Tempat Berburu Golden Sunset Paling Hits di Bantul!!

Bukit Bego Imogiri – Yogyakarta mempunyai banyak destinasi wisata alam yang menarik, sehingga banyak para wisatawan asing mengunjungi kota yang terdapat di pulau jawa, Indonesia ini. Selain Bali yang disebut surganya ara turis, Yogyakarta menjadi tempat ke dua surganya ara turis mancanegara. Berbagai tempat pariwisata dan kuliner  tersaji disini.

Bukit Bego Imogiri merupakan salah satu destinasi alam yang terletak di kota Yogyakarta. Bukit Bego Imogiri biasa disebut sebagai Bukit Kedung Buweng. Destinasi bukit ini menyediakan tempat menikmati sunset atau matahari terbit dan terbenam yang sangat indah dan romantic.

Bukit Bego Imogiri memiliki puncak yang bernama puncak Watu Balung. Keunikan bukit yang terlihat dari tepi jalan ini yang membuat para pengunjung penasaran dengan bentuk bukit yang terpotong oleh alat berat seperti Backhoe atau Bego.

Awalnya  bukit ini merupakan lokasi tambang tanah di area bukit kecil, namun lama-kelamaan aktivitas pertambangan dikhawatirkan merusak lingkungan sekitar, dan akhirnya izin pertambangan di cabut oleh pemerintah setempat dan saat ini Bukit Bego dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata yang berada di tepi jalan utama penghubung kota kecamatan Imogiri dengan kota Kecamatan Dlingo.

Awalnya kawasan Bukit Bego hanya digunakan para pengunjung untuk melihat keindahan alam sekitarnya dari puncak bukit namun seiring berjalannya waktu bukit ini mulai ramai dikunjungi  hanya sekedar nongkrong atau mereka yang hobi fotografi mulai mengabadikan panorama sekitar.

Banyaknya pengunjung yang berwisata mulai dari subuh hingga sore hari membuat tempat ini mulai terkenal  dan menjadi pilihan menikmati matahari terbit dan matahari terbenam dari ibukota kecamatan Imogiri.

Bukit Bego Imogiri

Bukit Bego Imogiri via Pintuwisata

Lokasi Bukit Bego Imogiri

Bagi anda yang ingin menikmati sunset atau matahari terbenam yang murah namun pemandangannya sangat cantik anda tak perlu jauh-jauh datang ke puncak Pinus Becici atau sepulang berkunjung dari kebun buah Mangunan, anda bisa datang ke bukit Bego yang nama Bego sendiri di ambil dari sebuah nama alat berat Eksavator yang warga sekitar menyebutnya dengan nama Bego.

Untuk menikmati sunset dengan alternatif tempat lebih dekat dengan kota jogja dan letaknya di tepi jalan dengan biaya murah datang ke bukit Bego Imogiri yang berlokasi di jalan utama menuju kebun Buah Mangunan, tepatnya di ujung Timur Desa Kedung Buwen, Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55782.

Masyarakat sekitar  sering juga menyebut bukit ini sebagai bukit Kedung Buweng karena bukit ini terletak di Desa Kedung buweng. Aktivitas penambangan tanah di tempat ini yang digunakan untuk menimbun di area perumahan atau gedung lainnya menyebabkan bukit Bego menjadi lebih rendah dari aslinya.

Namun meski ketinggiannya tidak setinggi aslinya namun pemandangan di tempat ini sangat indah dan romantis sangat cocok bagi kamu yang hobi selfi atau berfoto.

Bukit Bego Bantul

Bukit Bego Bantul via Tribunnews

Rute Menuju Lokasi Bukit Bego Imogiri

Bukit Bego Imogiri terletak di jalur utama penghubung kota kecamatan imogiri dengan kota Kecamatan Dlingo Bantul, Yogyakarta dan letaknya di tepi jalan. Bagi anda yang tidak tahu lokasi pastinya anda bisa membuka map atau petunjuk rute berikut:

  • Dari Kota imogiri anda ambil Jalur Timur jalan terus dengan berpatokan dengan jalan petunjuk jalan menuju kebun buah mangunan.
  • Kemudian anda akan menemukan pertigaan ke arah makam raja-Raja Imogiri, jalan terus ambil arah menuju kebun buah mangunan
  • Lalu setelah 1 hingga 2 km perjalanan anda akan menemukan sebongkahan tanah menjukang tinggi dengan sisa-sisa batu galian, nah anda sudah sampai di tujuan atau berada di Bukit Kedung Buweng.

Transportasi Menuju ke Bukit Kedung Buweng

Dengan semakin canggihnya dunia transportasi dan komunikasi tak ada lagi istilah tempatnya jauh, tak tahu lokasi pastinya bukan? Sama halnya dengan destinasi wisata bukit bego imogiri ini.

Mungkin bagi anda yang tinggal di kabupaten Bantul sudah tak sulit lagi menuju lokasi, namun bagi anda yang tinggal di luar kota, luar pulau, atau luar negeri jangan bingung menuju lokasi, karena saat ini sudah tersedia pesawat dengan harga yang murah dan dapat menjangkau semua wilayah, ada juga bus serta oplet dengan harga murah.

Transportasi menuju Bukit Bego Imogiri juga sangat mudah dan murah, bagi anda pemilik kendaraan pribadi anda bisa memanfaatkannya menuju lokasi bukit bersama keluarga dengan bantuan google maps dari ponsel pintar anda, selain ini berkendara motor roda dua juga bisa sampai ke lokasi.

Bagi anda yang memilih berkendara umum jangan takut sebab anda bisa naik bus dan berhenti di terminal bus kota bantul, lalu anda bisa melanjutkan menggunakan ojek atau angkot menuju lokasi objek wisata Bukit Bego Imogiri yang terdapat di kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Berburu Sunset di Bukit Bego Imogiri

Berburu Sunset di Bukit Bego Imogiri via Tuguwisata

Hara Tiket Masuk Bukit Bego Imogiri

Sampai tulisan ini dimuat, untuk bisa menikmati panaroma indah disini, kamu tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis.

Tarif Parkir  Bukit Bego Imogiri

Bukit bego imogiri juga menyediakan lahan parkir yang nyaman dan aman yang dikelola secara swadaya dari masyarakat khususnya pemuda karang taruna yang dibandrol untuk motor Rp. 2000 dan untuk mobil dibandrol sekitar Rp. 5000.

Meski sering tak begitu diperhatikan namun area parkir ini sangat penting,  semua pemandangan yang indah tak ada artinya tanpa jaminan keamanan kendaraan anda.

Area parkirnya dibangun di lahan datar yang berada di bawah bongkahan bukit yang mirip seperti bongkahan batu. Yang ditata rapi oleh petugas parkir dengan daya tampung sekitar belasan mobil serta puluhan motor hanya saja .

Kondisi area masih sulit di lalui kendaraan beroda biasa karena tempat ini berupa bekas galian yang masih kasar, namun di situlah salah satu daya tariknya anda jadi tertantang seperti melakukan petualangan di gunung yang terjal atau seperti ikut berlatih motor cross.

Jam Operasional 

Untuk informasi jam buka juga sangat penting jangan sampai kesalahan informasi membuat anda terkurung di luar atau lama menunggu hingga tempat wisata di buka, tentunya menunggu adalah sesuatu yang menjengkelkan bukan.

Kali ini kami akan memberi informasi mengenai jam buka bukit bego imogiri yaitu dimulai dari sehabis sholat subuh yaitu sekitar pukul 05.00 itu ditujukan bagi kamu yang ingin menikmati matahari terbit, dan jam tutup area pariwisata ini adalah pukul 19.00 wib atau zona waktu setempat yaitu Asia/Jakarta  atau beberapa saat setelah matahari terbenam atau sunset.

Daya Tarik Bukit Kedung Buweng

Terdapat 42 destinasi wisata di kabupaten Bantul, Yogyakarta dengan berbagai pilihan dan keindahan. Bukit bego imogiri juga termasuk dalam daftar 42 pilihan rekreasi di kabupaten Bantul.

Meski awalnya hanya segundukan bukit yang gersang bekas proyek penggalian tanah untuk berbagai keperluan, namun penataan lokasi yang sedemikian rupa membuatnya menjadi destinasi wisata alam yang menarik dan unik.

Polesan kanan kirinya serta penambahan dua buah gazebo yang berdiri di atas batu kapur yang dibangun para pemuda karang taruna menjadikan tempat ini sangat indah dann layak dikunjungi.

Gazebo dibangun sebagai tepat beristirahat atau menunggu detik-detik matahari terbit atau terbenam perlahan yang memancarkan keindahan luar biasa di ujung langit yang berubah jingga keemasan tersebut.

Suasana nya sangat romantis tak heran jika pengunjung yang datang kebanyakan berpasangan.  Belum lagi jika kamu datang pada musim kemarau ketika dedauanan mulai gugur akan menambah kesan eksotis dan tandus bukit ini.

Pemandangan di tempat ini sangat cocok jika diabadikan menggunakan kamera. Banyak para pengunjung yang menguploadnya di sosial media seperti instagram membuat tempat ini semakin dikenal dan dicari orang.

Di bukit Begi Imogiri selain menikmati keindahan matahari tenggelam perlahan dengan warnanya yang jingga keemasan anda juga disuguhkan keindahan di bawahnya  yang rapi dan hijau, selain itu pemandangan lain juga bisa kamu nikmati yaitu banyaknya riders yang berlatih motor cross di area bukit.

Media elektronik memang menjadi tempat promosi yang handal seluruh dunia bisa melihat keindahan bukit begi imogiri dan kini semakin ramai orang yang melintas di jalur mangunan-Dlingo dan memanfaatkan Bukit Bego Imogiri sebagai tepat bersantai di kala senja, terutama bagi anda yang menginginkan ketenangan tempat ini sangat cocok dijadikan pilihan sebab meski terletak di jalur utama tapi tempat ini tidak begitu ramai.

Bukit Bego Imogiri tidak begitu luas hanya sekitar 1,2 hektar dan ada 2 hektar tanah yang telah diambil atau ditambang untuk berbagai keperluan.

Fasilitas Penunjang Bukit Kedung Buweng

Meski bukit bego imogiri belum di kelola sepenuhnya oleh pemerintah daerah namun fasilitasnya cukup lengkap, meski rada minim ya jadi kita harap maklum. Berikut beberapa fasilitas minim yang dimiliki bukit bego imogiri seperti :

  • Area parkir kendaraan yang cukup luas, nyaman dan tertata rapi
  • Dua buah gazebo tempat pengunjung bersantai dan menikmati minuman atau makanan serta untuk meletakkan barang bawaan
  • Kursi tempat pengunjung duduk-duduk santai menikmati sunrise dan sunset
  • Kamar kecil miliki warga bisa pula digunakan pengunjung dengan tarif Rp. 2000

Kuliner di Sekitar Bukit Kedung Buweng

 Untuk urusan kuliner memang tak bisa dipisahkan dari tempat wisata karena menikmati alam yang indah tak bisa konsentrasi jika dengan kondisi perut yang lapar dan haus tentunya.

Bagi anda yang tidak membawa bekal makanan dan minuman sendiri di bukit bego imogiri ini terdapat warung makanan dengan menu yang lengkap milik pak Parmo Diharjo yang merupakan warga sekitar.

Meski bukan warung resmi yang dikelola petugas bukit bego namun makanan disini sangat lezat dengan menu seperti bakmi goreng, bakmi godok, nasi goreng, dan berbagai menu minuman seperti es teh, wedang uwuh serta masih banyak pilihan lain lagi.

Hotel Dekat Bukit Bego Imogiri

Bagi anda yang berasal dari luar Kota atau Luar negeri tak perlu khawatir masalah penginapan sebab, di dekat Bukit bego Imogiri banyak terdapat hotel atau penginapan yang nyaman seperti :

  • Tjokro Style Yogyakarta yang beralamat di umbul harjo, Imogiri dengan tariff Rp.794.739/kamar/malam
  • Queen of The South Resort yang beralamat di Purwosan, Imogiri dengan tariff Rp. 869.963/kama/malam
  • Horizon Lynn Yogyakarta yang beralamat di sewon, Imogiri dengan tariff Rp. 611.939/kamar/malam
  • Burza Hotel Yogyakarta yang beralamat di Mantrijeron, imogiri dengan tarif RP. 623.081/kamar/malam
  • Pandanaran Preawirotaman Yogyakarta yang beralamat di jalan Prawirotaman, imogiri dengan tariff Rp. 878.000/kamar/malam
  • Hotel Matahari Yogyakarta yang beralamat di jalan Prawirotaman, Imogiri dengan tariff Rp.311.013/kamar/malam
  • Ros In Hotel yang beralamat di Sewon, Imogiri dengan tariff Rp.566.735/kamar/malam
  • The Grand palace Hotel Yogyakarta yang beralamat di Mantrijeron, Imogiri dengan tariff Rp. 775.001/kamar/malam
  • Airlangga Hotel yang beralamat di jalan Prawirotaman, Imogiri dengan tariff Rp. 234.999/kamar/malam
  • Hotel perwira sari yang beralamat di jalan Prawirotaman, imogiri dengan tariff Rp. 170.802/kamar/malam

Objek Wisata di Sekitar Bukit Bego Imogiri

Terdapat 42 tempat wisata di kabupaten bantul, Yogyakarta dengan destinasi alam yang menarik, salah satunya adalah Bukit Bego Imogiri. Namun bagi anda yang ingin mengunjungi beberapa tempat sekaligus sebagai pelengkap liburan anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di dekat Bukit Bego Imogiri seperti :

  • Watu Goyang
  • Hutan pinus mangunan dlingo
  • Makam Raja-Raja Imogiri
  • Puncak Pinus Becici
  • Puncak Kebun Buah Mangunan
  • Gardu Pandang Mangunan
  • Hutan pinus asri
  • Jurang Tembelan
  • Curug Seribu Batu
  • Puncak Songgo Langit
  • Gardu Pandang Goa Gajah
  • Bukit Lintang sewu
  • Bukit Mojo Gumelem
  • Bukit panguk Kediwung
  • Taman Hobbit mangunan YOGYAKARTA
  • Goa Gajah
  • Batik Giriloyo
  • Taman Buah mangunan
  • Wisata Ala watu Lawang
  • Goa Cerme
  • Hutan Pinus Sendangsari
  • Pintoe langit Dahromo
  • Taman wisata Tempuran banyu kencono
  • RPH Mangunan
  • Desa Wisata Karangtengah
  • Taman Glugut
  • Susur sungai sewu watu

SARAN DAN TIPS

Bagi anda yang ingin mengunjungi Bukit Bego Imogiri sebaiknya baca tips dan saran dari kami agar liburan anda menjadi nyaman tanpa halangan apapun. Berikut beberapa tips dan saran bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata bukit Bego Imogiri:

  • Sebelum anda berkunjung ke Bukit Bego Imogiri sebaiknya perhatikan cuaca jangan sampai anda jauh-jauh datang tidak bisa melihat indahnya sunset dan sunrise
  • Saran selanjutnya jangan lupa membawa perbekalan seperti makanan dan minuman
  • Jika anda ingin mengabadikan keindahan suset dan sunrise di bukit bego imogiri jangan lupa membawa kamera atau setidaknya kamera ponsel
  • Bawa juga perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan, antiseptik, minyak kayu putih, handuk kecil atau peralatan P3K
  • Pastikan juga tubuh anda dalam kondisi sehat dan siap melakukan perjalanan
  • Jangan lupa cek juga kondisi kendaraan anda pastikan siap melakukan perjalanan jauh
  • Bawa juga jaket atau pakaian tebal karena cuacanya cukup dingin dengan angin yang cukup kencang.

****

Demikianlah artikel mengenai Bukit bego Imogiri yang terletak di desa imogiri kabupaten Bantul, Yogyakarta, tempat  yang paling cocok menikmati romatismenya matahari terbit dan matahari terbenam bersama keluarga dan orang-orang terdekat anda, selamat berkunjung.

Artikel terkait: Liburan Seru ke Desa Wisata Tembi Bantul

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *