Tempat Wisata di Nganjuk Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Nganjuk merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang wilayahnya diapit oleh dua Gunung, yaitu Gunung Wilis dan Gunung Kendeng. Kondisi geografis yang demikian membuat Kabupaten Nganjuk memiliki pesona alam pegunungan yang begitu menawan.

Terkenal dengan julukan Kota Angin, Nganjuk menawarkan sejuta pesona dan keindahan dengan destinasi wisata yang cukup beragam. Untuk wisata sejarah, budaya dan edukasi ada Candi Ngetos yang merupakan candi Hindu peninggalan zaman Majapahit.

Selain itu, wisata alam di Kabupaten Nganjuk juga tak kalah menarik dengan panorama alam yang begitu menakjubkan. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa tempat wisata hits di Nganjuk yang bisa kamu jelajahi saat liburan.

Grojogan Duwur

Akses jalan menuju ke lokasi wisata ini memang tidak mudah namun sangat sebanding dengan pesona air terjun yang begitu memikat. Sungai purba yang terbentuk dari batuan kapur ini terlihat sangat eksotis dengan aliran air yang jernih menyegarkan. Di kolam renang alami ini kamu bisa bermain air sepuasnya dan mengabadikan momen asikmu dalam bidikan kamera.

Lokasi: Desa Sumber Miri, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Air Terjun Sedudo

Berada di ketinggian sekitar 1.438 mdpl, kamu akan dimanjakan dengan pesona alam yang sejuk dan asri. Lokasi air terjun ini sering digunakan untuk ritual tahunan di bulan Suro. Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Nganjuk, lokasi Air Terjun Sedudo telah mengalami penataan.

Demi keamanan dan keselamatan, terdapat pagar di sekeliling air terjun sehingga pengunjung tidak bisa berendam langsung di bawahnya. Tersedia beberapa spot foto kekinian yang bisa kamu manfaatkan sebagai latar foto selfie dengan view yang instagrammable.

Lokasi: Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Air Terjun Sri Gunting

Masih satu kawasan dengan Air Terjun Sedudo, kamu akan diajak untuk sedikit berpetualang dengan akses jalan yang cukup menantang. Pemandangan di lokasi air terjun sangat indah dengan panorama alam yang begitu menyejukkan.

Aliran airnya masih sangat alami sehingga memberikan kesegaran tersendiri yang akan membuat kamu merasa lebih fresh. Berfoto dengan latar air terjun bisa menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan angle foto yang paling keren.

Lokasi: Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Air Terjun Sumber Manik

Berada di lereng Gunung Wilis, kamu akan dimanjakan dengan panorama alam yang begitu mempesona dengan hawa sejuk pengunungan yang segar. Konon air terjun ini menjadi salah satu tempat pertapaan Damarwulan pada masa kerajaan Majapahit.

Letaknya yang tersembunyi memberikan tantangan tersendiri yang akan membuat liburanmu tak terlupakan. Perjalanan yang melelahkan akan terganti dengan suasana alam yang begitu indah dan menyejukkan.

Air terjun setinggi 35 meter ini terlihat begitu eksotis dengan nuansa putihnya yang lembut, sangat kontras dengan hijaunya pepohonan yang begitu asri. Sangat cocok buat ngadem di akhir pekan dan sejenak menyingkir dari kesibukan.

Lokasi: Desa Blongko, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Air Terjun Roro Kuning

Tempat wisata ini sangat cocok buat piknik keluarga di akhir pekan. Suasananya sangat asri dan sejuk dengan beberapa fasilitas yang cukup memadai. Selain terdapat kolam renang, di lokasi wisata ini juga terdapat taman bermain, gazebo, penangkaran rusa dan beberapa spot selfie yang instagenic. Dijamin liburanmu semakin asik dan menyenangkan.

Lokasi: Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Grojogan Putri Ayu

Destinasi wisata alam ini sangat cocok buat kamu yang suka berenang di alam bebas dengan lingkungan yang masih sangat asri. Selain berenang dan bermain air di Grojogan Putri Ayu, kamu juga bisa menjelajahi goa yang ada di kawasan ini. Abadikan momen serumu di tempat ini dengan pose yang paling keren.

Lokasi: Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Sendang Putri Wilis

Satu lagi spot wisata yang akan memanjakanmu dengan kesegaran airnya yang masih alami. Aliran airnya begitu jernih dengan panorama alam yang masih sangat asri, bikin adem dan betah. Kamu bisa menjelajahi setiap sudut keindahan Sendang Putri Wilis dan mengabadikan momen spesialmu di tempat ini.

Lokasi: Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Bukit Batu Songgong

Pemandangan di bukit ini sangat eksotis dengan susunan bebatuan yang tertata rapi, terlihat begitu unik dan asrtistik. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Wilis menyajikan keindahan alam yang begitu mempesona dengan landscape perbukitan hijau nan menyejukkan mata.

Tempat ini bisa menjadi spot foto terbaik buat kamu yang hobby hunting foto keren saat liburan. Karena berada di atas ketinggian, pastikan kendaraanmu dalam keadaan fit agar perjalanan menuju ke puncak semakin menyenangkan.

Lokasi: Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Bukit Salju Ngetos

Tempat wisata alam kekinian ini akan memanjakanmu dengan beberapa spot selfie yang kece dan instagrammable. Seperti dekorasi payung warna-warni dan rumah pohon yang akan membuat foto selfiemu semakin menarik. Deretan pohon pinus yang rindang pun mampu memberikan kesejukan tersendiri yang akan membuat acara santaimu semakin nyaman.

Lokasi: Blongko, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Bukit Watu Lawang

Berada di atas ketinggian, Bukit Lawang sangat cocok buat refreshing dan ngadem di akhir pekan. Selain pemandangan alam yang begitu eksotis, keberadaan watu lawang atau batu yang menyerupai batu menjadi daya tarik dan ikon wisata di bukit ini.

Panorama alam di bukit ini sangat indah dengan view air terjun yang mengalir di pegunungan. Kamu bisa menikmati alam dengan berkemah atau bahkan menjajal jalur downhills bike sejauh 2 km untuk memicu adrenalin.

Lokasi: Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Bukit Goa Dali

Warga setempat lebih mengenal bukit ini dengan sebutan Alas Patuk. Seperti bukit wisata lainnya, di tempat ini kamu juga akan dimanjakan dengan pesona alam pegunungan yang menawan, asri dan sejuk dipandang. Di puncak tertinggi kamu bisa menikmati keindahan alam dengan lebih leluasa, dan pastinya recommended buat keperluan foto-foto ala selebgram.

Lokasi: Desa Sumber Klampok, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Waduk Putukrejo

Menikmati momen santai dengan nge-trip ke Waduk Putukrejo bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Waduk yang begitu luas dengan aliran air yang tenang seolah mengajak kamu untuk menyingkir dari segala kesibukan. Tersedia beberapa wahana dan fasilitas yang akan membuat acara ‘nyantai’mu semakin maksimal.

Lokasi: Desa Putukrejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Waduk Perning

Destinasi wisata alam dengan konsep kekinian yang menarik. Tempatnya sangat luas dengan pemandangan indah di sekitarnya. Terdapat beberapa wahana dan fasilitas yang akan membuat momen santaimu semakin nyaman. Mulai dari taman bunga, wahana permainan air, dan beberapa spot foto yang keren. Cocok buat wisata keluarga di akhir pekan.

Lokasi: Perning, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Goa Ndalem

Meskipun terkenal dengan aura mistisnya, namun pesona Goa Ndalem tetap menarik untuk disambangi saat liburan. Letaknya yang berada di lereng Gunung Wilis memberikan daya tarik tersendiri dengan panorama alam pegunungan yang menyejukkan. Cocok buat menenangkan diri dan merefresh pikiran.

Lokasi: Desa Kebon Agung, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Setum Loceret
Buat kamu yang suka hunting spot foto unik dengan view nan instagenic, datang saja ke lahan terbuka bekas kompleks pabrik gula Belanda di Desa Jatirejo, Loceret. Lahan hijau dengan cerobong asap kuno yang berdiri kokoh menyajikan pemandangan yang begitu epic. Pilih pose terbaikmu dan langsung saja abadikan dengan kameramu.

Lokasi: Desa Jatirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *