Tempat Rekreasi yang Lagi Hits di Bantul, Wajib Dikunjungi!

Pantai depok terletak di kita Jogja di kawasan yang paling ngehits yaitu kawasan parangtritis. Memang tempat ini dikenal berbagai kalangan karena berbagai destinasi wisata unggulan ada di tempat itu.

Pengunjungnya pun bukan hanya berasal dari dalam negeri namun wisatawan dari mancanegara banyak yang memilih berlibur di Indonesia khususnya Yogyakarta. Puluhan pantai yang terletak di kota Jogja ini menjadi daya tarik utama yang menakjubkan.

Kota gudeg ini mampu memuaskan pengunjung dengan tempat wisata alam  dengan panorama indah yang memukau. Keindahan pantainya juga juara banget. Hamparan pasir hitam dan putih dan disertai dengan gumuk pasir di sepanjang selatan jawa terutama kota Jogja menjadi nilai plus kota ini.

Bagi anda yang mengunjungi kota Jogja tak ada ruginya menyempatkan diri berkeliling di kawasan parangtritis dan mampir ke pantai depok yang menyuguhkan panorama memukau.

Selain itu terdapat destinasi andalan  pantai ini yaitu wisata kulinernya yang lengkap. Untuk melengkapi liburan anda juga bisa berkunjung ke tempat wisata tetangganya yang lebih dulu terkenal seperti pantai parangtritis, pantai gua cemara, gumuk pasir parangkusumo, pantai parangkusumo, air terjun randusari, pintu langit dahromo serta masih banyak lagi yang lainnya.

Lokasi Objek Wisata Alam Pantai Depok

Pantai depok letaknya bersebelahan dengan pantai parangtritis keduanya terletak pada garis yang sama bahkan jika dilihat dari bibir pantai keduanya tidak memiliki batas hanya terlihat beberapa bangunannya yang berbeda.

Lokasi pantai juga sangat mudah dilalui dengan jalannya yang landai sangat nyaman dilalui. Pantai ini terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk anda yang berasal dari luar kota atau luar negeri jika belum mengetahui dimana tepatnya lokasi pantai depok ini bisa anda share melalui google maps  di hp android anda.

Rute Menuju Lokasi Pantai Depok

Untuk sampai ke lokasi pantai depok yang beralamat di desa Parangtritis anda bisa mengikuti papan petunjuk jalan yang menunjukkan arah menuju lokasi yang banyak terpampang di pinggir jalan.

Atau kamu juga bisa bertanya pada penduduk sekitar dimana lokasi wisata. Lokasi wisata ini tak jauh dari pusat kota jogja yaitu sekitar 45 menit jika dilalui menggunakan sepeda motor. Anda juga bisa mengikuti peta lokasi dari google maps.

Selain itu anda juga bisa mengikuti rute yang akan kami instruksikan jika dari pusat kota jogja ambil arah  menuju jalan Mataram, kemudian jalan terus dan ambil arah menuju jalan Mayor suryotomo jalan terus menuju jalan Brigadir Jenderal Katamso lalu jalan terus menuju jalan Parangtritis ikuti terus jalan tersebut hingga menemukan papan nama pantai Depok.

Jalan menuju pantai depok sangat mudah dilalui dengan akses jalan yang sangat nyaman. Ikuti saja terus papan petunjuk arah hingga anda sampai di lokasi wisata dengan selamat.

Jam Operasional Pantai Depok

Lokasi wisata pantai depok yang berdampingan dengan banyak tempat wisata oke lainnya membuat tempat ini banyak dikunjungi para wisatawan yang berkunjung ke kota Jogja. Tempat ini bisa anda kunjungi kapan saja sebab area wisata dibuka selama 24 jam nonstop tanpa hari libur.

Namun sebaiknya anda tetap datang pada jam-jam wajar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika sudah terlalu larut sebaiknya anda segera mencari penginapan di sekitar lokasi.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Depok

Harga Tiket Masuk Pantai Depok Bantul via Tempatasik

Harga Tiket Masuk Pantai Depok Bantul via Tempatasik

Untuk bisa menikmati keindahan yang disuguhkan pantai depok serta menikmati beragam kuliner lautnya yang bervariasi anda tak perlu takut menghabiskan uang anda, sebab wisata alam pada umumnya merupakan wisata yang edukatif dan murah.

Anda hanya akan dikenakan biaya retribusi sekitar Rp. 5000/ orang. Dengan membayar biaya yang sangat murah tersebut anda bisa bermain air dan pasir sepuasnya dan menikmati pesona lautnya.

Tarif Parkir Pantai Depok

Tarif Parkir Pantai Depok

Tarif Parkir Pantai Depok via Tempatasik

Pantai depok bukan hanya menyediakan pemandangan yang sempurna namun juga didukung dengan pembangunan berbagai fasilitas demi kenyamanan dan keamanan para pengunjung, salah satunya dengan menyediakan area parkir yang luas dan aman. Anda bisa tenang menitipkan kendaraan anda tanpa takut hilang.

Untuk biaya jasa penitipan kendaraan pribadi di bandrol Rp. 7000 untuk kendaraan roda empat atau mobil, Rp. 3000 untuk kendaraan roda dua atau motor, Rp. 10.000 untuk minibus, serta Rp. 15.000 untuk bus.

Fasilitas yang Ada di Pantai Depok

ATV untuk Mengelilingi Pantai

ATV untuk Mengelilingi Pantai via Tempatasik

Berbagai perbaikan terus dilakukan oleh pihak pengelola pantai demi kemajuan tempat ini serta memberikan jaminan rasa nyaman bagi pengunjung.

Sarana dan prasarana terus ditingkatkan dengan membangun berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Berbagai fasilitas tersebut juga terus dikembangkan.  Hingga saat ini beberapa fasilitas yang sudah ada seperti:

  • Disini kamu bisa menyewa ATV untuk mengelilingi pantai.
  • Area parkir yang luas dan aman
  • Toilet umum bisa digunakan pengunjung dengan membayar biaya kebersihan sebesar Rp. 2000
  • Tempat sampah diletakkan di sudut-sudut untuk pengunjung membuang sampah agar kebersihan lokasi tetap terjaga dengan baik
  • Warung makan yang berdiri di pinggir pantai menjadi daya tarik utama tempat ini, tak heran jika wisatawan datang untuk berburu makanan
  • Toko souvenir bisa anda temukan di tempat ini dengan menjual berbagai souvenir khas kota Jogja
  • Penyewaan Payung besar warna-warni yang memang banyak disediakan di semua pantai juga ada di sini untuk berteduh para pengunjung dari teriknya matahari
  • Penyewaan tikar pun tersedia lho.
  • Spot foto menarik juga bisa anda nikmati di tempat ini, namun pada ari libur dan hari besar nasional pantai depok akan sangat ramai dikunjungi wisatawan sehingga untuk bisa berfoto di spot yang tersedia anda harus rela antri panjang.
  • Mushola bagi anda yang ingin menunaikan ibadah sholat tak perlu takut tidak ada tempat sebab disini menyediakan mushola
  • Kolam renang yang di khususkan untuk anak-anak juga dibangun dengan tujuan untuk mengalihkan perhatian anak-anak agar tak bermain di pinggir pantai sebab ombak di tempat ini cukup besar.
  • Pasar ikan segar juga ada lho. Para nelayan yang pulang melaut biasanya akan langsung menjual hasil tangkapannya.

Sejarah Singkat

Nama  depok berasal dari lokasi tersebut  yang dulu dibangun sebuah padepokan oleh orang-orang kerajaan majapahit yang meninggalkan kerajaan karena terpecahnya kerajaan majapahit.

Awal mulanya depok di kuasai oleh Tunggul Wulung yang memiliki seorang anak angkat bernama aris Baya. Dimana dusun ini dikelola oleh Aris Baya. Setelah wafatnya sang penguasa depok maka wilayah ini dibelah menjadi dua bagian.

Pecahan dari depok diberi nama Sono dan Grogol kemudian diubah menjadi kelurahan Tirtoarjo. Nah saat ini kelurahan tersebut berubah nama menjadi kelurahan Parangtritis.

Dahulu di tahun 1997 seorang nelayan dari Cilacap menemukan mendarat di sekitar pantai depok dan membawa hasil tangkapannya yang cukup banyak kemudian ikan itu dijual pada warga sekitar.

Mulai sejak itu banyak warga yang tertarik menjadi nelayan menggunakan kapal bermotor yang dilengkapi alat penyeimbang  di samping kapal untuk menjaga keamanan kapal dari benturan ombak.

Banyaknya warga yang memilih menjadi nelayan lokal dengan al tangkapan ikan yang cukup memuaskan, kemudian di buka pangkalan pendaratan ikan (PPI) selain itu di bangun pula tempat penyetoran hasil tangkapan ikan segar yang berasal dari pantai- pantai lainnya atau tempat pelelangan yang diberi nama Mina Bahari 45.

Semakin lama pengunjung semakin banyak mendatangi pantai depok sehingga para warga sekitar berinisiatif menyediakan makanan kas laut dan warung makan bernuansa tradisional dengan sajian menu berbahan dasar ikan laut segar.

Pesona Keindahan Pantai Depok

Spot Foto Pantai Depok

Spot Foto Pantai Depok via Tempatasik

Ketika anda mengunjungi kota Jogja tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi kawasan wisata Parangtritis. Ditempat ini tersedia berbagai pilihan wisata yang seru abis.

Deretan tempat wisata yang mendunia seperti pantai parangtritis, pantai pelang, gumuk pasir parangkusumo, pantai pasir parangkusumo, landasan pesawat, landasan layang watugupit, serta yang tak kalah ngehitsnya adala pantai depok.

Pantai ini bersebelahan dengan pantai parangtritis sehingga memiliki kontur hampir sama.  Keduanya memiliki ombak yang cukup besar dengan pasir hitam yang menjadi ciri khas tempat ini.

Tersedia juga kolam renang buatan yang disediakan bagi anak-anak untuk menarik perhatian anak-anak dari pantai sebab  gelombangnya yang besar sangat berbahaya.

Ditempat ini terdapat berbagai spot foto menarik untuk mengabadikan moment-moment indah bersama orang-orang tercinta. Belum lagi hamparan laut birunya yang luas sangat mempesona.

Pantai depok juga salah satu tempat sempurna menikmati indahnya sunset di kala senja. Mataharinya yang terbenam perlahan dengan warna yang berubah jingga di atas laut biru seolah laut menelan matahari menjadikan suasananya sangat romantis.

Menikmati Indahnya SUnset di Pantai Depok via Rudist.wordpresscom

Menikmati Indahnya Sunset di Pantai Depok via Rudist.wordpress.com

Mengabadikan momen tersebut menggunakan kamera juga bisa anda lakukan. Menikmati senja di tepi pantai sambil berselfie ria.

Anda juga bisa berjemur di tepi pantai sambil menikmati angin laut yang kencang. Ditempat ini disediakan juga payung  besar warna-warni dan tikar untuk pengunjung berteduh sambil duduk santai menikmati keindahan laut yang memukau.

Kegiatan bersama keluarga juga bisa anda lakukan dengan bermain layang-layang bersama orang tercinta. Hembusan angin laut yang kencang bisa anda manfaatkan untuk menerbangkan layang-layang anda.

Terdapat pula jasa cetak foto alami yang di bandrol Rp. 5000 untuk ukuran 5R serta RP. 10.000 untuk ukuran 10R. penjual kelapa muda juga bisa dengan mudah anda temukan sebagai mengusir dahaga di saat cuaca cerah.di tempat ini juga disediakan tempat penyewaan mobil-mobilan mini untuk anak-anak dengan harga Rp. 10.000 per anak.

Nah sampailah kita pada pembahasan destinasi andalan pantai depok, yaitu  wisata kulinernya yang lengkap dan lezat. Langsung saja mampir ke warung-warung pinggir pantai dan menikmati olahan menu ikan laut.

Wajib anda kunjungi juga: Candi Gedong Songo Semarang yang Menakjubkan!

Wisata Kuliner di Pantai Depok

Banyaknya para nelayan yang singgah di tempat ini membuat minat para wisatawan untuk berkunjung semakin tinggi. Mereka penasaran ingin menikmati berbagai olahan menu ikan laut. Bagi anda yang menginginkan ikan segar dari tangkapan nelayan anda bisa ikan tersebut dengan harga yang cukup murah.

Ikan yang tersedia masih segar dengan berbagai jenis mulai dari ikan yang berukuran besar hingga ikan berukuran kecil dari semua jenis ikan laut. Terdapat pula penjual belut laut, cakalang, serta tuna.

Setelah anda puas memilih ikan yang disukai bisa langsung membawa ikan tersebut ke warung makan terdekat untuk segera dimasak sesuai selera seperti beberapa contoh menu yang disediakan antara lain bumbu pedas manis, asam manis serta saus tiram.

Anda juga bisa membawa pulang menu ikan laut yang tersedia dengan biaya tambahan sesuai banyaknya ikan. Menyantap menu kesukaan sambil menikmati indahnya pemandangan pantai  senja dengan sunsetnya yang menawan menjadi impian banyak orang. Dengan begitu jangan ragu lagi untuk segera datang dan berkunjung ke tempat ini.

Di bagian utara jajaran warung di sisi barat terdapat pasar ikan segar yang menjual  berbagai jenis ikan dan seafood seperti tuna, kakap, cakalang, tongkol, bandeng, udang, kepiting, kerang, belut laut, layur, ikan pari, cumi-cumi serta masih banyak lagi dengan harga yang terjangkau. Selain itu terdapat pula oleh-oleh tradisional seperti peyek ikan, ikan goreng tepung yang bisa anda bawa pulang.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Air Terjun Kedung Pengilon Bantul

Objek Wisata di Sekitar Pantai Depok

Berikut ini beberapa objek wisata di sekitar Pantai Depok yang bisa anda kunjungi saat liburan kesini:

1. Pantai parangtritis

Ketika memasuki jalan Paranngtritis kata yang pertama muncul di pikiran kita semua pastinya wisata pantai parangtritis. Lokasinya berada paling dekat dengan pantai depok bahkan ketika dilihat dari bibir pantai seolah tiada pembatas antara  keduanya yang membedakan hanyalah bentuk bangunannya yang berbeda.

Pantai parangtritis memang tidak pernah sepi pengunjung, berbagai kalangan dari berbagai Negara berbondong-bondong datang ke tempat ini

2. Pantai goa cemara

Pantai ini berlokasi di jalan parangtritis dekat dengan pantai depok. Ketika anda mengunjungi pantai depok jangan lupa untuk singgah juga ke lokasi wisata  ini.

Meski termasuk wisata yang baru dibuka namun keindahan pepohonan cemara yang ditawarkan sangat menakjubkan. Lokasi pantai cemara ini juga sangat cocok dijadikan spot foto yang cantik.

3. Gumuk pasir parangkusumo

Jika anda ingin menikmati padang pasir, tak perlu pergi jauh-jauh hingga ke Negara Timur tengah sebab Indonesia juga memiliki padang pasir yang langka yang lebih dikenal dengan nama gumuk pasir parangkusumo.

Letaknya tak begitu jauh dari pantai depok. Gumuk pasir bertipe barchan dan hanya terdapat di dua Negara yaitu meksiko dan Indonesia.

Anda bisa melakukan aktivitas sandboarding di lokasi wisata ini dengan dibantu petugas professional. Tempat ini juga cocok dijadikan spot foto yang cantik. Disediakan pula ayunan untuk pengunjung duduk santai.

3. Landasan pacu pesawat

Landasan pacu pesawat ini juga cukup ramai dikunjungi pengunjung yang ingin berfoto di tempat ini. Selain itu kegiatan lain yang bisa dilakukan disini adalah bermain sepeda karena tempat ini merupakan hamparan aspal yang luas sehingga sangat cocok dijadikan landasan bersepeda.

  • Pantai pandansari
  • Pantai pandansimo
  • Pantai kuwaru
  • Pantai samas
  • Pantai baros
  • Pantai parangendog
  • Pemandian air panas parang wedang
  • Bukit paralayang
  • Watu lumbung
  • Goa jepang
  • Pantai bunga matahari samas
  • Taman bunga Asri
  • Rejowinangun garden
  • Perengan park
  • Goa crème
  • Pantai cemara sewu

*****

Demikianlah artikel mengenai pantai depok yang terletak di kota Jogja. Selain itu anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lain yang tak kalah ngehitsnya. Anda bisa memasukkan pantai depok sebagai agenda liburan anda berikutnya. Selamat berkunjung.

Kunjungi juga yuk: Wisata Alam Pantai Pelangi Bantul yang Lagi Hits

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *