Tempat Wisata di Boyolali Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Terkenal sebagai produsen susu terbesar di Pulau Jawa, tidak heran jika Boyolali mendapat julukan Kota Susu. Salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah ini juga memiliki julukan Nieuw Zeeland van Java karena dianggap mirip dengan negara Selandia Baru yang terkenal sebagai produsen susu dan daging sapi.

Letaknya yang berada di kaki Gunung Merapi dan Gunung Merbabu membuat wilayah Boyolali memiliki iklim yang sejuk dengan pemandangan alam yang indah. Ada banyak destinasi wisata alam yang siap memanjakanmu dengan pesonanya. Selain wisata alam, Boyolali juga terkenal dengan wisata sejarah dan budaya, seperti Candi Lawang dan Candi Sari.

Buat kamu yang sedang merencanakan liburan ke Boyolali, berikut ini adalah beberapa tempat wisata hits yang wajib kamu sambangi saat liburan.

Air Terjun Semuncar

Letaknya yang tersembunyi justru bikin penasaran, membuat momen liburanmu semakin tak terlupakan. Tiba di lokasi air terjun kamu akan dimanjakan dengan pesona air terjun yang begitu menyejukkan, bikin lelahmu sirna seketika.

Ketinggian air terjun sekitar 100 meter dengan lingkungan alam yang hijau membuatmu enggan untuk berpaling. Masih belum puas dengan Air Terjun Semuncar, kamu bisa mengexplore dua air terjun lainnya yang tak kalah eksotis. Yaitu Air Terjun Tempuran dan Air Terjun Watu Abang.

Lokasi: Desa Candisari, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Umbul Tirtomulyo

Liburan asik ala bangsawan bisa kamu dapatkan di Umbul Tirtomulyo dengan nuansa kerajaan yang begitu kental. Udara yang sejuk dan aliran air yang segar akan memanjakanmu dalam suasana alam yang syahdu, bikin fresh pikiran. Nikmati momen santaimu di tempat ini dengan berenang atau sekedar bersantai menghilangkan segala kepenatan.

Lokasi: Desa Kemasan, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Umbul Pengging

Kompleks pemandian alam ini merupakan peninggalan Kasunanan Surakarta yang dibangun oleh Sri Paduka Pakubuwono X. Ada tiga kolam pemandian yang bisa kamu pilih untuk menghabiskan waktu liburanmu. Yaitu Umbul Temanten, Umbul Ngabean, dan Umbul Sungsang, sedangkan kolam pemandian untuk anak-anak berada di sebelah tenggara Umbul Temanten, sangat cocok buat piknik keluarga di akhir pekan.

Lokasi: Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Waduk Cengklik

Waduk Cengklik dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda dan Keraton Mangkunegara Solo pada tahun 1926-1928. Panorama alam di sekitar waduk begitu indah dengan view Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di sebalah barat serta Gunung Lawu di sebelah timur. Lokasinya sangat cocok buat berburu sunrise maupun sunset.

Lokasi: Desa Sobokerto dan Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Lembah Gunung Madu

Kawasan wisata ini cukup luas dengan beberapa spot foto kekinian di dalamnya. Lokasinya berada di pinggir jalan sehingga mudah diakses dengan view alam perbukitan yang asri. Tersedia beberapa wahana permainan seru seperti flying fox dan sepeda terbang yang akan membuat liburanmu semakin berkesan.

Lokasi: Jalan Raya Simo-Klego, Desa Kedung Lengkong, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Kedung Goro

Surga tersembunyi di Boyolali yang akan membuat liburanmu semakin seru dan asik. Akses jalannya cukup menantang dengan nuansa petualangan yang begitu kental. Kamu akan disuguhi dengan panorama alam yang menyejukkan dengan aliran air terjun yang jernih dan segar. Nikmati momen serumu di tempat ini dengan berenang, bermain air atau sekedar ngadem dan berselfie ria

Lokasi: Desa Bolo, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Taman Air Tlatar

Tempatnya asik buat acara piknik rame-rame atau bareng keluarga. Tersedia fasilitas kolam renang buat anak-anak dan dewasa dengan nuansa alam yang menyejukkan. Ada kolam pemancingan juga buat yang hobby mancing. Hasil pancinganmu bisa langsung dimasak di tempat dengan racikan bumbu yang menggugah selera.

Lokasi: Dusun II, Desa Kebonbimo, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Kampoeng Air Kragilan

Destinasi wisata yang cocok buat acara rekreasi keluarga atau bareng teman-teman. Aliran sungai di tempat ini disulap menjadi spot wisata kekinian dengan ragam fasilitas menarik di dalamnya. Mulai dari taman bermain anak, kolam kecil dengan kanoe dan dayung, gazebo, hingga replika rumah Hagrid dalam film Harry Potter. Ada mini zoo juga yang akan membuat liburanmu semakin menyenangkan.

Lokasi: Watugenuk, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Brown Canyon
Tebing besar dengan warna coklat alami menjadi suguhan yang begitu memukau. Tebing ini terbentuk akibat aktivitas tambang dengan ornamen yang cukup unik sehingga terlihat begitu eksotis. Dengan panorama alam di sekitarnya, tempat ini sangat cocok buat objek fotografi dan narsis di Instagram.

Lokasi: Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Omah Bambu Merapi New Selo

Meskipun akses jalan menuju ke lokasi wisata cukup ekstrem namun semua perjuanganmu akan terbayar dengan keindahan alam yang menakjubkan. Kamu akan dimanjakan dengan panorama alam yang eksotis dengan hawa sejuk pegunungan yang bikin fresh pikiran. Ada banyak spot foto keren yang bisa kamu explore untuk memuaskan hobby selfiemu.

Lokasi: Plalangan, Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Bukit Kinasih

Di Bukit Kinasih kamu bisa menikmati suasana alam indah dengan landscape Kota Boyolali, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Lawu dan Gunung Sindoro. Waktu terbaik untuk menikmati keindahannya adalah di pagi dan sore hari dengan panorama alam yang begitu epic.

Lokasi: Passah, Desa Sanden, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Wisata Bukit Lempuyang

Bukit Lempuyang menyajikan keindahan alam yang begitu menggoda dengan berbagai wahana menarik di dalamnya, sangat cocok buat para penghobby selfie. Selain gardu pandang, ada juga spot jembatan panjang, love, hingga kapal dengan ukuran yang cukup besar.

Lokasi: Dusun III, Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Bukit Gancik

Terletak di ketinggian sekitar 1.850 mdpl, Bukit Gancik menyajikan panorama alam yang begitu memukau dengan view Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu. Tersedia beberapa spot foto kekinian yang akan memuaskan hobby fotografimu.

Meskipun jalurnya cukup menantang, namun semua terbayarkan dengan keindahan alam di depan mata. Kamu bisa menggunakan jasa ojek untuk naik ke atas bukit. Buat para pemburu sunrise, tempat ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Lokasi: Selo Nduwur, Desa Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Watu Gajah

Berada di lereng Gunung Merapi, tempat wisata ini menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan dengan spot batu besar yang begitu ikonik. Liburan dengan nuansa petualangan begitu terasa, pastikan kamu dalam keadaan fit agar perjalananmu semakin menyenangkan.
Jangan lewatkan untuk mengabadikan momen spesialmu di Watu Gajah dengan view Gunung Merapi yang begitu eksotis sebagai latarnya.

Lokasi: Kawasan Gunung Merapi, Suroteleng, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Tikungan Cinta

Destinasi wisata ini sangat cocok buat hunting spot foto kekinian dengan bacground alam perbukitan yang instagenic. Hamparan hutan pinus nan asri siap menyejukkan pandangan, tempatnya teduh dan bikin adem pikiran. Selain berfoto di gardu pandang, kamu juga bisa menjelajahi keindahan taman bunga di kawasan ini untuk melengkapi momen liburanmu.

Lokasi: Cluntang, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Kebun Raya Indrokilo Kemiri

Meskipun belum sepenuhnya jadi tetapi tempat ini sudah dibuka untuk umum, sangat cocok buat piknik asik di akhir pekan. Dengan luas lahan sekitar 8,9 hektar, objek wisata ini juga sekaligus difungsikan sebagai tempat konservasi tanaman langka. Salah satu yang menarik adalah keberadaan taman labirin berbentuk gunungan wayang yang bisa kamu jelajahi.

Lokasi: Desa Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Alun-alun Lor Boyolali

Alun-alun Lor Boyolali menyajikan keunikan tersendiri dengan adanya replika Candi Borobudur di dalamnya. Bukan hanya Candi Borobudur, kamu juga bisa menyaksikan bangunan Taj Mahal, Spinx, dan Piramida Inca yang tak kalah keren.

Selain di Alun-alun Lor, replika 7 keajaiban dunia lainnya ada di Bundaran Asrikanto, Karanggeneng, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali. Yaitu Menara Eiffel, Patung Liberty dan Menara Pisa. Yang pasti tempatnya keren buat foto-foto.

Lokasi: Bundaran Simpang Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *