Tempat Romantis dan Seru dengan Fasilitas Lengkap

Pantai goa cemara terletak di selatan kota Jogja, tepatnya di Kabupaten Bantul yang kaya akan pesona alamnya. Pantai ini merupakan kawasan wisata terpadu.

Di tempat ini area publik memang sangat diutamakan. Keindahan pantai gua cemara tidak perlu diragukan lagi pesonanya dengan bukit pasir hitamnya menjadi salah satu daya tarik tempat ini.

Anda disini akan disambut dengan ‘pintu gerbang’ yang terbentuk dari ranting dan dahan kayu yang dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk lengkungan.

Jalan menuju Pantai Goa Cemara (c) Travelingyuk Abie

Jalan menuju Pantai Goa Cemara (c) Travelingyuk/Abie

Satu lagi yang menarik di tempat ini bukan hanya pesona laut biru yang membentang seolah tanpa batas serta bukit pasirnya nan elok namun jajaran pedagang lokal yang berpadu dengan ramainya pasar tradisional di area yang cukup luas juga ada di tempat ini.

Disediakan pula area bagi anda yang ingin camping ditempat ini sambil menikmati keindahan larut malam tepi pantai yang tersedia.

Banyak wisatawan yang datang dari berbagai penjuru dunia mulai dari wisatawan local, domestik, hingga mancanegara yang ingin melepas lelah dan penat dari rutinitas harian, serta tugas kantor yang menumpuk, dan tugas kuliah yang berat.

Ada juga pengunjung yang datang hanya untuk sekedar mengisi waktu liburan, serta ada juga yang datang untuk menyegarkan pikiran. Pantai gua cemara bisa anda kunjungi dengan berbagai alasan yang anda miliki.

Berbagai pesona pantai gua cemara juga menarik minat para wisatawan yang ingin menyaksikannya secara langsung seperti wisata pantai, wilayah lahan pertanian, wilayah konservasi penyu, pelestarian hutan cemara, pasar tradisional, outbond, camping ground, wisata kuliner, wisata gumuk pasir, dan masih banyak lagi.

Camping Ground Area di Pantai Goa Cemara (c) Travelingyuk Abie

Camping Ground Area di Pantai Goa Cemara (c) Travelingyuk/Abie

Pantai ini berada tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja dan dapat ditempuh menggunakan motor dengan rute jalan yang sangat mudah, serta kondisi jalan yang layak dilalui pengunjung. Terdapat keunikan tersendiri pantai ini dimana anda akan menemukan banyak pohon cemara yang tumbuh di tepian pantai yang tumbuh subur dan rimbun.

Lokasi Pantai Gua Cemara

Pantai yang menjadi salah satu kebanggaan Kabupaten Bantul ini letaknya di sebelah selatan kota Jogja dan terletak di jajaran tempat wisata keren lainnya seperti pantai pandansari, pantai samas, pantai pulosari, dsb. Untuk menuju lokasi pantai hanya membutukan waktu kurang lebih 1 jam dari pusat kota Jogja dan sekitar menempuh perjalanan sepanjang 33 kilometer.

Lokasi wisata ini tepatnya berada di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55763. Untuk bisa mengetahui lokasinya dengan jelas anda bisa langsung search di google maps.

Bagi anda yang datang dari luar kota ataupun luar negeri jangan takut tidak bisa menemukan lokasi pantai sebab banyak papan petunjuk jalan yang terpasang di pinggir jalan. Anda hanya perlu mengikuti saja petunjuk tersebut atau untuk pastinya anda bisa bertanya pada penduduk sekitar.

Rute Menuju Pantai gua cemara

Untuk bisa sampai pada lokasi pantai anda bisa mngendarai kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, dengan kondisi jalan yang sudah diaspal serta landai sehingga sangat nyaman dilalui.

Namun sesampainya di pintu gerbang pantai goa cemara hingga menuju lokasi pantai jalannya masih tanah bercampur batu pasir tapi anda tidak perlu takut sebab jalannya relatif halus, dan pada musim hujan kadang-kadang jalannya masih becek.

Nah untuk rutenya sendiri yang dimulai dari pusat kota Jogja ambil jalur menuju selatan pojok benteng kulon lalu jalan lurus terus hingga anda sampai di jalan Bantul kemudian ambil jalur keselatan menuju jalan Samas lalu anda akan menemukan lokasi retribusi pantai Samas, dimana semua pantai yang berlokasi di pantai samas harus masuk melalui pintu retribusi ini.

Setelah membayar tiket masuk and bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi. Disepanjang perjalanan anda akan disugukan pemandangan deretan pantai yang mempesona hingga sampai ke pantai goa cemara.

Nah untuk rute jalan yang ke dua yang dimulai dari Gunung Kidul yang berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 63 kilometer. Lalu ambil arah menuju jalan Raya panggang Wonosari lalu lurus terus kemudian ambil arah menuju jalan Wunut setela menempuh perjalanan sekitar 1 km ambil arah kiri menuju jalan Raya Wonosari – Paliyan.

Setelah melakukan perjalan sekitar 4 kilometer ambil jalur kanan menuju jalan Playen Wonosari, lalu jalan terus melewati Jalan Panggang Parangtritis, jalan terus hingga melewati jalan Samas Kretek serta jalan Samas Srigading.

Setelah melakukan perjalanan anda akan sampai di jalan lintas selatan, melewati jalan Ramijan kemudian ikuti terus petunjuk jalan hingga sampai ke pantai goa cemara.

Harga Tiket Masuk Pantai gua cemara

Untuk semua pesona pantai yang ditawarkan pantai goa cemara yang di tumbuhi banyak pohon cemara yang rimbun dan hijau serta masih banyak pesona lainnya anda tidak perlu takut menghabiskan banyak uang anda sebab untuk tiket masuknya anda hanya dikenakan tarif untuk retribusi di pintu masuk pantai samas dengan harga Rp. 5 ribu per orang. Biaya ini hanya digunakan untuk perbaikan jalan dan fasilitas di area pantai.

Setelah membayar tiket retribusi anda dipersilahkan melanjutkan perjalanan menuju lokasi pantai dan mencari  sendiri letaknya di antara deretan pantai lain yang memiliki pesona luar biasa.

Sesampainya di lokasi pantai bagi anda yang membawa kendaraan pribadi dipersilakan memarkirkannya di lokasi parkir dan perlu membayar tiket parkirnya sebesar Rp. 2000 untuk motor, serta Rp. 5000 untuk mobil, serta Rp. 10000 untuk minibus, dan Rp. 15.000 untuk bus.

Mitos yang Berkembang di Pantai Ini

Satu lagi pantai yang dikaitkan dengan sosok legendaris Nyi Roro kidul dari pantai selatan yang bukan hanya terdapat di Pantai Parangtritis serta pantai Parangkusumo saja. Keberadaan Ratu selatan tersebut dipercaya oleh masyarakat sekitar pantai gua cemara, anehnya banyak ritual dan persembahan untuk menghormati ratu pantai selatan tersebut.

Warga sekitar mengadakan ritual setiap tanggal 1 muharam atau 1 suro dengan lelabuhan. Ritual ini dilakukan dengan mengarak boneka yang menyerupai kambing yang diberi nama kambing kendhit.

Kemudian dilakukan pengarakan dengan kirab hasil bumi  sebagai bentuk rasa syukur terhadap rejeki serta kesuburan alam sekitar yang diberi sang pencipta alam semesta.

Kalau kita mah tetap santuy ya gaesss, tetap pasrah sama yang Maha kuasa, sudah cukup!

Menikmati Keindahan Pantai dari Mercusuar 

Lihat Keindahan Pantai Pandansari Dari Atas Mercusuar via Bakpia25

Keindahan Pantai Dari Atas Mercusuar via Bakpia25

Sebuah mercusuar berdiri gagah di area pantai goa cemara sebagai lampu serta tanda bagi kapal yang berlayar di malam hari. Mercusuar ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter.

Banyak para wisatawan yang berbondong-bondong datang ke pantai ini dan penasaran dengan mercusuar yang dibangun di area pantai ini. Anda bisa masuk dan naik hingga ke puncak suar ini dengan membayar tiket masuk Rp. 5000 rupiah  saja.

Setibanya di puncak mercusuar anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa. Yaitu deretan pantai indah mulai dari Kabupaten Bantul hingga ke Kabupaten Kulon Progo. Pemandangan indah lainnya juga menunggu anda seperti terlihat rimbunnya hutan cemara serta deretan pemukiman warga yang terlihat indah jika dipandang dari ketinggian.

Tempat ini juga bisa anda jadikan spot foto menarik  serta bagi anda pecinta fotografi bisa mengabadikan semua keindahan alam dengan pemandangan menakjubkan di sekitar puncak mercusuar dengan gugusan perbukitan yang hijau.

Namun ketika anda menaiki anak tangga yang dipasang melingkar dari bawa hingga puncak suar anda harus tetap berhati-hati terutama bagi anda yang takut ketinggian dan anak-anak.

Saat musim liburan tiba serta weekend atau sabtu-minggu sangat ramai dikunjungi pengunjung sehingga untuk bisa menikmati wisata mercusuar ini anda arus rela antri panjang. Nah jika ingin berkunjung ke tempat ini dan menikmati wisata ini sepuasnya sebaiknya datanglah di hari- hari biasa mulai senin sampai jumat dimana pengunjung relatif normal.

Fasilitas di Pantai Gua Cemara

Fasilitas di tempat ini sudah cukup lengkap dan cukup untuk membuat pengunjung merasa nyaman. Berbagai fasilitas juga terus diupayakan kemajuannya dengan terus diadakan pembangunan fasilitas. berikut beberapa fasilitas yang tersedia:

  • Area parkir yang luas dan aman serta dilengkapi dengan beberapa orang petugas parkir
  • Tempat sampah juga diletakkan di sudut-sudut lokasi
  • Toilet umum bisa digunakan pengunjung kapan saja
  • Mushola juga disediakan bagi anda yang ingin menjalankan ibadah sholat
  • Warung makan pinggir pantai juga banyak berjejer dengan menyediakan menu hidangan laut yang lezat
  • Gardu pandang juga ada lho buat anda yang lelah berkeliling pantai seharian bisa langsung istirahat di gardu pandang ini
  • Tempat penyewaan ATV, delman, serta kuda.

Jam Operasional

Pantai ini dibuka 24 jam untuk umum. Anda bisa datang kapan saja selama area retribusi masih buka. Tidak ada juga hari libur tempat ini anda bisa menikmati panorama alamnya di hari apa saja. Bahkan anda juga diperbolehkan menginap di lokasi ini dengan mengikuti wisata camping ground di bawah rimbunnya pohon cemara.

Aktivitas Seru di Pantai Gua Cemara

Menikmati Keindahan Pantai Goa Cemara via Youtube

Menikmati Keindahan Pantai Goa Cemara via Youtube

Pantai goa cemara letaknya berada di kawasan pantai samas sebelah selatan kota Jogja. Pantai ini memiliki sejuta keindahan yang tak pernah bosan dinikmati.

Laut birunya yang luas seolah tanpa batas sejauh mata memandang dengan gulungan ombaknya yang cukup besar serta gumuk pasir yang membentang di sepanjang pantai menjadi daya tarik yang luar biasa.

Banyak wisatawan yang penasaran dengan keindahan yang disuguhkan pantai ini yang mereka lihat dari postingan yang diupload di instagram oleh beberapa pengunjung yang pernah datang. Pantai ini memang instagramable banget.

Pantai goa cemara juga salah satu tempat yang sempurna untuk menikmati indahnya langit di pagi hari dimana matahari muncul perlahan atau lebih dikenal dengan sunrise.

Belum lagi keindahan langit pagi selesai anda juga sudah dinanti oleh langit senja dimana matahari terbenam perlahan dan berubah menjadi jingga keemasan di ujung laut sungguh suasana yang sangat romantis sangat cocok dinikmati bersama pasangan.

Bukan hanya wisatawan lokal yang rela datang ke tempat ini namun wisatawan asing juga banyak banyak yang menyambangi tepat ini. Keindahan lain disuguhkan oleh puluhan pohon cemara yang tumbuh subur disekitar pantai. Banyaknya pohon cemara yang tumbuh ditempat ini dan ada yang menyerupai goa inilah yang menyebabkan pantai ini dinamakan pantai goa cemara

Pohon cemara yang tumbuh di daerah ini berjenis cemara udang, dengan jumlah pohon yang hidup sekitar 6000 pohon diatas tanah seluar 20 hektar. Pohon cemara ini ditanam dengan jarak yang beraturan sehingga terlihat lebih rapi  dan rimbun.

Ketika musim hujan dedaunannya akan tumbuh lebar dan hijau, namun ketika musim kemarau daunnya akan berguguran layaknya musim gugur di Negara Jepang.

Nah ditempat ini anda juga bisa puas berfoto dengan pemandangan hijau pohon cemara atau background musim gugur yang cantik hutan cemara juga merupakan salah satu tempat yang instagramable di lokasi ini. Banyak juga warga yang memanfaatkan tempat ini sebagai lokasi pemotretan sesi praweding.

Kunjungi juga: Objek Wisata Air Terjun Kedung Pengilon Bantul

Terdapat satu lagi aktivitas yang bisa anda lakukan di tengah hutan cemara yaitu wisata camping Ground. Suasana liburan kali ini dijamin semakin seru dan menyenangkan. Anda bisa menikmati menginap di bawah pepohonan  cemara dengan udaranya yang sejuk.

Di malam hari anda juga mengadakan acara api unggun sambil bernyanyi dan bergitar bersama orang-orang terdekat ditemani deburan ombak pantai goa cemara.

Kegiatan lain dibawa pohon cemara juga bisa anda lakukan dengan piknik bersama keluarga sambil membentang tikar lalu duduk santai di bawah rimbunnya pohon cemara. Membawa bekal dari rumah dan menyantapnya bersama-sama sambil menikmati gulungan ombak yang mempesona.

Tempat Santuy yang Adem di Pantai Gua Cemara via Travelingyuk

Tempat Santuy yang Adem di Pantai Gua Cemara via Travelingyuk

Jika anda datang disaat yang tepat anda juga bisa menyaksikan puluhan bahkan ratusan penyu yang singgah ke tempat ini untuk bertelur.

Tingginya resiko predator serta pemburu telur penyu membuat sekelompok pemuda  berupaya menyelamatkan telur penyu dengan membuat tempat konservasi penyu. Penyu yang banyak terdapat di penangkaran adalah penyu hijau.

Telur-telur tersebut akan ditetaskan. Setelah menetas di rawat hingga penyu menjadi dewasa dan telah siap dilepas kembali ke lautan. Setiap tahun selalu diadakan acara pelepasan penyu yang dihadiri berbagai kalangan masyarakat.

Pelepasan Penyu di Pantai Gua Cemara via Wikipedia

Pelepasan Penyu di Pantai Gua Cemara via Wikipedia

Berkeliling dengan ATV

Berbagai kegiatan lain juga bisa anda lakukan seperti naik motor ATV yang disediakan disini.  Anda bisa menyewa motor ATV untuk berkeliling lokasi pantai. Bagi anak-anak yang juga ingin mengendarai motor ATV sebaiknya tetap didampingi orang tua untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Keliling Pakai ATV via Berykristianto

Keliling Pakai ATV via Berykristianto

Naik Kuda juga Seru

Selain berkeliling menggunakan ATV bagi anda yang mencintai budaya tradisional disediakan pula kuda serta delman sebagai transportasi untuk berkeliling area pantai. Bagi anda yang belum mahir berkuda disediakan pula pemandu professional.

Naik Kuda via IG @yusti_astuti

Naik Kuda via IG @yusti_astuti

Main Pasir Juga Tidak Kalah Seru

Kegiatan lain yang juga bisa anda lakukan adalah berjemur di bawah sinar matahari seperti yang sering dilakukan oleh para turis. Selain itu  anda juga bisa main pasir dengan membuat istana pasir.  

Untuk kegiatan bersama keluarga lainnya adalah bermain layang-layang.  Anda bisa menerbangkan layang-layang dengan bantuan angin yang berhembus kencang sambil berlari-lari kecil bersama keluarga tercinta.

Momen – momen seperti ini sangat jarang terjadi sehingga bisa meningkatkan keharmonisan keluarga yang selama ini sibuk masing – masing.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Alam Pantai Depok Bantul yang Lagi Hits!

Menyantap Aneka Kuliner Lezat

Ditempat ini disediakan pula wisata kuliner yang bisa anda nikmati. Beberapa warung yang berjejer di pinggir pantai menyediakan beberapa menu hidangan laut seperti tuna, kepiting, kakap, gurame, udang, cumi-cumi, kerang, serta beberapa jenis lainnya dengan olahan yang berbeda-beda. Anda bisa mencoba beberapa jenis saus diantaranya asam manis, pedas manis, manis, pedas.

Setelah seharian menikmati keindahan pantai beserta wisata lainnya anda bisa langsung mengisi perut yang kosong dengan beberapa menu yang lezat ditemani segarnya es kelapa muda.

***

Demikianlah ulasan mengenai pantai goa cemara dimana terdapat sekitar 6000 pohon cemara yang tumbuh disini. Keindaan lain juga bisa anda nikmati disini seperti wisata laut, wisata gumuk pasir, wisata mercusuar, dsb. Bagi anda yang berencana mengunjungi kota Jogja jangan lupa mampir ke pantai guoa cemara. Selamat berkunjung.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Bukit Panguk Kediwung Bantul

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *