Tempat Wisata di Cilacap Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat, Cilacap tidak bisa dilepaskan dari Pulau Nusakambangan yang dikenal sebagai penjara bagi tahanan kelas kakap. Di balik kesan “sangar”nya, Pulau Nusakambangan justru memiliki potensi wisata yang luar biasa karena keindahan alamnya. Potensi wisata di Cilacap pun tak kalah dengan daerah lainnya sehingga cocok buat disambangi saat liburan.

Selain Benteng Pendem yang begitu populer di Cilacap, beberapa destinasi wisata di Pulau Nusakambangan bisa menjadi tujuan wisata yang menarik. Trend wisata kekinian yang marak di berbagai daerah pun bisa kamu temukan di Cilacap. Sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa tempat wisata hits di Cilacap yang wajib masuk dalam wishlist agenda liburanmu.

Pantai Teluk Penyu
Hamparan pasir hitam dengan gelombang yang cukup tinggi khas pesisir selatan Jawa menyajikan pesona alam nan eksotis. Di kawasan pantai terdapat jembatan yang menjorok ke laut dengan view Pulau Nusakambangan yang menawan. Sangat recommended buat spot foto dan menanti momen sunset.

Dari pantai ini kamu bisa melanjutkan traveling menuju ke Pulau Nusakambangan dengan menggunakan perahu. Atau bisa juga menuju ke Benteng Pendem untuk melengkapi agenda liburanmu di Cilacap.

Lokasi: Kecamatan Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pantai Permisan

Pantai dengan keindahan yang luar biasa ini berada tepat di samping Lapas Nusakambangan dan tidak begitu jauh dari Pelabuhan Sodong.  Pantai ini juga dikenal sebagai lokasi untuk melatih para prajurit TNI.  Pisau komando yang ditancapkan pada batu karang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke kawasan ini.

Lokasi:  Permisan, Tambakreja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pantai Sodong
Pantai Sodong terlihat indah dengan view perbukitan Gunung Selok. Di tempat wisata ini kamu bisa sejenak menyingkir dari kesibukan dan menikmati momen santai untuk merefresh pikiran. Memandang laut biru, menghirup segarnya udara, dan mengagumi karya Sang Pencipta akan membuat hatimu semakin adem.

Lokasi: Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pantai Kalipat
Secuil surga di Pulau Nusakambangan ini menyajikan panorama alam yang begitu menakjubkan dengan segala keindahannya. Perjuangan untuk sampai ke pantai ini memang tidak mudah, namun semuanya akan terbayar dengan eksotisme Pantai Kalipat yang luar biasa memikat.
Sangat cocok untuk agenda liburan bertema petualangan. Pasir putih dan laut birunya akan membuat lelahmu sirna. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen liburanmu di pantai indah ini.

Lokasi: Pulau Nusakambangan, Tambakreja, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pantai Kali Kencana
Berada di selatan Pulau Nusakambangan, Pantai Kali Kencana menjadi salah satu spot wisata hits di Cilacap yang menarik untuk dijelajahi. Akses jalan yang menantang membutuhkan perjuangan yang cukup menguras energi. Namun perjuanganmu tidak akan sia-sia dengan pesona keindahan Pantai Kali Kencana di depan mata. Surga tersembunyi di Cilacap ini sangat cocok untuk liburan ala “Jejak Petualang”.

Lokasi: Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pantai Ranca Babakan
Pantai ini berada di ujung barat Pulau Nusakambangan. Garis pantai yang membentang sekitar 1,5 km dengan hamparan pasir putihnya akan memanjakanmu dalam suasana pantai yang menyejukkan.

Selain bermain pasir dan menikmati keindahan pantai, di kawasan wisata ini kamu juga bisa menjelajahi spot wisata lainnya. Seperti Goa Pawon dan Goa Ronggeng yang tak kalah mempesona dengan ornamen-ornamen cantiknya.

Lokasi: Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pantai Sangkil Karang Pakis
Pantai dengan view sunset yang menawan. Akses menuju ke lokasi wisata ini cukup mudah sehingga sangat cocok buat acara liburan bareng keluarga. Panorama pantai yang indah dengan hamparan pasir putihnya akan memanjakanmu dalam suasana yang menenangkan. Di pantai ini kamu bisa mengabadikan momen liburanmu dengan background keindahan pantai yang eksotis.

Lokasi: Karangpakis, Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pantai Cemara Sewu
Menyajikan pesona pantai yang sejuk dan teduh, Pantai Cemara Sewu sangat cocok buat acara liburanmu di akhir pekan. Di kawasan wisata ini terdapat fasilitas berupa playground, ATV dan juga kuda yang akan membuat momen liburanmu semakin seru. Beberapa spot foto keren juga bisa kamu explore untuk melengkapi galeri fotomu.

Lokasi: Jetis, Kecamatan Nusawungi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pantai Kemiren
Salah satu pantai di Cilacap dengan ombak yang cukup besar khas laut selatan. Nuansa alam yang begitu eksotis dengan keindahan pantai seolah menyatu memberikan kesejukan. Kawasan di sekitar pantai pun tak kalah menawan. Deretan pepohonan yang berjajar di kanan kiri jalan setapak menyajikan nuansa alam yang begitu epic. Sangat cocok buat background foto selfiemu.

Lokasi: Jalan Lingkar Selatan, Kemiren, Tegalkamulyan, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Kampung Laut Cilacap
Terletak di kawasan Segara Anakan, Kampung Laut Cilacap memiliki panorama alam yang begitu eksotis. Di tempat wisata ini kamu bisa menyusuri jembatan kayu untuk menikmati keindahan hutan mangrove yang menyejukkan mata. Kamu juga bisa naik ke gardu pandang untuk menikmati pesona hutan mangrove-nya secara maksimal.

Lokasi: Kampung Laut, Ujungalang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Hutan Payau (Mangrove)
Kawasan hutan mangrove dengan nuansa alam yang begitu kental, sangat cocok untuk rekreasi di akhir pekan. Selain sebagai destinasi wisata alam, Hutan Payau ini juga menjadi wisata edukasi yang bermanfaat.

Di tempat ini kamu bisa menjelajahi hutan bakau sambil menikmati kesejukan udaranya yang menyegarkan. Jangan lupa untuk mengexplore spot-spot foto kerennya buat memuaskan hobby selfie-mu.

Lokasi: Beji Lor, Tritih Kulon, Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Curug Mandala
Medan yang harus dilalui cukup melelahkan, sangat cocok buat kamu yang suka petualangan. Begitu tiba di lokasi curug kamu akan disuguhi dengan keindahan alam yang luar biasa. Aliran air yang mengalir dari tiga titik menciptakan suara gemericik yang menenangkan.

Nuansa alami begitu terasa dengan hijaunya dedaunan. Membuat hati semakin adem dan pikiran lebih fresh. View-nya juga epic buat objek fotografi.

Lokasi: Mendala, Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Curug Rahayu
Tidak kalah eksotis dengan Curug Mandala, Curug Rahayu menyajikan pesona air terjun yang mengalir diantara tebing berundak. Dikelilingi dengan rindangnya pepohonan yang asri, suasana di sekitar curug semakin elok dipandang mata. Selain bermain air dan merasakan kesegaran alaminya, berburu spot foto keren di tempat ini sangatlah menyenangkan.

Lokasi: Giri Wangi, Cipari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Curug Penampen
Curug dengan view menawan ini akan membuatmu takjub karena keindahannya. Tebing batu berundak membentang lebar dengan kokohnya. Sementara air mengalir mengikuti setiap undakan dengan warna putihnya yang lembut bak tirai, menyajikan sebuah keindahan yang luar biasa.

Kamu bahkan bisa mencoba menaiki tebing untuk merasakan sensasi kesegaran airnya. Berdiri di antara aliran air terjun bisa menjadi pose terbaikmu yang wajib diabadikan. Tapi ingat, harus tetap hati-hati ya!

Lokasi: Desa Mandala, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Waduk Kubangkangung
Waduk yang telah ada sejak zaman Belanda ini memiliki daya tarik tersendiri untuk rekreasi keluarga di akhir pekan. Dengan harga tiket masuk yang murah, tempat wisata ini menyediakan beckground alam yang keren buat foto-foto. Selain bersantai, kamu juga bisa berkeliling waduk dengan menggunakan kano, pasti asik!

Lokasi: Sokawera, Kubangkangkung, Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Kemit Forest
Tempat wisata alam di Cilacap ini menyediakan berbagai macam wahana yang akan membuat momen liburanmu semakin seru. Di kawasan hutan pinus ini kamu akan dimanjakan dengan keindahan alamnya yang sejuk dipandang. Payung dan lampion warna warni di kawasan Kemit Forest menyuguhkan kemeriahan diantara hijaunya pepohonan.

Taman wisata dengan konsep outbound ini bukan hanya menawarakan wisata alam tetapi juga edukasi. Selain wahana panahan dan wahana bermaian anak, wahana sepeda gantung dan ayunan di ketinggian Kemit Forest akan membuat foto selfiemu semakin greget.

Lokasi: Karanggedang, Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Curug Cimandaway
Curug Cimandaway merupakan air terjun tertinggi di Cilacap dengan ketinggian sekitar 100 meter. Di kawasan wisata ini kamu bukan hanya dimanjakan dengan keindahan alamnya saja tetapi juga bisa mencoba wahana permainan flying fox untuk menambah keseruan.

Lokasi: Serang, Datar, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Gunung Selok
Meskipun kental dengan nuansa mistik, namun Gunung Selok menjadi salah satu destinasi wisata kekinian yang cukup hits di kalangan anak muda. Dilengkapi dengan selfie deck di puncak gunung, kamu bisa menikmati keindahan alam dengan view hamparan sawah, hutan, dan Samudera Hindia yang pastinya epic.

Lokasi: Karangbenda, Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Taman Bunga Tali Asmoro
Sesuai dengan namanya, taman bunga ini menyajikan keindahan taman dengan warna-warni bunganya yang menawan. Dengan background taman bunga penuh warna, kamu bisa memaksimalkan gayamu dalam berbagai pose foto selfie di tempat ini.

Lokasi: Pagubugan, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Masjid Batu Taman Hati
Suasana alami begitu terasa di kawasan masjid batu yang unik ini. Lingkungan yang asri ditambah dengan aliran sungai di dekat masjid membuat suasana semakin sejuk. Sebagai sebuah tempat ibadah, Masjid Batu Taman Hati hanya boleh difoto bangunannya saja dan tidak boleh untuk foto selfie di depan masjid.

Lokasi: Jalan Nusantara No. 148, Beji Lor, Tritih Kulon, Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *