Tempat Wisata di Blora Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Berbatasan dengan Provinsi Jawa Timur, Blora dikenal sebagai daerah penghasil kayu jati dengan kualitas yang bagus. Selain populer dengan hasil kayu jatinya, Blora juga merupakan daerah penghasil migas terbesar di Jawa, tepatnya di wilayah Cepu.

Potensi wisata di Kabupaten Blora pun tidak kalah dengan daerah lainnya. Dengan destinasi wisata yang cukup beragam, masih banyak spot wisata tersembunyi di Blora yang bisa diexplore keindahannya. Berikut ini adalah beberapa spot wisata terbaru di Blora yang bisa kamu jelajahi saat liburan.

Gunung Pencu
Gunung Pencu merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunrise di Blora. Untuk mencapai tempat ini butuh waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari pusat Kota Blora. Gunung yang konon digunakan untuk bertapa ini sudah menjelma menjadi objek wisata unggulan dengan panorama alamnya yang memikat.

Lokasi: Desa Gayam, Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Goa Terawang Todanan
Goa dengan panorama eksotis ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan karena pesonanya. Sinar matahari yang menerobos kegelapan dari celah langit-langit goa menjadi daya tarik tersendiri. Setidaknya ada lima titik celah terawang yang bisa kamu explore keindahannya buat objek fotografi. Di kawasan ini kamu juga bisa menjelajahi goa lainnya, seperti Goa Macan, Goa Kunir, Goa Bebek, Goa Kanggilon, Goa Gombak dan Goa Monggah.

Lokasi: Desa Kedung Wungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Waduk Bentolo
Berada tidak jauh dari Goa Terawang Todanan kamu bisa sekalian menjelajahi keindahan Waduk Bentolo. Selain difungsikan sebagai saluran irigasi pertanian dan objek wisata, di kawasan Waduk Bentolo juga terdapat Bumi Perkemahan Pancasona yang sangat luas. Air waduk dengan nuansa hijau terlihat semakin mempesona dengan lingkungan di sekitarnya yang begitu asri, sangat cocok buat ngadem dan menenangkan pikiran.

Lokasi: Desa Tinapan, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Gunung Manggir
Berada di ketinggian kurang lebih 250 mdpl, Gunung Manggir bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun empat. Di tempat ini terdapat Goa Manggir dan Goa Mangklih yang memiliki keindahan stalaktit dan stalakmit. Dari atas ketinggian puncak Gunung Manggir kamu bisa menikmati keindahan alam dan berburu spot foto kece.

Lokasi: Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Bukit Cengklik
Dari atas bukit kamu akan disuguhi pemandangan indah Gunung Muria di sebelah utara dan Gunung Lawu di sebelah tenggara. Suasana alam pegunungan yang begitu syahdu dan tenang membuat pikiran semakin damai. Di Bukit Cengklik kamu bisa berfoto selfie dari atas rumah pohon dan gazebo dengan background alam pegunungan yang hijau.

Lokasi: Desa Bicak, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Gunung Putih dan Goa Telo
Resmi dibuka pada bulan Desember 2016, Gunung Putih dan Goa Telo menawarkan sensasi liburan seru diatas ketinggian dengan tebing-tebing batu kapur yang menjulang. Selain fasilitas rumah pohon dan gazebo buat foto-foto narsis, di tempat wisata ini juga terdapat kolam pemancingan yang akan membuat liburanmu semakin lengkap.

Lokasi: Desa Bicak, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Bukit Jonggrang
Berada di ketinggian sekitar 300 mdpl, Bukit Jonggrang menyajikan panorama alam pegunungan dengan bancground hutan jati nan menghijau. Kamu akan diajak untuk sedikit berpetualang dengan menjelajahi medan yang cukup ekstrem. Di ketinggian puncak Bukit Jonggrang kamu bisa hunting spot foto keren atau sekedar melepas penat dan menikmati suasana.

Lokasi: Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Goa Sentono
Dari luar goa, kamu akan diajak untuk menikmati keindahan alamnya yang terlihat menawan. Bentuk goa yang unik dengan pemandangan indah di sekitarnya membuat goa ini menjadi salah satu spot favorit buat berburu sunset.

Lokasi: Dukuh Sentono, Desa Mendenrejo, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Bukit Kunci
Buat kamu yang ingin menikmati momen sunrise dengan view Gunung Lawu di pagi hari, berakhir pekan di Bukit Kunci bisa menjadi pilihan terbaik. Destinasi wisata alam murah meriah di Blora ini menyuguhkan keindahan alam yang menyejukkan, sangat cocok untuk menenangkan pikiran. Beberapa spot foto selfie di Bukit Kunci juga bisa kamu explore buat memuaskan hobby narsismu di Instagram.

Lokasi: Desa Bangowan, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Bukit Janjang
Dari ketinggian Bukit Janjang kamu bisa leluasa menikmati keindahan landscape Blora. Bukit Janjang bukan hanya menawarkan wisata alam yang mempesona tetapi juga wisata budaya dan ziarah. Pasalnya di bukit ini terdapat makam Eyang Jati Kusumo atau Mbah Janjang yang dikenal sebagai tokoh penyebar agama Islam di wilayah Desa Janjang. Dan setiap satu tahun sekali diselenggarakan acara manganan atau sedekah bumi yang sangat menarik untuk disaksikan.

Lokasi: Desa Janjang, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Waduk Tempuran Blora
Kawasan wisata ini menyajikan panorama alam yang teduh dan asri dengan aliran airnya yang begitu tenang, membuat suasana hati semakin adem. Selain bersantai dan naik perahu mengelilingi waduk, kamu juga bisa mencicipi aneka menu kuliner seperti ikan bakar yang menggugah selera.

Lokasi: Desa Tempuran, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Waduk Selo Parang
Destinasi wisata terbaru di Blora ini menawarkan sensasi liburan yang seru dengan ragam fasilitas yang tersedia. Selain menyajikan keindahan alamnya yang begitu menawan dari atas ketinggian Bukit Cinta, di kawasan wisata ini juga terdapat arena outbound, flying fox dan juga sepeda layang yang bisa dijadikan spot foto keren.

Lokasi: Desa Tempellemahbang, Kecamatan Japon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Sungai Purba Kalinanas
Keberadaan sungai purba ini tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Dinding bebatuan yang mengapit aliran sungai terlihat sangat unik bak ukiran alam. Membuat pemandangan di sungai purba semakin indah menawan, sangat recommended buat memuaskan hobby fotografimu.

Lokasi: Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Kedung Banyubiru
Aliran air yang segar dan jernih, ditambah dengan lingkungan alam yang begitu asri benar-benar akan memanjakanmu dalam suasana yang menyejukkan. Menjelajahi keindahan Kedung Kelir atau yang lebih dikenal dengan Banyu Biru ini bisa melengkapi agenda liburanmu di Blora. Sangat recommended buat melepas penat dan merefresh pikiran.

Lokasi: Desa Gayam, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Kedung Londo
Di Kedung Londo kamu akan disuguhi dengan panorama alam yang begitu menawan. Perjalanan yang cukup menantang memberikan sensasi petualangan tersendiri yang akan membuat liburanmu semakin tak terlupakan. Di tempat ini kamu bisa main air sepuasnya dan menikmati kesegaran airnya yang begitu alami.

Lokasi: Desa Gayam, Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Air Terjun Masohan
Air Terjun Masohan bukan hanya menyajikan keindahan alam yang begitu eksotis, namun juga menyimpan cerita sejarah di masa lampau. Disebut dengan Masohan karena konon Sunan Janjang membasuh (masoh) muka di tempat ini sebelum melaksanakan sholat. Butuh keberanian ekstra untuk mencapai lokasi air terjun ini karena jalur yang dilalui cukup menantang. Namun perjalananmu tidak akan sia-sia dengan pesona air terjun yang begitu luar biasa indahnya.

Lokasi: Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Air Terjun Pandan Kowang
Gemericik air dari aliran Air Terjun Pandang Kowang memberikan kesejukan tersendiri yang akan membuat suasana hatimu semakin nyaman. Hijaunya pepohonan di sekitar air terjun juga tak kalah menawan, membuat suasana di alam pedesaan semakin terasa dan mengusir segala kepenatan.

Lokasi: Desa Dringo, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Wanawisata Wanirupo
Konsep wisata alam dengan ragam fasilitas seperti kolam renang dan kuliner khas “ndeso” di tengah hutan jati ini akan membuat momen liburanmu semakin berkesan. Di tempat ini kamu bisa sejenak menyingkir dari kesibukan dan menikmati kesejukan di bawah pepohonan yang rindang.

Lokasi: Desa Ngawenombo, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Wanawisata Cemoro Pitu
Berada di kawasan hutan Cemoro Pitu yang terletak di tepi barat Waduk Greneng, lokasi wisata ini menawarkan sensasi liburan dengan konsep go green yang bikin adem. Waduk Greneng sendiri merupakan salah satu objek wisata populer di Blora. Lingkungan alam yang teduh dan asri mampu memberikan ketenangan tersendiri. Beberapa fasilitas seperti rumah pohon, ayunan pohon, spot selfie, panggung musik, jembatan apung dan perahu boat di tempat ini akan membuat momen liburanmu semakin menyenangkan.

Lokasi: Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Wisata Wono Aji
Wisata Wono Aji menawarkan sensasi liburan yang begitu lengkap dengan memadukan wisata alam dan edukasi dengan ragam fasilitas yang tersedia. Di kawasan wisata ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Seperti flying fox, menjelajahi pegunungan Kedinding dan Puncak Purwosuci dengan jeep, hunting spot selfie hingga belajar membuat anglo dan garam secara tradisonal.

Lokasi: Desa Ngraho, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Lokomotif Wisata Cepu
Salah satu ikon wisata terbaru di Blora yang akan mengajak kamu untuk menikmati wisata heritage Kereta Tua Loko Tour di Kecamatan Cepu. Di tempat ini kamu bisa merasakan sensasi naik kereta tua yang pada zaman Belanda digunakan untuk mengangkut hasil produksi kayu hutan. Sejenak kamu akan diajak bernostalgia sambil menikmati pemandangan indah di sepanjang perjalanan.

Lokasi: Desa Ngelo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *