Tempat Wisata di Kendal Terbaru & Paling Hits Dikunjungi!

Nyero.ID – Berbatasan dengan Semarang, Temanggung, dan Batang, Kendal menjadi salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang mendapat julukan Kota Santri. Selain terkenal dengan julukan Kota Santri, Kendal juga dikenal sebagai Kota Seni dan Budaya.

Secara geografis Kendal terbagi ke dalam dua wilayah, yaitu dataran rendah berupa kawasan pantai dan dataran tinggi berupa pegunungan. Dengan kondisi geografis demikian, Kendal memiliki ragam destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata hits di Kendal yang wajib masuk dalam agenda liburanmu bersama keluarga atau sahabat.

Pantai Cahaya

Salah satu destinasi wisata unggulan di Kendal yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Fasilitas di kawasan wisata ini sangat lengkap sehingga liburanmu semakin nyaman. Selain waterpark, di kawasan pantai juga terdapat mini zoo dan pertunjukan lumba-lumba yang lucu. Sangat recommended buat wisata hiburan dan edukasi.

Lokasi: Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Pantai Moro

Pantai pasir hitam yang eksotis dengan suasana alam yang sejuk dipandang, membuat liburanmu semakin berkesan. Keberadaan mersucuar di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri. Dari atas mercusuar kamu bisa menikmati keindahan pantai secara maksimal dan memanfaatkannya sebagai spot foto dengan latar pantai yang menawan.

Lokasi: Gempolsewu, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Pantai Karangmalang

Pantai yang masih alami ini sangat cocok buat acara pikinik di akhir pekan. Di pantai ini terdapat tanaman ketela Kisik yang memiliki cita rasa berbeda karena tumbuh di pasir. Selain itu, ombak yang cukup tenang dan nyiur melambai di bibir pantai membuat suasana semakin sejuk dan bikin adem pikiran.

Lokasi: Karangmalang Wetan, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tenga.

Perkebunan Teh Medini

Terletak di kaki Gunung Ungaran, perkebunan teh ini menyuguhkan suasana alam yang sejuk dengan pemandangan indah di sekitarnya. Sangat cocok buat kamu yang ingin refreshing dengan nuansa alam pedesaan yang begitu tenang. Selain bersantai dan menikmati suasana, kamu juga bisa menjelajahi kebun teh dan menyambangi air terjun dikawasan ini.

Lokasi: Desa Ngresep Balong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Pemandian Air Panas Nglimut

Terletak di kawasan wisata Promas Greenland di kaki Gunung Ungaran, pemandian air panas ini menyuguhkan penorama alam yang indah, dan sejuk dipandang.

Selain menyediakan kolam air panas buat berendam, di lokasi ini juga terdapat kolam renang air dingin, arena outbound, camping ground, ATV, wahana permainan, dan pastinya spot foto yang keren buat memuaskan hobby fotografimu.

Ada air terjun juga yang bisa kamu explore keindahannya agar liburanmu semakin lengkap dan tak terlupakan.

Lokasi: Nglimut, Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Curug Sewu

Air terjun dengan tiga tingkatan ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan nuansa alami yang begitu kental. Selain menyuguhkan pesona air terjun yang begitu eksotis, kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas gardu pandang, kolam renang, kebun binatang mini, dan terapi ikan. Bukan hanya cocok buat ngadem tapi juga jalan-jalan asik.

Lokasi: Remboko, Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Curug Corong

Lokasinya cukup tersembunyi dan jauh dari pemukiman dengan jalur yang cukup menantang, sangat cocok buat petualangan. Suasananya masih sangat alami dengan aliran air yang cukup deras, membuat lingkungan di sekitarnya terasa semakin sejuk. Kamu bisa memilih lokasi terbaik untuk berfoto di tempat ini.

Lokasi: Desa Beku, Kecamatan Gondang, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Curug Jeglong

Selama perjalanan menuju ke lokasi curug kamu akan dimanjakan dengan nuansa alam pegunungan yang asri dan menyejukkan. Curug ini memiliki lima tingkatan air terjun dengan empat kedung yang begitu eksotis. Sangat cocok buat rekreasi, ngadem dan hunting spot foto.

Lokasi: Dusun Jeplak, Desa Bendosari, Kecamatan Plantungan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Curug Panglebur Gongso

Berada di lereng Gunung Ungaran, air terjun dengan nuanasa alami ini menyuguhkan keindahan yang begitu menawan. Udaranya sejuk khas pegunungan, dan airnya pung sangat segar cocok buat berenang atau sekedar basah-basahan dan main air.

Lokasi: Desa Gondang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Danau Banaran Surugajah
Aliran air di danau ini sangat jernih dengan nuansa hijaunya yang begitu eksotis, sangat cocok buat refreshing dan menenangkan diri. Lokasi danau yang berada di kawasan kebun cengkeh membuat suasana semakin asri dan sejuk, bikin kamu betah dan nyaman. Bukan hanya itu saja, panorama alam di tempat ini juga sangat menawan, recommended buat foto-foto dengan spot terbaik.

Lokasi: Desa Bringinsari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Wisata Kali Bladon

Tempat wisata yang sempat viral beberapa waktu lalu karena menyajikan spot foto keren berupa pemandangan sungai nan eksotis. Meskipun saat ini konsepnya menjadi tempat pemancingan, namun suasana dan pemandangan di tempat ini tetap menarik untuk objek fotografi.

Lokasi: Krayapan, Purwokerto, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Tubing Genting

Buat yang suka liburan dengan konsep yang sedikit menantang, bisa mencoba sensasi tubing di Dusun Genting yang memacu adrenalin. Aliran air yang cukup deras dengan suasana alam nan asri di sekitarnya akan memanjakanmu dengan segala keindahannya, dijamin seru dan tak terlupakan.

Lokasi: Genting, Desa Getas, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Bukit Selo Arjuno

Jalur menuju ke puncak bukit cukup ekstrem, sangat cocok buat kamu yang suka wisata alam dengan sedikit petualangan. Dari atas ketinggian, kamu akan dimanjakan dengan panorama alam yang begitu memukau, membuat kamu betah untuk menikmati keindahannya. Recommended buat berburu foto, ngadem dan menyatu dengan alam.

Lokasi: Watulawang, Desa Kedungboto, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Bukit Bligo

Berbeda dengan Bukit Selo Arjuno, jalur menuju ke Bukit Bligo cenderung lebih lebar dan landai sehingga lebih mudah untuk diakses. Di puncak bukit terdapat dua batu gardu pandang yang bisa kamu manfaatkan untuk menikmati panorama alam dan berswafoto dengan latar perbukitan nan eksotis.

Lokasi: Desa Kedungboto, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Taman Sayur

Agrowisata kebun sayur dengan berbagai macam sayuran di dalamnya, sangat cocok buat wisata alam dan edukasi sekaligus.  Bukan hanya menyajikan aneka ragam sayuran segar, tempat ini juga dilengkapi dengan beberapa spot foto nan instagenic buat memuaskan hobby selfiemu.  Puas berfoto selfie dan menikmati suasana, kamu juga bisa membeli aneka macam tanaman buah dan sayur sebagai buah tangan.

Lokasi:  Dusun Nambang, Desa Gondang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Pulau Tiban

Untuk mencapai lokasi pulau kamu bisa menggunakan jasa perahu atau speedboat dengan jarak tempuh sekitar 10 menit saja. Di pulau ini kamu bisa bermain di pantai atau sekedar bersantai menikmati suasana. Berjalan-jalan menyusuri pantai sembari berburu spot foto keren buat diabadikan bisa menjadi aktivitas yang cukup menyenangkan.

Lokasi: Kartika Jaya, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Kampoeng Djowo Sekatul

Konsep liburan yang cukup lengkap akan kamu dapatkan di tempat ini. Selain menyediakan kolam renang, di desa wisata ini juga terdapat arena outbound, villa, toko souvenir, restaurant, hingga beberapa spot foto nan instagenic. Sangat cocok buat mengisi waktu liburanmu bareng keluarga atau sahabat.

Lokasi: Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

River Walk Boja

Taman rekreasi air ini menawarkan sensasi liburan asik yang seru di akhir pekan. Selain dilengkapi dengan aneka wahana permainan seru, pengunjung juga bisa berinteraksi dengan beberapa satwa lucu. Seperti kelinci, burung, dan kucing sehingga sangat cocok untuk wisata edukasi bersama buah hati.

Lokasi: Ngadibolo, Desa Boja, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *