, kamu juga bisa melihat bekantan, owa, dan kera abu-abu yang bergelantungan di atas pohon. Pemandangan luar biasa yang akan membuat momen liburanmu semakin tak terlupakan.

Lokasi: Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Museum Balanga

Destinasi wisata sejarah dan budaya yang cocok buat acara liburan di akhir pekan. Di museum ini kamu bisa melihat berbagai macam koleksi benda yang sarat akan nilai-nilai budaya. Mulai dari baju adat, perahu, senjata tradisional dll yang akan menambah wawasanmu tentang Suku Dayak.

Di museum ini kamu akan diajak untuk lebih mencintai budaya daerah dan melestarikannya sebagai warisan leluhur yang sangat berharga.

Lokasi: Palangka, Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *