Taman Bunga Anaro Sukoharjo

Nyero.ID – Berada di Provinsi Jawa Tengah, Sukoharjo memiliki ragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.  Mulai dari wisata alam seperti pegunungan dan air terjun, wisata sejarah dan budaya, hingga wisata hiburan seperti waterpark dan destinasi wisata kekinian lainnya dengan spot-spot foto nan instagrammable.

Sama seperti daerah lainnya yang sedang booming dengan destinasi wisata taman bunga, di Sukoharjo juga ada Taman Bunga Anaro Mandan yang tidak kalah menawan dan cukup hits di kalangan wisatawan.  Hamparan tanaman bunga dengan aneka warna di taman ini terlihat sangat indah dengan berbagai jenis bunga di dalamnya.

Ide awal pembuatan taman bunga ini adalah untuk menyediakan ruang bagi masyarakat pecinta bunga yang berada di wilayah Sukoharjo sehingga bisa menjangkau lokasi dengan biaya yang lebih murah.  Untuk bibit tanaman bunganya sendiri didatangkan langsung dari Jogja dan kemudian ditanam di Desa Mandan ini.

Taman bunga dengan luas sekitar 1000 meter persegi ini baru dibuka pada bulan Juli 2018 dan menarik perhatian wisatawan.  Keberadaan Taman Bunga Anaro di Sukoharjo ini semakin viral dengan banyaknya postingan di media sosial yang membuat masyarakat semakin penasaran dan akhirnya datang ke tempat ini untuk menikmati keindahannya.

Setiap hari libur taman ini selalu dipenuhi oleh pengunjung, yang datang bukan hanya dari wilayah Sukoharjo saja tetapi juga dari daerah di sekitarnya seperti Klaten, Karanganyar, dan Solo.  Meskipun lokasi wisata ini milik perseorangan namun keberadaannya berhasil mencuri perhatian dan bisa melengkapi alternatif wisata di pusat Kota Sukoharjo.

Sebelum mengunjungi taman bunga ini ada beberapa informasi terkait harga tiket masuk, jam operasional, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Taman Bunga Anaro menawarkan sensasi liburan murah meriah dengan panorama yang begitu memanjakan mata.  Untuk menikmati keindahan taman bunga dan berfoto selfie sepuasnya, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja.

Dengan biaya yang cukup murah, Taman Bunga Anaro sangat cocok untuk tujuan wisata di akhir pekan, bersama teman atau keluarga tercinta.  Meskipun minim budget, namun liburanmu di taman ini tidak akan mengecewakan.

Jam Operasional

Taman Bunga Anaro buka setiap hari dari pagi sampai sore hari sehingga kamu bisa menyesuaikan jam operasionalnya agar perjalananmu ke tempat ini tidak sia-sia.  Waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini adalah di pagi atau sore hari untuk menghindari teriknya sinar matahari.

Meski begitu, datang di siang hari pun akan tetap menyenangkan.  Kamu bisa membawa topi atau payung dan bahkan menggunakannya sebagai properti pelengkap untuk pose-pose cantikmu saat berfoto selfie.

Fasilitas

Meskipun terbilang baru, namun fasilitas yang tersedia di taman ini cukup memadai sehingga momen liburanmu semakin nyaman.  Selain area parkir, taman ini juga dilengkapi dengan menara bambu yang bisa digunakan pengunjung untuk menikmati keindahan taman bunga dari atas ketinggian.

Daya Tarik

Taman Bunga Anaro di Desa Mandan, Sukoharjo resmi dibuka pada bulan Juli 2018 dan langsung mencuri perhatian wisatawan karena pesona dan keindahannya.  Lahan kosong yang dialihfungsikan menjadi taman bunga ini terdiri dari lima jenis tanaman bunga.  Yaitu bunga celosia, cengger merah dan kuning, bunga kertas, bunga matahari, bunga pacar dan jenis cengger brokoli.

Aneka macam tanaman bunga yang ditanam di taman ini menyuguhkan keindahan tersendiri karena memiliki warna dan bentuk yang cukup bervariasi dengan penataan yang cukup apik.  Sangat cocok untuk keperluan foto selfie maupun foto prewedding.

Begitu masuk ke area taman, pengunjung akan langsung dimanjakan dengan keindahan yang begitu memanjakan mata.  Bunga-bunga yang bermekaran dengan warna-warni menarik di dalamnya membuat suasana semakin meriah dan penuh warna.

Di taman ini pengunjung bisa berkeliling dan menikmati keindahan yang tersaji dengan leluasa sembari berburu spot selfie dengan latar warna-warni bunga nan menawan.  Tersedia juga tempat untuk beristirahat yang bisa digunakan untuk sekedar melepas lelah setelah puas berkeliling taman.

Pihak pengelola juga menyediakan bibit tanaman bunga yang bisa dibawa pulang dengan harga yang sangat terjangkau, berkisar antara Rp 3.000 – Rp 5.000.  Sangat cocok buat kamu yang ingin menanam bunga atau sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Pihak pengelola masih akan terus melakukan pengembangan dan melengkapi taman wisata ini dengan beberapa fasilitas pendukung agar pengunjung yang datang semakin nyaman dan betah.  Untuk jenis bunga yang ditanam pun kedepannya akan ditambah sehingga lebih bervariasi dan indah dipandang.

Lokasi wisata yang berada di pusat Kota Sukoharjo menjadi daya tarik tersendiri karena mudah untuk diakses.  Selain itu, keberadaan taman bunga yang berlokasi di Kecamatan Sukoharjo juga berdekatan dengan objek wisata lainnya.  Seperti Wisata Alam Batu Seribu, Bukit Cinta Taruwongso, Alas Karet Polokarto, dan Waduk Mulur.

Di Wisata Alam Batu Seribu kamu bisa menikmati liburan seru dengan udara sejuk pegunungan yang akan membuat hatimu semakin tenang.  Di tempat wisata ini kamu juga bisa berenang dan berburu spot selfie dengan view yang cantik menawan.

Sementara di Bukit Cinta Taruwongso kamu bisa menemukan secuil ketenangan dengan panorama alam yang begitu menyejukkan.   Keberadaan batu manten di bukit ini menjadi daya tarik tersendiri karena konon bisa membuat seseorang bertemu dengan pasangannya.

Sedikit berbeda dari destinasi wisata lainnya, kamu juga bisa mengunjungi Alas Karet Polokarto yang tidak kalah eksotis.  Tempat wisata ini menyajikan panorama alam yang sangat menawan, dengan deretan pohon karet yang berjajar rapi di sekitarnya.

Banyak pengunjung yang berfoto di sepanjang jalan area hutan karet ini karena terlihat sangat instagenic dengan deretan pohon karet di kanan kirinya.  Membuat foto yang dihasilkan sangat menarik untuk diunggah di media sosial.  Tidak heran jika kawasan hutan karet ini banyak dikunjungi untuk keperluan foto prewedding.

Hanya berjarak sekitar 30 menit saja dari pusat Kota Sukoharjo, Alas Karet Polokarto bisa menjadi tujuan wisata selanjutnya setelah kamu berkunjung ke Taman Bunga Anaro di Kecamatan Sukoharjo.

Destinasi wisata lainnya yang cukup dekat dengan Taman Bunga Anaro adalah Waduk Mulur yang terkenal dengan keindahannya.

Selain menjadi tujuan wisata alam yang menawan, tempat ini juga banyak dikunjungi untuk keperluan wisata religi dan ziarah.  Krena di tengah waduk terdapat makam Mbah Sayidiman yang merupakan salah satu tokoh yang berjasa dalam penyebaran agama Islam di wilayah tersebut.

Beberapa destinasi wisata yang dekat dengan lokasi Taman Bunga Anora terebut bisa sekalian kamu sambangi jika waktunya memungkinkan.  Dengan begitu momen liburanmu di Sukoharjo semakin lengkap dan tak terlupakan.

Lokasi dan Rute

Taman Bunga Anora terletak di Desa Mandan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.  Untuk mencapai lokasi wisata ini bisa melalui rute dari Proliman Simpang Lima Sukoharjo dan langsung mengambil arah menuju ke Desa Mandan yang hanya berjarak sekitar 3 km saja.

Sementara jika menggunakan jalur Bus Utara Terminal Sukoharjo bisa menuju ke arah barat sampai lampu merah.  Kemudian belok ke arah kiri dan lurus mengikuti jalan hingga 1 km sampai menemukan Toko Heru Mandan, baru kemudian ambil arah ke kiri untuk mencapai lokasi Taman Bunga Anaro.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *