Taman Lampion Gardu Pandang Kaliurang, Spot Kekinian dengan Nuansa Romantis di Lereng Merapi Jogja!

Nyero.ID – Lereng Gunung Merapi menyimpan potensi wisata yang cukup beragam. Spot wisata alam dengan view Gunung Merapi menjadi salah satu daya tarik yang begitu memikat.

Popularitas kawasan Kaliurang yang berada di lereng Gunung Merapi bahkan sudah terkenal sejak abad ke-19 karena difungsikan sebagai tempat peristirahatan bagi para ahli geologi Belanda beserta keluarganya.

Udara yang sejuk dan lingkungan alam yang masih sangat asri memberikan ketenangan tersendiri yang membuat siapapun merasa betah di tempat ini.

Terletak di ketinggian sekitar 900 mdpl, kawasan wisata Kaliurang berada di sebelah selatan lereng Gunung Merapi, tepatnya di Kaliurang Barat, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY.

Kaliurang menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Sleman yang sudah sangat terkenal, terlebih dengan banyaknya spot wisata baru yang cukup hits belakangan ini.

Seperti Bukit Klangon, Stonehenge, Batu Alien, dan The World Landmark yang selalu ramai disambangi wisatawan di hari-hari libur.

Wisata Gardu Pandang Merapi Kaliurang Jogja
Photo by @amarta_multimedia

Salah satu yang tak kalah hits tentu saja Gardu Pandang Kaliurang. Pada awalnya, gardu pandang di kawasan Kaliurang hanya difungsikan untuk mengamati panorama Gunung Merapi dari kejauhan.

Di Gardu Pandang Kaliurang kamu bisa menyaksikan panorama Gunung Merapi tanpa harus mendaki gunung, cukup menyewa teropong dengan biaya Rp 5.000/30 menit.

Namun sejak tahun 2014, Gardu Pandang Kaliurang semakin hits dengan tambahan nama Taman Lampion.

Hal ini tidak terlepas dari penyelenggaraan Festival of Light (FOL) di kawasan tersebut yang digelar setiap tahun baru dan libur lebaran.

Dalam festival tersebut, kawasan di Gardu Pandang akan dihiasi oleh ribuan lampion dan lampu-lampu cantik dengan tema tertentu.

Pada saat event Festival of Light, suasana malam di kawasan Gardu Pandang Kaliurang semakin meriah dengan atraksi dancing fame fountain show atau air mancur menari yang begitu memukau.

Pada beberapa sudut, hiasan lampion dalam berbagai tema juga tak kalah memikat, membuat suasana malam di lereng Merapi semakin syahdu dan romantis.

Harga Tiket Masuk Taman Lampion Kaliurang

Untuk hari-hari biasa, harga tiket masuk di Gardu Pandang Kaliurang hanya sebesar Rp 5.000.  Namun pada saat event Festival of Light, harga tiket masuknya Rp 25.000 (weekday) dan Rp 30.000 (weekend) dengan jam buka mulai pukul 17-22 WIB (weekday) dan  17.00-23.00 WIB (weekend).

Fasilitas Taman Lampion Gardu Pandang Kaliurang

Fasilitas di kawasan Gardu Pandang Kaliurang sudah cukup memadai sehingga wisatawan bisa menikmati momen liburan dengan nyaman.

Beberapa fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini antara lain area parkir yang luas, toilet, mushola, wahana permainan anak, dan  gazebo untuk sekedar bersantai atau beristirahat.

Di kawasan Kaliurang juga terdapat banyak penginapan seperti hotel, villa, dan homestay yang bisa disewa dengan tarif yang relatif terjangkau.

Rute Perjalanan Taman Lampion Kaliurang

Harga Tiket Masuk Taman Lampion Gardu Pandang Kaliurang
Photo by @chandraant

Gardu Pandang Kaliurang terletak di kawasan Kaliurang Barat, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY atau sekitar 26,3 km dari pusat Kota Jogja.

Akses jalan menuju ke lokasi wisata Gardu Pandang cukup mudah dengan kondisi jalan yang memadai.

Kamu bisa memanfaatkan petunjuk jalan secara manual atau menggunakan aplikasi Google Maps untuk memulai perjalananmu.

Jika ditempuh dari Jalan Kaliurang waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Taman Gardu Pandang Kaliurang sekitar 28 menit dengan jarak kurang lebih 14,6 km.

Arahnya menuju ke timur laut sampai menemukan Jalan Astomulyo kemudian belok sedikit ke kiri menuju ke Jalan Pelajar – Jalan Siaga – belok ke kanan menuju ke Jalan Astorenggo – belok kiri – belok kanan sampai ke lokasi Taman Gardu Pandang Kaliurang.

Jika dari Tugu Jogja, rute untuk mencapai lokasi wisata Gardu Pandang Kaliurang bisa menuju ke arah Jalan Boyong dengan jarak tempuh sekitar 60 menit.

Dari Tugu Jogja ke arah barat daya lalu ke kanan arah ke Jalan Magelang – Bundaran – belok kanan arah Jalan Gito Gati sekitar 900 meter – belok kiri ke Jalan Griya Taman Asri – Jalan Jogja-Turi/Jln. Palagan Tentara Pelajar – belok kanan ke arah Jln. Pakem-Turi – belok ke kiri arah ke Jln. Boyong – belok kiri ke arah Jln. Astorenggo – belok kiri, kemudian belok kanan sampai tiba di Taman Gardu Pandang Kaliurang.

Daya Tarik Taman Lampion Kaliurang

Destinasi Hits Taman Lampion Gardu Pandang Kaliurang Jogja
Photo by @bocahmlaku

Gardu Pandang Kaliurang merupakan sebuah bangunan atau pos pengamatan Gunung Merapi berupa bangunan berlantai dua.

Dari atas gardu pandang kamu bisa dengan leluasa menyaksikan pesona Gunung Merapi yang begitu eksotis. Selain itu, kamu juga bisa mengexpolre keindahan alam di sekitar gardu pandang yang masih sangat asri.

Hawa sejuk pegunungan dan lingkungan alam yang masih sangat alami membuat momen liburanmu di lereng Merapi semakin tak terlupakan.

Ada banyak spot menarik yang bisa diexplore di kawasan Taman Gardu Pandang Kaliurang sehingga liburanmu semakin menyenangkan.

Rimbunnya pepohonan di sekitar lokasi gardu pandang terlihat semakin menawan dengan kehadiran kawanan monyet liar yang seringkali muncul pada waktu-waktu tertentu.

Lokasi gardu pandang yang berada di kawasan Kaliurang memang bisa menjadi destinasi wisata pilihan untuk dikunjungi saat liburan.

Pasalnya, di kawasan ini juga terdapat beberapa spot wisata kekinian yang cukup hits dan pastinya bisa sekalian disambangi untuk melengkapi acara liburan.

Selain menikmati keindahan alam pegunungan yang sejuk dan menenangkan, kamu juga bisa mengamati aktivitas Gunung Merapi dari atas gardu pandang dengan leluasa.

Dan yang tak kalah menarik, pada waktu tertentu kamu juga bisa menikmati event tahunan Festival of Light yang spektakuler.

Objek Wisata Hits Taman Lampion Gardu Pandang Kaliurang Jogja
Photo by @chairunisaind__

Berbeda dengan spot wisata lainnya yang memiliki konsep lampion dan dancing fountain yang bisa disaksikan setiap hari, festival cahaya di Taman Lampion Kaliurang hanya diselenggarakan dua kali dalam setahun.

Dengan momen yang begitu jarang, tentunya konsep dan persiapan atraksi dilakukan dengan penuh totalitas sehingga menghasilkan dekorasi lampu dan lampion yang lebih megah dan spektakuler.

Event tahunan ini biasanya diselenggarakan menjelang tahun baru dan liburan lebaran. Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang lebih berkesan jangan lupa untuk mencari informasi jadwal event yang akan diselenggarakan di Taman Gardu Pandang Kaliurang.

Selain menyajikan suasana malam yang berbeda dengan hiasan lampu dan lampion warna-warni dengan tema tertentu, event tahunan ini juga memberikan suguhan panggung hiburan di akhir pekan.

Kamu akan dimanjakan oleh penampilan band-band indie dari berbagai genre musik yang akan membuat suasana malam semakin meriah.

Spot Foto Taman Lampion Gardu Pandang Kaliurang
Photo by @juanhondubrata

Selain menikmati suasana malam yang penuh kemeriahan, kamu juga bisa merasakan nuansa romantisme yang berbeda.

Kesejukan alam di pegunungan dengan hawa dingin dan kabut tipis yang menyelimuti seolah membawamu ke dalam dunia yang berbeda.

Tema-tema yang berbeda dalam setiap penyelenggaraan Festival of Light mampu memberikan hiburan tersendiri bagi wisatawan.

Dengan tema dan aktraksi yang berbeda kamu akan diajak untuk menikmati berbagai suguhan yang menarik dan tidak membosankan.

Seni permainan cahaya yang benar-benar terkonsep dengan baik, serta penggunaan teknologi terkini mampu menghadirkan pemandangan yang begitu luar biasa, memukau dan instagenic.

Profil Singkat Wisata Taman Lampion Kaliurang

Destinasi Taman Lampion Kaliurang
Lokasi Wisata Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY
Tiket Masuk Rp. 5.000 – Rp. 30.000,-
Jam Buka 17.00 – 23.00 WIB

Baca: 33 Tempat Wisata Terbaru di Jogja dan Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *