Taman Batu Hanjuang Kuningan, Wisata Baru di Jawa Barat yang Wajib Kamu Kunjungi

Jawa Barat memang sudah tak diragukan lagi keindahan dan pesona alamnya. Tempat-tempat seperti taman Jomblo di Bandung, Floating Market di Lembang, taman musik, dan pustaka bunga tentunya adalah wisata alam yang mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Tapi tahukah kamu jika wiasata alam di Jawa Barat yang memukau tidak cuma ada di Bandung loh?

Kabupaten kuningan juga banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, salah satu nya yaitu taman batu hanjuang di Desa Setia Negara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.

Buat kamu yang bosan dengan susasana wisata taman yang itu-itu saja, Taman Batu ini cocok buat kamu masukan ke dalam list traveling kamu selanjutnya. Alih-alih menawarkan pemandangan pepohonan, wisata taman batu hanjuang menawarkan pemandangan susunan batu dan tebing-tebing alami yang tersusun rapi. Keren, kan!

Berjarak 17km dari pusat kota Kuningan, taman ini menyuguhkan pemandangan alam berupa susunan bebatuan yang terbentuk secara alami ini tak kalah dari wisata alam yang menyuguhkan keindahan alam berlatarkan pepohonan hijau.

Objek wisata Taman Hanjuang ini dulunya merupakan bekas pertambangan batu yang sekarang di alih fungsikan sebagai objek wisata yang memadukan wisata alam berupa batu-batu yang tersusun rapi secara alami dengan nuansa kekinian tentu dengan menyuguhkan spot-spot foto yang instagram-able, arena bermain dan juga kolam renang. Sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau sekedar bersantai saat weekend.

Lokasinya yang berada di bawah kaki gunung ciremai makin menambah pesona alamnya. cuaca sejuk dan nyaman akan membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di sana.

Selain dimanjakan oleh pemandangan alam yang begitu memukau, Wisata Alam Hanjuang juga ada spot-spot foto seperti gambar 3D, Bebatuan, rumah hobbit, dan masih banyak lagi.

Jadi buat kamu yang suka upload foto-foto saat berwisata di media sosial, nggak bakal nyesel deh buat mampir ke tempat yang satu ini. Dijamin bakal bikin kamu tambah hits!

Lokasi tempat wisata ini juga tergolong mudah karena masih berdekatan dengan pusat kota Kabupaten Kuningan. Jadi jika kamu bukan berasal dari luar Jawa Barat, tidak perlu khawatir lagi akan tersesat. Lokasinya juga bisa dengan mudah di akses di google maps atau kamu juga bisa bertanya pada penduduk sekitar.

Tiket Masuk

Untuk tiket masuk sendiri Wisata Alam Batu Hanjuang hanya memasang tarif sebesar Rp. 10.000 untuk  2 orang dan 1 kendaraan beroda dua, Rp. 30.000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp. 5.000/anak untuk rombongan. Dengan biaya yang relatif murah, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan panorama alam yang terdapat di Wisata Alam Batu Hanjuang.

Objek Wisata Batu Hanjuang sendiri buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 pagi – 18.00 sore. Kamu bisa mengatur jadwal mu agar bisa berkunjung ke tempat ini saat liburan atau saat weekend.

Rute Perjalanan

Alamat Objek wisata Taman Batu Hanjuan sendiri terletak di Desa Setia Negara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Untuk penduduk lokal mungkin sudah tau rute dan perjalanannya.

Tapi untuk kamu pendatang tidak perlu khawatir. Dari pusat kota Kuningan sendiri berjarak 17km atau sekitar 36 menit jika di tempuh menggunakan sepeda motor.

Jika kamu berada di pusat kota kuningan kamu bisa melewati jalan siliwangi terus menuju Jalan raya Laksana kemudian berbelok ke arah Jl. Bojung linggar jati melewati Tempat wisata taman linggarjati. Dari Tempat wisata Taman Linggarjati lanjut terus hingga Taman Hajuang.

Dari Kota Cirebon bisa juga melalui jalan utama Cirebon-Kuningan lalu berbelok di Caracas menuju jalur alternatif ke arah Gedung Perundingan Linggarjati. Lokasinya terletak tak jauh dari kawasan Bumi Perkemahan Cibereum dan berada di sisi kanan jalan.

Fasilitas

Selain menawarkan pemandangan alam yang eksotis, taman batu hanjuang juga memiliki beragam fasilitas yang dapat di nikmati bila berkunjung ke sana. Diantaranya adalah lahan parkir yang luas, kolam renang, Gazebo untuk bersantai, kolam terapi ikan, kantin, mushola serta toilet.

Sementara untuk menikmati semua fasilitas ini pengunjung tidak perlu mengeluarkan budget lagi. Tak seperti tempat wisata lainnya, setelah membayar di loket, maka pengunjung sudah bisa menikmati seluruh fasilitas secara gratis. Bahkan untuk menikmati segarnya air kolam renang serta terapi kolam ikan juga gratis. Tidak heran Taman Batu Hanjuang banyak di kunjungi oleh para wisatawan lokal maupun dari luar kota.

Selain mengunjungi tempat wisata ini, kamu juga bisa sekalian lanjut ke tempat wisata lainnya. Tempat wisata yang juga berdekatan dengan Taman Batu Hanjuang adalah Taman Wisata Alam( TWA) linggarjati yang hanya berjarak 2km dari lokasi Taman Batu Hanjuang atau sekitar 4 menit jika di tempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun dengan sepeda motor. Selain itu ada juga J&J resto yang berjarak 4,6km dari lokasi taman atau sekitar 8 menit jika ditempu dengan kendaraan. Oleh karena itu sangat pas jika objek wisata ini dijadikan pilihan untuk berlibur anda bersama teman, keluarga atau kerabat dekat.

 

 

 

 


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *