Tempat Wisata di Banyumas Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Terletak di kaki Gunung Slamet yang merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa, Kabupaten Banyumas menyimpan potensi wisata yang cukup beragam. Banyaknya air terjun di daerah ini membuat Banyumas terkenal dengan sebutan Kabupaten Seribu Curug. Selain memiliki banyak air terjun, Kabupaten Banyumas juga populer dengan destinasi wisata alam Baturraden yang merupakan ikon wisata di Banyumas.

Pesona alam dan keindahan tempat wisata di Banyumas menjadi daya tarik tersendiri yang sayang untuk dilewatkan. Biar tidak penasaran, berikut ini adalah beberapa tempat wisata terbaru dan paling hits di Banyumas yang wajib dikunjungi saat liburan.

Telaga Kumpe

Tempat yang sangat tenang dengan pepohonan hijau di sekitarnya, membuat suasana hati semakin adem.  Kamu bisa menikmati keindahan telaga sambil menghirup kesejukan udaranya.  Sangat cocok buat melapas penat dan sejenak menyingkir dari segala kesibukan.  Recommended juga buat hunting foto dan camping.

Lokasi:  Dusun III, Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Baturraden Adventure Forest
Destinasi wisata alam di Banyumas yang recommended buat acara outbound, camping, dan adventure. Selain asik buat seru-seruan, lokasi wisata yang sejuk dan asri ini juga cocok untuk acara refreshing dan santai bareng keluarga, teman-teman ataupun pasangan. Sambil menikmati secangkir kopi dan mendoan hangat, momen santaimu di tempat ini akan semakin menyenangkan.

Lokasi: Dusun II Pandak, Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Batur Agung Mount of Fun Purwokerto
Berada di kaki Gunung Slamet, Batur Agung Mount of Fun memanfaatkan sumber air alami dari pegunungan untuk wahana taman air dan kolam pemancingan. Dengan view alam pegunungan yang begitu asri, kamu bisa bermain air sekaligus menikmati pesona alamnya yang menawan. Di lokasi wisata ini kamu juga bisa mencoba wahana flying fox yang akan membuat liburanmu semakin seru.

Lokasi: Desa Baseh, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Hutan Pinus Limpakuwus
Hanya butuh waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Puwokerto, kamu akan diajak untuk menjelajahi keindahan alam pedesaan dengan suasananya yang bikin adem. Selain menjelajahi hutan pinus nan eksotis, kamu juga bisa sekaligus menyambangi Telaga Sunyi yang akan membawamu dalam kedamaian. Satu lagi, di kawasan ini juga terdapat fenomena alam jabal magnet seperti di Madinah lho, jadi kamu wajib datang ke tempat ini!

Lokasi: Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Jembatan Kaca Caping Park
Buat kamu yang ingin merasakan sensasi menaiki jembatan kaca bisa langsung datang ke Caping Park yang merupakan destinasi wisata edukasi di Banyumas. Selain merasakan sensasi deg-degan, dari atas jembatan kaca berketinggian 27 meter ini kamu juga bisa menikmati pemandangan area perkebunan di bawahnya. Siapkan pose terbaikmu untuk berfoto ria di atas jembatan kaca ini!

Lokasi: Jalan Raya Baturraden Barat, Desa Kebumen, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Bukit Tranggulasih
Salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan Kota Purwokerto di malam hari dengan kerlap-kerlip lampu kotanya. Bukan hanya di malam hari saja, saat momen sunrise pun kamu akan disuguhi dengan panorama alam yang begitu elok. Di tempat ini kamu bisa camping dan menyewa tenda dengan harga yang cukup murah. Dan pastinya ada banyak spot foto kece yang bisa kamu explore.

Lokasi: Windujaya, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Bukit Bintang
Dengan akses jalan yang cukup menanjak, kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam perbukitan yang begitu mempesona. Saat cuaca cerah, dari atas Bukit Bintang kamu bisa menyaksikan pemandangan Kota Purwokerto di malam hari. Di tempat ini juga sering diselenggarakan event-event tertentu seperti Baturraden Jazz Festival atau Baturrajazz yang recommended buat para pecinta musik jazz.

Lokasi: Desa Karangmangu, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Bukit Watu Meja
Berada di ketinggian Bukut Watu Meja, kamu bisa menyakiskan bagaimana panorama alam yang begitu indah dan menyejukkan. Berupa landscape alam perbukitan yang asri, view Gunung Slamet dan juga Sungai Serau. Tempat ini jadi salah satu primadona buat objek fotografi dan pastinya buat berselfie ria.

Lokasi: Bukit Badar, Tumiyang Kidul, Tumiyang, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Sendang Bidadari
View menawan nan instagenic menjadi daya tarik tersendiri dari Sendang Bidadari yang bisa kamu nikmati keindahannya. Hawa sejuk dengan pemandangan air terjun yang begitu eksotis membuat siapapun betah untuk “ngadem” lama-lama di tempat ini. Bukan hanya “ngadem” saja, buat spot selfie juga recommended abis!

Lokasi: Dusun II, Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Small World Miniatur Dunia
Di tempat ini kamu bisa berkeliling sepuasnya dan mengabadikan spot-spot keren yang ada di belahan dunia. Seperti Menara Pisa, Gedung Putih, Patung Merlion, Patung Liberty atau bahkan Piramida Mesir tanpa perlu repot mengurus paspor. Tempat ini memang didesign sebagai taman miniatur dunia sekaligus sebagai media edukasi yang cocok untuk acara liburanmu di akhir pekan.

Lokasi: Jalan Baturraden Raya No.270, Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Curug Bayan
Suasana alam pedesaan dengan segala ketenangannya akan menyambut kedatanganmu di Curug Bayan. Atmosfer alam yang begitu sejuk akan memberikan rasa nyaman yang membuatmu enggan untuk pulang. Di tempat wisata ini sudah terdapat fasilitas villa dengan view aliran Curug Bayan nan eskotis. Kamu bisa menikmati kesegaran air dan keindahan alam di Curug Bayan bareng keluarga atau teman-teman sepuasnya.

Lokasi: Dusun II Ketenger, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Curug Carang
Di tempat ini kamu akan diajak untuk berpetualang dengan melewati rute yang cukup ekstrem, melalui susur sungai hingga menuruni tebing dengan seutas tali. Perjalananmu yang melelahkan akan disambut dengan keindahan Curug Carang yang begitu eksotis. Rasa lelahmu akan berganti dengan decak kagum.

Lokasi: Kemutug Kidul, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Curug Ceheng
Sebelum tiba di lokasi curug, ratusan anak tangga curam akan menyambut kedatanganmu di tempat ini. Setelah menuruni tangga dengan medan yang cukup ekstrem perjalanmu akan berakhir di Curug Ceheng yang indah mempesona. Aliran air terjun yang jatuh diantara hijaunya dedaunan membuat suasana alam semakin kontras dan menyejukkan.

Lokasi: Gandatapa I, Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Curug Kembar
Air yang jernih dan alami akan memanjakanmu dengan kesegarannya, kamu bisa menceburkan diri dan mandi sepuasnya. Suasana alam yang begitu indah, perpaduan antara hijaunya dedaunan, hawa sejuk pegunungan dan gemericik air mampu menciptakan sebuah ketenangan yang hakiki.
Lokasi: Dusun II, Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Curug Gomblang
Salah satu tempat wisata favorit bagi kaum milenial yang suka dengan spot-spot foto keren buat feed di Instagram. Dengan tiket masuk yang murah kamu akan diajak untuk sedikit berpetualang melalui akses jalan yang cukup menantang. Semua lelahmu akan terbayar dengan keindahan Curug Gomblang yang begitu eksotis.

Lokasi: Dusun III, Kalisasak, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Curug Lima
Meskipun lokasinya tidak jauh dari Curug Gomblang, namun akses jalan menuju ke lokasi Curug Lima cukup menantang, sangat cocok buat kamu yang suka kegiatan adventure. Sesuai dengan namanya, curug ini memiliki lima aliran air terjun yang begitu eksotis. Suasana alam di sekitarnya pun masih sangat alami sehingga membuat hati dan pikiranmu semakin adem.

Lokasi: Dusun II, Baseh, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Curug Nangga
Curug ini mulai populer sejak tahun 2015 setelah banyak diposting di media sosial. Perjalanan yang melelahkan akan segera terbayar dengan keindahan Curug Nangga di depan mata. Dengan aliran air terjun yang bertingkat-tingkat menyerupai tangga, kamu akan disuguhi dengan panorama alam pedesaan yang begitu menenangkan.

Lokasi: Petahunan, Pakuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Curug Gede
Curug Gede menyajikan view air terjun yang luar biasa indah dengan hawa sejuk pegunungan. Sangat cocok buat acara liburan bareng teman-teman atau keluarga. Aliran air terjun yang cukup deras membuat suasana semakin sejuk dan menyegarkan. Menikmati suara alam dan gemericik air yang mengalir akan membuat liburanmu semakin syahdu dan pastinya enggan pulang.

Lokasi: Dusun II, Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Pancuran Pitu
Salah satu destinasi wisata populer di Banyumas yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Aliran air panas alami dengan kandungan belerang yang memiliki efek kesehatan menjadi daya tarik tersendiri yang tidak boleh dilewatkan. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Slamet membuat spot wisata alam di Banyumas ini terlihat semakin mempesona.

Lokasi: Lokawisata Baturraden, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Curug Sebrangan
Secuil surga dengan pemandangan yang luar biasa indah ini akan memanjakanmu dengan segala pesonanya. Dengan sedkit sentuhan petualangan, kamu akan merasakan sensasi liburan yang semakin berkesan. Aliran air terjun yang melebar dan tidak terlalu tinggi terlihat sangat menawan dengan pepohonan hijau di sekitarnya. Kamu bisa mencoba mengambil foto dari dalam goa dengan view air terjun yang pastinya instagenic.

Lokasi: Desa Baseh, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Curug Wanasuta
Salah satu destinasi wisata hits di Banyumas yang keindahannya semakin populer di kalangan pengguna media sosial. Berada di kawasan objek wisata Wanasuta, curug yang terdiri dari dua tingkat air terjun ini akan memanjakanmu dengan keindahannya. Di tempat ini kamu bisa menjajal spot foto di beberapa lokasi dengan view yang intstgramable.

Lokasi: Dermaji, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Curug Jenggala
Dengan harga tiket masuk cukup murah, yaitu Rp 5.000 saja kamu akan diajak untuk menikmati Curug Jenggala, salah satu surga tersembunyi di Banyumas. Curug ini merupakan pertemuan beberapa aliran sungai sehingga debit air yang tercurah dari atas bukit cukup deras. Untuk menikmati keindahan, pihak pengelola telah menyediakan papan kayu berbentuk hati yang akan membuat momen liburanmu semakin romantis.

Lokasi: Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Baturaden, Jawa Tengah.

Dreamland Park Pancasan
Tempat wisata keluarga dengan konsep taman bermain air di Banyumas yang cocok buat liburan di akhir pekan. Sejak resmi dibuka pada tahun 2014, tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Banyumas dengan fasilitas yang cukup lengkap. Selain menwarkan wisata hiburan dan keluarga, Dream Land Park Pancasan juga menyediakan konsep wisata edukasi dengan fasilitas mini zoo, dan wahana permainan flying fox.

Lokasi: Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *