Spot Foto Instagramable di Bantul yang Paling Hits!

Pintu langit Dahromo – Untuk urusan pariwisata alam, Bantul memang tak ada habisnya mengekspos tempat wisata yang indah dan menarik.

Mulai dari pantainya yang mendunia seperti parangkritis, pantai saman, pantai Goa Cemara, kebun bunga yang ceria dengan aneka warna dan spot foto menarik seperti parakan park, kebun bunga matahari dsb, air terjunnya yang indah dan sejuk seperti curug pulosari, air terjun randusari dsb, area hutan pinus, serta wisata pegununan atau perbukitan dimana kita bisa menikmati indahnya kota jogja yang sedang booming saat ini yaitu Pintu langit Dahromo.

Di tempat wisata Pintu langit Dahromo anda bisa Menikmati indahnya kota jogja dari ketinggian memang selalu mempesona baik siang maupun gemerlapnya kota di malam hari. Dengan spot foto instagramable yang berupa pintu terbuka yang seolah langsung terhubung ke langit.

Melihat Keindahan Jogja dari Pintu Langit Dahromo

Melihat Keindahan Jogja dari Pintoe Langit Dahromo via Kompas

Destinasi wisata ini banyak di buru dan didatangi para wisatawan karena latar belakang yang indah jika di diabadikan menggunakan kamera dengan sudut memotret yang tepat hasilnya seolah-olah terbang di langit,  guna memenuhi galeri  foto liburan anda.

 kamu juga bisa menikmati indahnya sunset di sore hari dimana langit berubah menjadi jingga keemasan. Selain itu tersedia juga spot foto lain seperti tempat main piano, yang seolah-olah kamu sedang berkolaborasi dengan alam , menyanyikan lagu keindahan.

Pintoe langit dahromo terletak di kawasan hutan pinus di sebelah timur Kabupaten Bantul.  Dengan rutenya yang cukup mudah dan berdekatan dengan banyak destinasi wisata alam lainnya yang telah lebih dulu tenar seperti, pinus pengger, Bukit Mojo Gumelem, Bukit Lintng Sewu,  dan puncak pinus Becici.

Pintu langit dahromo awalnya merupakan hutan yang di alih fungsikan menjadi lahan pertanian. Namun pada tahun 2017 area tersebut mulai dimanfaatkan menjadi destinasi pariwisata yang menarik, nah bagi kamu yang akan berlibur di kota Jogja sebaiknya mampir ke pintu langit dahromo yang memiliki pesona siang dan malam kota jogja.

Jangan lewatkan juga: Bukit Bego Imogiri: Tempat Wisata Hits di Bantul

Lokasi Wisata Pintu langit Dahromo

Pintoe langit Dahromo berada satu lokasi dengan Bukit Mojo Gumelem dan Bukit Lintang Sewu, atau terletak di kawasan hutan pinus sebelah Timur Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Letaknya tak begitu jauh dari pusat kota Jogja, dengan rute yang sangat mudah dan tak sulit ditemukan sebab searah dengan wisata-wisata lainnya.

Untuk kamu yang penasaran ingin datang ke pintu langit dahromo ini kamu bisa ke jalan Dahromo, Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Iatimewa Yogyakarta 55783. Tempat ini hanya berjarak 32 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 15 menit menggunakan motor pada waktu normal dari tugu Jogja

Rute Menuju Wisata Pintoe langit Dahromo

Pintu langit Dahromo ini berada di area perbukitan sehingga rute menuju lokasi juga sedikit menanjak, namun sangat mudah dilewati. Untuk menuju lokasi juga sangat mudah ditemukan sebab berada satu arah dengan banyak destinasi alam lainnya. Kamu bisa melihat papan petunjuk jalan yang banyak terpasang disana.

Untuk yang penasaran dengan rute menuju lokasi kamu bisa mengikuti petunjuk arah berikut, jika kamu dari pusat kota Jogja ambil jalan menuju terminal Ginawang, lalu jalan lurus terus sampai melewati jalan Imogiri Timur.

Setelah melewati pasar Imogiri anda akan menemukan pertigaan lalu ambil jalur ke kiri menuju kebun buah Mangunan, lalu jalan lurus terus sampai melewati hutan Pinus Asri jalan lurus terus kira-kira 500 meter kamu akan menemukan Bukit Lintang Sewu. Nah lokasi pintoe Langit Dahromo tepat berada di sebelah selatan Bukit Lintang Sewu.

Rute kedua menuju Pintoe Langit Dahromo yang lebih mudah lagi yaitu ikuti rute menuju Bukit Bintang atau Patuk kemudian dari patuk menuju Dlingo dan ambil arah selatan sampai kea rah Mangunan jalan terus hingga kamu akan menemukan Pintoe Langit Dahromo tepat disebelah selatan Bukit Lintang Sewu.

Jika kau ingin mengikuti rute menuju lokasi menggunakan google maps, nanti kamu akan melewati tanjakan terjal di tikungan Cinomi sehingga cukup menyusahkan kendaraan anda yang kurang fit namun jarak tempuhnya lebih dekat dari pada rute lainnya.

Kunjungi juga: Liburan Seru ke Desa Wisata Tembi Bantul

Jam Operasional Wisata Pintoe langit Dahromo

Agar kamu tidak kelamaan menunggu d luar hingga tempat lokasi dibuka sebaiknya kamu mengetahui jam berapa di buka dan ditutupnya area pariwisata tersebut yaitu buka pada pukul 10.00 wib dan tutup pada pukul 22.00 wib atau anda bisa konfirmasi ke layanan konsumen pintoe langit dahromo dengan nomor telepon 085227739912

Harga Tiket Masuk Wisata Pintu langit Dahromo

Bagi kamu yang ingin menikmati indahnya kota jogja di pagi dan siang hari serta menikmati gemerlapnya kota jogja di malam hari dari ketinggian dengan pintu yang terbuka dimana seolah menuju langit, atau kamu ingin menikmati sunset yang menawan kamu bisa berkunjung ke Pintoe Langit Dahromo.

Golden Sunset di Pintu Langit Dahromo

Golden Sunset di Pintu Langit Dahromo via Dekatour

Untuk bisa berkunjung ke Pintu Langit Dahromo kamu tak perlu merogoh kantong terlalu dalam sebab per orang hanya di kenakan biaya 5ribu saja, sangat murah bukan ? dijamin deh kamu tak akan kecewa datang ke destinasi wisata alami.

Tarif Parkir

Pintoe langit Dahromo meski baru dibuka pada tahun 2017 namun fasilitas di dalamnya cukup lengkap. Hal ini dibuktikan dari tersedianya area parkir yang luas dan aman. Untuk harga parkir kendaraan hanya di bandrol Rp. 5000 untuk mobil dan Rp. 2000 untuk motor.

Hanya Memanfaatkan “Limbah”

Pada tahun 2017 kawasan hutan yang dimanfaatkan menjadi lahan pertanian mulai berubah fungsi menjadi tempat pariwisata yang berlokasi di kawasan hutan pinus bagian Timur kabupaten Bantu, Yogyakarta yang diberi nama Pintu langit Dahromo.

Kawasan wisata ini dikelola swadaya masyarakat khususnya para pemuda beserta para petani hutan, mereka mulai bergotong royong menata hutan menciptakan spot-spot menarik agar bisa dinikmati dan diminati para wisatawan.

Belum adanya campur tangan pemerintah membuat keterbatasan dana menjadi kendala terbesar. Menurut pengakuan bapak Riyanto selaku pengelola pintoe langit dahromo penataan kawasan pintoe langit Dahromo hanya mmenggunakan limbah-limbah kayu tak terpakai.

Ada sekitar 30 orang yang mulai bergotong royong menata hutan dengan bahan seadanya mulai dari limbah kayu pertukangan serta memanfaatkan bambu yang ditebang di kebun miliki warga.

Meski berbagai kendala dalam pembangunan tempat wisata ini namun  hasil yang diperoleh sangat menakjubkan. Berbagai spotnya yang indah menjadi daya tarik para wisatawan. Selain itu panorama yang disuguhkan tempat ini tak kalah dengan tempat wisata lainnya, seperti indahnya momen matahari tenggelam secara perlahan di sore hari serta menabjubkannya kota jogja di malam hari seolah kamu sedang berada di hamparan para bintang.

Pengembangan Pintu Langit 

Lokasi dan spot alam pintu langit Dahromo sebenarnya cukup potensial, namun di akui bapak Rianto minimnya dana membuat pelaksanaanya cukup sulit. Dibutuhkan dana dan kreatifitas dalam penataanna sehingga bisa mendatangkan peningkatan ekonomi dan menghasilkan tempat wisata yang sesuai harapan agar tidak mengecewakan pengunjung.

Diharapkan dengan munculnya pintu langit dahromo bisa membantu para warga dalam meningkatkan perekonomian, namun karena kita sedang dalam tahap merintis jadi dana yang masuk lebih banyak digunakan untuk biaya perawatan serta pembangunan lokasi wisata.

Untuk itu demi terciptanya pariwisata yang lebih menarik lagi pihak pengelola pintu langit dahromo membuka kesempatan kerjasama pendanaan guna mewujudkan konsep-konsep penataan dan pembangunan.

Kerjasama dari pihak luar diharapkan bisa membantu para generasi kreatif local yang digawangi oleh Bapak Riyanto dalam mengembangkan pintu langit Dahromo yang cukup popular dikalangan milenial dengan spot-spotnya yang instagramble dan sangat cocok dijadikan background foto.

Spot Foto Instagramable di Bantul via IG @kesiniaja

Spot Foto Instagramable di Bantul via IG @kesiniaja

Pesona Objek Wisata Pintoe langit Dahromo

Pintu langit Dahromo hanya berjarak 30 kilometer dari tugu jogja yang berada di kawasan hutan pinus sebelah Barat Kabupaten Bantul  dan berdekatan dengan banyak destinasi wisata alam lainnya yang lebih dulu tenar.

Dilihat dari namanya yaitu pintu langit sudah pasti bisa ditebak bahwa  wahana yang menjadi andalan tempat ini adalah berupa pintu dengan hamparan  terbuka sebelah barat yang seolah-olah mengarah ke langit.

Pintu langit Dahromo terletak di perbukitan hutan pinus sehingga rute menuju tempat wisata ini sedikit berkelok dan menanjak, namun rutenya sangat mudah dijangkau dan ditemukan. Sesampainya di area parkir anda masih harus melewati jalan setapak yang tersedia.  Setelah berjalan melewati perbukitan hutan pinus pengunjung akan disajikan beberapa spot foto yang menarik.

Spot foto yang menjadi ikon tempat wisata ini adalah pintu yang mirip seperti gardu pandang yang terbuka yang seolah-olah menuju ke langit, selain itu masih terdapat beberapa spot foto yang tak kalah indahnya seperti spot frame rumah dengan adanya bunga-bunga di sekitarnya, serta tempat bermain piano yang seolah-olah kamu sedang berkolaborasi dengan alam membawakan lagu keindahan.

Beberapa spot instagramable tersebut menjadi daya terik tersendiri bagi para wisatawan. Belum lagi promosi yang dilakukan dunia digital seperti instagram secara tidak langsung membuat pintu langit dahromo semakin terkenal.

Dari tempat ini kamu juga bisa menikmati indahnya sunset di sore hari dan mengabadikannya menggunakan kamera. Selain itu kamu juga bisa menikmati gemerlap kota jogja di malam hari.

Saat yang paling tepat berfoto ditempat ini adalah ketika sore hari menjelang matahari terbenam dimana keindahan langit terlihat sempurna dengan matahari yang terbenam perlahan dan warnanya berubah menjadi jingga keemasan.

Namun tidak hanya sampai disitu saja keindahan yang disajikan pintu langit Dahromo, meski hari sudah beranjak gelap dan langit menjadi hitam, namun pancaran keindahan kota Jogja justru baru dimulai, dengan ribuan bintang menghiasi langit jogja, serta gemerlap lampu kota yang  indah bagaikan bintang.

Dengan latar belak kelap kelip lampu kota Jogja dan dipadukan ribuan bintang di langit lalu berdiri di pintu langit rasanya bagai terbang di hamparan bintang-bintang, kemudian diabadikan menggunakan jepretan foto menggunakan kamera DSLR dan mirrorless dengan satu teknik yang bisa diterapkan  yaitu long exposure, dengan exposure sekitar tiga detik, bukaan 3,5 dan ISO 1.600 akan menghasilkan foto malam nan menabjubkan.

Selain itu terdapat spot foto lain seperti kamu bagaikan bermain piano berlatar belakang gemerlap lampu kota jogja tentunya sangat menakjubkan. Kamera  atau kamera ponsel memang senjata wajib bagi para wisatawan jika ingin datang berkunjung ke pintu langit dahromo untuk berburu foto yang unik dan menakjubkan.

Pada momen-momen tertentu pintu langit dahromo juga kerap mengadakan event tertentu  seperti setiap pergantiann tahun pintu langit dahromo dibuka hingga pergantian tahun dan pengelola mengadakan event Kethong Guyub dengan konsep parade 1000 kentongan yang diselingi doa, selain itu tempat ini juga mengadakan acara kembang api diantara gemerlap lampu jogja saat pergantian tahun.

Keindahan Pintoe Langit Bukit Dahromo via IG @suryojdb

Keindahan Pintoe Langit Bukit Dahromo via IG @suryojdb

Keistimewaan Wisata Pintoe langit Dahromo

Kabupaten Bantul, Yogyakarta memang memiliki banyak destinasi wisata alam yang terkenal dan indah salah satunya adalah pintu langit Dahromo. Setiap destinasi wisata memiliki daya tarik dan keunggulan tersendiri. Begitu juga dengan pintu langit yang memiliki keunggulan atau keistimewaan seperti :

  • Pintu langit Dahromo memiliki spot foto paling hits dan istagramable di Dlingo, Bantul
  • Pintu langit Dahromo hadir memberikan pilihan baru bagi traveler yang akan datang ke mangunan dan sekitarnya
  • Pintu langit dahromo memiliki konsep yang keren yang berupa pintu yang seperti menuju ke langit
  • Tempat ini memiliki momen paling syahdu berfoto yaitu ketika matahari terbenam dari balik bukit kaya pintu ke surge rasanya
  • Selain memiliki spot foto pintu langit ada pula spot foto unik lainnya seperti rumah yang berhiaskan bunga serta tempat main piano yang seolah-olah kamu sedang berkolaborasi dengan alam
  • Tiket masuk menuju destinasi wisata sangat murah
  • Kamu juga bisa menikmati gemerlapnya lampu-lampu kota Jogja dari pintu yang terbuka seolah kamu berada di hamparan bintang-bintang
  • Wisata pintu langit Dahromo yang berdekatan dengan wisata lain membuat rutenya sangat mudah ditemukan.
  • Meski penataan kawasan pintu langit Dahromo hanya menggunakan limbah-limbah kayu tak terpakai serta bambu yang ditebang dari kebun warga namun keindahan tempat ini tak kalah dengan temat wisata lainnya yang lebih dulu tenar

Destinasi Wisata di Sekitar Wisata Pintu langit Dahromo

Untuk melengkapi acara liburan anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang berada disekitar pintu langit dahromo seperti :

  1. Jurang tembelan
  2. Seribu batu songgo langit
  3. Pinus pengger
  4. Watu goyang
  5. Watu ngadek
  6. Rumah hobbit mangunan
  7. Gardu pandang pinus asri
  8. Hutan pinus mangunan
  9. Kebun buah mangunan
  10. Bukit lintang sewu
  11. bukit panguk kediwung
  12. Bukit mojo gumeleng
  13. Tebing watu mabur
  14. Puncak becici
  15. Air terjun randusari
  16. Grojongan lepo dlingo

****

Demikianlah ulasan mengenai destinasi wisata baru di kabupaten Bantul, pintu langit dahromo yang memiliki spot foto unggulan yang berupa pintu terbuka yang seolah menuju ke langit. Konsepnya yang apik membuat para traveler banyak mengunjungi tempat ini. Selain itu anda juga bisa berkunjung ke banyak tempat destinasi wisata lainnya sehingga liburan kamu semakin seru dan lengkap. Selamat berkunjung.

Kunjungi juga yuk: Liburan ke Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul Yogyakarta

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *