Tempat Liburan Kekinian yang Lagi Hits di Bantul

Pantai samas merupakan pantai yang terletak di kabupaten Bantul yang menyimpan beribu keindahan. Pantai ini memiliki gulungan ombak yang cantik serta tiupan angin yang kencangnya menjadikan tempat ini popular. Belum lagi keindahan sunsetnya sungguh memukau.

Letaknya yang tak jauh dari pusat kota Jogja dan berada di dekat lokasi wisata yang tenar membuat lokasinya sangat mudah dijumpai.

Di tempat itu terdapat pula tempat penangkaran ikan dan udang yang dikembangkan pada danau air tawar yang membentuk telaga. Banyak para wisatawan yang tertarik datang ke tempat ini karena penasaran ingin membeli ikan dan udang yang ditangkarkan.

Kabupaten Bantul memang memiliki banyak pesona alam yang tidak perlu diragukan lagi keindahannya sudah mendunia seperti pantai Parangtritis, pantai Depok, Gumuk Pasir Parangkusumo, pantai pelangi, serta masih banyak lagi yang lainnya. Tak heran jika Kabupaten Bantul menjadi salah satu kota tujuan wisata.

Pantai samas juga menjadi satu daya tarik Kabupaten Bantul karena memiliki keindaan alam yang tidak perlu dragukan lagi.

Lautnya yang membentang  dan ombaknya yang bergulung-gulung, belum lagi berbagai spot foto menarik menjadi incaran para pecinta fotografi serta banyak dimanfaatkan para muda-mudi untuk melakukan sesi foto praweding, serta delta-delta sungainya yang menarik.

Terdapat cerita mistis dibalik semua keindahan yang ditawarkan pantai samas. Berbagai ritual adat kerap dilakukan di pantai sama sebagai upaya mengenang legenda Maheso Suro seperti Upacara kitab Tumuruning Maheso Suro, serta Labuhan sedekah Laut yang diadakan setiap malam satu suro justru menjadi salah satu daya tarik pantai ini. Banyak para wisatawan yang ingin menyaksikan acara adat tersebut secara langsung.

Cara-cara khusus juga sering dilakukan oleh masyarakat Saden untuk meminta permohonan setelah mereka melakukan upacara adat mereka akan memohon dengan cara bersemedi di pantai samas

Lalu masyarakat percaya ketika mereka bersemedi tiba-tiba muncul kerbau hitam yang nantinya akan mereka pelihara bersama kerbau lokal lainnya, lalu mereka juga bernyanyi agar terbebas dari kemiskinan. Begitulah cerita legenda tentang Meheso Suro legenda tersebut berawal dari kemiskinan yang menimpa masyarakat Saden.

Jembatan Bambu di Pantai samas via Nativeindonesia

Jembatan Bambu di Pantai samas via Nativeindonesia

Lokasi Pantai Samas

Pantai samas letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja. Lokasi pantai samas juga sangat mudah di akses karena lokasinya yang berdampingan dengan banyak objek wisata terkenal lainnya. Untuk urusan rute menuju lokasi wisata juga sangat mudah dilalui. Belum lagi banyaknya papan petunjuk arah semakin mempermudah jalan menuju pantai samas.

Anda pastinya penasaran dimana letak pantai samas yang sebenarnya. Pantai sama terletak di Sogo Saden, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabuaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55763, Indonesia. Untuk mengetahui secara pasti anda bisa share di google tentang peta lokasi.

Rute Menuju Lokasi Pantai Samas

Setelah mengetahui secara pasti lokasi pantai sama sekarang saatnya kita melihat rute menuju lokasi wisata. Dilihat dari peta lokasi yang sudah anda share di google maps anda bisa mengikuti jalan yang ditunjukkan. Namun anda juga bisa mengikuti rute menuju lokasi yang akan kami jelaskan di bawah ini. Berikut penjabarannya :

Dari pusat kota Jogja ambil rute menuju selatan menuju jalan Brigadir Katamso lalu jalan terus hingga sampai di jalan Parangtrits.

Lalu jalan terus hingga menemukan pertigaan lalu ambil rute menuju barat melewati jalan Cepi Tembi lalu jalan terus hingga menemukan pertigaan ambil rute menuju selatan melalui jalan Samas.

Sesampainya dijalan Samas jalan terus sampai menemukan plang nama Pantai Samas.  Selain itu untuk sampai di lokasi wisata anda juga bisa mengikuti papan petunjuk arah yang banyak di pasang di pinggir jalan.

Pesona Pengklik Pantai Samas via Tripadvisor

Pesona Pengklik Pantai Samas via Tripadvisor

Harga Tiket Masuk Pantai Samas

Sebagai tempat wisata yang dikelola oleh beberapa petugas tentunya untuk bisa masuk dan menikmati keindahan pantai samas anda perlu membayar biaya tiket masuk yang nantinya digunakan untuk biaya perawatan lokasi, biaya pembangunan sarana dan prasarana juga untuk membayar jasa para petugas yang sudah rela bersusah payah turut mengembangkan tempat ini.

Namun harga tiket masuk hanya di bandrol dengan harga yang sangat murah tidak seperti jika anda nongkrong di café atau mall di daerah perkotaan. Tiket masuknya hanya Rp. 4000 per orang. Tak sebanding dengan harga coffee yang anda minum pagi ini bukan?

Selain  tiket masuk yang harus dibayar, bagi anda yang membawa kendaraan pribadi baik yang beroda empat seperti mobil maupun yang beroda dua seperti motor serta bus atau minibus dikenakan biaya tambahan untuk membayar uang parkir. Harga parkir di bandrol mulai Rp. 2000 untuk motor, Rp. 5000 untuk mobil, Rp. 10.000 untuk minibus, serta Rp 15.000 untuk bus besar.

Lokasi parkir di buat untuk memudahkan pengunjung meletakkan kendaraan pribadi mereka. Para petugas yang bertugas juga akan menjaga keamanan tempat parkir dan menata rapi kendaraan pribadi anda.

Jam Operasional

Panai samas di buka mulai pukul 09.00 hingga 21.00 wib. Silahkan datang ke lokasi wisata pada jam tersebut agar anda tidak terlalu lama menunggu diluar bila datang terlalu pagi. Bagi anda yang pulang terlalu larut juga disediakan home stey untuk beristirahat semalam atau dua malam.

Home stay di bandrol dengan harga yang bervariasi tergantung dari budget yang anda sediakan, tentunya dengan tingkat kenyamanan yang berbeda-beda.

Legenda Pantai Samas yang Berkembang

Pantai samas dihuni ole masyarakat Saden yang mempercayai ceria legenda yang turun temurun di wariskan. Cerita pantai ini mengisahkan tentang Maheso Suro yang berawal dari kemiskinan dan kelaparan di desa ini.

Kemudian para warga melakukan semedi  dI pantai samas. Tiba-tiba muncullah kerbau hitam dari pantai samas yang kemudian di bawa warga dan dipelihara bersama kerbau lokal lainnya. Kemudian oleh para warga kerbau hitam tersebut digunakan untuk membajak sawah.

Sejak saat itulah semua tanaman yang mereka tanam menjadi subur dan akhirnya mereka mampu terbebas dari kelaparan dan kemiskinan. Kerbau hitam atau dikenal warga dengan nama Maeso Suro tersebut akhirnya beranak pinak namun maheso suro pemberian pantai samas itu justru menghilang.

Sejak bencana kelaparan dan kemiskinan yang sudah teratasi dengan bantuan maheso suro tersebut akirnya para warga mengadakan ritual sebagai ucapan rasa syukur terhadap Tuhan YME atas limpahan rezeki serta mengenang legenda Maheso Suro dengan mangadakan upacara kitab Tumurunng Maheso Suro lalu melanjutkannya dengan Labuan Sedekah Laut.

Fasilitas di Pantai Samas

Untuk urusan fasilitas pantai ini memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Pemerintah setempat bersama para pemuda kreatif terus melakukan pembangunan sarana dan prasarana guna memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di pantai samas seperti :

  • Area parkir yang luas dan aman disediakan untuk meletakkan kendaraan pribadi para pengunjung
  • Toilet umum juga dibangun dan bisa digunakan pengunjung dengan membayar Rp 2000 saja untuk sekali pakai
  • Tempat sampah mesti dianggap sepele oleh sebagian orang namun ketersediaan tempat sampah sangat penting untuk menjaga kebersihan dan keindahan lokasi.
  • Gazebo pantai juga ada lho yang bisa anda gunakan untuk beristirahat serta untuk menikmati bekal makanan yang anda bawa
  • Warung makan pinggir pantai juga banyak yang menyediakan menu hidangan laut seperti kakap, kepiting. Udang, cumi-cumi, serta berbagai jenis ikan lainnya
  • Penyewaan tikar dan payung besar warna-warni juga tersedia disini untuk anda duduk santai di atas tikar sambil berteduh di bawah payung dan menikmati minuman dan makanan ringan
  • Wahana permainan juga tersedia khususnya bagi anak-anak untuk mengalihkan perhatian dari pantai sebab cukup berbahaya bagi anak-anak
  • Spot foto yang instgramabel juga tersedia disana untuk anda yang suka berfoto dan selfie
  • Penginapan disekitar pantai juga ada dengan tarif yang berbeda-beda serta tingkat kenyamanan yang berbeda pula
  • Tim SAR juga ditugaskan ditempat ini sebagai upaya penanggulangan bencana dan menghindari hal-hal buruk lannya
  • Mushola juga disediakan bagi pengunjung yang akan menjalankan ibadah sholat.

Pesona Keindahan Pantai Samas

Pantai samas letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja dengan akses jalan yang landai sehingga sangat nyaman dilalui pengunjung. Lokasinya juga sangat mudah dicari karena letaknya berdekatan dengan jejeran tempat wisata ngehits lainnya.

Banyaknya petunjuk jalan yang terpasang disana semakin memudahkan jalan menuju pantai. Setibanya di area parkir anda langsung disambut hamparan pasir yang membentang di sepanjang pantai. Anginnya yang kencang serta ombak laut yang menggulung semakin mempercantik kondisi pantai.

Sunset di Pantai Samas

Sunset di Pantai Samas via Alodiatour

Airnya yang biru membentang tanpa batas sejauh mata memandang belum lagi pesona sunset senjanya dengan matahari yang terbenam perlahan dan berubah warna menjadi jingga keemasan membuat suasana semakin romantis

Terdapat pula delta-delta sungai serta danau air tawar yang membuat telaga dijadikan tempat penangkaran udang galah dan ikan menambah daya tarik tempat ini.

Selain itu sekumpulan penyu juga sering singgah ditempat ini untuk sekedar berkunjung dan kadang juga bertelur di pinggir pantai.  Beberapa penyu yang sering terlihat seperti penyu blimbing, penyu sisik, serta penyu hijau. Namun di pantai ini dilarang berenang sebab bibir pantai samas agak curam sehingga cukup berbahaya.

Terdapat pula pengklik pantai samas yang terletak di sebelah timur pantai ini. Kawasan pengklik ini memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat laguna air yang terbentuk oleh pertemuan dua sungai yang berbeda.

Terdapat pula wisata kuliner apung di kawasan laguna ini membuat tempat ini semakin digemari. Selain itu pengklik ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti wahana bermain, gardu pandang, tambak udang,  dsb.

Kawasan pengklik ini juga cocok anda jadikan spot foto yang cantik. Berfoto di kuliner apungnya juga bisa anda lakukan.

Berbagai panorama lain juga ada di pantai samas seperti hamparan sawah yang cukup luas di sebelah utara. Di arah timur anda juga disuguhkan pemandangan Gunung Kidul  yang membentang dari utara hingga ke laut.

Di sebelah selatan terdapat pula spot foto yang berupa laguna air serta papan nama. Dari arah barat kita bisa memandang laguna air dan kulinterapung yang cantik.

Jika melihat bagian tengah kita akan di suguhkan pemandangan mercusuar yang bernama Patehan yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan indah ke segala arah. Tak jauh dar pantai samas juga terdapat taman bunga matahari yang instagramable.

Pantai samas dkelilinig oleh pemandangan yang menakjubkan serta pemandangan di pantai samas sendiri yang sangat alam dan cantik. Ditempat ini mata anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang belum pernah anda rasakan sebelumnya.

Di dekat pantai ini terdapat gardu pandang  di atas tebing yang bisa anda naiki untuk melihat lebih jelas lagi hamparan lautan yang membentang tanpa batas.

Kunjungi juga: Objek Wisata Air Terjun Kedung Pengilon Bantul

Aktivitas Seru di Pantai Samas

Beberapa aktivitas menarik bisa kita lihat dan kita lakukan di pantai sama seperti:

1. Wisata Konservasi Penyu

Penyu di Pantai Samas

Penyu di Pantai Samas via Alodiatour

Ditempat ini kita bisa melihat ratusan penyu yang mendarat pada masa kawin dan masa bertelur. Beberapa penyu langka juga kerap menyambangi tempat ini seperti penyu sisik, penyu hijau, penyu lekang, serta penyu blimbing.

Perburuan telur penyu ditempat ini memang sering terjadi namun kesadaran perlu ditingkatkan sebab penyu merupakan salah satu hewan yang dilindungi.

Tingginya perburuan telur penyu menggerakkan hati sekelompok orang yang membantu forum sebagai konservasi penyu tersebut.  telur-telur penyu akan di letakkan di penangkaran untuk kemudian ditetaskan dan dirawat hingga para bayi penyu beranjak dewasa dan mampu dilepas kembali ke laut.

2. Wisata Alam Pengklik Samas

Para pengunjung pantai sama juga bisa menikmati wisata alam pengklik di mana terdapat laguna air yang menjadi pertemuan dua sungai yang cantik.

Selain itu ditempat ini juga terdapat berbagai keindahan lainnya di sekitarnya serta memiliki kuliner apung yang menyediakan menu yang lezat.  Terdapat juga wahana bermain anak dan mercusuar yang berdiri kokoh.

3. Mercusuar Patehan

Mercusuar Patehan via Pantainesia

Mercusuar Patehan via Pantainesia

Di area pantai samas juga berdiri sebuah mercusuar yang diberi nama Patehan. Dari atas mercusuar ini anda bisa melihat panorama pantai dan daerah sekitarnya yang sangat indah.

Namun anda harus berhati-hati ketika naik ke puncak mercusuar, terutama bagi anak-anak an mereka yang takut ketinggian.

4. Taman Bunga Matahari

Taman Bunga Matahari via Hipwee

Taman Bunga Matahari via Hipwee

Tak jauh ari pantai samas juga terdapat taman bunga matahari yang instagramable banget. Ditempat ini anda bisa berselfie ria untuk mengabadikan momen liburan anda.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk degan harga yang terjangkau. Di tempat ini anda akan disuguhkan pemandangan hamparan bunga matahari yang sangat cantik.

5. Wisata Kuliner

Untuk urusan wisata kuliner tempat ini jagonya. Berbagai hidangan laut yang nikmat disediakan ditempat ini seperti gurame, kakap, pari, kepiting, udang, cumi-cumi, kerang, serta masih banyak lagi menu lainnya.

Dengan berbagai jenis sauce seperti asam manis, pedas manis, pedas, serta berbagai jenis sauce lainnya. Harga yang ditawarkan juga relatif murah.

Menikmati hidangan laut di tengah hamparan pantai dan laut yang mempesona tentunya suatu yang sangat jarang terjadi. Anda juga bisa menyempurnakan suasana ini dengan memesan air kelapa muda yang diminum langsung dari kelapanya.

Tips Liburan ke Pantai Samas

  • Pastikan tubuh anda dalam kondisi yang prima agar tidak mengganggu waktu libur anda
  • Pastikan juga mesin motor anda fit agar bisa melakukan perjalanan jauh
  • Bawalah peralatan kesehatan seperti minyak angin, p3k, handuk kecil, dan masih banyak lagi yang lainnya
  • Sebagai upaya penghematan anda juga bisa membawa bekal makanan dan minuman sendiri
  • Buanglah sampah pada tempatnya untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan

****

Demikianlah ulasan mengenai pantai samas yang terletak di kabupaten Bantul. Tempat ini memiliki keindahan yang tidak perlu diragukan lagi sehingga  sangat cocok dijadikan tujuan wisata berikutnya. Selamat berkunjung. Terimakasih.

Kunjungi juga yuk: Keindahan Candi Gedong Songo Semarang yang Menakjubkan!

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *