Tempat Wisata di Banjarnegara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun ini!

Nyero.ID – Banjarnegara merupakan salah satu wilayah kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan destinasi wisata alam dan sejarahnya. Sebut saja kawasan Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Kawah Sileri, dan Kawah Candradimuka yang begitu melegenda.

Selain Dieng dan beberapa kawahnya yang sudah sangat terkenal, Banjarnegara juga memiliki potensi wisata lainnya yang tak kalah menarik. Sebagai referensinya, berikut adalah beberapa tempat wisata hits di Banjarnegara yang tidak boleh kamu lewatkan saat liburan.

Curug Pitu

Tempatnya sangat sejuk dengan lingkungan alam yang masih sangat asri, membuat kamu betah dan enggan untuk beranjak. Selain menikmati eksotisme air terjun yang begitu menawan, ada festival durian di bulan Februari yang tidak boleh dilewatkan.

Dalam event ini kamu bisa mencicipi manisnya buah durian dengan harga yang murah meriah langsung dari petaninya. Sangat cocok buat acara liburan keluarga di akhir pekan.

Lokasi: Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Curug Pundung Sewu

Kamu bisa menikmati secuil ketenangan di Curug Pundung Sewu dengan lingkungan sekitarnya yang masih sangat alami dan sedikit tersembunyi. Gemericik air yang jatuh diantara tebing bebatuan dan suasana alam pedesaan yang sejuk menciptakan harmoni alam yang begitu menenangkan. Dengan sedikit sentuhan petualangan, liburanmu di Curug Pundung Sewu tidak akan terlupakan.

Lokasi: Desa Petir, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Curug Mrawu

Perjalananmu bisa dimulai dengan mengunjungi Curug Genting yang memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan view yang begitu eksotis. Selanjutnya kamu bisa menuju ke sumber mata air panas Giri Tirta yang tak kalah menawan.

Hanya berjarak sekitar 1 km saja, kamu bisa melanjutkan perjalananmu menuju ke Curug Mrawu.  Pesona dan keindahan Curug Mrawu sangat menarik untuk dikunjungi. Dengan ketinggian sekitar 50 meter, air yang mengalir terlihat sangat jernih dan segar membuat kamu tergoda untuk menikmati kesegarannya.

Lokasi: Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Curug Sikopel

Akses jalan menuju lokasi curug cukup menantang, namun perjalannmu tidak akan sia-sia. Pemandangan di tempat ini sangat indah dengan hawa sejuk pegunungan yang bikin adem pikiran. Ketinggian air terjun sekitar 70 meter dengan nuansa hijau alami di sekitarnya yang sejuk dipandang. Sangat cocok buat kamu yang ingin menyepi, menyendiri atau sekedar menyingkir dari kebisingan kota.

Lokasi: Desa Babadan, Kecamatan Pagetan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Watu Desel

Di sepanjang perjalalan menuju ke lokasi Watu Desel kamu disuguhi dengan keindahan hutan yang asri dan menyejukkan. Di tempat wisata ini kamu akan diajak untuk menikmati suasana alam yang unik dengan deretan batu besar yang tersusun rapi secara alamiah.

Untuk mendapatkan spot foto terkece kamu bisa naik ke puncak batu yang tertinggi dengan pemadangan yang begitu epic.

Lokasi: Semagung, Desa Pesangkalan, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjernegara, Jawa Tengah.

Bukit Asmara Situk

Nuansa romantis begitu terasa di Bukit Asmara Situk. Suasana alamnya sangat syahdu dengan landscape pegunungan dan aliran sungai yang begitu menawan. Dari atas gardu pandang keindahan alam di bukit ini akan semakin terekspose, membuat kamu enggan untuk berpaling. Sangat recommended buat berselfie ria.

Lokasi: Desa Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Tampomas

Dibuka sejak tahun 2017,Tampomas menjadi salah satu spot wisata di Banjarnegara yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Danau dengan luas sekitar 1,8 hektare ini dikelilingi oleh perbukitan batu dengan pemandangan yang begitu eksotis.

Sejumlah perahu siap memanjakanmu untuk berkeliling danau menikmati suasana alam yang syahdu. Tersedia juga kuda yang bisa disewa untuk mengelilingi kawasan wisata sehingga liburanmu semakin menyenangkan.

Lokasi: Desa Gentansari, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Bukit Icika

Bukit wisata ini merupakan area bekas penambangan pasir putih yang berada di perbatasan tiga desa, yaitu Desa Kaliajir, Desa Petir dan Desa Kalitengah. Meskipun akses jalan menuju ke lokasi bukit butuh perjuangan ekstra, namun keindahannya tidak akan mengecewakan.

Pemandangan di bukit ini luar biasa indah dengan view pegunungan yang menawan. Tersedia gardu pandang dan beberapa spot kece yang bisa kamu manfaatkan buat foto-foto ala selebgram. Jika cuaca cerah, kamu bisa mendapatkan momen sunrise dan sunset terbaik di tempat ini.

Lokasi: Desa Kaliajir, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Bukit Watu Sodong

Bukit Watu Sodong menawarkan sensasi liburan seru dengan landscape perbukitan hijau nan elok dipandang. Selain bisa menjadi tujuan wisata di akhir pekan, bukit ini juga sering digunakan sebagai jalur offroad motor trail dengan sensasi yang cukup memicu adrenalin.

Selain berfoto di atas batu besar, kamu juga bisa memanfaatkan selfie deck berbentuk hati buat mengabadikan momen liburan asikmu di bukit ini.

Lokasi: Desa Glempang, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Bukit Rumpit Bike Park

Bukan hanya sekedar tempat wisata dengan spot selfie, Bukit Rumpit Bike juga recommended untuk wisata olahraga. Khususnya buat kamu yang hobby berpetualang dengan sepeda gunung atau offroad karena jalurnya cukup menantang dan memicu adrenalin.

Pemandangan di atas bukit sangat indah dan udaranya masih alami, begitu sejuk dan menenangkan. Selain bersepeda downhill dan offroad, kamu juga bisa camping atau sekedar melepas penat di bukit ini.

Lokasi: Krajan, Salamerta, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Lembah Sumurup Bukit Pangonan

Destinasi wisata tersembunyi ini menyajikan keindahan alam di tengah serunya petualangan. Karena berada di dataran tinggi, kamu harus mendaki sekitar 30 menit dari pos pendakian Gunung Pangonan Dieng. Jalur yang dilalui tidak terlalu sulit, dan di sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan panorama alam yang menyejukkan mata.

Di Lembah Sumurup kekagumanmu masih akan berlanjut dengan pesona padang savana yang begitu luas dengan view perbukitan yang tak kalah menawan. Kicauan burung dan hembusan angin yang sejuk membuat momen liburanmu di Lembah Sumurup akan semakin berkesan. Siapkan kameramu untuk mendapatkan foto terbaik di tempat ini.

Lokasi: Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Anglir Mendung

Taman rekreasi ini letaknya sekitar 18 km dari pusat Kota Banjarnegara. Suasananya sangat sejuk dengan pemandangan yang begitu asri karena berada di lereng bukit dan dikelilingi oleh hutan lindung. Taman wisata ini dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, taman bermain dan camping ground yang akan membuat liburanmu semakin seru dan tak terlupakan.

Lokasi: Kasimpar, Kecamatan Paweden, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Wadas Tumpang

Bukit wisata ini menyajikan eksotisme alam yang begitu memanjakan mata dengan hawa sejuk pegunungan yang bikin adem. Meskipun perjalanan menuju ke lokasi Wadas Tumpang cukup melelahkan namun semua akan segera terbayar dengan keindahan di depan mata. Dengan pesonanya yang begitu menggoda, kamu bisa mengabadikan momen serumu dengan view perbukitan sebagai latarnya.

Lokasi: Desa Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Taman Margasatwa Seruling Mas

Kebun binatang di Banjarnegara ini sangat cocok buat acara piknik keluarga dengan konsep wisata hiburan dan edukasi yang menyenangkan. Selain bisa menyaksikan aneka satwa, tempat wisata ini juga menyediakan beberapa fasilitas menarik lainnya yang akan membuat momen liburanmu semakin seru. Mulai dari kolam renang, taman bermain hingga flying fox dan sepeda melayang.

Lokasi: Kutabanjarnegara, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Surya Yudha Park Banjarnegara

Tempat rekreasi lengkap dengan hotel, waterpark, bioskop, area manasik haji, cafe, karaoke, dll dalam satu kawasan. Dengan mengusung konsep one step pleasure, tempat ini menawarkan sensasi liburan seru dan lengkap dengan berbagai fasilitas di dalamnya.

Selain dilengkapi dengan waterpark dan wahana permainan seru, tempat ini juga menyediakan area foto 3D trick art dan miniatur patung ikonik dari beberapa negara yang keren buat background foto selfie.

Lokasi: Jalan Raya Karang Kobar Km. 1, Desa Rejasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *