Setren Opak Bantul

Nyero.ID – Bantul terus saja memberikan kejutan manis dalam dunia pariwisata dengan berbagai macam destinasi wisata baru yang langsung mencuri perhatian.   Jika sebelumnya wisatawan sangat familiar dengan wisata Pantai Parangtritis dan deretan pantai lainnya di ujung selatan Kabupaten Bantul.  Serta destinasi wisata perbukitan yang eksotis dan memanjakan mata.  Saat ini wisatawan kembali diajak untuk liburan seru di Setren Opak Bantul.

Objek wisata ini dibangun atas inisiatif sekelompok anak muda yang tergabung dalam Komunitas Setren (kawasan pinggir sungai) bersama warga setempat.  Bantaran Sungai Opak yang dulunya terbengkalai kemudian dimanfaatkan dan dikembangkan menjadi taman wisata yang diberi nama Eduwisata Setren Opak.

Destinasi wisata kekinian ini berada di daerah Piyungan, tepatnya di Dusun Karangploso, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Bantul.  Objek wisata ini menyajikan panorama alam khas pedesaan yang akan membuat siapapun betah berada di tempat ini.

Meksipun tempat wisata ini masih terbilang baru namun keberadaannya sudah cukup populer di kalangan wisatawan.  Setelah sebelumnya digelar soft opening pada tanggal 28 Oktober 2018, dan kemudian disusul dengan grand opening pada 16 Desember 2019 antusiasme wisatawan untuk berkunjung ke Setren Opak semakin meningkat.

Berada di kawasan pedesaan bukan berarti sulit untuk diakses.  Lokasi wisata yang berada tidak jauh dari pusat Kota Jogja membuat tempat wisata ini sangat mudah untuk diakses.  Sebelum tiba di lokasi wisata pun sudah ada papan petunjuk jalan sehingga semakin memudahkan pengunjung untuk mencapai lokasi wisata.

Di Setren Opak Bantul ini pengunjung bakal dimanjakan dengan suasana alam yang masih asri dan sejuk.  Letaknya yang berada di kawasan hutan bambu juga memberikan daya tarik tersendiri karena mampu menghadirkan nuansa alam pedesaan yang begitu kental.

Perpaduan antara lingkungan yang asri dengan pepohonan hijau di sekitar kawasan wisata terlihat semakin sempurna dengan aliran Sungai Opak yang begitu tenang.  Keberadaan sungai ini juga dimanfaatkan oleh pihak pengelola dengan menyediakan wahana naik perahu sehingga momen liburan di tempat ini semakin berkesan.

Terkait dengan fasilitas, tempat wisata di Piyungan ini sudah menyediakan berbagai macam fasilitas yang cukup memadai sehingga pengunjung akan semakin betah dan nyaman berada di tempat ini.  Selain menikmati suasana alam, pengunjung juga bisa mencicipi aneka kuliner yang dijajakan di tempat wisata ini dengan harga yang dijamin ramah di kantong.

Sebelum merencanakan liburan serumu ke Setren Opak Bantul, berikut ini adalah informasi tentang hargat tiket, jam operasional, fasilitas, daya tarik, dan lokasi wisata yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Setren Opak Bantul merupakan salah satu tempat wisata murah meriah di kawasan Piyungan Bantul yang cocok untuk dijadikan tujuan wisata di akhir pekan.  Konsep wisata alam yang dilengkapi dengan spot foto kekinian di tempat wisata ini bisa dinikmati dengan biaya yang sangat terjangkau.

Untuk harga tiket masuk per Maret 2019 masih gratis, pengunjung hanya perlu membayar ongkos parkir.  Sementara untuk menaiki wahana perahu, pengunjung akan dikenakan biaya tersendiri.

Jam Operasional

Wisata Kali Opak ini buka setiap hari, namun jumlah kunjungan biasanya paling ramai di akhir pekan yaitu di Hari Sabtu dan Ahad.  Untuk memanjakan pengunjung yang datang, Setren Opak buka dari jam 08.00 WIB – 17.00 WIB.  Sementara untuk hari biasa tempat wisata ini mulai beroperasi pada siang hari.

Fasilitas

Dengan luas lahan mencapai kurang lebih 1,3 hektare, Eduwisata Setren Opak sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang cukup memadai.  Mulai dari area parkir, toilet, taman bermain, akses WiFi, mushola, lapak kuliner, panggung kesenian, live music, dan spot foto.

Untuk memberikan sensasi liburan yang lebih seru, wisata Kali Opak Bantul juga menyediakan wahana susur sungai dengan naik perahu.  Selain itu, tersedia juga panggung kesenian yang digunakan untuk pementasan sanggar anak.  Dengan fasilitas yang sudah cukup memadai momen liburanmu di tempat ini akan semakin nyaman.

Daya Tarik

Eduwisata Setren Opak merupakan salah satu destinasi wisata kekinian yang berada di daerah Piyungan Bantul.  Dengan luas lahan sekitar 1,3 hektare, tempat wisata ini menyajikan panorama alam khas pedesaan yang teduh dan asri dengan aliran Sungai Opaknya yang begitu tenang.

Lingkungan wisata yang asri dengan pepohonan rindang di sekitarnya akan memanjakan pengunjung dalam suasana yang menenangkan.  Sangat cocok untuk acara rekreasi dan sejenak menyingkir dari kesibukan.

Tempat wisata di Piyungan Bantul ini menawarkan sensasi liburan murah meriah dengan berbagai macam fasilitas yang cukup lengkap di dalamnya.  Wisatawan bisa sekedar berjalan-jalan menikmati suasana alam yang asri atau berburu foto keren di beberapa spot yang tersedia.

Yang tidak kalah menarik, di tempat wisata ini pengunjung juga bisa mencoba wahana susur sungai menggunakan perahu dengan biaya yang cukup terjangkau.  Satu perahu biasanya bisa menampung penumpang hingga 12 orang dewasa atau 20 anak-anak.  Menikmati suasana alam pedesaan menggunakan perahu tentu akan memberikan pengalaman tersendiri yang sangat berkesan.

Puas berkeliling dan berburu spot foto untuk selfie-selfie, pengunjung juga bisa beriwsata kuliner di beberapa lapak yang tersedia dengan aneka menu yang menggugah selera.  Beberapa menu makanan tradisional bisa dipilih untuk memanjakan lidah, diantaranya adalah sego wiwit, sego kelor, sate kere, tahu kupat dan lontong sayur.  Untuk minumannya bisa mencoba es dawet atau wedang angsle.

Harga kuliner yang ditawarkan di tempat ini pun sangat ramah di kantong, sehingga acara jalan-jalanmu ke Setren Opak Bantul tidak akan menguras kantong.  Sambil mencicipi kuliner khas pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan live music yang cukup menghibur, bahkan bisa ikut menyumbangkan lagu lho!

Bagi keluarga yang mengajak anak kecil tidak perlu khwatir akan kerepotan karena tempat wisata ini juga menyediakan taman bermain yang dilengkapi dengan ayunan dan kereta mini.  Sementara untuk sekedar bersantai menikmati suasana, tersedia juga tempat duduk untuk melepas lelah dan bercengkerama bareng keluarga.

Lokasi wisata ini juga berdekatan dengan tempat wisata lainnya seperti Kids Fun Park yang berada di Jalan Wonosari Km 10, Sitimulyo, Piyungan, Bantul.  Objek wisata ini menyajikan berbagai macam wahana permainan seru yang akan membuat momen liburanmu semakin menyenangkan.  Salah satu yang paling difavoritkan adalah Aqua Splash Waterboom.  Hanya dengan satu tiket masuk, pengunjung bisa mencoba semua wahana yang tersedia kecuali arena gokart.

Nah, jika waktunya memungkinkan kamu bisa singgah ke tempat wisata ini sebelum atau sesudah menyambangi Setren Opak Bantul sehingga momen liburanmu semakin lengkap.

Lokasi

Eduwisata Setren Opak berada di Dusun Karangploso, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, DIY.  Jarak tempat wisata dari pusat Kota Jogja tidak terlalu jauh hanya sekitar dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar saja.

Rute ke lokasi wisata sungai Piyungan bisa dengan menuju ke arah Jalan Wonosari, melewati Kidsfun hingga ketemu perempatan lampu merah lalu belok ke arah kanan (selatan).  Cukup ikuti jalan sekitar 500 meter hingga sampai gapura atau papan Pondok Pesantren kemudian belok ke kiri (timur) dan ikuti petunjuk arah.

Untuk rute selengkapnya kamu bisa bertanya kepada penduduk sekitar atau menggunakan aplikasi Google Maps.  Semoga perjalananmu menyenangkan!


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *