web log free Tempat Hunting Foto Instagramable di Kulonprogo! - Travelling News

Tempat Hunting Foto Instagramable di Kulonprogo!

Nyero.ID – Seperti wilayah lainnya di Provinsi DIY, destinasi wisata kekinian di Kulon Progo juga semakin berkembang.

Hal ini bisa terlihat dari banyaknya spot wisata baru di Kulon Progo yang memiliki daya tarik tersendiri yang tak kalah keren.

Menyuguhkan sejuta pesona alam yang indah dipandang, Kebun Teh Nglinggo menjadi salah satu destinasi wisata hits di Kulon Progo yang cukup populer.

Banyaknya postingan di media sosial yang melukiskan keindahan kebun teh ini secara tidak langsung telah mempromosikan potensi wisata alam di Kulon Progo.

Dan hasilnya, banyak wisatawan yang merasa penasaran, lalu datang untuk menikmati keindahannya.

Destinasi Wisata Kebun Teh Nglinggo Samigaluh Kulonprogo
Photo by @ilhamialgiplianda

Kebun Teh Nglinggo berada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo dan masih termasuk dalam wilayah Perbukitan Menoreh.

Nama Nglinggo sendiri tidak terlepas dari sejarah masa silam yang berkaitan dengan perjuangan Pangeran Diponegoro dalam melawan penjajah Belanda di Perbukitan Menoreh.

Dalam perlawanan tersebut, Pangeran Diponegoro menyusun strategi perang bersama tiga orang prajuritnya, yaitu Ki Linggo Manik, Ki Dalem Tanu, dan Ki Gagak Roban.

Sebagai salah satu bentuk penghargaan terhadap kesetiaan para prajurit, akhirnya nama Ki Linggo Manik sebagai pemimpin prajurit diabadikan menjadi nama sebuah dusun yaitu Dusun Nglinggo.

Diawali dengan proses pembibitan teh pada tahun 1990, Dinas Perkebunan Kulon Progo kemudian menanam teh di pedukuhan Nglinggo yang memiliki ketinggian sekitar 800-900 mdpl pada tahun 1991.

Baru pada tahun 2004 Dinas Pariwisata Kulon Progo bersama Bupati Kulon Progo saat itu meresmikan wilayah tersebut sebagai Desa Wisata Nglinggo.

Selain menawarkan pesona alam yang indah dan adat istiadat yang sarat akan nilai-nilai budaya yang masih dipertahankan, salah satu ikon desa wisata ini tak lain adalah Kebun Teh Nglinggo.

Yang lebih menarik lagi, di tahun 2009 kawasan ini berhasil menyabet gelar sebagai Desa Wisata Ter-unik di Provinsi DIY.

Liburan Akhir Pekan di Kebun Teh Nglinggo Jogja
Photo by @rox_gi

Untuk mencapai lokasi kebun teh, kamu haru berjalan kaki dari parkiran. Kamu juga bisa sekalian menuju ke puncak bukit dengan jalur tracking yang cukup menanjak. Meskipun cukup melelahkan namun di sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata.

Total luas lahan perkebunan teh di Perbukitan Menoreh sekitar 136 hektare. Dengan lahan yang begitu luas, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan hijau nan asri yang sedap dipandang.

Hamparan kebun teh yang berada di atas ketinggian dengan udara segarnya akan memberikan efek rileks yang mampu menenangkan pikiran.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Nglinggo

Untuk menikmati keindahan alam khas pegunungan dengan hamparan kebun tehnya nan eksotis, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang belum termasuk parkir.

Sangat murah namun tidak murahan, karena spot wisatanya terlihat menawan dan penuh pesona. Untuk masuk ke area spot selfie kamu akan dikenakan biaya Rp 5.000/orang dan gratis 1 bungkus teh.

Fasilitas Wisata Kebun Teh Nglinggo

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Kebun Teh Nglinggo sudah cukup memadai sehingga kamu bisa menikmati liburan dengan lebih nyaman.

Sudah tersedia area parkir, toilet, mushola, warung makan, kedai kopi, homestay, dan jalur track untuk off road jeep maupun motor trail.

Lokasi & Rute Perjalanan Kebun Teh Nglinggo

Rute Perjalanan Wisata Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo
Photo by @prayogo_ageng7

Jarak perjalanan menuju lokasi wisata sekitar 40 km dari Kota Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan tergantung medan dan kecepatan kendaraan.

Jika dari Kota Jogja kamu bisa langsung menuju ke arah Jalan Godean – perempatan Kenteng ambil arah kanan – sampai perempatan Dekso ambil arah kiri – ikuti jalan utama sampai pertigaan Pasar Plono – ikuti petunjuk arah sampai ke lokasi Kebun Teh Nglinggo.

Jika dari arah Wates bisa langsung menuju ke  Nanggulan – Dekso, dan jika dari arah Magelang bisa melalui jalur Muntilan ke arah Dekso Kalibawang, selanjutnya ikuti rute sesuai petunjuk arah yang tersedia. Untuk memudahkan perjalananmu, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps.

Kebun Teh Nglinggo berada di perbatasan antara Kabupaten Magelang di sisi utara dan Kabupaten Purworejo di sebelah baratnya.

Lokasi Kebun Teh Nglinggo terletak di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Agar perjalananmu lancar dan nyaman, pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima karena medan yang dilalui berkelok dan penuh tanjakan.

Selain itu jalan yang dilalui juga cukup sempit sehingga harus ekstra hati-hati. Utamakan keselamatan, agar liburanmu tetap menyenangkan.

Daya Tarik Wisata Kebun Teh Nglinggo

Lokasi cantik untuk berfoto di Kebun Teh Nglinggo Jogja
Photo by @cowokkorea_di_jogja

Ada banyak hal menarik yang bisa dinikmati saat liburan di Kebun Teh Nglinggo sehingga momen liburanmu semakin seru dan menyenangkan.

Dengan pemandangan alamnya yang begitu mempesona, kamu bisa mengexplore spot-spot cantik di kawasan wisata ini untuk foto selfie terbaikmu.

Salah satunya adalah bukit terasering yang unik karena dari kejauhan terlihat seperti tangga berundak dengan warna hijaunya yang segar.

Suasana perkebunan yang sejuk dengan hamparan kebun teh yang menghijau bak permadani akan membuat suasana hatimu semakin tenang.

Karena berada di wilayah puncak Perbukitan Menoreh, di kawasan ini kamu juga bisa menikmati keindahan alam dari atas ketinggian dengan pemandangan indah di sekitarnya.

Dari puncak bukit kamu bisa menyaksikan panorama beberapa puncak bukit lainnya, seperti Puncak Gunung Jaran dan Kukusan, serta view Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Sindoro.

Spot Foto Instagramable di Kebun Teh Nglinggo Kulonprpgo Jogja
Photo by @prayogo_ageng7

Di kawasan Kebun Teh Nglinggo juga terdapat destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik, yaitu Grojogan Watu Jonggol sehingga kamu bisa sekalian mampir untuk melengkapi acara liburanmu.

Selain wisata air terjun, kamu juga bisa mengexplore keindahan puncak Bukit Isis dan Puncak Gunung Jaran di kawasan Kebun Teh Nglinggo dengan jalur tracking yang cukup menanjak.

Ada beberapa kagiatan seru yang bisa kamu lakukan di Kebun Teh Nglinggo, seperti berkeliling kebun teh, mengexplore keindahannya, dan berfoto diantara perkebunan teh yang rimbun maupun gardu pandang yang disediakan.

Buat yang ingin seru-seruan bisa mencoba wisata off road menggunakan jeep dan menjelajahi perbukitan Menoreh dengan medan yang cukup menantang.

Sebagai informasi, tarif off road dengan jeep cukup bervariasi, jika sampai ke Puncak Widosari dikenakan biaya Rp 250.000 per Juli 2018.

Liburan di Kebun Teh Nglinggo tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas yang ada di sana, yaitu minuman teh hangat yang bikin rileks. Di kawasan wisata ini kamu bisa menikmati sajian teh hangat yang dipetik langsung dari pohonnya.

Selain teh, ada juga sajian khas lainnya yang tak kalah enak seperti nasi rempah, peyek pegagan, tawonan, jamur, dan gula aren yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Buat kamu yang ingin tinggal lebih lama dan menikmati kehidupan di pedesaan secara langsung, bisa menginap di beberapa homestay yang tersedia dengan tarif yang cukup terjangkau.

Kamu bisa sejenak menyingkir dari kesibukan kota dan menikmati damainya hidup di pedesaan.

Mengetahui secara langsung bagaimana proses pengolahan daun teh hingga menjadi teh siap seduh tentu akan membuat liburanmu semakin berkesan.

Profil Singkat Wisata Kebun Teh Nglinggo

Destinasi Kebun Teh Nglinggo Samigaluh
Lokasi Wisata Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, DIY.
Tiket Masuk Rp. 5.000 – Rp. 10.000,-
Jam Buka 07.00 – 18.00 WIB

Baca: Puncak Widosari, Spot Foto Hits di Kulonprogo yang Instagramable Banget!


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *