Tato Mentawai, Seni Rajah Tertua di Dunia

Tato Mentawai

Kepulauan Mentawai, kabupaten di Sumatera Barat ini memiliki sejumlah pantai yang indah dengan kebudayaan lokal yang masih kental. Salah satu kebudayaan Mentawai yang terkenal adalah tato. Tato Mentawai bisa dibilang adalah identitas serta pakaian adat penduduk asli kepulauan tersebut. Bahkan menurut sejumlah penelitian, Tato Mentawai adalah seni rajah tertua di dunia, lho!

Seni Rajah Tertua di Dunia

Tato Mentawai
Credit : instagram.com/matasulu

Tau gak kamu? Motif Tato Mentawai bahkan dianggap mendahului tato Mesir yang sudah ada sejak tahun 1300 Sebelum Masehi (SM). Menurut penelitian dari Ady Rosa dengan melihat catatan Encyclopaedia Britannica, Suku Mentawai sudah merajah badan mereka sejak kedatangannya ke pantai barat Sumatera pada Zaman Logam, yaitu sekitar tahun 1500  SM – 500 SM. Konon, orang Mentawai adalah suku bangsa protomelayu yang datang dari Yunani, kemudian berbaur dengan budaya dongson di Vietnam.

Menggunakan Peralatan Kuno

Tato Mentawai
Credit : instagram.com/kurswell

Seni rajah yang dipakai oleh Suku Mentawai sangat jauh dari kata modern. Bahkan tinta yang dipakai berasal dari arang kayu, atau bekas pembakaran yang dihaluskan, lalu dicampur dengan perasan air tebu. Proses selanjutnya, duri atau jarum yang telah dicelupkan pada tinta tadi ditusukkan pada lapisan kulit, membentuk rupa-rupa motif. Inilah tato asal Mentawai.

Tato Sebagai Identitas

Mereka merajah tubuhnya mulai dari mata kaki, jari, dada rusuk, leher, hingga pipi. Karena bagi masyarakat setempat, tato adalah identitas yang membedakan antara klan satu dengan lainnya. Warga setempat juga percaya, bahwa tato merupakan pancaran roh dari kehidupan mereka. Tentunya, ragam motif yang dilukis pada tubuh tak sembarangan. Tato Mentawai disebut sebagai titi atau tiktik, yang berarti identitas. Nah, layaknya sebuah identitas, tato yang tergambar pun beragam mulai dari tanah asal, status sosial, hingga hewan buruan.

Tato Mentawai
Credit : instagram.com/aga_szydlik

Walau tato sudah menjadi identitas, orang-orang Mentawai yang masih memakai tato pada sekujur tubuhnya sudah jarang ditemui, lho. Kalaupun ada, kebanyakan masyarakat yang berasal dari wilayah dimana orang-orangnya masih berpegang teguh pada adat istiadat. Seperti masyarakat yang tinggal di pedalaman Siberut. Mereka mengimani bahwa tato tak boleh lepas dari kehidupan orang mentawai.

Tertarik melihat langsung keindahan Mentawai? Kamu bisa terbang menuju Padang, Sumatera Barat, untuk berkunjung ke Pulau Mentawai. Yuk, rencanakan liburan kamu sekarang bersama Airy! Download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Temukan berbagai Kamar Airy yang super nyaman, dan tiket pesawat, supaya liburanmu kali ini makin seru. Jangan lupa follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Ada promo menarik dari Airy untuk kamu!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *