Telaga Mangunan Pekalongan

Nyero.ID – Terletak di jalur Pantura, Pekalongan menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.  Kabupaten di Jawa Tengah ini memiliki ragam destinasi wisata yang akan membuat momen liburanmu semakin seru dan menyenangkan.

Memiliki julukan sebagai Kota Batik, Pekalongan semakin mempesona dengan potensi wisata yang cukup beragam di dalamnya.  Selain mengunjungi Museum Batik sebagai salah satu tempat wisata edukasi dan budaya, kamu juga bisa menjelajahi beberapa objek wisata di Pekalongan dengan daya tariknya masing-masing.

Di Pekalongan kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata alam dengan pesonanya yang mengagumkan.  Deretan tempat wisata alam di daerah ini akan memanjakanmu dengan keindahannya.

Mulai dari wisata pantai seperti Pantai Pasir Kencana, Pantai Slamaran, dan Pantai Depok.  Wisata air terjun seperti Curug Muncar dan Curug Bajing.  Wisata bukit seperti Bukit Pawuluhan dan wisata gunung di Gunung Rogojembangan, serta aktivitas petualangan di arung jeram Linggo Asri.

Masih dengan wisata alamnya, kamu juga bisa menyambangi Kedung Si Pingit Petungkriyono dan menikmati  liburan asik di Desa Wisata Lolong yang akan membuat liburanmu semakin tak terlupakan.

Selain tempat wisata yang telah disebutkan di atas, destinasi wisata Pekalongan juga semakin bertambah dengan banyaknya spot wisata baru yang tak kalah hits di kalangan wisatawan.  Salah satu spot wisata terbaru yang bisa kamu sambangi saat liburan adalah Telaga Mangunan yang baru dibuka pada bulan April 2019.

Telaga ini lebih dikenal dengan nama Telaga Sigebyar Mangunan dan berada di ketinggian sekitar 2.000 mdpl, tepatnya berada di kaki Gunung Kendeng yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara.  Telaga ini masih berada di kawasan wisata Petungkriyono yang memiliki beberapa spot wisata di dalamnya.

Telaga dengan panorama nan eksotis ini sangat menarik untuk rekreasi dan piknik keluarga.  Hawa sejuk pegunungan dan nuansa alam yang begitu kental akan menyambut kedatanganmu sehingga suasana hatimu akan terasa lebih tenang.

Dengan panorama alam yang sejuk dipandang, kamu akan diajak untuk menikmati suasana khas pedesaan yang begitu nyaman.  Sangat cocok untuk merefresh pikiran dan sejenak menyingkir dari kebisingan kota.

Kamu bisa merencanakan liburanmu ke Telaga Sigebyar Mangunan akhir pekan ini.  Agar momen liburanmu semakin menyenangkan, kamu perlu mengetahui beberapa informasi terkait harga tiket masuk, jam operasional, fasilitas, daya tarik, dan lokasi tempat wisata seperti berikut ini.

Harga Tiket Masuk

Telaga Sigebyar Mangunan bisa dikunjungi dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 8.000 dan biaya parkir motor sebesar Rp 2.000.  Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana alam yang begitu syahdu dan panorama nan eskotis di sekitarnya.

Dengan luas lahan sekitar 8 hektare, kamu bisa menikmati suasana alam yang begitu menyejukkan. Sangat cocok untuk refreshing dan sekedar menyepi dari berbagai kesibukan.

Jam Operasional

Objek wisata alam nan eksotis ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB.  Jadi pastikan untuk datang sesuai dengan jadwal operasionalnya agar perjalananmu ke tempat ini tidak sia-sia.

Fasilitas

Objek wisata Telaga Sigebyar Mangunan masih terus dikembangkan sehingga fasilitas yang tersedia bisa semakin lengkap untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan.  Salah satu fasilitas menarik yang tersedia di tempat ini adalah sewa perahu dan kayak yang bisa digunakan untuk berkeliling telaga.

Dengan menjajal fasilitas perahu dan kayak ini kamu bisa menikmati suasana alam di Telaga Mangunan dengan cara yang lebih menyenangkan.  Selain dilengkapi dengan spot foto selfie nan instagrammable, kedepannya pemerintah setempat juga akan membuka jalur pendakian menuju ke Gunung Kendeng.

Dengan adanya jalur pendakian tersebut para wisatawan bisa  melanjutkan perjalanan menuju ke puncak gunung dengan panorama alam yang tak kalah menawan.  Rencananya tempat wisata ini juga akan menyediakan lokasi khusus untuk camping ground sehingga pengunjung bisa berkemah di kawasan ini.

Daya Tarik

Telaga Sigebyar Mangunan di Pekalongan merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang hits di kalangan wisatawan.  Telaga yang berada di Dusun Mangunan ini sangat menarik untuk dikunjungi karena menyajikan keindahan alam yang begitu menyejukkan.

Suasana alam khas pedesaan di tempat ini mampu memberikan ketenangan tersendiri yang akan membuat hati dan pikiranmu semakin adem.  Lokasinya sangat tenang sehingga cocok buat menyepi dan menenangkan pikiran.

Terletak di ketinggian sekitar 2.000 mdpl, Telaga Mangunan terlihat sangat eksotis dengan hawa sejuk yang sangat menyegarkan.  Akses jalan menuju ke lokasi wisata sudah cukup memadai sehingga perjalananmu ke tempat ini akan terasa semakin nyaman.

Di sepanjang perjalanan menuju ke lokasi telaga kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang begitu menyejukkan, mulai dari perbukitan hijau, hingga hamparan ladang sayur miliki warga.  Telaga dengan luas mencapai 8 hektare ini menyajikan keindahan yang begitu memanjakan mata dengan view pepohonan hijau dan tebing Gunung Kendeng.

Lokasinya yang berada di kaki gunung membuat telaga ini seringkali berselimut kabut, membuat suasana terasa semakin syahdu bak negeri di atas awan.  Untuk mendapatkan momen foto yang romantis, kamu bisa memanfaatkan dermaga bambu yang ada di tempat ini.

Meskipun telaga ini cukup luas dengan sumber air yang melimpah, namun di musim kemarau panjang air telaga cenderung menyusut.  Hal ini dikarenakan air telaga sementara dialirkan untuk mengairi lahan pertanian warga, oleh karena itu kamu bisa merencanakan liburanmu ke tempat ini pada waktu yang tepat.

Bukan hanya menyajikan panorama alam yang sejuk dan memanjakan mata saja, telaga ini juga sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan tradisi sadranan yang lazim dilaksanakan setiap Kamis wage di bulan Suro.

Tradisi ini merupakan wujud rasa syukur dan sekaligus permohonan do’a kepada Tuhan agar masyarakat terhindar dari segala bala bencana.  Salah satu ritual yang dilakukan adalah menyembelih kambing dan setiap tiga tahun sekali melarung kepala kerbau bule ke tengah telaga.

Telaga Mangunan juga dikenal sebagai salah satu tempat dengan nuansa mistis yang sangat kental.  Hal ini erat kaitannya dengan legenda atau mitos tentang sosok ular berkepala manusia yang dipercaya sebagai penunggu telaga.

Terlepas dari unsur mistis yang ada, Telaga Sigebyar Mangunan tetaplah menarik sebagai tujuan wisata.  Terlebih lokasinya yang berada di Petungkriyono juga berdekatan dengan beberapa spot wisata terkenal di Pekalongan.

Seperti Curug Bajing, Welo Rriver, Curug Lawe, Curug Muncar, dan Curug Sibedug.  Jika waktunya memungkinkan, kamu bisa sekalian mengeksplor keindahan tempat wisata di kawasan Petungkriyono agar momen liburanmu semakin lengkap.

Lokasi

Telaga Sigebyar Mangunan terletak di Dusun Mangunan, Desa Tlogohendro, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.  Untuk mencapai ke lokasi wisata telaga dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Kajen ke arah Kecamatan Petungkriyono.

Tiba di Dusun Mangunan, perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 600 meter dengan jalur trek selebar 2 meter yang cukup menanjak dan berbatu.

Untuk info rute selengkapnya kamu bisa mengakses Google Maps agar perjalananmu semakin lancar dan menyenangkan.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *