Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Nyero.ID – Kota Banjarbaru merupakan sebuah kota di Provinsi Kalimantan Selatan yang secara administratif dimekarkan dari Kabupaten Banjar. Dengan luas wilayah kurang lebih 371,38 km2 atau 0,88% dari total luas wilayah Kalimantan Selatan, Kota Banjarbaru terdiri dari 5 kecamatan dan 20 kelurahan.

Dengan mengusung visi sebagai Kota Pelayanan Berkarakter, Kota Banjarbaru semakin berkembang dengan segala dinamikanya. Demikan juga dalam hal pariwisata, potensi wisata di Kota Banjarbaru cukup beragam dengan daya tariknya masing-masing.

Wisata alam dengan konsep kekinian menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang tidak boleh dilewatkan. Sebagai referensi berikut adalah tempat wisata terbaru dan paling hits di Kota Banjarbaru buat kamu yang suka jalan-jalan.

Hutan Kota Pinus Mentaos
Salah satu spot wisata kekinian di Banjarbaru yang bisa jadi alternatif buat tujuan wisata di akhir pekan. Di tempat ini kamu bakal disuguhi dengan panorama alam yang sejuk diantara rindangnya pepohonan pinus yang berjajar rapi.

Untuk menambah daya tarik wisata, hutan pinus ini juga dilengkapi dengan payung warna-warni yang membuat suasana semakin meriah dan kece buat foto-foto. Ada juga hammock yang disusun diantara pepohonan buat kamu yang ingin bersantai sembari melepas penat.

Lokasi: Jalan Suriansyah Ujung, Kelurahan Mentaos, Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Rumah Pohon Cempaka
Dengan luas lahan sekitar 4 hektare kamu bisa menikmati keindahan alam yang begitu asri di kawasan wisata Rumah Pohon Cempaka. Destinasi wisata alam dengan konsep outbound ini bisa menjadi tujuan wisatamu di akhir pekan. Apalagi ada banyak spot foto kece yang bisa kamu jadikan background buat foto selfie maupun groufie.

Lokasi: Desa Beruntung Jaya, Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Wisata Rumah Sangkut
Rumah Sangkut atau yang lebih populer dengan sebutan Rumah Jomblo ini memang memiliki daya tarik yang unik. Pasalnya sebuah rumah terlihat “nyangkut” di sebuah puncak bukit yang telah dieksploitasi. Kondisi rumah yang sebatang kara dengan warna tanah yang terlihat cukup kontras terlihat sangat unik. Dengan background rumah sangkut, hasil fotomu akan terlihat begitu epic.

Lokasi: Jalan Gunung Kupang, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Bukit Lentera
Postingan tentang keindahan Bukit Lentera di media sosial membuat spot wisata ini semakin populer dan bikin penasaran. Dari atas Bukit Lentera kamu akan disuguhi dengan ladscape Kota Banjarbaru. Jika di siang hari terlihat pemandangan kota bak miniatur yang penuh warna, maka dimalam hari akan terlihat kerlap-kerlip lampu kota yang begitu syahdu bak ribuan lentera yang bercahaya.

Lokasi: Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Kebun Raya Banua
Terletak di Kompleks Perkantoran Gubernur Kalimantan Selatan, Kebun Raya Banua mudah untuk diakses dan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Kota Banjar Baru. Keindahan alam yang begitu asri menjadi suguhan yang memanjakan mata.

Di tempat ini terdapat taman labirin, konservasi tanaman langka, taman tematik aromatik, rumah pohon, taman bromelia, dll yang akan membuat momen liburanmu semakin seru. Kebun Raya Banoa bisa menjadi spot wisata buat rekreasi dan hunting foto kece di Kota Banjarbaru.

Lokasi: Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Agrowisata Kebun Durian Meek Farm
Meek Farm merupakan taman agrowisata kebun durian yang luas dengan ragam permainan outdoor yang menarik. Sangat cocok buat acara kumpul-kumpul bareng keluarga atau teman-teman.

Jika pas musim durian kamu bisa mencicipi legitnya buah durian yang jatuh dari pohon.
Meskipun tidak musim durian, kamu tetap akan dimanjakan dengan aneka olahan durian yang tidak kalah enak, mulai dari es krim durian hingga pancake durian.

Lokasi: Jalan Gantung Manggis, Gantungmanggis, Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Taman Kota Van Der Pijl
Lokasi wisata yang teduh dengan fasilitas yang cukup lengkap sangat cocok buat acara liburan murah meriah di akhir pekan. Ruang terbuka hijau di pusat Kota Banjarbaru ini menjadi salah satu tempat favorit warga setempat untuk bersantai dan melepas penat. Tidak lengkap rasanya jika momen liburanmu di tempat ini lolos dari bidikan kamera.

Lokasi: Jalan Pangeran Suriansyah, Loktabat Utara, Banjar Baru Utara, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Embung Sidodadi
Embung Sidodadi merupakan salah satu tempat wisata terbaru di Kota Banjarbaru yang recommended buat liburan seru di akhir pekan. Di tempat wisata ini kamu bisa melepas penat setelah lelah menjalani rutinitas. Tempatnya sangat enak buat bersantai dan memancing. Buat foto-foto juga kece lho!

Lokasi: Jalan Sidodadi 2 No. 96, Loktabat Selatan, Banjar Baru Selatan, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Danau Galuh Cempaka
Paling asik berkunjung ke Danau Galuh di akhir pekan, wisata murah meriah di Banjarbaru yang recommended buat menyingkir dari kesibukan dan merefresh pikiran. Panorama alamnya yang asri dengan air danau bernuansa biru, membuat suasana hati semakin adem. Di tempat wisata ini kamu juga bisa bersantai sambil menunggu momen sunset atau memancing ikan buat hiburan.

Lokasi: Purnawirawan, Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Danau Seran
Danau Seran terletak tidak jauh dari pusat kota sehingga mudah untuk diakses dan cocok buat acara liburan keluarga di akhir pekan. Keindahan danau yang banyak diposting di media sosial membuat spot wisata ini semakin populer dan hits di kalangan pengguna media sosial.

Lokasi: Guntungmanggis, Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Danau Caramin
Danau dengan nuansa alaminya yang begitu memanjakan mata, membuat suasana hati semakin rileks. Selain menikmati eksotisme danau, di tempat ini kamu juga bisa berkeliling danau menggunakan perahu mesin untuk mengexplore keindahannya. Jangan lupa untuk mengabadikan momen sunset yang syahdu di tempat ini dengan foto terbaikmu.

Lokasi: Jalan Guntung Manggis, Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Danau Kota Citra
Objek wisata hits di Kota Banjarbaru ini menawarkan sensasi liburan yang nyaman dengan ragam fasilitas cukup lengkap. Di tempat ini kamu bisa menjajal berbagai wahana yang disediakan untuk menambah keseruan bareng teman-teman ataupun keluarga. Selain bersantai menikmati panorama danau nan elok, kamu juga bisa berwisata kuliner dengan aneka menu yang menggugah selera.

Lokasi: Jalan A. Yani Km 17,5, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Kampung Pelangi Banjarbaru
Menyusuri jalanan di Kampung Pelangi yang penuh warna akan membuat kamu terbawa dalam suasana yang penuh keceriaan. Pilihan warna yang begitu mencolok dengan design kartun lucu dan lukisan 3D sebagai ornamennya sangat recommended buat background foto selfie.
Suasana di malam hari pun tidak kalah meriah, kerlap-kerlip lampu yang menghiasi membuat Kampung Pelangi terlihat semakin cantik menawan.

Lokasi: Jalan Kemuning, Guntung Paikat, Banjar Baru Selatan, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Kampung Pejabat
Akronim dari Pengolah Jamu Loktabat, Kampung Pejabat bisa menjadi alternatif tujuan wisatamu di akhir pekan. Lingkungan yang asri akan menyambut kedatanganmu di kampung ini. Ada juga hiasan bola dan payung warna-warni yang tergantung, membuat suasana semakin meriah. Demikan juga dengan dinding rumah warga yang penuh warna.

Sementara deretan tanaman obat dan rempah yang ditanam dalam pot terlihat rapi berjajar di halaman rumah warga. Di tempat ini kamu bisa memuaskan hobby selfiemu sekaligus belajar tentang jamu dan tanaman obat.

Lokasi: Kelurahan Loktabat Selatan, Kecamatan Banjar Baru Selatan, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Amanah Borneo Park
Amanah Borneo Park merupakan salah satu objek wisata yang lagi hits di Banjarbaru. Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota membuat destinasi wisata ini mudah untuk diakses. Beberapa wahana seperti flying fox, jembatan goyang, dan sepeda udara bisa kamu coba untuk menambah keseruan. Ada juga taman kelinci, wahana tangkap ikan dan taman lalulintas yang bisa menjadi sarana untuk wisata edukasi yang bermanfaat.

Lokasi: Jalan Taruna Bakti, Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Aquatica Waterpark & Playground
Taman wisata air favorit di Kota Banjarbaru yang cocok buat acara liburan keluarga di akhir pekan. Di tempat ini kamu bisa bermain air dan berenang sambil menikmati suasananya yang nyaman. Terdapat beberapa wahana permainan, taman kelinci dan burung yang bisa menjadi media edukasi bagi anak-anak. Buat foto-foto selfie juga keren.

Lokasi: Jalan Trikora, Guntung Manggis, Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *