Tempat Wisata di Banjarmasin Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Dikenal dengan Kota Seribu Sungai, Banjarmasin menawarkan ragam destinasi wisata yang menarik untuk liburan. Banyaknya alur sungai di Banjarmasin menjadi keunikan tersendiri. Salah satu yang paling ikonik adalah keberadaan pasar terapung atau floating market yang sudah ada sejak berabad-abad silam.

Selain terkenal dengan pasar terapungnya, Banjarmasin juga menyimpan potensi wisata lainnya yang tak kalah menarik. Mulai dari wisata sejarah, wisata religi, wisata edukasi, hingga wisata hiburan yang menyenangkan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tempat wisata di Banjarmasin yang wajib masuk dalam agenda liburanmu.

Taman Siring Sungai Martapura

Siring tepi Sungai Martapura merupakan salah satu tempat favorit bagi warga Banjarmasin untuk bersantai dan melepas penat. Di sepanjang sungai memang dibangun siring oleh pemerintah setempat sebagai sarana untuk berbagai aktivitas. Mulai dari dermaga pasar terapung, taman bermain, olahraga, hingga kulineran.

Selain menikmati suasana santai bersama kaleuarga dan sahabat, di tempat ini kamu juga bisa menyusuri sungai sepanjang siring dengan menggunakan perahu kelotok yang unik. Biasanya taman ini mulai ramai pada sore hari dan akan semakin ramai di malam hari dengan suasana malam yang lebih meriah.

Lokasi: Gadang, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Menara Pandang Banjarmasin

Menara pandang ini memiliki bangunan yang megah dengan gaya arsitektur khas Banjar. Letaknya masih satu kawasan dengan Taman Siring Sungai Martapura dan merupakan salah satu ikon Kota Banjarmasin.

Dari menara ini kamu bisa menikmati pemandangan Sungai Martapura dari atas ketinggian dengan lalulintas perahu Klotoknya yang unik. Penataan yang bagus ditambah dengan fasilitas free WiFi membuat tempat ini banyak dikunjungi wisatawan. Liburan ke Banjarmasin tidak akan lengkap tanpa singgah ke menara ini.

Lokasi: Siring Jalan Kapten Tendean No.7, Gadang, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pasar Terapung Muara Kuin

Pasar terapung ini mulai beroperasi dari jam 05.00-07.30 WITA. Selain menjual buah dan sayuran, di pasar ini juga terdapat penjual makanan dengan menu soto Banjar yang khas. Kamu bisa mencoba sensasi makan soto Banjar di atas perahu dengan suasana yang pastinya ngangenin.

Lokasi: Jalan Kuin Utara, Kuin Selatan, Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pasar Terapung Siring Martapura
Pasar Terapung Siring Martapura merupakan program giat pasar yang bertujuan untuk melestarikan pasar terapung di Banjarmasin. Berbeda dengan pasar terapung lainnya yang buka setiap hari, Pasar Terapung di Siring Sungai Martapura hanya buka pada hari Minggu dengan jam operasional dari jam 07.00-12.00 WITA. Kamu bisa mencoba sensasi belanja di pasar terapung ini dengan harga yang bersahabat.

Lokasi: Jalan Kapten Tendean No. 20, Gadang, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Masjid Sultan Suriansyah

Masjid bersejarah ini bisa menjadi destinasi wisata religi dalam agenda liburanmu. Masjid tertua di Kota Banjarmasin ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah, sekitar tahun 1526-1550.

Masjid ini memiliki bentuk bangunan yang unik dengan memadukan design arsitektur khas tradisional Banjar dan Demak, sementara pada bagian mighrab memiliki atap yang terpisah dari bangunan induk. Di masjid ini kamu bisa napak tilas sejarah masa lampau dengan berbagai ornamen kuno dan kaligrafi di dalamnya.

Selain beribadah di masjid ini, kamu juga bisa sekalian berziarah ke Makam Sultan Suriansyah yang letaknya tidak jauh dari lokasi masjid.

Lokasi: Jalan Kuin Utara, Kuin Utara, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Museum Wasaka
Wasaka merupakan akronim dari Bahasa Banjar “Waja Sampai Kaputing” yang memiliki makna “Tetap Bersemangat dan kuat seperti baja dari awal hingga akhir”. Museum ini memiliki bentuk bangunan yang unik dan merupakan museum perjuangan rakyat Kalimantan Selatan dalam melawan penjajah Belanda.

Ada banyak koleksi benda bersejarah di museum ini seperti senjata tradisional rakyat Banjar, senjata api milik VOC, dan benda bersejarah lainnya selama masa perang kemerdekaan. Setidaknya ada sekitar 400 benda bersejarah yang bisa kamu saksikan di museum ini.

Museum ini sangat cocok untuk wisata edukasi yang bermanfaat. Letak museum yang berada di tepi sungai menjadi daya tarik tersendiri dengan pemandangan alam di sekitarnya yang menyejukkan. Puas berkeliling museum kamu bisa melanjutkan liburanmu dengan acara kulineran di sekitar museum.

Lokasi: Gang H. Andir, Kampung Kenanga Ulu, Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Taman Siring 0 Kilometer

Salah satu tempat wisata murah meriah di Banjarmasin yang bisa diakses dengan mudah karena berada di pusat kota. Di taman ini kamu bisa sejenak bersantai dan melupakan segala kesibukan dengan menikmati suasana di tepi Sungai Martapura yang sudah ditata begitu apik. Beberapa failitas yang tersedia seperti taman bermain anak, arena skateboard, hingga pusat kuliner membuat momen santaimu semakin menyenangkan.

Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman, Antasan Besar, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Patung Bekantan
Patung Bekantan dengan tinggi 6,5 meter ini terletak di siring tepi Sungai Martapura, masih satu kawasan dengan Taman Siring Sungai Martapura dan Menara Pandang. Monyet yang memiliki ciri khas rambut coklat kemerahan dan hidung besar ini merupakan maskot Provinsi Kalimantan Selatan.

Selain menikmati suasana taman, kamu juga bisa memanfaatkan patung bekantan ini sebagai background foto selfiemu, pasti unik!

Lokasi: Jalan Kapten Tendean, Gadang, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Taman Kamboja

Ruang Terbuka Hijau di Banjarmasin ini menjadi salah satu tempat favorit warga untuk menikmati momen santai bareng keluarga. Fasilitas berupa bangku taman, playgorund, hingga air mancur menari setiap malam Minggu membuat Taman Kamboja semakin ramai dikunjungi. Suasana tamannya teduh dan asri, membuat siapapun betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Lokasi: Kertak Baru Ulu, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Taman Satwa Banjarmasin Bungas

Destinasi wisata murah meriah di Banjarmasin yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Jenis satwa yang paling banyak di kebun binatang ini adalah unggas dan monyet. Tempat ini sangat cocok untuk acara liburan keluarga dengan konsep wisata edukasi dan rekreasi.

Selain melihat aneka macam satwa, kamu juga bisa menikmati momen santai di tempat ini dengan suasana yang asri dan teduh. Tersedia juga taman bermain anak yang akan membuat anak-anak semakin betah.

Lokasi: Jalan Jahri Saleh, Kelurahan Surgi Mufti, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Waterboom Pesona Modern

Taman wisata air ini sangat cocok untuk acara rekreasi bareng keluarga atau sahabat di akhir pekan. Tempat wisata ini menawarkan sensasi liburan seru dengan berbagai macam wahana yang akan membuat liburanmu semakin menyenangkan. Mulai dari twister boom dengan ketinggian 15 meter, slider boom, hingga flying fox yang memicu adrenalin.

Lokasi: Perumahan Pesona Modern, Jalan A. Yani Km 11, Kertak Hanyar, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Waterboom Banua Anyar
Taman rekreasi air murah meriah di Banjarmasin yang recommended buat piknik keluarga. Meskipun tidak terlalu luas, namun wahana permainan di tempat ini cukup memadai. Seperti water slide dengan lintasan spiral yang cukup tinggi, race slide, hingga kolam arus atau lazy river.  Abadikan momen serumu di tempat wisata ini buat melengkapi koleksi foto liburan di Banjarmasin.

Lokasi: Jalan Banua Anyar, Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *