Tempat Berendam yang Kecenya Kebangetan

Air Terjun Kedung Pengilon – Dengan semua kesibukan dan rutinitas harian kita tentu saja menguras banyak waktu dan tenaga belum lagi stres yang kerap kali melanda, jika hal tersebut kita biarkan berlangsung maka tubuh akan semakin kelelahan dan stres juga semakin tinggi. Hal tersebut sangatlah tidak baik.

Untuk menangani masalah tersebut melakukan perjalanan atau traveling di alam bebas bisa memberikan ketenangan dan mengistirahatkan tubuh kita sejenak. Salah satu tempat destinasi alam yang kami rekomendasikan kali ini adalah air terjun kedung pengilon yang terdapat di Bantul dan tertulis juga sebagai daftar wisata di Kendal.

Wisata alam yang satu ini sering dianggap sebagai sungai tersembunyi, dengan kecantikannya yang alami, sehingga tak heran jika tempat ini banyak dikunjungi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dari namanya memiliki arti yang cukup menarik, yakni dalam bahasa jawa pengilon yang berarti cermin, berarti air terjun ditempat ini sangat jernih hingga bisa untuk bercermin. Selain itu dalam cerita masyarakat jawa meyakini ada cerita mistis dan legenda di  dalamnya.

Wajib main kesini juga: Objek Wisata Pintu Langit Dahromo yang Lagi Hits

Masyarakat jogja meyakini ada sesosok makhluk gaib penunggu air terjun kedung pengilon bernama nini blorong. Untuk itu jika anda ingin mengunjungi tempat ini harus mengikuti peraturan dan sopan santun di wilayah ini, masyarakat jogja meyakini nini blorong akan mengganggu pengunjung yang jahil.

Banyak juga masyarakat yang datang hanya sekedar untuk melakukan ritual kenduri, bagi mereka yang memiliki kelebihan juga bisa merasakan aura yang tak biasa.

Air terjun pengilon sendiri memiliki kedalaman mencapai 5 meter, sehingga untuk para pengunjung diharapkan tetap waspada, dan bagi para pengunjung yang tak bisa berenang sebaiknya menyewa ban jika tetap ingin bermain air.

Air Terjun Kedung Pengilon Bantul via Pesona Travel

Air Terjun Kedung Pengilon Bantul via Pesona Travel

Rute Menuju Air Terjun Kedung Pengilon

Untuk bisa mencapai lokasi air terjun anda harus melewati pedesaan dan jalanan berbatu, namun anda bisa mencapai lokasi dengan cukup mudah namun harus tetap hati-hati karena jalannya bebatuan. Tempat wisata ini berlokasi di desa petung, kecamatan kasihan pajangan, Bantul, dengan rute sebagai berikut :

Jika kamu dari arah jogja ambil rute menuju Bantul lurus terus hingga ke pabrik gula madukismo lalu ambil jalur barat , jalan terus hingga menemukan daerah kasongan atau perempatan, disana terdapat papan petunjuk arah, lalu ikuti arah menuju desa bangunjiwo.

Setelah sampai di desa mangunjiwo sebaiknya anda bertanya ke warga sekitar arah wisata tersebut. atau anda bisa memanfaatkan fasilitas Google Map.

Wisata Alam Air Terjun Kedung Pengilon Bantul via IG @ekondud

Wisata Alam Air Terjun Kedung Pengilon Bantul via IG @ekondud

Wajib main kesini juga: Wisata Alam Air Terjun Randusari Dlingo Bantul

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Pengilon

Untuk bisa masuk dan menikmati air terjun disini sambil berendam dan berenang anda tak perlu khawatir harga tiketnya terlalu mahal, karena harga tiketnya hanya Rp. 5000 dengan area parkir yang harus dibayar untuk sepeda motor Rp. 3000 dan mobil Rp. 5000

Sangat murah bukan ? untuk ukuran destinasi wisata secantik dan sealami ini tidak sebanding. Nah bagi kalian yang belum pernah berkunjung ke wisata ini ayo buruan datang dan nikmati segarnya berenang atau berendam di air terjun kendang pengilon.

Jika ditotal biaya yang diperlukan untuk masuk ke lokasi ini hanya sekitar 8 hingga 10 ribu saja. Dengan harga yang sangat murah anda bisa memanjakan tubuh dan mata anda serta pikiran anda juga menjadi fresh kembali dan siap untuk melanjutkan kegiatan harian anda.

Fasilitas Rekreasi

Tempat wisata air terjun kedung pengilon atau biasa disebut sungai tersembunyi ini belum secara resmi dikelola oleh pemerintah daerah setempat, sehingga semua pengelolaan dilakukan oleh swadaya masyarakat atau khususnya karang taruna.

Bagi para pengunjung harap memaklumi jika di kawasan wisata ini masih minim fasilitas atau ala kadarnya, sebab semua hanya disediakan oleh warga sekitar yang turut peduli dengan tempat ini.

Fasilitas yang disediakan seperti kamar mandi yang di pungut biaya kebersihan sebesar 3000 ribu saja,  selain itu disediakan juga tempat parkir yang cukup luas dan pastinya aman.

Bagi para pengunjung yang kelelahan disediakan juga sebuah saung bambu untuk sekedar rehat atau pun menyantap makanan dan minuman ringan. Berbagai spot foto yang keren juga tersedia di sini lho, jadi sangat cocok buat kamu yang hobi fotografi atau hanya sekedar selfi.

Nyantai di Kedung Pengilon via Jotuindonesia

Nyantai di Kedung Pengilon via Jotuindonesia

Cerita Mistis dari Mulut ke Mulut

Untuk cerita mistinya daerah jawa memang punya segudang cerita, begitu juga dengan kedung pengilon yang terletak di jogja, kabupaten Bantul ini, daerah ini juga memiliki cerita mistis yang dipercaya memiliki energi yang tak biasa.

Jika dilihat dari bahasa jawa pengilon yang berarti tempat berkaca yang sama artinya dengan air di kedung ini bisa dijadikan tempat berkaca karena sangat jernih. Tak hanya sampai disitu ternyata dibalik keindahannya yang dahsyat kedung pengilon memiliki cerita mistis dan legenda.

Masyarakat sekitar percaya bahwa air terjun kedung pengilon dihuni oleh sesosok makhluk gaib bernama nini blorong yang dianggap bisa mengganggu pengunjung yang jahil, selain itu banyak juga warga yang datang hanya sekedar melakukan ritual gaib salah satunya ritual kenduri.

Namun bagi kita yang mempercayai adanya sang pencipta juga tentunya mempercayai hal-hal gaib dengan begitu sebaiknya kita ikuti saja peraturan yang ada dan datang ke tempat ini dengan niat yang baik hanya sekedar melakukan traveling  dan menikmati keindahan alam.

Kunjungi juga yuk: Liburan Seru ke Grojogan Pucung Seloharjo

Daya Tarik Kedung Pengilon

Air terjun kedung pengilon baru-baru ini di buka oleh masyarakat sekitar sehingga masih belum banyak diketahui masyarakat luas, namun saat ini banyaknya artikel dan akun instragam yang mengupload tempat ini membuatnya semakin dikenal banyak orang dari berbagai penjuru. 

Keindahan kedung pengilon semakin menawan dengan adanya air terjun setinggi 10 meter dengan kedalaman kedungnya yang mencapai 5 hingga 8 meter. Selain itu semilirnya angin segar dan pepohonan hijau menambah pesona alamnya.

Jika anda berkunjung di musim hujan di hari yang cerah anda akan menjumpai air kedung pengilon nan cantik. Selain itu tempat spot berfotonya juga sangat indah cocok bagi anda pecinta fotografi dan  hanya sekedar selfi.

Main Ban di Kedung Pengilon via Mblusuk

Main Ban di Kedung Pengilon via Mblusuk

Tips Liburan ke Kedung Pengilon

Jika anda ingin berkunjung di kondisi yang paling indah adalah ketika musim hujan tapi saat cuaca sedang cerah, di saat inilah debit air sedang bagus-bagusnya, sebab saat musim kemarau air akan lebih sedikit atau bahkan kering.

Namun untuk para pecinta fotografi sebaiknya datang pada saat hari cerah, usahakan jangan datang pada hari mulai gelap atau mendung, sebab air terjun ini berada di tengah hutan dan sepi. Selain itu tidak ditemukan warung makan maka sebaiknya anda membawa perbekalan sendiri baik minuman maupun makanan.

*****

Demikianlah ulasan singkat mengenai air terjun kedung pengilon Bantul yang bisa kami sajikan untuk anda. Keindahan kedung ini memang tidak bisa digambarkan dengan kata-kata secara sempurna. Untuk membuktikannya, ayo kita meluncur ke TKP.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Pantai Parangtritis Bantul

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *