Tempat Wisata di Pacitan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Berada di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Pacitan berbatasan dengan tiga kabupaten lainnya. Yaitu Kabupaten Ponorogo di sebelah utara, Trenggalek di sebelah timur, dan Wonogiri, di sebelah barat.

Sementara pada bagian selatan berbatasan dengan Samudera Hindia. Letaknya yang berbatasan dengan Samudera Hindia membuat potensi wisata alam di Pacitan khusunya pantai memiliki keindahan yang mempesona.

Selain pesona pantainya yang memukau, Pacitan juga memiliki ragam destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik. Mulai dari wisata alam goa, air terjun, hingga sungai dan perbukitan yang menawan. Sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa tempat wisata hits di Pacitan yang wajib masuk dalam agenda liburanmu.

Pantai Taman
Ingin liburan ala anak pantai dengan sensasi yang lebih menantang? Datang saja ke Panta Taman, Pacitan. Selain disuguhi dengan panorama pantai yang begitu eksotis, kamu juga bisa mencoba wahana flying fox dari puncak tebing dengan view pantai yang memukau. Tidak tanggung-tanggung, wahana ini memiliki jalur sepanjang 415 meter yang akan membuat adrenalinmu semakin terpacu.

Selain wahan flying fox-nya yang fenomenal, momen sunrise dan sunset di pantai ini juga tak kalah menarik untuk dinantikan. Masih belum lengkap, jelajahi juga wisata edukasi penangkaran penyu yang akan membuat kamu semakin peduli dengan kelestarian alam.

Lokasi: Hadiwarno, Ngadirojo, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Kasap
Buat kamu yang ingin ke Raja Ampat tapi budget belum cukup, jangan khawatir karena di Pacitan ada Pantai Kasap dengan panorama yang eksotis ala Raja Ampat. Di pantai ini terdapat beberapa gugusan batu karang di tengah laut dengan pemandangan yang begitu epic. Sangat keren buat latar foto selfiemu.

Untuk suasana yang lebih syahdu dan romantis, jangan lewatkan momen sunset di pantai ini. Instagramable abis!

Lokasi: Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Banyu Tibo
Secuil surga bernama Pantai Banyu Tibo akan memanjakanmu dengan segala keindahannya. Keberadaan air terjun di bibir pantai membuat pemandangan di pantai ini semakin eksotis, dengan panorama laut birunya yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Menghirup segarnya aroma laut dan sejuknya semilir angin akan membuat liburanmu semakin tak terlupakan.

Lokasi: Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Karang Bolong
Ombak yang besar khas Laut Selatan menjadi suguhan alam yang akan memanjakanmu di pantai ini. Pemandangan Pantai Karang Bolong semakin luar biasa dengan keberadaan tebing karang di tepi pantai yang begitu eksotis.

Sebutan Karang Bolong sendiri tidak terlepas dari adanya lubang pada karang akibat kikisan ombak yang menghantam secara terus menerus. Dari atas tebing kamu akan menyaksikan bagaimana indahnya karya Sang Pencipta, membuat hatimu semakin adem dan tidak berhenti untuk mengagumi keindahannya.

Lokasi: Karang Bolong, Sendang, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Buyutan
Pantai dengan hamparan pasir putih ini begitu memikat dengan keindahannya. Untuk mencapai lokasi pantai kamu harus menuruni jalur yang cukup ekstrem sehingga harus ekstra hati-hati. Namun begitu dari area parkir pun kamu sudah bisa menikmati keindahan Pantai Buyutan yang eksotis. Dengan keindahannya, Pantai Buyutan menjadi salah satu primadona wisata di Pacitan.

Lokasi: Widoro, Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Soge

Lokasi pantai yang dekat dengan jalan raya membuat pantai ini mudah diakses dan banyak diminati oleh wisatawan. Hamparan pasir putih yang luas, lautan biru, dan hijaunya pepohonan di sekitar pantai menyajikan harmoni alam yang begitu mempesona. Di pantai ini juga terdapat beberapa kubangan air seperti laguna yang membuat panorama pantai semakin elok.

Lokasi: Dondong, Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Pidakan
Pantai yang satu ini bukan hanya eksotis tetapi juga unik dengan hamparan pasir putih dan kerikil di sepanjang bibir pantai. Sangat cocok buat liburan sekaligus merefleksi kaki dengan batuan alami. Sambil bersantai, jangan lupa untuk mencicipi lezatnya sajian ikan bakar yang menggugah selera.

Lokasi: Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Mahoni Pacitan Indah
Ingin mengulang kembali masa kanak-kanak dengan bermain ayunan? Coba saja datang ke Mahoni Pacitan Indah. Kamu hanya perlu menyiapkan keberanian. Ayunan di tempat ini cukup ekstrem karena berada di ketinggian. Sensasinya akan membuat jantungmu berdebar kencang.

Dari atas ketinggian kamu akan menyaksikan keindahan alam yang menakjubkan dengan view pegunungan, laut dan hijaunya pepohonan. Puas berayun, kamu bisa naik ke gardu pandang dan menikmati keindahan alam yang tak kalah menawan.

Masih belum cukup? Coba saja menaiki motor trail di puncak bukit yang akan membuat fotomu terlihat gahar. Jembatan gantungnya juga keren buat foto-foto. Pasang pose gembiramu meskipun dengan perasaan yang campur aduk.

Lokasi: Jalan Raya Tompak Rinjing, Dadapan, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Goa Gong
Menyandang status sebagai goa terindah di Asia Tenggara, Goa Gong menjadi salah satu ikon wisata Pacitan yang wajib disambangi saat liburan. Ornamen alam berupa stalaktit dan stalagmit di goa ini memang luar biasa indahnya.

Saat menyusuri goa ini kamu akan disuguhi dengan panorama alam yang menakjubkan. Selain ornamen cantik, di salah satu ruangan terdapat batu unik yang jika ditabuh akan mengeluarkan suara seperti gong. Sementara di ruangan lain terdapat Sendang Bidadari dengan air yang jernih.

Lokasi: Desa Bomo, Kecamatan Purung Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Goa Luweng Jaran
Buat kamu yang suka petualangan dan ingin uji nyali menjelajahi perut bumi silakan datang ke Goa Luweng Jaran. Goa ini memiliki jalur vertikal dengan kedalaman 65 meter dan panjang lorong goa hingga 25 km atau bahkan lebih.

Untuk memasuki goa ini kamu harus mempersiapkan peralatan yang memadai agar penjelajahanmu lancar dan aman. Sensasi petualangan yang begitu kental akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

Lokasi: Kasri, Desa Jlubang, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Grojogan Dhuwur
Spot wisata ini menawarkan sensasi liburan yang cukup lengkap dengan beberapa keindahan sekaligus. Selain aliran air terjunnya yang begitu jernih menyegarkan, hijaunya pepohonan di lokasi air terjun juga tak kalah menawan, begitu asri dan bikin adem.

Kamu bisa berenang dan menikmati kesegaran airnya sambil bersantai dan sejenak menjauh dari kebisingan. Abadikan momen serumu di tempat ini dengan pose-pose yang keren.

Lokasi: Barong Kulon, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Kali Barong
Ingin menikmati momen liburan yang seru tanpa harus ke pantai, datang saja ke Kali Barong. Di tempat wisata ini kamu akan diajak menyusuri keindahan sungai dengan perahu mancung yang unik.

Kamu juga bisa mencoba sensasi sepeda air untuk menambah keseruan liburanmu bareng keluarga atau sahabat. Jika terus ke arah hulu kamu akan menemukan Grojogaj Dhuwur yang menawan.

Lokasi: Jalan Dadapan-Watukarung, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Sungai Maron
Masih dengan wisata airnya, kamu bisa menjelajahi keindahan Sungai Maron yang tak kalah eksotis. Di sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang masih sangat alami dan menyejukkan.

Aliran sungai yang tenang dengan udara yang masih segar akan membuat perjalanmu semakin menyenangkan. Sensasi bermain kano di sungai ini dijamin pasti asik!

Lokasi: Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Hutan Pinus Gemaharjo
Spot wisata alam kekinian ala Kalibiru Jogja memang banyak menarik perhatian. Di Pacitan pun kamu bisa menikmati liburan dengan konsep yang hampir sama. Keindahan hutan pinus yang rindang dengan beberapa gardu pandang unik akan membuat momen liburanmu di tempat ini semakin seru.

Lokasi: Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Gunung Limo
Dengan ketinggian sekitar 668 mdpl, kamu akan diajak untuk sedikit berpetualang mendaki Gunung Limo. Di sepanjang perjalanan kamu akan ditemani dengan keindahan alam di sekitarnya yang menyejukkan mata, membuat lelahmu sirna seketika. Jika cuaca cerah kamu bisa menunggu momen sunset nan epic di puncak Gunung Limo.

Lokasi: Desa Mantren, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Bukit Pakis
Salah satu tempat rekreasi di Pacitan yang sedang naik daun dengan nuansa keromantisannya di malam hari. Dari ketinggian Bukit Pakis kamu akan dimanjakan dengan keindahan Kabupaten Pacitan di malam hari dengan kerlap-kerlip lampunya yang menawan. Sementara di siang hari kamu bisa menikmati alam Pacitan yang asri dan menyejukkan pandangan.

Lokasi: Wonogondo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *