web log free Tempat Wisata di Demak Terbaru dan Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini! – Travelling News

Tempat Wisata di Demak Terbaru dan Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Mendapat predikat sebagai Kota Wali, Demak memang menyimpan potensi wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari Masjid Agung Demak yang merupakan peninggalan Wali Songo, Makam Sunan Kalijaga, Makam Raden Patah, hingga Museum Masjid Agung Demak yang berisi peninggalan para wali, bedug dll yang menyimpan banyak cerita sejarah.

Selain terkenal dengan wisata sejarah dan religinya, Demak juga menyimpan potensi wisata lainnya yang tidak kalah menarik. Kamu bisa melengkapi perjalanan wisatamu di Demak dengan mengunjungi beberapa tempat wisata hits berikut ini.

Pantai Surodadi

Desa Surodadi merupakan wilayah pesisir yang memiliki prestasi dalam pengelolaan mangrove dan tambak sehingga menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia pariwisata. Sebagai daerah percontohan penghijauan pantai, kamu akan dimanjakan dengan suasana alam yang begitu asri dan menyejukkan.

Ombaknya relatif tenang dengan garis pantai yang cukup panjang, sangat cocok buat acara rekreasi di akhir pekan. Bermain air atau sekedar jalan-jalan menyusuri tepi pantai bisa menjadi aktivitas yang seru dan menyenangkan.

Lokasi: Desa Surodadi, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Pantai Morosari

Dikenal dengan istilah WBM atau Wisata Bahari Morosari, tempat wisata ini menawarkan liburan asik dengan beberapa fasilitas yang cukup memadai. Lokasi wisata ini konon merupakan pemukiman penduduk dan tambak yang tenggelam karena abrasi dan rob pada tahun 1997.

Di kawasan ini juga terdapat hutan mangrove yang bisa diakses dengan jalan kaki atau naik kendaraan bermotor. Meskipun dikelilingi oleh laut, namun ada sebuah sumur di kawasan ini yang airnya tetap bersih dan tawar sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu, di salah satu kawasan hutan mangrove terdapat makam apung yang merupakan makam seorang ulama dan sering diziarahi oleh pengunjung.

Untuk melengkapi liburanmu di pantai ini kamu bisa berkeliling hutan mangrove dan menjelajahi keindahannya dengan menggunakan perahu sewa atau berjalan meyusuri jembatan kayu yang tersedia. Kamu juga bisa mencoba sensasi naik perahu naga untuk berziarah ke makam, wisata mangrove dan menyaksikan sisa-sisa pemukiman yang tenggelam.

Lokasi: Jalan Semarang-Demak Km 9, Bedono, Kecamatan Sayung, Demak, Jawa Tengah.

Pantai Glagah Wangi

Akses menuju ke lokasi pantai melewati hutan mangrove dan lebih mudah dicapai dengan menggunakan perahu. Pantainya masih sangat alami, cocok buat refreshing atau sekedar mencari ketenangan.

Pantai ini terkenal dengan mitos istana gaib dan ular raksasa, sehingga pengunjung diminta untuk selalu menjaga sikap dan lisannya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Lokasi: Desa Tambakbulusan, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Pantai Morodemak

Akses jalan menuju ke lokasi pantai hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua. Di pantai ini kamu bakal disuguhi dengan panorama pantai yang indah dengan hamparan hutan mangrove yang sejuk dipandang.

Selain berfoto selfie, ada beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di tempat ini. Seperti berkeliling pantai dan menjelajahi hutan mangrove dengan perahu, memancing, menyaksikan aktivitas para nelayan, berbelanja ikan segar dan pastinya kulineran dengan menu ikan laut yang menggugah selera.

Lokasi: Morodemak, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Ekowisata Reduksi Kedungmutih

Ekowisata Reduksi (Rumah Edukasi Silvofishery) merupakan destinasi wisata alam dan edukasi berupa hutan mangrove mini.  Kawasan ini sebelumnya dikenal sebagai tempat pembibitan mangrove yang kemudian dikembangkan menjadi ekowisata.

Tersedia jalur tracking yang bisa kamu jelajahi untuk menikmati keindahan alam di kawasan hutan mangrove.  Dan beberapa spot selfie kekinian yang akan membuat acara narsismu semakin maksimal.  Seperti love, kupu-kupu, hingga papan tulisan dengan kata-kata yang menggelitik.

Lokasi:  Desa Kedungmutih, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Brown Canyon Demak

Sekilas tempat ini mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat yang sudah sangat terkenal. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Amerika karena di Demak ada Brown Canyon yang tidak kalah menarik. Area bekas penambangan batu padas ini membentuk tebing yang cukup unik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemburu spot selfie.

Sejauh mata memandang kamu akan melihat gugusan tebing dengan bentuk yang tidak beraturan, namun hal itu justru terlihat unik. Banyak pengunjung yang datang disore hari untuk mendapatkan momen sunset dengan view dua tebing sebagai latarnya. Foto yang dihasilkan pun terlihat epic dan bikin penasaran.

Lokasi: Desa Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Desa Wisata Tlogoweru

Alam pedesaan yang tenang dan asri akan mengajak kamu untuk sejenak menikmati kedamaian. Seperti desa pada umumnya, area sawah yang menghijau bakal menyejukkan pandanganmu sehingga bikin hati terasa lebih adem. Namun jika diamati lebih jauh, kamu akan menemukan keunikan tersendiri di desa wisata ini.

Ada banyak burung hantu jenis tyto alba yang berkeliaran bebas di desa ini. Rupanyan burung hantu sengaja di pelihara dan dibudidayakan oleh warga setempat untuk membasmi serangan tikus sawah yang bisa mengganggu produksi pertanian.

Banyaknya burung hantu di desa ini ternyata bukan hanya menginspirasi petani di daerah lainnya tetapi juga menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Lokasi: Desa Tlogoweru, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Desa Wisata Banyumeneng

Desa wisata ini berada di wilayah perbukitan dengan pemandangan alam yang indah menawan. Selain menikmati keindahan alam kamu juga bisa menyaksikan aktivitas pasar tumpah yang diselenggarakan setiap Sabtu dan Minggu.

Selain berbelanja di pasar tumpah, kamu juga bisa menguji adrenalin dengan olahraga paralayang yang cukup menantang. Kamu akan didampingi oleh instruktur yang sudah berpengalaman dengan rute yang bisa kamu pilih sendiri, berani coba?

Lokasi: Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Taman Ria Demak

Salah satu tempat wisata murah meriah di Demak yang cocok buat refreshing dan melepas penat. Akses menuju ke lokasi wisata cukup mudah karena berada di pusat kota. Selain kolam renang, di taman ini juga tersedia wahana permainan seru yang akan membuat liburanmu semakin menyenangkan.

Lokasi: Katonsari, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Waterboom Niagara

Salah satu tempat wisata favorit di Demak yang menarik untuk dikunjungi bareng keluarga. Harga tiket masuknya terjangkau dengan ragam fasilitas yang cukup memadai, mulai dari wahana permainan, free WiFi, live music, kantin dll yang akan membuat liburanmu semakin asik dan seru.

Lokasi: Petengan Selatan, Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Taman Air Polaris

Menyediakan kolam renang untuk dewasa dan anak-anak sehingga cocok buat acara piknik keluarga di akhir pekan. Tersedia beberapa fasilitas menarik yang akan membuat momen santaimu semakin menyenangkan. Kamu bisa seru-seruan bermain air dan berenang dengan suasana yang cukup nyaman.

Lokasi: Jalan Sunan Kalijaga, Botorejo, Wonosalam, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Alun-alun Simpang Enam Demak

Berada di pusat kota, Alun-alun Simpang Enam Demak ini menjadi salah satu tempat favorit untuk menikmati suasana santai. Tempat ini berhadapan dengan Masjid Agung Demak dan sering digunakan untuk penyelenggaraan event-event besar. Tempatnya sangat luas, cocok buat nongkrong rame-rame bareng teman atau keluarga.

Suasana di malam hari pun tak kalah meriah dengan hiburan air mancur menari yang unik. Buat yang ingin kulineran tidak perlu khawatir karena di sekitar alun-alun banyak pedagang makanan yang siap memanjakan lidah.

Lokasi: Jalan Sultan Fatah No. 41, Kauman, Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Taman Love

Taman ini semula hanyalah lahan kosong yang kemudian dimanfaatkan oleh para pemuda desa hingga menjadi destinasi wisata kekinian dengan beberapa spot foto kece di dalamnya. Selain ayunan, di taman ini juga terdapat gardu pandang, gazebo, dan kolam. Meskipun terlihat sederhana, namun kreativitas para pemuda desa patut mendapatkan apresiasi. Tempatnya juga bagus buat foto-foto.

Lokasi: Jalan Raya Welahan Km. 33, Cangkring, Desa Mulyareja, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *