Tempat Wisata di Klaten Terbaru & Paling Hits Dikunjungi!

Nyero.ID – Klaten merupakan salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Gunung Kidul, DIY. Klaten terkenal dengan keberadaan beberapa candi di wilayah Kecamatan Prambanan, seperti Candi Sewu, Candi Bubrah, Candi Lumbung, Candi Plaosan, Candi Merak, dan Candi Sojiwan.

Selain terkenal dengan destinasi wisata sejarah dan budayanya, Klaten juga memiliki ragam destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik, baik wisata alam maupun hiburan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa tempat wisata hits di Klaten yang wajib kamu kunjungi saat liburan.

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok menawarkan sensasi liburan seru dengan pemandangan bawah airnya yang menawan. Tidak jarang wisatawan menyebut tempat ini sebagai “Bunaken”-nya Klaten. Di kolam pemandian ini kamu bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti berenang, snorkeling, dan foto dengan konsep underwater.

Buat yang mau foto prewedding, pihak pengelola juga menyediakan paket khusus lengkap dengan wardrobe, fotografer, make up artis, dll.

Lokasi: Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Manten

Umbul Manten menyajikan nuansa alami yang begitu kental, perpaduan antara sumber mata air yang begitu jernih dengan pepohonan besar di sekitarnya. Sangat menggoda untuk berenang dan menikmati kesegaran airnya secara langsung. Di tempat ini terdapat dua kolam, yaitu Umbul Lanang dan Umbul Wadon. Recommeded buat foto-foto underwater.

Lokasi: Desa Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Sigedang

Berenang di kolam renanag alami tentu memberikan sensasi tersendiri karena memiliki aliran air yang alami, jernih dan pastinya menyegarkan. Meskipun tidak terlalu luas, namun kamu akan dimanjakan dengan suasana alam yang asri dan sejuk di sekitarnya, bikin betah. Mau foto-foto dengan konsep underwater? Boleh banget!

Lokasi: Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Cokro Tulung

Lebih asik kalau datang pas weekday, karena kalau weekend sudah pasti ramai pengunjung. Aliran airnya sangat jernih dan segar dengan lingkungan alam yang begitu asri. Di kawasan ini juga terdapat waterboom dengan wahana permainan seru di dalamnya.

Lokasi: Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Gedaren

Bukan hanya segar dan jernih, rupanya umbul ini juga dimanfaatkan untuk terapi pengobatan seperti stroke dan penyakit syaraf, terutama saat subuh. Tersedia juga kolam renang untuk anak-anak sehingga lebih aman. Di lokasi wisata ini kamu bisa menikmati suasana, berenang, dan pastinya foto-foto.

Lokasi: Desa Gedaren, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Jolotundo

Kolam pemandian yang manyajikan suasana sejuk, dengan aliran air yang bersumber dari mata air alami tanpa kaporit. Ada tiga kolam pemandian dengan kedalaman yang berbeda, cocok buat acara berenang. Di lokasi ini juga terdapat sebuah batu yang berbentuk seperti telapak kaki. Konon telapak kaki tersebut miliki Bisma sehingga lebih dikenal dengan Tapak Bisma.

Lokasi: Jambeyan, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Nilo

Lokasinya tidak begitu jauh dari Umbul Ponggok, hanya butuh waktu sekitar 10 menit perjalanan menggunakan motor. Kolamnya lebih kecil, namun keindahannya tidak kalah dengan umbul lainnya. Airnya sangat jernih sehingga dasar kolam pun bisa terlihat dengan jelas, cocok buat berenang dan foto underwater.

Lokasi: Dusun Margosuko, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Embung Tirto Mulyo

Terletak di lereng Gunung Merapi, Embung Tirto Mulyo memiliki kedalaman sekitar 5 meter dengan luas sekitar 0,6 hektare. Bukan hanya berfungsi sebagai sumber air bagi warga sekitar, embung ini juga menarik untuk tujuan rekreasi di akhir pekan.

Lokasi: Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Sendang Gemuling

Akses jalan menuju ke lokasi cukup sulit, namun begitu sampai di Sendang Gemuling kamu akan dibuat takjub dengan pesona keindahan di depan mata. Susunan batu yang begitu unik dengan eksotisme alam yang mengagumkan. Letaknya yang berada di lereng Gunung Merapi menyuguhkan panorama nan menawan diantara sejuknya hawa pegunungan.

Lokasi: Desa Tegalmuyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Deles Indah

Di kawasan wisata ini kamu akan dimanjakan dengan beberapa objek wisata di dalamnya. Diantaranya adalah Pesanggrahan Pakubuwono X, Makan Kyai Mlayopati, Sendang Kali Reno, Taman Ngajaran, Bukit Pring Cendani, dan Goa Sapuangin. Dijamin liburanmu semakin lengkap dan tak terlupakan.

Lokasi: Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Wisata Kali Talang

Wisata alam dengan view pegunungan dan aliran sungai nan eksotis karena berada di lereng Gunung Merapi. Udara pegunungan yang sejuk ditambah keindahan alam di sekitarnya membuat suasana semakin adem dan bikin betah. Cocok buat acara camping dan hunting foto.

Lokasi: Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Wisata Lepen Kencana

Salah satu spot wisata murah meriah yang menarik untuk disambangi saat liburan. Aliran airnya sangat jernih dan tenang sehingga aman untuk anak-anak. Terdapat wahana berupa jembatan dan seluncuran untuk anak-anak yang langsung meluncur ke sungai. Anak-anak pasti suka!

Lokasi: Desa Polanharjo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pemancingan 1000 Taman Air

Bukan hanya aktivitas memancing saja, tempat ini juga menyediakan ragam wahana permainan seru yang akan membuat liburanmu semakin menyenangkan. Seperti kolam renang, arena outbound, flying fox, dan taman bermain anak. Selain mencoba berbagai wahana yang ada, kamu juga bisa kulineran di tempat ini dengan menu khas ikan tawar yang meggugah selera.

Lokasi: Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Bukit Sidoguro

Dari atas bukit kamu bisa menyaksikan keindahan Rowo Jombor dan pemandangan alam di sekitarnya yang tak kalah eksotis, begitu memanjakan mata. Udara sejuknya sangat cocok buat ngadem. Beberapa spot selfie juga bisa kamu explore untuk diabadikan dalam bidikan kamera.

Lokasi: Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Bukit Cinta Gunung Gajah

Bukit ini juga dikenal dengan sebutan Bukit Cinta Bayat Cawas dan resmi dibuka pada bulan Maret 2019. Meskipun terbilang baru, namun tempat wisata ini sudah sangat populer karena banyak diposting di media sosial.

Dari atas ketinggian bukit kamu bisa menyaksikan eksotisme Klaten dari segala sisi dengan view yang begitu menawan. Tersedia beberapa spot foto keren yang bisa kamu explore buat foto-foto. Seperti gardu pandang, payung warna-warni, gubuk kasmoro, gembok cinta, dll. Di bukit ini juga terdapat watu prau yang menyimpan cerita legenda di dalamnya.

Lokasi: Gunung Gajah, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Taman Lampion Klaten

Letaknya tidak jauh dari Taman Kamboja dengan konsep ruang terbuka yang dilengkapi berbagai macam fasilitas di dalamnya. Penataan taman yang rapi dengan design ala negeri China membuat taman ini semakin menarik untuk dikunjungi dan dijadikan spot foto.

Lokasi: Jalan Lik Panggih, Bareng Kulon, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Waterpark Galuh Tirtonirmolo

Taman rekreasi air ini merupakan bagian dari Hotel Galuh. Selain menyediakan kolam renang anak dan dewasa, tempat ini juga menyediakan aneka ragam wahana permainan seru di dalamnya.

Mulai dari kolam arus, kolam mandi bola, hingga kolam air mancur dan seluncur.
Selain itu pengunjung bisa mencoba permainan lain seperti komedi putar, boom-boom car, gokart, jungle train, flying fox, ATV, dll yang akan membuat momen liburanmu semakin asik dan menyenangkan.

Lokasi: Jalan Manisrenggo Km. 1, Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *