Tempat Wisata di Brebes Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Brebes terkenal sebagai penghasil bawang merah terbesar di Indonesia. Perkebunan bawang merah di daerah ini tersebar di 11 kecamatan dari total 17 kecamatan yang ada di Brebes. Selain bawang merah, Brebes juga terkenal dengan cita rasa telur asinnya yang melegenda.

Konon Telur asin dari Brebes memiliki rasa yang paling enak di Indonesia. Tidak heran jika telur asin menjadi salah satu oleh-oleh khas Brebes yang banyak digemari oleh wisatawan.

Mendapat julukan Kota Bawang dan Kota Telur Asin, Brebes juga menyimpan potensi wisata yang cukup beragam. Tempat wisata di Brebes menawarkan sensasi liburan yang seru dan tak terlupakan dengan beberapa spot wisata kece di dalamnya.

Penasaran, dimana saja kamu bisa menghabiskan waktu liburanmu saat berada di Brebes? Berikut ini adalah jawabannya.

Pulau Cemara Sawojajar
Pulau Cemara Sawojajar merupakan salah satu destinasi wisatah hits di Brebes. Setelah naik perahu sekitar 15 menit, kamu akan disambut dengan keindahan pulau yang sejuk dipandang. Di pulau kecil nan eksotis ini kamu bisa berenang atau sekedar bersantai melepas penat.

Sambil menunggu momen sunset, manfaatkan waktumu untuk berburu spot foto kece di Pulau Cemara Sawojajar. Dijamin liburanmu tambah asik!

Lokasi: Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Pantai Randusanga
Menuju Pantai Randusanga kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam pedesaan. Hamparan kebun bawang merah yang begitu luas terlihat sangat menyejukkan. Tiba di pantai, panorama khas pantai tersaji di depan mata dengan segala keindahannya.

Beberapa fasilitas yang tersedia seperti camping ground, rumah makan, dan fasilitas lainnya bisa kamu manfaatkan untuk menambah keseruan saat liburan. Jangan lupa untuk mencicipi aneka menu telur asin khas Brebes yang sudah begitu terkenal, dijamin sedap!

Lokasi: Randusanga Wetan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Hutan Mangrove Pandansari
Meskipun akses jalan menuju ke lokasi wisata cukup jauh, namun di sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan panorama alam yang menawan. Untuk mencapai lokasi ini kamu bisa naik perahu dengan ongkos yang cukup terjangkau.

Beberapa wahana seperti banana boat, play ground, menara pandang, dll akan membuat liburanmu semakin menyenangkan. Dan pastinya banyak spot foto dengan pemandangan indah sebagai latarnya

Lokasi: Pandansari, Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Desa Wisata Malahayu
Terkenal dengan Waduk Malahayu-nya, Desa Malahayu terus berbenah menjadi destinasi wisata kekinian di Brebes. Jika sebelumnya wisatawan dimanjakan dengan pemandangan waduk dan perbukitan yang asri, saat ini Desa Wisata Malahayu juga menyediakan beberapa wahana yang menarik.

Diantaranya adalah taman bunga, sepeda air dan sepeda gantung serta spot kece lainnya. Rumah warga pun dicat warna-warni ala pelangi sehingga membuat suasana semakin meriah dan penuh warna, cocok banget buat background foto liburanmu.

Lokasi: Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Waduk Penjalin
Salah satu ciri khas waduk ini adalah tangga warna-warni yang instagramable buat foto-foto. Dengan pemandangan yang indah dan air yang begitu jernih, tempat ini paling asik buat ngadem dan refreshing di akhir pekan.

Buat yang hobby mancing juga tersedia beberapa spot yang asik buat mojok menanti umpan dimakan ikan. Selain mancing, kamu juga bisa berkeliling waduk menggunakan perahu. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas ikan betutu yang pastinya maknyuss!

Lokasi: Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebesa, Jawa Tengah.

Curug Putri
Untuk mencapai lokasi Curug Putri kamu harus melalui jalur tracking yang cukup melelahkan. Letaknya yang tersembunyi justru bikin penasaran. Dengan ketinggian sekitar 35 meter, debit air terjun di Curug Putri cukup deras membuat suasana di sekitarnya terasa sejuk dan segar. Tebing batu yang menjulang di kedua sisi aliran air terjun terlihat sangat unik dengan ukiran alamnya yang begitu eksotik.

Lokasi: Padanama, Desa Mandala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Curug Bentar
Curug Bentar menyajikan pesona air terjun yang unik. Dengan ketinggian sekitar 35 meter, air terlihat mengalir diantara tebing dan masuk ke dalam celah goa yang cukup lebar. Dari bawah tebing kamu akan menyaksikan sebuah pemandangan yang begitu epic.

Dengan view yang begitu menakjubkan, kamu bisa menikmati momen santaimu di tempat ini sembari bermain air, berenang, atau foto-foto dengan pose yang paling keren.

Lokasi: Desa Bentar, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Ranto Canyon
Dengan hawa sejuk pegunungan dan panorama alam yang memikat, Ranto Canyon menawarkan sensasi liburan yang asik dan menantang. Aliran air yang cukup deras diantara tebing bebatuan yang kokoh berdiri menjadi sebuah suguhan alam yang begitu menyejukkan.

Beberapa paket wisata seperti body rafting yang cukup mamacu adrenalin bisa kamu coba untuk sensasi liburan yang tak terlupakan.

Lokasi: Gunungtajem, Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Curug Rambukasang
Untuk menikmati keindahan curug ini kamu harus mempersiapkan fisik yang prima karena akses jalan yang dilalui cukup menantang. Terletak di lereng Gunung Kumbang, Curug Rambukasang menyimpan sejuta keindahan yang memanjakan mata.

Hawa sejuk pegunungan, aliran air yang jernih dan kokohnya tebing di sekitar curug menciptakan sebuah pesona yang memikat. Dijamin view-nya kece banget buat background foto-foto.

Lokasi: Grogol, Desa Ciseureuh, Ketanggungan Selatan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Kalibaya Park
Terletak di Kawasan Lio Rimba Raya (Kalibaya), akses jalan menuju ke Kalibaya Park lumayan ekstrem, tapi itulah seninya. Tidak salah jika spot wisata ini cocok buat kamu yang suka petualangan. Semua perjuanganmu segera terbayar dengan pemandangan indah di depan mata.

Ada banyak wahana seru yang bisa kamu coba di tempat ini. Seperti gardu pandang, ATV, ayunan ekstrem, dan juga outbound. Beberapa gardu pandang di tempat ini memiliki konsep yang unik sehingga momen liburanmu semakin seru dengan koleksi foto yang kece abis.

Lokasi: Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Bukit Panenjoan
Kombinasi yang kece berupa hutan pinus, lembah, kabut dan sunrise akan membawamu dalam suasana yang begitu syahdu. Berada di ketinggian sekitar 850 mdpl, udara di Bukit Panenjoan sangat segar dan menyejukkan. Dengan landscape pegunungan yang begitu eksotis, kamu bisa memanfaatkan spot-spot selfie yang tersedia untuk mengexpose keindahannya.

Lokasi: Desa Wanoja, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Bukit Baper
Kawasan perbukitan dengan panorama alam yang begitu epic siap memanjakamu dalam suasana yang menyejukkan. Rasa lelahmu akan segera terobati dengan keindahan Bukit Baper di depan mata. Hawa sejuk pegunungan dan hijaunya pepohonan di tempat ini sangat cocok buat ngadem dan merefresh pikiran. Spot selfienya juga keren buat foto-foto.

Lokasi: Desa Batusari, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Agrowisata Kaligua
Hamparan perkebunan teh yang hijau dengan latar Gunung Slamet akan menyambut kedatanganmu di Agrowisata Kaligua. Panorama alam yang sejuk dengan udara yang begitu segar menghadirkan nuansa alam pedesaan yang damai menenangkan. Perkebunan teh yang telah ada sejak zaman Belanda ini menyimpan kecantikan yang begitu memikat.

Selain menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa melihat secara langsung pengolahan daun teh menjadi teh dan mencicipi nikmatnya secangkir teh hitam. Tempat ini juga menyediakan area camping, wahana flying fox dan paralayang untuk menguji adrenalinmu.

Lokasi: Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Bukit AADT
Ada apa dengan Bukit Tukung (AADT) merupakan salah satu spot wisata alam di Brebes yang recommended buat tujuan liburanmu di akhir pekan. Dari ketinggian bukit ini kamu akan menyaksikan landscape alam Brebes yang sejuk dipandang. Jangan lewatkan momen serumu dengan berbagai pose kece di spot selfie gardu pandang, bukit cinta dan tangan raksasa yang instagenic.

Lokasi: Desa Batusari, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Bukit Bintang Capar (BBC)
Masih dengan wisata kekinian, kamu juga bisa mendaki ketinggian Bukit Bintang Capar dan menikmati keindahan alamnya. Lokasinya yang berdekatan dengan beberapa spot wisata lainnya seperti Kalibaya Park, Ranto Canyon, dan Bukit Panenjoan membuat Bukit Bintang Capar semakin diminati oleh wisatawan.

Panorama bukit yang epic ditambah dengan spot foto yang kece membuat foto liburanmu semakin keren buat dipamerkan.

Lokasi: Capar, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *