Se’i Sapi, Kuliner Khas NTT Yang Bikin Kamu Happy!

Se'i Sapi

Apakah kamu merupakan penggemar dari Se’i Sapi? Bisa dibilang, kuliner khas asal Kupang, Nusa Tenggara Timur ini sedang naik daun. Terbukti dengan banyaknya kedai atau pun restoran yang menyajikan daging Se’i sebagai menu utama mereka. Rasanya yang khas dan pedas wajib kamu cobain dengan sepiring nasi panas. Setelah menyantapnya, Airy yakin kamu pasti happy! Belum pernah mencobanya? Yuk cari tau dulu asal muasal dari Se’i Sapi ini!

Sejarah Se’i Sapi

Se'i Sapi
Credit : instagram/sasharianti

Lebih dikenal sebagai kuliner khas Kupang, ternyata Se’i Sapi berasal dari Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur. Awalnya, hidangan ini dibuat menggunakan daging rusa. Namun, seiring dengan dilindunginya populasi rusa di Indonesia, masyarakat setempat menggantinya dengan daging sapi, ayam, atau babi. Jadi, kamu dapat memilih daging Se’i yang halal atau non halal.

Pembuatan Daging Se’i

Se'i Sapi
Credit : instagram/cnlulaby

Rasa nikmat ketika menyantap daging Se’i, ternyata didapat dari proses pengasapan yang memakan waktu hingga 9 jam! Ternyata lama juga ya! Kemudian, daging Se’i diolah secara tradisional dengan cara mengiris memanjang dan lebar sekitar 2-3cm. Lalu, daging ditaburi garam dan rempah-rempah, kemudian diasap menggunakan kayu kosambi. Saat proses pengasapan, daging juga ditutup dengan daun kosambi sehingga aromanya semakin menyerap.

Cara Penyajian

Warga NTT biasanya menikmati daging Se’i dengan sambal lu’at yang khas. Terbuat dari cabai, jeruk, dan daun lu’at, akan membuat sajian daging Se’i semakin penuh citarasa. Seiring dengan perubahan yang ada, kita juga dapat menjumpai aneka sambal lain yang tak kalah nikmat. Seperti sambal rica, serta sambal matah khas Bali.

Se'i Sapi
Credit : instagram/ky_riadiany

Daging Se’i biasanya juga disantap bersama nasi putih hangat, serta tumis bunga pepaya yang diolah sedemikian rupa agar rasanya tidak terlalu pahit. Walau di beberapa lokasi ada juga yang menyajikan dengan daun singkong, kamu harus cobain resep orisinilnya bersama bunga pepaya.

Lokasi Se’i Sapi di Jakarta

Tak perlu jauh-jauh ke NTT untuk mendapatkan satu porsi daging Se’i, karena kini kamu juga bisa menikmatinya di Jakarta. Sebut saja kedai Se’i Sapi Koka Sikka di Pasar Santa, Se’i Sapi Namara di Lebak Bulus, Se’ilera di Bintaro, dan Sei Kesambi di Kelapa Gading. Nah, sudah siap mencoba aneka Se’i Sapi yang ada di Jakarta belum?

Download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Ada berbagai kamar hotel dan tiket pesawat untukmu. Supaya liburanmu nanti lebih hemat, dapatkan promo-promo dari Airy dengan mengikuti media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms.

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479

Header & Feature Image Credit: instagram.com/seisapilamalera


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *