Tempat Wisata Alam di Bantul yang Indahnya Amazing!

Grojogan Pucung – Bagi para pecinta traveling, mengunjungi destinasi yang menakjubkan merupakan kepuasan batin tersendiri, ada kebanggaan yang tak dapat dilukiskan dengan kata-kata. Meskipun destinasi tersebut terletak di pulau yang jauh, gunung yang terjal, ditengah hutan belantara, serta di puncak gunung itu bukanlah suatu halangan.

Ada salah satu destinasi yang belum banyak diketahui orang yaitu Grojogan pucung yang terletak di kabupaten Bantul. 

Dari sekian banyak tempat wisata di kabupaten Bantul, air terjun Grojogan pucung tak kalah indahnya, meski letaknya di tengah hutan belantara dan minim fasilitas namun kondisi alamnya yang masih asri, airnya masih sangat jernih yang mengalir deras dan juga alirannya stabil karena berasal langsung dari sumber yang ada di atasnya membuat mata yang memandang menjadi damai dan tenang.

Keindahan Grojogan Pucung via Spadepicnic.wordpresscom

Keindahan Grojogan Pucung via Spadepicnic.wordpress.com

Untuk para pecinta fotografi juga sangat cocok jika ingin menghasilkan foto yang alami dengan pepohonan rimbun yang masih hijau membuat lokasi ini seperti lukisan panorama.  Panorama indah Grojogan pucung semakin indah dengan adanya kantor air terjun tingkat.

Di Grojogan pucung terdapat beberapa air terjun dengan ketinggian yang berbeda yang tertinggi mempunyai ketinggian sekitar 15 meter  dengan air terjun yang melebar langsung jatuh kearah dasar. Di dasarnya juga terdapat kolam yang bisa dijadikan tempat berendam dan berenang dengan diameter kolam sekitar 7 meter.

Kunjungi juga: Liburan Seru ke Desa Wisata Tembi Bantul

Di Grojogan ini juga terdapat bebatuan kapur dengan ukuran jumbo yang menambah keindahan tempat wisata ini.

Salah satu kelebihan tempat wisata ini adalah memiliki debit air yang stabil jadi anda dapat mengunjunginya di musim penghujan maupun kemarau.

Airnya juga sangat jernih dan segar sehingga cocok untuk berenang para wisatawan. Untuk para wisatawan yang enggan berenang anda bisa duduk-duduk di bebatuan sambil merendam kaki di air

Grojogan pucung memiliki kontur grojog yang letaknya berdekatan dan bertingkat-tingkat dan memiliki kolam untuk tiap grojongnya dengan kelebaran  dan kedalaman yang beragam, dengan pola yang cukup mirip dengan grojogan sewu.

Untuk menuju grojogan pucung kita harus melewati jalan setapak yang menanjak. Setelah 5 menit perjalanan anda akan menemukan grojogan  yang tidak terlalu tinggi  tapi memiliki kolam  dan sangat indah cocok untuk berfoto. Tak hanya sampai disitu, perjalanan bisa kembali dilanjutkan dengan menemukan 3 hingga 4 grojogan plus dengan kedungnya.

Setelah melakukan perjalanan selama 15 menit dari grojogan pucung  paling bawah anda bisa menemukan grojogan tinggi yang dikelilingi tebing  dengan area yang tidak begitu besar karena merupakan tebing melingkar, dengan ketinggian sekitar 8 meter dengan 2 aliran grojogan, serta memiliki kedung namun tidak begitu dalam.

Grojogan Pucung – Atas

Grojogan Atas via Spadepicnic.wordpress.com

Bagi anda yang ingin melakukan foto praweeding bisa memanfaatkan pemandangan yang indah disekitar Grojogan pucung ini karena selain air terjunnya yang indah pemandangan sekitar juga sangat indah dan asri. Bagi anda pecinta selfi anda juga bisa menjadikan panorama ini sebagai wallpaper karena pemandangannya memang sangat memikat hati.

Artikel terkait: Liburan ke ekowisata jatisari Dlingo Bantul Yogyakarta

Lokasi Grojongan Pucung

Lokasi grojogan pucung memang cukup jauh dari pusat kota Jogjakarta, namun tempatnya cukup mudah ditempuh oleh para pengunjung.  Setelah berjalan menggunakan kendaraan baik beroda dua maupun beroda empat anda bisa memarkirkan kendaraan anda. Setelah itu anda perlu berjalan kaki karena memang medannnya tidak memungkinkan dilewati kendaraan bermotor.

Setelah berada diparkiran para pengunjung harus menempuh jalan setapak yang menanjak namun disinilah salah satu daya tariknya karena perjalanan ini sangat menyenangkan dengan pemandangan alam yang indah sehingga tak terasa lelah sedikitpun justru semakin memacu adrenalin dan akan lebih penasaran lagi dengan keindahan grojogan ini.

Alamat grojogan pucung berada di dusun pucung, desa Seloharjo, Kecamatan Pindong, Kabupaten Bantul, daerah Istimewa Yogyakarta.

Salah satu Grojogan + kedung

Salah satu Grojogan + kedung via Spadepicnic.wordpress.com

Rute Menuju Grojongan Pucung

Jarak grojogan pucung dan pusat kota Yogyakarta cukup jauh yaitu sekitar 25,2 kilometer  dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan bermotor kurang lebih 1 jam.

Namun rute menuju tempat destinasi ni sangat mudah. Dari pusat kota Yogyakarta anda bisa memiliki jalur timur melewati jalan  secodiningrat, setelah sampai perempatan menuju kearah selatan ke jalan Brigjend katamso, setelah itu ambil arah lurus sampai pertigaan ke arah barat ke jalan Mayjend Sutoyo.

Sampai pertigaan ambil arah selatan menuju jalan parangkritis sampai di pertigaan ambil arah selatan menuju jalan Mangun Negoro, lalu ambil jalan lurus terus ke jalan raya pundong. Setelah itu anda akan menemukan pertigaan ambil arah barat menuju jalan Kretek Siluk, lalu ikuti jalan yang ada hingga sampai di grojogan pucung.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Pintu Langit Dahromo yang Lagi Hits

Harga Tiket Masuk Grojongan Pucung

Karena tempat wisata ini belum dikelola oleh pemerintah setempat secara resmi sehingga belum ada harga resmi yang ditetapkan pemerintah, pengelolaan masih dilakukan oleh swadaya masyarakat khususnya pemuda karangtaruna dan masyarakat sekitar.  

Dengan begitu untuk keseluruhan biaya parkir dan tiket masuk biasanya para pengunjung memberikan  uang seiklasnya kepada para pemuda atau masyarakat yang ikut membantu mengelola kawasan wisata ini secara swadaya.

Grojogan Pucung Seloharjo via Mblosuk

Grojogan Seloharjo via Mblusuk

Fasilitas di Grojongan Pucung

Karena belum maksimalnya campur tangan pemerintah dalam mengelola Grojogan pucung membuat tempat wisata ini minim fasilitas. hanya ada kantor air terjun bertingkat yang sudah dibangun pemerintah setempat.

Selebihnya hanya ada fasilitas minim hanya ada beberapa tempat duduk panjang yang terbuat dari bamboo yang disediakan untuk duduk-duduk dan istirahat para pengunjung, serta untuk urusan MCK anda bisa menggunakan kamar mandi warga setempat. Meski terkesan tersembunyi tempat wisata ini cukup terawat dengan diletakkannya tong-tong sampah di beberapa tempat.

Namun dengan semua keterbatasan fasilitas yang dimiliki Grojogan Seloharjo akan terbayar dengan keindahan dan keasrian tempat wisata ini. Selain air terjunnya yang segar dan bersih terdapat pemandangan yang indah dan asri serta bebatuan kapur yang menambah keeksotisan tempat ini.

Etika Berwisata Alam

  1. Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan
  2. Jaga kelestarian alam dengan tidak merusak alam
  3. Patuhi tata karma dan aturan yang berlaku
  4. Tetap jaga sikap dan sopan santun

****

Demikianlah artikel mengenai Grojogan pucung yang terdapat di kabupaten Bantul yang memiliki air terjun yang indah, segar dan jernih dengan bebatuan kapur yang menambah keindahan alam sekitar. Untuk para pecinta traveling belum lengkap perjalananmu jika belum mengunjungi destinasi yang eksotis ini, selamat berkunjung dan terimakasih.

Kunjungi juga yuk: Wisata Alam Air Terjun Randusari Dlingo Bantul

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *