Taman Ghanjaran Mojokerto

Nyero.ID – Mojokerto merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan destinasi wisata sejarahnya.  Kabupaten dengan julukan “Kota Onde-onde” ini memang dikenal sebagai pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit di masa lampau.

Tidak heran jika di kawasan Mojokerto banyak ditemukan peninggalan sejarah, berupa candi yang tersebar di beberapa wilayahnya.  Meskipun populer dengan wisata sejarah dan budayanya, rupanya Mojokerto juga menyimpan potensi wisata alam yang tak kalah menarik untuk disambangi saat liburan.

Mulai dari wisata air terjun di Coban Kembar Watu Ondo, Air Terjun Surodadu, hingga beberapa bukit wisata dengan panorama yang begitu menggoda.  Seperti Sendi Adventure Pacet, Panorama Petung Sewu, hingga Claket Adventure Park.

Selain objek wisata alam yang telah di sebutkan di atas, Mojokerto juga memiliki destinasi wisata terbaru yang cukup populer di kalangan wisatawan, yaitu Taman Ghanjaran.  Taman wisata yang berada di kawasan Trawas, Mojokerto ini menawarkan sensasi liburan seru dan asik dengan konsep hiburan dan wisata kuliner yang cukup lengkap.

Taman wisata ini menyajikan panorama alam yang begitu menawan dengan view Gunung Welirang dan Gunung Penanggungan.  Dengan penataan yang cukup apik, Taman Ghanjaran menjadi salah satu primadona wisata di Trawas yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Buat kamu yang penasaran dengan keseruan di Taman Ghanjaran, berikut adalah beberapa informasi tentang harga tiket, jam operasional, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Dengan mengusung konsep hiburan rakyat dan wisata kuliner, Taman Ghanjaran bisa kamu kunjungi tanpa perlu membayar tiket masuk alias gratis.  Kamu hanya perlu membayar ongkos parkir sebesar Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Meskipun gratis, namun keseruan yang ditawarkan oleh Taman Ghanjaran tidak akan mengecewakan.  Sementara untuk menikmati wahana permainan yang ada di taman ini kamu akan dikenakan biaya tersendiri dengan besaran yang cukup bervariasi, tergantung jenis wahana yang digunakan.

Jam Operasional

Objek wisata Taman Ghanjaran buka setiap hari dengan jam operasional selama 24 jam sehingga waktu untuk berkunjung ke tempat ini cukup lama.  Meski begitu, untuk wahana permainan dan area kuliner hanya beroperasi dari sore hingga malam.

Jadi pastikan untuk datang ke tempat ini sesuai dengan jadwal operasional wahana dan wisata kulinernya, terutama jika kamu ingin menikmati keseruan dan wisata kuliner bersama keluarga.

Fasilitas

Meskipun masih terbilang baru, namun Taman Ghanjaran sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang cukup memadai.  Mulai dari area parkir yang luas, toilet, mushola, dan food court dengan menu yang sangat bervariasi.

Selain itu, Taman Ghanjaran juga dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan seru seperti ATV, gowes, bianglala mini hingga playground.  Ada juga spot selfie dan jogging track yang akan membuat liburan murah meriahmu di tempat ini semakin menyenangkan.

Daya Tarik

Dengan luas lahan mencapai 2,8 hektare dan ketinggian antara 900-1000 mdpl, Taman Wisata Ghanjaran menyajikan suasana alam yang begitu nyaman dan menyejukkan.  Panorama alam berupa pegunungan dan udara sejuk di tempat ini akan memanjakanmu dengan dengan sejuta keseruan di dalamnya.

Taman Ghanjaran sendiri merupakan tanah kas desa yang kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata unggulan dengan berbagai macam fasilitas lengkap di dalamnya.  Meskipun fasilitas di taman ini cukup lengkap, namun para pengunjung tidak dikenakan tiket masuk dan hanya membayar ongkos parkir saja.

Dengan konsep hiburan rakyat yang murah meriah, tidak mengherankan jika Taman Ghanjaran menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi masyarakat Mojokerto dan sekitarnya.  Hampir setiap hari taman ini selalu ramai oleh wisatawan.

Selain menyajikan penorama alam pegunungan yang memanjakan mata, beberapa wahana yang tersedia di tempat ini juga akan membuat momen liburanmu semakin seru dan menyenangkan.

Area taman yang cukup luas ditata dengan begitu apik sehingga membuat pengunjung semakin nyaman dan betah berada di tempat ini.  Untuk taman ada lokasinya sendiri yaitu berada di sebelah timur area bermain khusus anak, sementara wahana permainan berada di bagian barat, dan area kuliner berada di bagian tengah.

Beberapa wahana permainan yang tersedia di tempat ini antara lain adalah ATV, gowes, berkuda, bianglala mini, taman trampoline, kereta mini, dll.  Selain itu tersedia juga fasilitas lain berupa playground, taman bunga, air mancur, food court, jogging track, dan toko souvenir.

Beberapa spot foto di tempat ini juga cukup menarik perhatian dan banyak dimanfaatkan untuk keperluan foto-foto, sekedar mengabadikan momen seru di Taman Ghanjaran.  Dengan view pegunungan dan pepohonan yang begitu asri, momen foto-fotomu di tempat ini tidak akan mengecewakan.

Pemandangan di malam hari pun tidak kalah menawan dengan hiasan lampu-lampu yang membuat suasana taman semakin meriah dan penuh warna.  Sangat menarik untuk diabadikan dalam bidikan kamera.

Untuk wahana permainan biasanya beroperasi pada sore hingga malam hari, namun di akhir pekan wahana permainan buka dari pagi hari.  Dengan wahana permainan yang seru dan cukup lengkap, taman ini sangat recommended sebagai tujuan wisata keluarga.

Bahkan kedepannya, pihak pengelola juga akan menambahkan beberapa fasilitas dan wahana di taman ini.  Seperti waterpark dan wahana permainan lainnya sehingga pengunjung bisa menikmati momen liburan dengan lebih seru dan menyenangkan.

Taman Ghanjaran juga sangat cocok untuk wisata kuliner karena ada banyak pilihan menu makanan yang dijajakan di tempat ini.  Mulai dari jajanan ringan seperti sosis bakar hingga makanan khas Jawa Timur semuanya ada.  Termasuk juga oleh-oleh khas Trawas, bisa kamu dapatkan di tempat ini.

Puas berkeliling dan menikmati suasana taman dengan berbagai keseruannya, kamu bisa langsung berburu kuliner enak di tempat ini.  Untuk harga tidak perlu khawatir karena menu makanan dan minuman di taman ini dijual dengan harga standar, sehingga tidak akan menguras kantong.

Secara keseluruhan, Taman Ghanjaran sangat cocok untuk acara rekreasi keluarga, wisata kuliner atau sekedar nongkrong dan ngopi asik bersama teman-teman.  Apalagi di tempat ini juga ada panggung hiburan dengan pertunjukan live music yang cukup menghibur.

Selain dikunjungi sebagai tempat wisata murah meriah, Taman Ghanjaran juga sering digunakan sebagai tempat untuk penyelenggaraan berbagai macam event.  Salah satunya adalah event berskala nasional bertajuk Otomodified Contest yang membuat Taman Ghanjaran semakin dikenal dan menarik perhatian wisatawan.

Lokasi wisata yang strategis dan mudah diakses juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan sehingga banyak yang menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata di akhir pekan.  Atau sekedar jalan-jalan dan melepas penat di sore hari.

Selain itu, lokasi taman yang berada di kawasan Trawas juga berdekatan dengan destinasi wisata lainnya sehingga bisa sekalian dikunjungi jika waktunya memungkinkan.  Diantaranya adalah Bumi Perkemahan Dlundung, Air Terjun Dlundung, Duyung Trawas Hill, dan Candi Jolotundo.

Lokasi

Taman Ghanjaran atau sering disebut juga dengan Alun-alun Trawas ini berada di Jalan Raya Tretes -Trawas No. 88, Slepi, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Akses jalan menuju ke lokasi wisata cukup mudah.  Untuk rute dari Mojosari bisa langsung mengarahkan kendaraan ke Kecamatan Trawas.  Setelah melewati Polsek Trawas dan Villa Puncak Trawas di sebelah kiri terdapat petunjuk jalan “Taman Ghanjaran Mojokerto”.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *